Cari mobil baru yang pas buat kamu dengan tiga langkah muda
Toyota Agya
4.0
Segmen A Segmen | Hatchback Tipe Bodi | CVT / MT Jenis Penggerak | 1.2L Kapasitas Mesin |
Toyota Agya 2024 - 2025 ditawarkan dalam 6 varian - mulai Rp 167,90 Juta hingga Rp 253,50 Juta , varian entry levelnya yaitu Toyota Agya E MT 2023 Rp 167,90 Juta dan varian tertingi Toyota Agya yaitu Toyota Agya GR Sport CVT 2023 ditawarkan dengan harga Rp 253,50 Juta.
Toyota Agya 2024 memiliki 150 gambar dan foto, termasuk 19 gambar & foto interior, 109 gambar & foto eksterior, 22 gambar & foto mesin Toyota Agya dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping dan tampilan atas Toyota Agya 2024 baru di sini.
Toyota Agya bisa dibilang sebagai salah satu cara Toyota mengambil hati konsumen di Indonesia. City car (atau hatchback) ini dikembangkan oleh Daihatsu berdasarkan platform Daihatsu Mira dan dipasarkan dengan nama Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.
Diproduksi di pabrik Toyota di Karawang, Agya pertama kali diperkenalkan di Indonesia International Motor Show 2012. Nama “Agya” sendiri berasa dari bahasa Sanskerta yang berarti “cepat”. Agya mulai dipasarkan setahun kemudian pada September 2013.
Tak hanya di Indonesia, Toyota Filipina mulai mengimpor Toyota Agya untuk bersaing dengan Mitsubishi Mirage di Negeri Gajah Putih tersebut. Dipasarkan pada tahun 2014, Agya di Filipina menggunakan nama Wigo.
Berumur 8 tahun, Agya yang dipasarkan saat ini merupakan bagian dari generasi pertama tapi dengan dua kali penyegaran. Facelift pertama meluncurkan April 2017 dengan menawarkan mesin 1.0L 1KR-VE dan 1.2L 3NR-VE berteknologi Dual VVT-i.
Maret 2020, Toyota memperkenalkan facelift kedua dengan bumper depan baru, ubahan pada desain lampu belakang dan berbagai penambahan fitur lainnya. Tampilannya dibuat lebih sporty untuk menyaingi model lain di segmen hatchback Low Cost Green Car (LCGC).
Toyota Agya dikembangkan bersamaan dengan Daihatsu Ayla dalam hatchback Segmen A yang mungil. Sehingga Agya diproduksi di pabrik Daihatsu di Indonesia. Meluncur mulai dari September 2012 sebagai bagian dari Kerjasama Toyota dan Daihatsu, facelift kedua Ayla menghasilkan dua pilihan mesin, 1.0L 3-silinder serta mesin 1.2L 4-silinder.
PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan penyegaran Toyota Agya dengan berbagai fitur baru. Menggunakan tagline “Start to Never Stop”, ubahan baru ini menghadirkan desain yang lebih sporty dari hatchback murah Toyota di Indonesia.
Toyota Agya masuk ke dalam pasar mobil perkotaan dengan dimensinya yang kompak. Harga Toyota Agya 2021 saat ini dimulai dari Rp144 jutaan untuk model entry level Toyota Ayla 1.0 G M/T bermesin 1.0L serta Rp170 jutaan untuk Toyota Agya 1.2L TRD bertransmisi otomatis. Dari segi konsumsi bbm, mesin tiga silinder tentu saja menghadirkan mesin yang lebih efisien dibandingkan mesin 4-silinder.
Daftar Harga Toyota Agya | ||
---|---|---|
Harga Toyota New Agya 1.0 G M/T | Rp 144.900.000 | |
Harga Toyota Agya 1.2 G M/T STD | Rp 149.200.000 | |
Harga Toyota Agya 1.2 G A/T STD | Rp 162.740.000 | |
Harga Toyota Agya 1.2 G M/T TRD | Rp 154.545.000 | |
Harga Harga Toyota Agya 1.2 G A/T TRD | Rp 170.390.000 |
Dimensi Toyota Agya | ||
---|---|---|
P x L x T | 3.660 x 1.600 x 1.520 mm | |
Wheelbase | 2.450 mm | |
Ground Clearance | 180 mm |
Spesifikasi Mesin Toyota Agya | ||
---|---|---|
Sistem Pemasukan Bahan Bakar | Sistem Injeksi Elektronik / Electronic Fuel Injection | |
Tipe Mesin | 1.2L NR 4 Silinder segaris, 16 Katup, DOHC, Dual VVT-i / 4 Cylinder in-line 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i | |
Isi Silinder | 1,197 | |
Diameter X Langkah | 72.5 x 72.5 | |
Daya Maksimum | 88/6,000 |
Kaki-Kaki dan Suspensi Toyota Agya | ||
---|---|---|
Suspensi Depan | MacPherson Strut dengan Coil Spring | |
Suspensi Belakang | Semi-independent torsion axle beam | |
Rem Depan/Belakang | Ventilated Disc dan Drum | |
Velg | Alloy 14 inci | |
Tipe Ban | 175/65 R14 |
Di luar, facelift Toyota Agya kedua yang diberikan PT TAM menawarkan beberapa perubahan kosmetik untuk menyegarkan tampilannya. Ada lebih banyak aksen berwarna gelap yang disematkan.
Ubahan baru pada tampilan depan bersanding dengan lekukan-lekukan tegas dengan desain lampu depan yang tajam. Ada aksen merah baru pada bumper depan untuk memperkuat kesan sporty. Kesan baru membuat tampilan grille-nya lebih lebar.
Grille baru Agya TRD menggunakan aksen black chrome menghadirkan tampilan yang semakin agresif. Sayang teknologi yang digunakan pada lampu depan serta fog lamp masih berupa lampu halogen bisa.
Beralih ke sisi samping velg yang baru langsung memikat dari tampilan baru Agya. Ukurannya masih sama, yaitu velg 14 inci dengan Pitch Circle Diameter 4 x 100 tapi dengan desain yang berbeda. Agya TRD memiliki velg berkelir two tone dengan tampilan layaknya New Calya.
Senada dengan ubahan desain depan, side skirt tak ketinggalan mendapatkan desain baru yang lebih menawan dibandingkan sebelum facelift. Kesan sisi samping menawarkan lekukan yang lebih tegas dan spion berkesan aerodinamis.
Tipe G dan TRD mendapatkan fitur retractable mirror. Selain itu, Agya juga dilengkapi dengan keyless entry, tapi masih belum mendapatkan fitur smart entry. Jadi Anda harus menekan tombol pada gagang pintu untuk membuka dan menutup kunci pintu.
Tapi tak ada banyak perubahan ketika melihat tampilan belakang New Agya ini. Tapi mika lampu belakang menggunakan model transparan dengan bohlam LED untuk stoplamp. Selain itu ada spoiler belakang dengan cat hitam untuk mendapatkan kesan sporty.
Ubahan berlanjut pada bagian dalam. Selain penyegaran pada varian 1.0 E dan 1.0 G, Agya TRD juga mendapatkan sedikit perubahan pada interior. Mulai dari penambahan fitur hiburan dengan head unit baru serta desain trim pintu baru.
Head unit layar sentuh serta sistem audio 2DIN yang bersahaja disandingkan sentuhan aksen merah pada panel instrument menegaskan tampilan sporty-nya. Jika varian terendah masih menggunakan kenop AC, Agya TRD mendapatkan tampilan modern dengan pengaturan AC digital.
Perlu hiburan selama berkendara? Agya menawarkan konektivitas Bluetooth untuk menambah pilihan musik selain radio AM/FM. Cukup menyenangkan, meski kualitas suara yang dihasilkan terasa biasa saja hanya memiliki 4-speaker mid-range.
Kemudi palang tiga multi fungsi dengan tombol kontrol audio, meski posisi setir hanya bisa diatur melalui fungsi tilt steering. Belum dilapisi kulit, tapi material campuran plastik dan polyurethane membuat setir tidak terlalu licin ketika digenggam. Dimensi Agya memang terbilang kompak. Tapi desain dan pengaturan kursi memberikan kesan lapang bagi penumpang di belakang.
Belum lagi pelapis tempat duduk baru yang menambah kenyamanan selama berkendara. Sayangnya seperti model LCGC lainnya, ruang bagasi berasa standar, jika tak bisa dibilang kecil. Mengingat bodinya yang kompak serta sebagian kabin sudah digunakan untuk memberikan ruang kaki yang lapang bagi penumpang di belakang.
Seperti layaknya model Toyota lainnya, semuanya memiliki berbagai sistem keselamatan terbaru. Bahkan tak terkecuali bagi Toyota Agya. Mulai dari Agya tipe G hingga TRD, Agya sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).
Bahkan dengan harganya yang lumayan terjangkau, Agya sudah dilengkapi dengan sensor parkir untuk menjaga pengendaraan Anda bersama mobil ini. Bagi keluarga muda, Agya menawarkan dudukan ISOFIX untuk child seat di bangku baris kedua.
Sudah mendapatkan dua kali facelift, tapi Toyota Agya tetap menggunakan mesin 3NR-VE 4-silinder segaris DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Tenaga maksimal yang dikeluarkan mencapai 86.5 daya kuda pada 6.000 rpm serta torsi maksimal 108 Nm pada 4.200 rpm.
Jika pesaingnya sudah banyak yang menggunakan transmisi CVT yang lebih baru, tapi Toyota tetap percaya diri dengan pilihan transmisi otomatis 4-percepatan maupun manual 5-percepatan.
Mesin 1.2L milik Agya TRD masih tetap nyaman ketika dibawa berkendara di jalanan perkotaan. Ketika dibawa dalam kecepatan stabil, getaran mesin selama perjalanan terasa halus dibandingkan mobil lain di segmen ini. Tapi ketika dibawa agak kencang, getaran mesin mulai terasa.
Memberikan kenyamanan selama di belakang kemudi ada sistem power steering. Transmisi otomatis maupun manual menghadirkan pengendaraan yang menyenangkan. Bahkan transmisi 4-percepatan otomatis tetap menawan meskipun menghadapi jalanan menanjak.
Hanya saja masalah terbesar yang dimiliki Agya yaitu kualitas material yang masih standar. Akibatnya peredam kabin tak terlalu baik. Mengingat harga yang ditawarkan, masalah ini sepertinya harus diterima peminat Agya.
Agya memang baru mendapatkan ubahan pada facelift kedua. Namun tak menutup kemungkinan Toyota akan menghadirkan generasi kedua dengan transmisi CVT atau komposisi suspensi baru beberapa tahun ke depan.
Menggunakan teknologi Dual VVT-I, Agya TRD S dengan mesin 1.5L memiliki konsumsi bahan bakar dengan angka 15-16 km/liter di dalam kota serta 20-21 km/liter di jalan tol dengan kondisi berkendara yang stabil. Sedangkan tipe tertinggi Agya ini sudah memiliki fitur keyless entry serta start/stop engine button. Anda tinggal menginjak pedal rem dan menekan tombol start/stop pada sebelah kanan dashboard. Teknologi ini juga mampu menghemat konsumsi bahan bakar.
Tapi Agya memiliki pantanga. Dengan teknologi terbarunya, Agya disarankan menggunakan bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 92 atau setara Pertamax. Menggunakan BBM di bawah RON 92, setara Pertalite atau Premium, akan membuat pembakaran kurang maksimal sehingga terjadi knocking pada mesin.
Sebagai salah satu pilihan hatchback LCGC yang ada di Indonesia, Toyota Agya memiliki desain yang menawan untuk dimiliki. Ubahan terbaru membuat tampilannya lebih segar ditambah fitur yang lebih banyak disematkan untuk menambah kesan ‘fun to drive’ Agya.
Dimensinya yang kompak membuat mobil ini cocok untuk digunakan di jalanan perkotaan. Memang kapasitas bagasi Toyota Agya terkesan lebih kecil dibandingkan model lainnya, namun dengan ruang kabin yang lega dan nyaman untuk ditempati.
Untuk Agya TRD sendiri, fitur hiburan dan keselamaannya termasuk yang terlengkap, Mobil ini sangat cocok bagi masyarakat perkotaan yang membutuhkan pengendaraan yang dinamis yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar.
Konsumsi bahan bakar Toyota Agya 2024 baru di Indonesia adalah 0 liter per 100 km,danpabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Toyota Agya GR Sport MT 2023 adalah 0 liter per 100 km, pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Toyota Agya G CVT 2023 adalah 0 liter per 100 km, pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Toyota Agya G MT 2023 adalah 0 liter per 100 km, pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Toyota Agya E MT 2023 adalah 0 liter per 100 km, danpabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Toyota Agya G 2023 adalah 0 liter per 100 km.
Jenis Bahan Bakar | Transmisi | Konsumsi BBM |
---|---|---|
Petrol(1197cc) | MT | 0 L/100km |
Petrol(1198cc) | CVT | 0 L/100km |
Petrol(1198cc) | MT | 0 L/100km |
Tidak, Toyota Agya tidak tersedia di Sensor parkir depan.
Berikut adalah Jumlah pintu(buah) dan varian Toyota Agya:
Varian | Toyota Agya 1.0L G A/T | Toyota Agya 1.2L G M/T | Toyota Agya 1.0L G M/T | Toyota Agya 1.2L TRD M/T | Toyota Agya 1.2L TRD A/T | Toyota Agya 1.2L G A/T |
Jumlah pintu(buah) | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 |
Berikut adalah Model dan varian Toyota Agya:
Varian | Toyota Agya 1.0L G A/T | Toyota Agya 1.2L G M/T | Toyota Agya 1.0L G M/T | Toyota Agya 1.2L TRD M/T | Toyota Agya 1.2L TRD A/T | Toyota Agya 1.2L G A/T |
Model | Toyota Agya | Toyota Agya | Toyota Agya | Toyota Agya | Toyota Agya | Toyota Agya |