Meluncur Tahun Ini, Isuzu DMax Siap Adu Gagah dengan Mazda BT-50 di Indonesia

Dalam sesi virtual gathering pekan lalu, PT Isuzu Astra Motor Indonesia selaku pemegang merek mengonfirmasikan rencana peluncuran Isuzu DMax di tahun ini. Kabar tersebut diperkuat dengan munculnya NJKB Isuzu DMax 2021 yang hadir dalam dua varian.

Tahun 2021 tampaknya menjadi tahunnya pick up di Indonesia, karena selain Isuzu DMax ada Mazda BT-50 yang kabarnya akan meluncur dalam beberapa waktu ke depan. Sebagaimana DMax, NJKB BT-50 juga telah terdaftar di Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta.

"Di 2021 ini kita akan menyambut keluarga baru Isuzu yaitu MU-X dan DMax. Isuzu Panther tidak diproduksi lagi, dan kami akan fokus ke commercial vehicle dengan Isuzu Dmax, Traga, Elf, dan Giga. Sementara untuk segmen penumpang ada MU-X, ucap Attias Asril, Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Sayangnya, pihak Isuzu tidak mengonfirmasikan lebih detail kapan waktu peluncuran DMax di Indonesia. Adapun unit DMax ini akan didatangkan dari Thailand sehingga spesifikasinya mirip dengan yang ada di negeri gajah putih itu.

Berdasarkan NJKB, telah ada delapan varian Isuzu DMax yang terdaftar, dengan nilai termurah Rp 195 juta dan termahalnya Rp 354 juta. Tidak seperti di Thailand, NJKB Isuzu DMax versi Indonesia mengindikasikan cuma tersedia satu jenis mesin 2.5 liter. 

Isuzu DMax Berpostur Tinggi Besar, Siap Terabas Banjir

Isuzu D-max merupakan double cabin andalan Isuzu di Indonesia. Pick up ini sebenarnya sudah meluncur di Thailand sejak akhir 2019. Namun demikian, Isuzu Indonesia baru bisa menghadirkan generasi ketiga DMax di tahun 2021.

Desain D-MAX benar-benar segar dan meninggalkan kesan truk pick-up konvensional di bawah konsep “Beyond the Pick-up Truck”. Dalam pengembangannya, Isuzu memakai kata kunci: Bold, Emotional dan Smart.

Struktur kendaraan menggunakan pelat baja ringan berkekuatan tinggi. Tujuannya demi menghasilkan bobot kendaraan ringan namun kokoh. Karena habitatnya di medan off road maka lapisan anti-korosi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Dimensi bodi Isuzu D-Max memiliki panjang 5.265 mm, lebar 1.870 mm, dan tinggi 1.810 mm. Jarak sumbu roda 3.125 mm, dan ground clearance minimum 240 mm, sementara bobot kendaraan 2.020 kg. Dimensinya yang tinggi membuat Isuzu DMax bisa melintas di sungai kedalaman 800 mm. 

Mesin Isuzu DMax, Pakai Warisan Panther? 

Melihat kode yang tercantum pada NJKB, terlihat bila Isuzu DMax Indonesia kembali memakai mesin 2.5 liter. Walaupun kode depannya sama-sama 4J namun jangan persepsikan mesinnya sama seperti Isuzu Panther. Perlu kalian tahu, kalau mesin Isuzu Panther diwariskan cuma ke Traga. 

Ini berarti, DMax akan kembali memakai mesin lamanya dengan tipe 4JK1-TC HI, commonrail, electronic controlled fuel injection pump with intercooled turbo charger dan VGS (Variable Geometry System), 4 silinder segaris, DOHC. Tenaga yang dihasilkan sebesar 138 hp pada 3.400 rpm dan torsi puncaknya mencapai 320 Nm pada 1.800 – 2.800 rpm.

Sementara untuk mesin Traga dilengkapi dengan mesin 4JA1-L 4 Cycle Direct Injection dengan turbocharge kapasitas 2.499cc. Besaran tenaga yang dikeluarkan hanya 78,9 hp pada 3.500 rpm dan 191 Nm pada 1.800 rpm. Jadi, mesin bawaan DMax tenaga dan torsinya lumayan besar karena harus menghela mobil yang cukup berat. 

Interior Mewah Isuzu DMax, Masih Kalah Keren dari MU-X

Desain interior Isuzu D-Max begitu memperhatikan setiap detailnya. Dasbor D-Max dirancang dengan instrumen digital melalui layar LCD 4,2 inci. Informasi yang tersedia lebih lengkap dan pengemudi bisa memahaminya dengan mudah.


Sebagai pick up kelas atas maka kursi pengemudi dapat disetel 8 arah secara elektrik sementara kursi penumpang depan cuma dapat disetel secara manual.  

Desain kabinnya Sharp Horizontal Layers dengan gaya interior yang lebar.  Kesan mewah pada kabin hadir dari pewarnaan kombinasi premium Piano Black dan Satin Chrome.

Sistem infotainment memakai head unit layar 9 '' dengan banyak fungsi, diantaranya mendukung koneksi Apple CarPlay dan Android Auto. Fitur lainnya yaitu AC otomatis dual zone berikut blower terpisah untuk penumpang belakang. Konsol penyimpanan juga cukup banyak berikut 10 cup holder di berbagai titik. 

Mazda BT-50, Kembaran Isuzu DMax Versi Elegan

Mazda BT-50 adalah satu-satunya model Mazda yang akan diproyeksikan menjadi mobil pekerja. Mobil ini terkesan tangguh dengan dukungan penggerak 4X4. Sebagai brand premium maka BT-50 tetap akan membawa nuansa kemewahan khas Mazda.

Mazda BT-50 2021 memiliki panjang 5.280 mm, tinggi 1.800mm dengan lebar 1.870 mm. Ukurannya sedikit lebih besar daripada Isuzu DMax. 

Mazda BT-50 2021 telah terdaftar pada NJKB Samsat DKI Jakarta dalam 6 tipe. Nilai harga NJKB Mazda BT-50 dimulai dari Rp 196 juta hingga Rp 283 juta.

Debut Mazda BT-50 bermula di Thailand pada Januari lalu. Sama seperti model Mazda lainnya, BT-50  mengusung bahasa desain Kodo sehingga tampilannya lebih elegan.

Sebagai Informasi, Mazda BT-50 ini juga merupakan generasi ketiga sejak kemunculannya pada tahun 2006 lalu. Pada generasi ketiga ini Mazda memanfaatkan Isuzu DMax sebagai basisnya. 

Bisa dibilang pada edisi kali ini, Mazda BT-50 sebenarnya adalah saudara jauh dari Isuzu DMax. Sebab, Mazda hijrah telah meninggalkan basis Ford Ranger yang selama ini jadi basisnya. 

Mazda BT-50 Pakai Mesin Baru Isuzu 

Jika mengacu pada NJKB Samsat DKI Jakarta maka kemungkinan besar akan menghadirkan dua opsi mesin diesel untuk Mazda BT-50 2021, yaitu 3.0 liter dan 1.9 liter. Mesin ini serupa dengan yang dipakai oleh Isuzu DMax versi Thailand. 

Mesin diesel 3.0 L pada Mazda BT-50 dapat menghasilkan tenaga 190 PS dengan torsi mencapai 450 Nm. Sedangkan mesin 1.9L dengan tenaga 150 PS dengan torsi 350 Nm. Perpindahan giginya tersedia dalam transmisi otomatis 6 percepatan dan manual 6 percepatan.

Fitur Keren Mazda BT-50, Jadi Pick Up Mewah

Mazda BT-50 sudah hadir terlebih dahulu di Thailand. Untuk varian tertinggi, Mazda BT-50 telah mendapatkan berjejal fitur layaknya di SUV premium Mazda. 

Mazda BT-50 versi Thailand sudah didukung berbagai fitur canggih seperti ABS, EBD dan Brake Assist hingga Dynamic Stability Control (DSC). Ada juga Traction Control System (TCS), Emergency Stop Signal (ESS), Hill Launch Assist (HLA), Hill Decent Control (HDC), 6 airbags, 8 sensor parkitr dan kamera mundur. 

Untuk mendukung keselamatan berkendara, masih ada Advanced Blind Spot Monitoring (ABSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Kesimpulan

Melihat nilai NJKB yang terdaftar di Samsat DKI Jakarta, Mazda BT-50 lebih murah dibandingkan harga Isuzu DMax. Patut kita nanti apakah Eurokars Motors Indonesia (EMI) selaku distributor Mazda akan meluncurkan BT-50 tipe tertinggi atau tidak.

Apabila Mazda BT-50 tipe tertinggi resmi masuk dengan harga serupa atau lebih murah daripada Isuzu DMax, maka bisa jadi pilihan menarik yang anti mainstream.  

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Isuzu D-MAX

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 390,00 Juta
Rp 7,95 Juta/bln

10.962 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0

Rp 360,00 Juta
Rp 7,33 Juta/bln

25.226 km

1,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2017 Honda CIVIC TURBO E 1.5

Rp 359,00 Juta
Rp 7,31 Juta/bln

63.859 km

6 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4

Rp 364,00 Juta
Rp 7,42 Juta/bln

39.691 km

5,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V DIESEL 2.4

Rp 393,00 Juta
Rp 8,01 Juta/bln

78.060 km

3 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

All New Isuzu D-Max - Cerita Isuzu Partner

ALL NEW Isuzu D-MAX hadir dengan tenaga besar 150 PS

All New Isuzu D MAX 2021

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Isuzu D-MAX
Lihat