Vespa Primavera 150 2022 dan Primavera S 150 2022 Selisih Rp 2,5 Juta, Ini Dia Bedanya
Fariz · 6 Jun, 2022 15:00
0
0
Detail warna beberapa part jadi pembeda utama kedua varian ini
Suguhan fitur dan spesifikasi mesin tidak ada pembeda
PT Piaggio Indonesia (PID) selaku pemegang merek Vespa di Indonesia menghadirkan beragam line up menarik dengan karakter yang berbeda. Salah satunya adalah varian Vespa Primavera 2022.
Varian ini terkenal akan karakternya yang klasik dengan ragam pilihan warna soft memanjakan mata. Tampilan juga lebih kalem berkat penggunaan lampu utama model bulat berbalut ring lampu chrome.
Bahkan untuk memanjakan konsumen setianya, Vespa Primavera 150 hadir dalam dua versi. Pertama ada Vespa Primavera 150 i-Get ABS yang dibanderol Rp 47,7 juta dan Vespa Primavera S 150 i-Get ABS yang dibanderol Rp 50,2 juta, semua OTR Jakarta.
Tentu pembeda pertama dari kedua varian ini ada pada pilihan warnanya. Vespa Primavera 150 i-Get ABS punya pilihan warna Green Relax, Orange Tramonto, dan Grey Materia .
Orange Tramonto jadi warna yang paling cerah namun tetap memberi kesan premium. Dari ketiga pilihan warnanya tersebut, dikombinasi dengan beragam list serta detail chrome juga kulit jok berwarna cokelat.
Sementara itu ada pilihan warna Beige Avvolgente, Blue Estroverso, Grey Delicato, dan White Innocenza untuk Vespa Primavera S 150 i-Get ABS. Pilihan untuk varian ini memberi kesan mewah yang sangat kental.
Yang juga jadi pembeda pada tiap varian S baik Primavera maupun Sprint adalah adanya decal minimalis. Untuk Vespa Primavera S 150 i-Get ABS decal ada pada bodi samping berwarna biru dan warna bendera Italia.
Selain beda pada warna bodi, ada beberapa warna detail part yang berbeda antara Vespa Primavera 150 i-Get ABS dengan Vespa Primavera S 150 i-Get ABS. Meski terbilang kecil, tapi efeknya cukup mengubah tampilan.
Seluruh warna dari Vespa Primavera S 150 i-Get ABS dibekali dengan warna biru di beberapa part. Seperti edge shield atau lis bodi, horn cover, front crest, karet pijakan kaki pengendara, dan pada battery cover.
Kemudian pelek yang mulanya warna silver, di varian ini pakai dua kombinasi warna. Sisi tengah hingga palangnya pakai warna biru yang serupa dengan detail lainnya, sedangkan bibir pelek pakai warna polish.
Berikutnya ada pada jok, meski desain busanya serupa namun balutan kulit jok yang digunankan antara kedua varian ini berbeda. Vespa Primavera S 150 i-Get ABS pakai kulit jok hitam tapi dengan detail benang jahit biru.
Ini turut memberi detail lebih, karena benang jahit birunya mengitari jok dari depan hingga ke belakang. Warna biru yang digunakan pada tiap detailnya cukup gelap, biasa dikenal dengan biru dongker.
Dengan begitu Vespa Primavera S 150 i-Get ABS tetap terlihat kalem dan tidak terlalu mencolok. Bahkan ketika kondisi gelap minim cahaya, warna biru tersebut tampak menjadi hitam.
Fitur Masih Serupa
Fitur-fitur yang disuguhkan dari kedua varian ini tidak ada beda, tetap menyuguhkan fitur modern. Seperti lampu utama yang sudah pakai teknologi LED baik lampu dekat maupun lampu jauh.
Spidometer kombinasi analog sebagai penujuk kecepatan dan digital untuk odometer, trip, juga jam. Di dalam laci depannya, terdapat glove box yang juga tersedia USB port untuk mengisi daya smartphone.
Membuka jok lebih mudah tanpa perlu memutar atau mencabut kunci kontak, pengendara hanya perlu menekan tombol pembuka jok elektrik yang ada tepat di sebelah kunci kontak.
Untuk fitur keamanan, matic ini sudah dibekali immobilizer pada kunci kontak dan Anti-lock Braking System (ABS) single channel yang menjaga roda depan tidak terkunci saat melakukan pengereman keras.
Tipe mesinnya i-Get 4 tak, satu silinder, SOHC 3 katup, dan berpendingin udara. Piston yang digunakan berdiameter 58 mm dengan kombinasi langkah 58,6 mm membuat kapasitas mesin murninya 154,7 cc.
Klaim tenaga maksimalnya memang tidak terlalu besar, hanya 11,8 ps di 7.500 rpm dengan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm. Namun rasanya sudah cukup untuk digunakan di perkotaan.
Spesifikasi Vespa Primavera 150 i-Get ABS
Mesin
i-Get 4 langkah, satu silinder, SOHC, 3 katup, pendingin udara
Kapasitas mesin
154,8 cc
Tenaga maksimal
11,8 ps @7.500 rpm
Torsi maksimal
12 Nm @5.000 rpm
Sistem pembakaran
Injeksi elektronik
Sistem transmisi
CVT
Suspensi depan
Lengan tunggal dengan pegas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan aksi ganda
Suspensi belakang
Peredam kejut hidrolik tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan