Tak Hanya Desain, Beda All New Honda CBR150R 2021 dan CBR150R Lama Ternyata Banyak!
Ary · 13 Jan, 2021 14:30
0
0
Kehadiran All New Honda CBR150R 2021 memberikan daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, penggemar motor sport Tanah Air dirayu dengan impresi tak ubahnya Honda CBR250RR 2021. Sebut saja desain agresif yang sudah melekat terhadap sang kakak sejak lama. Otomatis, tak ada lagi sisa bahasa desain dari generasi pendahulu si CBR Series terkecil.
Wujud bak motor balap sejati diturunkan PT Astra Honda Motor (AHM) pada generasi kelima ini. Misalnya saja cover muka depan, tidak lagi menjulang melainkan sudah dibuat landai. Meski begitu, keutamaan dari identitas anyar CBR150 2021 kini tentu menyasar kepada penggunaan headlamp. Kombinasi lampu ganda LED tetap dipertahankan, plus desain terbaru ala CBR250RR.
Tidak sepenuhnya mengopi si pemilik mesin seperempat liter, toh CBR150 punya pembeda yang layak jadi perhatian. Terutama saat memandangi area fairing. Sama-sama menggunakan model bertumpuk disertai dengan sematan kisi pelepas hawa dari mesin. Menurut kami penyajian CBR150R di sisi ini jauh lebih atraktif dibanding si kakaknya tadi. Terlebih lagi dari CBR150R model lama yang tampak cuma berupa satu lapis (layer) saja. Kendati begitu, tak ada perubahan masif di area buritan.
Perbedaan Rancang Bangun All New CBR150R 2021 dan CBR150R Lama
Diferensiasi justru terlihat kala menilik ke rancang bangun keduanya. Mulai dari total ukuran, All New CBR150R 2021 punya dimensi 1.983 x 700 x 1.077 mm. Sementara versi lama adalah 1.983 x 694 x 1.077 mm. Bilamana dibandingkan, terdapat selisih soal lebar bodi secara keseluruhan. Dan, pada kenyataannya pula jarak poros roda versi baru lebih pendek yaitu 1.310 mm. Sedangkan pada CBR150R model lama adalah 1.311 mm.
Sumbu roda pendek pada All New CBR150R 2021 tadi juga ditambah dengan posisi berkendara yang cukup proporsional. Boleh dikatakan penyajiannya kini lebih bersahabat untuk pengendara baru sekalipun.
Kombinasi ketinggian jok dan jarak terendah ke aspalnya kini 782 mm dan 160 mm. Jadi lebih rendah ketimbang CBR150R generasi empat yang punya kalkulasi tinggi jok 787 mm dan ground clearance 166 mm.
Gap inilah yang pada akhirnya memberikan posisi berkendara jadi lebih condong ke depan. Dan, tubuh lebarnya itupun membuat paha ideal memeluk tubuh si motor. Apalagi lewat desain cover tangki bensin barunya tersebut.
Akan tetapi, akomodasi soal pengendaraan CBR150R 2021 perlu diuji. Apalagi terdapat penambahan soal bobot total. Contoh pada Honda CBR150R 2021 non-ABS (137 kg). Terpaut 2 kg dari varian sejenis di tahun produksi lama (135 kg). Begitu pula dengan Honda CBR150R ABS 2021 yang punya timbangan mencapai 139 kg. Sementara tipe teratas keluaran lama adalah Rp 137 kg.
Stabilitas All New Honda CBR150R 2021 Ditunjang Fitur Baru
Seperti pula disampaikan saat peluncuran kemarin (12/1), kebaruan All New Honda CBR150R 2021 terletak pada struktur kaki-kaki. Fork depan model upside down (USD) 37 mm dari CBR250RR juga digunakannya.
Dan, lagi-lagi tak Anda temui pada CBR150R pendahulu. Dengan penyematan fitur baru ini jelas menjanjikan stabilitas optimal terhadap pengendara.
Pun menyoal Assist & Slipper Clutch. Ya, pada perangkat girboksnya itu sudah terpasang pendukung guna menghindari si pemilik motor mengalami kejadian roda belakang terkunci. Utamanya dari efek engine brake, ketika melakukan downshift cepat jelang masuk tikungan. Selain itu, ketersediaan item itu juga bertugas meningkatkan kenyamanan - ringan pada saat mengoperasikan kopling.
Perubahan Minor Di Sektor Performa
Penambahan itu cukup penting. Bekal mesin DOHC berpendingin cairan CBR150R 2021 menorehkan tenaga maksimal 16,8 Hp @9.000 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm @7.000 rpm. Capaian ditranslasikan transmisi enam percepatan ke roda belakang. Kendati begitu, tak ada ubahan dari jantung mekanik CBR150R lama.
Artinya, bakal setara pula catatan akselerasi maupun topspeed. Pencatatan 0-200 meter dicapainya dalam waktu 10,6 detik. Sedangkan kecepatan tertinggi diraih pada 127 km/jam (pengujian internal AHM). Hanya saja terjadi penyetelan ulang pada air cleaner dan saluran buang, sebagai optimasi terhadap penambahan bobot sang model anyar.
Tipe Mesin
DOHC empat langkah
Kapasitas Mesin
149,16 cc
Suplai Bahan Bakar
PGM-FI
Bore x Stroke
57,3 x 57,8 mm
Rasio Kompresi
11,3:1
Tenaga maksimal
16,8 Hp @9.000 rpm
Torsi Maksimal
14,4 Nm @7.000 rpm
Transmisi
Manual enam percepatan
Sistem Pendingin
Cairan
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
12 liter
Kapasitas Pelumas
1,1 liter
Kesimpulan
Tidak salah jika sekilas pandang, impresi All New Honda CBR150R 2021 sama dengan CBR250RR 2021. Tapi seperti pemaparan kami di atas, diferensiasi diwujudkannya pada area yang dapat dipandang secara langsung.
Perbedaan soal impresi berkendara bahkan langsung terasa kala mendudukinya. Posisi berkendaranya sekarang jauh lebih bersahabat. Di waktu bersamaan, pengendaliannya kental aura motor sport tulen. Itu diamini lantaran jarak poros roda CBR150R 2021 yang lebih pendek.
Belum lagi ihwal dukungan perangkat suspensi USD untuk meningkatkan kontrol dan stabilitas. Sementara untuk penggunaan harian, Anda disuguhi Assist & Slipper Clutch. Kami pun mewajari jika banderolnya bakal terkatrol naik. Namun hal itu hilang setelah AHM mengumumkan harga jual yang ternyata tidak signifikan selisihnya.
Dengan kebaruan yang dibawa All New Honda CBR150R 2021 kini, Anda bisa menebusnya mulai dari Rp 35,9 juta. Varian tanpa pengereman bersensor itu hadir dalam tiga pilihan warna (Matte Black, Dominator Matte Black dan Victory Black Red).
Jikapun menginginkan desain atraktif, sila tebus unit berkelir Racing Red berbanderol Rp 36,6 juta. Sedang pada All New CBR150R ABS, ada opsi warna Victory Black dan Dominator Red Black. Ada juga varian Racing Red, dilego Rp 40,6 juta dan MotoGP Edition dengan penetapan harga Rp 40,8 juta (on the road Jakarta).
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!