Honda Monkey memiliki desain yang khas, yang unik dan menarik. Desainnya tak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Honda memertahankannya sebagai ciri khas dari motor berukuran mungil ini. Meski desainnya terkesan tak berubah, tapi dari segi fitur dan teknologi, Honda Monkey tetap mengikuti perkembangan zaman.
Selain sistem suplai bahan bakarnya sudah menganut injeksi dengan PGM-FI (Programmed Fuel Injection), Honda Monkey juga dibekali dengan beragam teknologi modern lainnya.
Honda Monkey dibekali dengan sistem pengereman berteknologi ABS (Anti-lock Braking System). Sistem pengereman ABS pada Honda Monkey hanya menggunakan satu channel.
"Untuk ABS Honda Monkey hanya satu channel yaitu rem depan," ujar Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) kepada awak media di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten, dikutip dari Motorplus-online.com.
Artinya, sistem pengereman ABS pada Honda Monkey ini hanya berfungsi pada rem depan saja. Sedangkan pada rem belakangnya, masih normal layaknya motor pada umumnya.
"Tapi ditambah dengan dengan Inertia Monitoring Unit (IMU). Mungkin ini motor ABS satu channel pertama yang pakai IMU," jelas Endro.
Sistem pengereman ABS pada umumnya hanya mendeteksi pengereman mendadak secara horizontol saat melaju ke depan. Dengan adanya IMU, fitur ini akan membaca keadaan ketika bagian badan motor ada yang terangkat akibat pengereman mendadak atau disebut juga dengan stoppie.
Jadi, secara sederhana IMU ini bisa juga diartikan sebagai sensor untuk mengetahui atau membaca posisi motor lewat pendulum yang ada di dalamnya. Maka itu, sensor ini bisa menyampaikan informasi ke bagian modulator atau ECU ketika ban belakang akan terangkat saat terjadi pengereman mendadak.
Saat IMU membaca kondisi ban belakang motor terangkat, IMU akan mengirimkan informasi ke ABS modulator untuk mengurangi tingkat pengeremannya. Sementara sistem pengereman ABS, tetap bekerja seperti biasanya.
Alasan disematkannya teknologi IMU adalah karena dimensi Honda Monkey yang mungil serta bobotnya yang cukup ringan. Honda Monkey memiliki panjang 1.710 mm, lebar 755 mm, dan tinggi 1.029 mm. Sedangkan bobotnya, hanya 107 kg saja.
"Makanya Honda mempertimbangkan penggunaan ABS yang dibantu dengan IMU untuk mencegah terjadinya ban belakang yang terangkat dalam proses pengereman," kata Endro.
Teknologi ini sebenarnya bisa ditemukan juga pada beberapa motor Honda lainnya. Bahkan, fungsinya juga bisa lebih lengkap lagi. Salah satu motor Honda yang disematkan teknologi IMU adalah CBR1000RR FireBlade.
Namun, pada CBR1000RR FireBlade, IMU bekerja pada dua channel, yakni sistem pengereman depan dan belakang. Sedangkan pada Honda Monkey, IMU bekerja pada ABS satu channel.