Tebak Spesifikasi dan Fitur Honda ADV 160 2022 Yang Kabarnya Rilis Tahun Depan
Harry · 6 Okt, 2021 13:00
0
0
Isu ini sudah berhembus cukup kuat, bahkan sejumlah media otomotif di negara tetangga juga sudah mengulasnya. Honda ADV 160 2022 akan muncul akhir tahun ini atau setidaknya awal tahun depan.
Setelah kemunculan Honda PCX 160 pada awal tahun ini, maka tak heran jika kabar hadirnya Honda ADV 160 dan Honda Vario 160 ikut mencuat. Maklum saja, ketiga motor matic ini menggunakan basis mesin yang sama.
Honda PCX boleh jadi yang pertama pakai mesin 160 cc karena untuk melawan Yamaha Nmax 155 yang jadi musuh kuatnya. Kalau Honda Vario 160 pun seharusnya juga tak lama lagi muncul karena Yamaha Aerox 155 Connected lebih banyak digunakan anak-anak muda.
Honda ADV 150 yang belum ada lawan sepadan pun baiknya segera di-upgrade dengan menggendong mesin eSP+ ini. Tentunya keluhan soal performa mesin yang kedodoran bisa teratasi dengan mesin baru ini.
Mesin 150 Cc Menang Irit
Kala mesin 150 cc yang sejatinya digunakan untuk Honda Vario, kemudian diturunkan juga untuk Honda ADV 150, jelas akan kedodoran. Bukan karena mesinnya loyo, tapi bobot motor yang dibawanya lebih berat.
Dari data spesifikasi, Honda Vario 150 punya bobot cuma 112 kg saja. Lantas Honda ADV 150 karena memiliki fitur lebih lengkap dan bodinya yang lebih bongsor, beratnya mencapai 132 kg (CBS) dan 133 kg (ABS). Selisih 20 kg!
Spesifikasinya pun sama persis, 4-tak, SOHC 2 katup pendingin cairan dan berteknologi eSP. Ukuran piston dan langkah piston pun identik, yakni 57,3 mm dan 57,9 mm.
Meski sebenarnya, mesin ini pada Honda ADV 150 sudah diupgrade sehingga memiliki output lebih besar, dengan tenaga 14,5 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm di 6.500 rpm. Lantas Honda Vario 150 diangka 13,1 PS di 8.500 rpm dan 13,4 Nm di 5.000 rpm.
Tapi meski performanya sudah diupgrade, tetap banyak yang kurang puas, respon mesin terlalu smooth. Tapi wajar saja karena konsumsi bahan bakar Honda ADV 150 tetap irit, klaim pabrikan bisa mencapai 46,6 km/liter dengan fitur Idling Stop System (ISS) aktif.
Mesin eSP+ Terbaru
Lantas bagaimana jika Honda ADV 150 ini dijejali mesin terbaru eSP+ yang sama dengan milik Honda PCX 160? Berdasarkan spesifikasinya, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga mencapai 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Ada peningkatan hingga 1,5 PS dan 0,9 Nm nih, pastinya lumayan banget dan akan terasa lebih responsif jika dipasangkan untuk Honda ADV 150. Tak hanya itu, konsumsi bahan bakar juga masih irit, masih bisa tembus 45 km/liter loh!
Sudah mesin lebih bertenaga tanpa korbankan efisiensi bahan bakar, semua pengguna dijamin akan terpuaskan deh.
Fitur dan Teknologi Berubah?
Pertanyaan selanjutnya, apakah fitur dan teknologi yang kelak disematkan untuk Honda ADV 160 ikut berubah? Mengingat motor matic satu ini sudah jadi yang paling lengkap diantara model matic Honda lainnya.
Kemungkinan besar fitur dan teknologi yang dibawanya masih akan sama, seperti windshield adjustable, lampu-lampu full LED, rem CBS dan ABS, panel meter full digital, power outlet, suspensi dengan travel panjang, Smart Key System, Side Stand Switch dan rem cakram dikedua roda.
Apalagi jika mengingat usia Honda ADV 150 ini masih relatif muda. PT Astra Honda Motor (AHM) baru merilisnya pertengahan tahun 2019 lalu. Belum ada 3 tahun motor ini beredar di Indonesia.
Artinya akan ada 2 kemungkinan yang terjadi pada motor ini. Yakni hanya upgrade mesin saja tanpa mengubah desain, fitur dan teknologi yang disematkan, atau upgrade mesin sekaligus minor facelift.
Untuk langkah yang pertama, hal ini telah sukses dilakukan AHM kala merilis Honda BeAT eSP pertama kali tahun 2014 lalu. Kala itu mesinnya berganti menjadi eSP dengan starter mesin halus tanpa mengganti desain bodinya.
Menurut kami, ketimbang merilis Honda Vario 160, rasanya justru Honda ADV 160 yang akan muncul terlebih dulu. Gengsi dong, masa masih pakai mesin 150 cc tapi harga jualnya lebih mahal dari Honda PCX 160 terbaru?
Jika motor matic ini sudah pakai mesin 160 cc, bukan tak mungkin pasarnya juga akan lebih besar. Orang-orang akan mempertimbangkan juga Honda ADV 160 karena sudah pakai mesin eSP+ tapi punya kemampuan untuk dipakai melibas jalanan jelek.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil