Tinggi Jok Honda CB150X 2022 Sampai 817 Mm, Masih Bersahabat Untuk Postur 170 Cm?
Fariz · 11 Feb, 2022 12:30
0
0
Jok lebar namun punya karakter busa yang keras
Raiser tinggi membuat posisi setang terasa nyaman selama perjalanan
Honda CB150X 2022 mengusung tampilan yang gagah bergenre sport adventure dengan desain bodi depan yang gambot. Bodinya yang besar cukup mengingatkan dengan sang kakak, Honda CB500X.
Tentu saja ini juga berkat kedua suspensinya yang mendapatkan pembaharuan pada dimensi yang lebih tinggi serta jarak main suspensi pun lebih panjang. Ini sejalan dengan konsepnya yang siap untuk melaju di jalur on road maupun off road ringan.
Lebih detailnya, suspensi depan Honda CB150X pakai upside down Showa SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston) dengan panjang 765 mm dan stroke 130 mm, ini lebih panjang 30 mm dan stroke lebih panjang 10 mm.
Untuk monosoknya tetap pakai uni-track namun memiliki panjang 324 mm dengan stroke 60 mm. Ulir per yang digunakan juga pakai model progressive, sehingga memiliki 2 karakter redaman.
Ternyata posisi berkendara yang disuguhkan Honda CB150X masih bersahabat untuk postur pengendara 170 cm, tapi harus sedikit jinjit ketika menapakan kedua kaki. Kalau hanya menapak satu kaki memang tidak masalah, cukup geser pantat sedikit.
Jok dengan tinggi 817 mm ini punya desain menyatu dengan pembonceng, karenanya pengendara mendapatkan sedikit sandaran tulang ekor atau lumbar support selama berkendara.
Tentunya ini membuat pengendara merasa lebih nyaman selama berkendara, belum lagi desain jok pengendara juga cukup lebar sehingga hampir bisa menopang seluruh pantat pengendaranya.
Tapi sayang, karakter busa yang dimiliki Honda CB150X terasa agak keras. Ini membuat hentakan pada badan cukup terasa ketika melewati jalan jelek, ketika berkendara lebih dari 1 jam juga akan membuat pantat pengendara panas.
Cover tangki bensin yang terlihat besar, nyatanya gak sampai membuat kaki pengendara membuka lebar. Karena desain covernya ramping tepat di mana kaki pengendara menjepit, ini juga memberikan feeling ramping saat mengendarai Honda CB150X.
Letak pijakan kaki lebih maju dibanding posisi duduk pengendara, posisinya juga tidak terlalu tinggi. Efeknya dengkul tidak sampai menekuk, sehingga keseluruhan kaki tidak cepat lelah.
Hanya saja footstepnya karet, kurang cocok saat berada di jalur off road karena sepatu mudah tergelincir. Lanjut beralih ke setang pipanya yang punya raiser setang cukup tinggi, ini karena letak segitiganya hampir tertutup dengan bodi.
Untungnya setang masih termasuk rigid, tidak terlalu fleksibel yang justru bisa mengganggu kestabilan berkendara. Akibat dari posisi setang yang tinggi tentu saja lengan dan pundak pengendara yang dimanjakan.
Ini karena badan pengendara dibuat tegap, tentu saja lengan jadi tidak mendapatkan beban berlebih karena tidak perlu menahan beban pengendara. Namun karena setang pipanya cukup lebar, harus bisa menjaga jarak dengan kendaraan lain saat merayap di kemacetan nih.
Tidak lupa di bagian depan bodinya terdapat windshield bawaan yang memang tidak terlalu tinggi. Tapi ternyata untuk postur 170 cm dimensinya cukup pas, karena ujung atas windshield tepat sejajar dengan leher.
Harus ganti busa jok biar nyaman deh…
Spesifikasi Honda CB150X 2022
DIMENSI
Dimensi (P x L x T)
2.031 x 796 x 1.309 mm
Jarak sumbu Roda
1.315 mm
Jarak terendah ke tanah
181 mm
Ketinggian tempat duduk
817 mm
Berat kosong
139 kg
RANGKA
Rangka
Diamond Type, Steel
Suspensi depan
Upside down, SFF-BP
Suspensi belakang
Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink)