Yamaha YZF-R7 2022 bakal Meluncur di Thailand, Indonesia?
Ary · 19 Jul, 2021 11:30
0
0
Yamaha YZF-R7 2022, memang tersedia lebih dulu untuk motoris di Amerika Serikat. Walau begitu, si kuda besi tidaklah berlaku eksklusif untuk konsumen di negeri Paman Sam saja. Terlebih ada kabar bahwa penerus Yamaha YZF-R6 ini, bakal diluncurkan pula di kawasan Asia Tenggara.
Sangat masuk akal, mengingat status sang pendahulu yang notabene produk global. Sebagai contoh di Thailand. Yamaha YZF-R6 sendiri pun sejatinya masih terpajang di etalase big bike Yamaha Thailand, hingga saat ini.
Akan tetapi, hal itu tampaknya hanya akan berlaku sampai akhir tahun ini saja. Tentu karena Yamaha YZF-R7 2022 bakal datang ke negeri Gajah Putih tersebut. Memang belum dapat dibuktikan kebenarannya. Akan tetapi, media setempat yakni Great Biker cukup meyakini akan giat si pemegang merek.
Disebutkan jika Yamaha YZF-R7 2022 bakal meluncur di Thailand, akhir 2021 nanti. Seperti di Amerika Serikat, unit yang beredar di Thailand pun bakal diimpor langsung dari Jepang. Andaikata benar adanya, agenda ini tentu memperkuat dugaan akan kehadirannya di negara lain.
Misalnya saja Indonesia. Yamaha YZF-R7 2022 sangat layak menggantikan Yamaha R6 lawas di lini CBU Yamaha Indonesia. Memang segmentasinya punya ceruk cukup dalam. Namun, Yamaha YZF-R7 tentu bukan pemain tunggal.
Kita tahu, rival seperti Kawasaki ZX-6R 2021 sudah menanti di Tanah Air. Ditambah lagi Honda CBR600RR 2021 yang belum lama ini dirilis PT Astra Honda Motor (AHM). Tak cukup sampai di sana. Besar kemungkinan pula persaingan di kategori ini diisi oleh Aprilia RS 660.
Dari sisi desain, Yamaha YZF-R7 2022 bisa dikatakan menginspirasi bentukan Yamaha YZF-R1. Namun, motor ini mengusung headlight tunggal, disertai day time running light (DRL) yang mengapit penerangan utama.
Bobot cuma 187 Kg
Hal paling menarik dari Yamaha YZF-R7 2022 terletak pada bobot tubuh. Untuk sebuah moge, berat badan motor sport baru Yamaha satu ini hanya 187 kg saja. Dimensi dari motornya yaitu 2.070 x 706 x 1.160 mm (P x L x T) pun tak kepalang intimidatif. Apalagi dengan setelan jok dan ground clearance masing-masing 835 mm dan 134 mm.
Salah satu pendukung entengnya bobot Yamaha YZF-R7 2022 pastilah merujuk kepada mesin yang digendong. Yap, Yamaha YZF-R7 mengandalkan jantung mekanis DOHC dua silinder berkapasitas 689 cc. Lantaran berbasis mesin Yamaha MT-07, setara pula outputnya yakni 74,8 PS @8.000 rpm dan 68 Nm @6.500 rpm.
Maneuverability Yamaha R7 didukung oleh suspensi upside down (USD) berdiameter 41 mm. Peredam kejut depan keluaran KYB ini punya tiga penyetelan yaitu preload, rebound dan compression - sama seperti Yamaha MT-07 2021. Sementara untuk belakang, disokong suspensi tunggal tipe monocross dengan fitur preload dan rebound.
Yamaha YZF-R7 2022 Pelit Fitur
Guna menjaga stabilitas, dipasangi lah Assist and Slipper Clutch. Tak ada bedanya dengan Yamaha YZF-15 atau Yamaha MT-15, gejala roda belakang Yamaha R7 terkunci akibat adanya efek engine brake, dapat dihindari. Selain itu, pengoperasian kopling Yamaha R7 2022 pun menjadi lebih ringan.
Sayang untuk sekelas moge, Yamaha R7 cukup pelit fitur. Sebut saja quick shifter yang belum tersemat sebagai perlengkapan standar. Sementara kita tahu, sekarang ini saja perangkat itu bisa ditemui pada motor sport 250 cc seperti Honda CBR250RR maupun Kawasaki Ninja ZX-25R 2021.
Jangan berharap ada mode berkendara atau fitur semacam traction control. Hanya tampak sistem pengereman ABS (antilock braking system) yang mengawal roda depan dan belakang. Mungkin terkesan kalah gengsi dengan rival. Akan tetapi, absennya fitur-fitur tersebut, tentu berpengaruh dengan harga jualnya yang lebih murah.
Di Amerika saja, motor ini ditawarkan dengan banderol Rp128 jutaan. Kalaupun masuk ke Indonesia lantas dipasarkan dengan harga Rp300 jutaan, Tentu bakal menarik dari Honda CBR600RR bukan?
Spesifikasi Yamaha YZF-R7 2022
Tipe
4-stroke, DOHC inline twin-cylinder; 4-valves per cylinder
Kapasitas Mesin
689 cc
Diameter x Langkah
80 x 68,6 mm
Rasio Kompresi
11.5:1
Tenaga Maksimum
74,8 PS @8.000 rpm
Torsi Maksimum
68 Nm @6.500 rpm
Transmisi
Manual 6 speed
Tipe Starter
Electric starter
P x L x T
2.070 x 706 x 1.160 mm
Sumbu Roda
1.394 mm
Jarak Terendah
134 mm
Tinggi Tempat Duduk
835 mm
Berat Kosong
187 kg
Kapasitas Tangki
12,8 liter
Tipe Rangka
Diamond Frame
Suspensi Depan
Upside Down KYB 41 mm preload, rebound and compression adjustable
Supensi Belakang
Linked-type Monocross shock, adjustable preload and rebound
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!