Suzuki Gixxer SF 250 2022, Kejutan Akhir Tahun Yang Dipuja dan Dibenci
Harry · 28 Des, 2021 12:00
0
0
Desain terlalu India dan mesin kalah modern dari kompetitor.
Unit terbatas sudah ludes terjual, masuk lagi tahun depan.
Tidak ada yang menyangka, kalau PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan menghadirkan sebuah motor baru pada gelaran GIIAS 2021 pada November lalu. Pasalnya tak tercium informasi akan kehadiran produk baru, terlebih Suzuki motor tak memiliki booth sendiri seperti biasanya.
Kejutan muncul pada hari pertama pameran 11 November 2021, kala surat elektronik masuk ke redaksi, yang menginfokan jika motor ini resmi dijual dengan harga Rp 49,3 juta on the road Jakarta. Unit pun langsung dipajang pada hari kedua!
Ya tentu tak ada yang menyangka jika motor inilah yang akan menjadi produk baru dari Suzuki. Pasalnya, unitnya sudah beredar sejak tahun 2019 lalu di India sana, yang juga jadi negara pertama yang menjual Suzuki Gixxer SF 250.
Motor ini rasanya pun memang lebih pas untuk pasar India, karena desainnya yang dianggap tak masuk selera konsumen Tanah Air. Ya, sebagian besar orang Indonesia lebih menyukai motor berdesain sporty untuk sebuah motor full fairing.
Gixxer? Ini adalah motor sport touring, karena menawarkan posisi berkendara nyaman dengan setang upperyoke. Tentu hal ini bagus, namun faktanya orang Indonesia tak suka yang model nanggung, full fairing ya harus merunduk.
Belum lagi, para loyalis Suzuki juga menolak keras kehadirannya karena justru akan jadi produk gagal. Apalagi kalau karena bukan mesinnya yang mengandalkan piston tunggal, mereka mengharapkan dua silinder seperti produk kompetitor.
Contohnya pun sudah ada, Honda CBR250R yang dulu mengandalkan mesin silinder tunggal, penjualannya tak begitu sukses. Contoh lain ada Kawasaki Ninja 250SL (RR Mono) yang diplot sebagai penerus Kawasaki Ninja 150, yang justru gagal berkembang.
Ditambah lagi teknologi mesin yang dibawa Suzuki terhitung sederhana, tak ada fitur canggih macam Assist & Slipper Clutch. Bahkan pendingin cairan pun tak disematkan, andalannya pendingin oli yang oleh Suzuki disebut dengan SOCS (Suzuki Oil Cooling System).
Meski banyak dibenci, nyatanya penjualannya pun sejauh ini menunjukkan hasil positif. SIS menerapkan strategi dengan menjatah kuota unit, untuk batch pertama hanya tersedia 60 unit saja, dan beberapa hari usai peluncuran, sudah mengantongi 89 data calon konsumen.
"Per kemarin (16/11), kami sudah pegang 89 data hot prospect yang kemungkinan besar akan SPK," buka Banggas Fredrick Pardede, Sales & Marketing Dept Head Indobuana Auto Raya (main dealer Suzuki Jawa-Bali) kepada Autofun.co.id beberapa waktu lalu.
Lalu bagaimana jika ada peminat lagi? Tenang, SIS akan kembali mendatangkan Suzuki Gixxer SF 250 tahun depan. Jumlahnya lebih dari 50 unit tapi tak sampai 1.000 unit, seperti dikatakan Teuku Agha, Marketing & Business Development Head SIS.
Spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 2022
Desain sport touring bisa dilihat dari bentuk windshieldnya yang lebih rendah. Namun headlamp LED dan bodinya menunjukan kesan sporty dengan aksen serba tajam.
Oleh Suzuki, sosok Gixxer SF 250 2022 juga diproyeksi untuk berkendara harian dan jarak jauh. Sehingga kenyamanan berkendaranya juga turut diperhatikan.
Seperti penggunaan split seat yang empuk dan nyaman sebagai akomodasi bagi pengendara dan penumpang. Serta clip-on handle bar (setang jepit) yang membantu posisi berkendara lebih ergonomis.
Perkara mesin memang terlihat jauh berbeda dari seterunya di kelas motor sport fairing 250 cc di Tanah Air, seperti Honda CBR250RR, Yamaha R25 hingga Kawasaki Ninja 250FI yang punya mesin 2-silinder.
Suzuki Gixxer SF 250 ini menggunakan mesin piston tunggal. Spesifikasinya 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli yang disebut SOCS (Suzuki Oil Cooling System). Kapasitas mesin murninya mencapai 249 cc, dengan output tenaga maksimum 26,5 PS pada 9.300 rpm dengan torsi 22,2 Nm diputaran 7.300 rpm.
Sejauh ini Suzuki Gixxer SF 250 2022 menjadi pemain satu-satunya motor sport full fairing bermesin tunggal dan andalkan pendingin oli. Dengan posisi berkendara nyaman, cocok buat kalian yang suka berkendara jauh nih.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil