Ternyata Beli Aprilia SR GT 200 2022 Gak Perlu Pikirin Biaya Servis Lagi, Kok Bisa?
Harry · 8 Agu, 2022 17:30
0
0
Bebas biaya servis dan part selama 3 tahun.
Pembeli cukup isi bahan bakar saja.
Part yang gratis seperti oli, filter oli, filter udara.
Interval servis tiap 10.000 km.
Setiap pembelian motor baru, pabrikan biasanya memberikan bonus seperti gratis oli dan servis pertama. Berikutnya gratis biaya jasa servis sampai beberapa kali, dan cukup membayar olinya saja.
Hal ini berbeda ketika membeli mobil baru yang sekarang ini hampir seluruh pabrikan memberikan free jasa dan servis dengan jangka waktu panjang. Misalnya sampai 5 tahun atau 40.000 km.
Ini jarang terjadi di pabrikan motor, kecuali PT Piaggio Indonesia (PID) yang menawarkan hal tersebut, untuk setiap pembelian produk baru mereka, yakni Aprilia SR GT 200 2022. Pembeli gak perlu memikirkan biaya servis tuh, kok bisa ya?
Aprilia SR GT 200 2022 tipe sport.
"Iya setiap pembelian Aprilia SR GT 200, konsumen bebas biaya servis dan part selama 3 tahun," buka Yudi Riswanto, Technical & Training Manager PID. Lumayan bangetkan?
Interval Servis Panjang
Menurut Yudi, interval perawatan untuk motor matic bergaya petualang ini terhitung panjang. "Penggantian oli itu setiap 10.000 km, tapi kalau digunakan rutin, kena macet, bisa lebih cepat," sambungnya.
Untuk part yang diganti merupakan part yang memang jadi bagian dari servis itu sendiri, misalnya oli, filter oli, filter udara. "Kalau kampas rem tidak, itukan tergantung pemakaian," bebernya lagi.
Menarik bukan? Siapa tahu hal serupa bakal ditiru pabrikan motor yang lain juga ya!
Spesifikasi Aprilia SR GT 200 2022
Aprilia SR GT 200 menggunakan mesin i-Get generasi terakhir yang lebih optimal tentunya. Seperti sudah memiliki standar emisi Euro 5 yang tentunya sangat ramah lingkungan.
Spesifikasinya 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan injeksi bahan bakar. Kapasitas mesinnya 174 cc berkat penggunaan piston 61,5 mm dengan langkah piston 58,7 mm. Ukuran Throttle body-nya sendiri mencapai 30 mm.
Output yang mampu dihasilkan mencapai 17,6 PS di 8.500 rpm dengan torsi maksimal 16,5 Nm di 7.000 rpm. Karakter tenaganya kuat pada putaran rendah namun cenderung linear saat berakselerasi.
Selain itu ada juga penggunaan aluminium silinder dengan nikasil coating pada dinding silinder, piston baru dengan desain sudut geometri kepala piston baru, dan desain kubah ruang bakar baru yang membuat pembakaran lebih efisien.
Dengan spesifikasi mesin tersebut dan standar emisi Euro 5, Aprilia SR GT 200 2022 ini memiliki rasio kompresi yang terhitung tinggi, yakni mencapai 12,5 : 1. Dan pihak PID menyarankan untuk menggunakan bahan bakar oktan 95.
"Harus oktan 95 minimal, kalau tidak ada 98 pun tidak masalah. Kalau dipaksa pakai oktan di bawah itu tentu mesin jadi tidak maksimal performanya, dan ada getaran sedikit karena bahan bakar yang tidak sesuai," pungkas Yudi.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil