Yamaha RX-King 1997 Mewah Berbalut Part Branded, Kaki-Kakinya Kinclong!
Fariz · 20 Feb, 2022 15:00
0
0
Modifikasi Yamaha RX-King lansiran 1997 karya RKPM
Modifikasi yang berawal dari sindiran
Part mesin mewah serba made in Japan
Pengereman branded asal Italia
Ada banyak keuntungan dari berkomunitas, salah satunya tentu saja menambah kerabat serta bisa sharing dunia permotoran lebih seru, terutama ketika berada di komunitas satu merek motor yang sama.
Tidak jarang juga di dalam komunitas ada bercandaan antar anggota mengenai motor kesayangan yang terkadang bikin ‘panas’ perasaan. Seperti yang dialami oleh Agus Tian sampai akhirnya memodifikasi total tunggangan kesayangannya.
“Modif motor ini berawal dari kesel aja dicengin, karena memang motor ini ngebangun dari bangke banget. Makanya sekarang ada stiker Bangke Edition di tangki bensin, hahaha…” kekehnya.
Pengerjaan dimulai dengan hunting seluruh bodi orisinal. Mulai dari sepakbor, cover kanan kiri, tangki bensin, hingga spidometer dan masih banyak lagi.
Lampu utama ditanamkan daymaker LED yang bikin tampilannya lebih modern
“Aslinya motor ini hitam, tapi dibuat merah menyesuaikan logo bengkel sekalian buat maskot bengkel,” sambung pemilik bengkel RKPM (RX-King Putra Motor) di bilangan Cipinang, Jaktim ini.
Casing lampu utama tetap menggunakan orisinal RX-King, namun disematkan daymaker di dalamnya yang bikin tampilannya terlihat modern. “Lampu custom sendiri, akriliknya dibuat hitam doff. Kalau yang sudah jadi pakainya hitam mengkilap kurang suka,” tunjuknya.
Handel kopling Accossato yang terbilang branded
Karena menjadi maskot bengkel dan akan mengikuti kontes modifikasi, bodi orisinal dikombinasi dengan ragam part aftermarket. Seperti di area setang ada steering damper Moto1, handgrip Ariete, handel kopling Accossato, dan juga master rem Accossato.
Bahkan selang rem pakai Hel dengan kaliper Brembo 4P yang menjepit cakram Moto1 260 mm, mewaaah… “Konsep sebelumnya pakai banyak part RCB, tapi karena kalah kontes jadi upgrade ke brand Italia deh. Gas spontan rencana berikutnya pakai Domino, biar kesan mewahnya makin kerasa,” sambung pria ramah ini.
Brembo 4P dengan cakram Moto1 260 mm diandalkan untuk menghentikan laju
Modifikasi lanjut ke sektor kaki-kaki dengan mempertahankan diameter pelek 18 inci, namun Ian menggunakan pelek C-RV Japan dengan balutan Battlax BT46. “Pelek ini produk lama, kualitas 11 12 lah sama TK Japan.”
Steering damper dipasangkan dengan posisi yang apik
“Tadinya emang mau nyari TK Japan, cuma di RX-King udah digoreng harganya. Akhirnya pakai C-RV Japan yang jarang orang pakai, lebar 1.60 inci rata. Ban juga pakai ukuran rata 90/90-18,” rinci pria yang pernah tinggal di Batam ini.
Warna merah hitam pada bodi dikombinasi dengan area kaki-kaki yang dibalut chrome. Seperti pada tabung suspensi depan, bak kopling, bak magnet, jepala silinder, footstep, hingga swing arm serba kinclong.
Kaki-kaki didominasi dengan chrome yang kinclong
“Karena chrome itu kan identik sama orang yang bersih kan, jadi pengen ngerawat terus gitu gak males. Habisnya kalau warna hitam kan cuci sekedarnya aja udah beres,” ceritanya mengenai RX-King lansiran 1997 kesayangannnya.
Tidak hanya berfokus pada tampilan luar, tapi seluruh jeroan mesin juga kena penyegaran. Bahkan bisa dikatakan kalau komponen yang digunakan terbilang langka karena sudah tidak diproduksi lagi dan made in Japan.
“Bagian dalam mesin ini mewah semua, tapi susah partnya karena sudah gak diproduksi. Kruk as pakai 29N Japan yang aslinya buat RX-King Cobra 1983, rumah kopling 4Y2 RX-K Japan, per kopling YZ, koil YZ, pengapian 29N Japan, bearing full Faito S720.”
“Habis itu karbu orisinal reamer jadi 29,5 mm. Knalpot sengaja dipertahanin standar, karena memang buat dipakai yang acak-acakan ada RX-King yang lain, hehehe… Total modifikasi kurang lebih Rp 85 juta,” tutupnya.
Cakep!
Modifikasi Yamaha RX-King lansiran 1997 karya RKPM