Cari mobil baru yang pas buat kamu dengan tiga langkah muda
Daihatsu Ayla
4.5
Segmen A Segmen | Hatchback Tipe Bodi | AT / MT Jenis Penggerak | 1.0 - 1.2L Kapasitas Mesin |
Daihatsu Ayla 2024 - 2025 ditawarkan dalam 18 varian - mulai Rp 103,30 Juta hingga Rp 191,90 Juta , varian entry levelnya yaitu Daihatsu Ayla 1.0L D MT Rp 103,30 Juta dan varian tertingi Daihatsu Ayla yaitu Daihatsu Ayla 1.2 R CVT ADS ditawarkan dengan harga Rp 191,90 Juta.
Daihatsu Ayla 2024 memiliki 45 gambar dan foto, termasuk 9 gambar & foto interior, 36 gambar & foto eksterior, 0 gambar & foto mesin Daihatsu Ayla dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping dan tampilan atas Daihatsu Ayla 2024 baru di sini.
Mobil perkotaan Daihatsu Ayla ini pertama kali meluncur tahun 2012 dan mendapatkan dua kali penyegaran. Ubahan terakhir diberikan pada 19 Maret 2020 bagi mobil hatchback Segmen A milik Daihatsu ini. Dipasarkan dalam enam varian, Daihatsu Ayla menawarkan dua mesin. Edisi 1.0L berkode 1KR-DE bertenaga bensin serta mesin yang lebih besar 3NR-VE 1.2L yang digunakan sejak penyegaran pertama tahun 2017.
Memasuki tahun 2020, Daihatsu Ayla kembali bersolek dengan beberapa penyegaran di segi interior, eksterior, dan juga berbagai fitur baru yang membuatnya semakin modern dan diminati millennials.
Daihatsu Ayla menjadi model ketiga yang dikembangkan dari kerjasama Daihatsu dan Toyota setelah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Toyota Rush, Daihatsu Terios. Berada di kelas hatchback, Daihatsu Ayla bisa dibilang cukup terjangkau karena masuk ke model Low Cost Green Car (LCGC). Harga Mobil Daihatsu Ayla 2024 sendiri dimulai dari Rp136 jutaan untuk Daihatsu Ayla 1.0 M MT sebagai varian entry level dan Rp191 jutaan untuk Daihatsu Ayla 1.2 R CVT ADS yang menjadi varian tertinggi.
Daftar Harga Daihatsu Ayla | ||
---|---|---|
Daihatsu Ayla 1.0 M MT | Rp136.000.000 | |
Daihatsu Ayla 1.0 X MT | Rp148.900.000 | |
Daihatsu Ayla 1.0 X CVT | Rp168.900.000 | |
Daihatsu Ayla 1.0 X ADS MT | Rp154.800.000 | |
Daihatsu Ayla 1.0 X ADS CVT | Rp174.800.000 | |
Daihatsu Ayla 1.2 R MT | Rp166.000.000 | |
Daihatsu Ayla 1.2 R CVT | Rp186.000.000 | |
Daihatsu Ayla 1.2 R MT ADS | Rp171.900.000 | |
Daihatsu Ayla 1.2 R CVT ADS | Rp191.900.000 | |
Harga Ayla bekas
Kisaran harga Ayla bekas dibanderol mulai dari Rp berikut k
Ayla bekas lansiran 2013 mulai dari Rp75 juta – Rp88 juta
Ayla bekas lansiran 2014 mulai dari Rp73 juta – Rp90 juta
Ayla bekas lansiran 2015 mulai dari Rp77 juta – Rp120 juta
Ayla bekas lansiran 2016 mulai dari Rp81 juta – Rp130 juta
Ayla bekas lansiran 2017 mulai dari Rp80 juta – Rp125 juta
Ayla bekas lansiran 2018 mulai dari Rp85 juta – Rp136 juta
Ayla bekas lansiran 2019 mulai dari Rp87 juta – Rp139 juta
Ayla bekas lansiran 2020 mulai dari Rp100 juta – Rp145 juta
Ayla bekas lansiran 2021 mulai dari Rp100 juta – Rp150 juta
Ayla bekas lansiran 2022 mulai dari Rp112 juta – Rp165 juta
Pertama kali mejeng di Gaikindo Indonesia International Motor Show 2012, Daihatsu Ayla hadir sebagai jawaban dari Toyota dan Daihatsu atas rencana pemerintah terhadap mobil Low Cost Green Car (LCGC), yang mengambil inspirasi dari Kei Car Daihatsu Mira yang dijual di Jepang. Satu tahun berselang, tepatnya 9 September 2013, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya secara resmi dijual ke publik. Awalnya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Agya hanya hadir dalam satu pilihan mesin, 1.000 cc 1KR-DE.
Pada facelift pertama tahun 2017, Daihatsu Ayla mendapat penyegaran eksterior, interior, dan juga fitur yang lebih lengkap. Namun, upgrade paling signifikan adalah kehadiran mesin 1.200 cc 3NR-VE inline-4 yang juga digunakan Sigra.
Dua tahun lebih setelah facelift pertama, Daihatsu Ayla baru terbaru kembali mendapatkan penyegaran yang diperkenalkan pada 19 Maret 2020 secara online. Sesuai dengan tema peluncuran yang funky, Daihatsu Ayla 2020 hadir dengan ubahan eksterior, interior, serta bertambahnya fitur kekinian yang sesuai dengan selera anak muda di Indonesia.
Mesin Daihatsu Ayla | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 1KR-DE, DOHC (1.0), 3NR-VE DOHC Dual VVT-i (1,2) | |
Kapasitas Silinder | 998 cc (1.0), 1.197 cc (1,2) | |
Tenaga Maksimal | 64 HP @ 6.000 rpm (1.0), 87 HP @ 6.000 rpm (1,2) | |
Akselerasi 0-100 km/jam | 14 detik (Ayla R Deluxe A/T) | |
Konsumsi Bahan Bakar | 14.7 km/liter (dalam kota), 20.7 km/liter (jalan tol) | |
Torsi Maksimum | 86 Nm @ 3.600 rpm (1.0), 108 Nm @ 4.200 rpm (1,2) | |
Transmisi | Otomatis 4-Percepatan, Manual 5-Percepatan | |
Sistem Penggerak | Front-wheel-drive |
Dimensi Daihatsu Ayla | ||
---|---|---|
P x L x T | 3.640 mm x 1.600 mm x 1520 mm (1,0) 3.660 mm x 1.600 mm x 1520 mm (1,2) | |
Wheelbase | 2.455 mm (1,0) 2.450 mm (1,2) | |
Radius Putar | 4,4 (1,0) 4,5 (1,2) |
Kaki-Kaki dan Suspensi | ||
---|---|---|
Suspensi Depan/Belakang | Mac Pherson Struts dengan Per Keong & Stabilizer / Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Per Keong & Stabilizer | |
Pelek | 13 inch (D) 14 inch single tone (X), 14 inch dual tone (R) | |
Rem Depan/Belakang | Ventilated Disc Brake / Drum, Leading-Trailing / Mekanis pada Roda Belakang | |
Ukuran Ban | 155/80 R13 & 175/65 R14 |
Dimulai dari bagian depan, ubahan eksterior Daihatsu Ayla baru terbaru membuatnya tampak semakin dinamis dan sporty. Kita ambil contoh varian tertinggi, Daihatsu Ayla R DLX, model lampu masih memakai model facelift pertama dengan reflektor dan proyektor, bedanya kini lampu LED Daytime Running Lights (DRL) pindah dari bemper ke lampu depan.
Garis krom yang membagi upper grille menjadi dua juga dipertahankan, desain upper grille juga disegarkan dengan finishing black gloss yang terinspirasi dari Daihatsu Ayla Turbo. Di bagian bawahnya kita melihat emblem DLX serta scoop yang membuatnya tampak seperti hatchback performa tinggi.
Aura sporty dan dinamis juga semakin menonjol dengan lower grille yang lebih besar, yang juga berfungsi sebagai air intake untuk pendinginan mesin. Bumper depannya mendapatkan tambahan lip spoiler, sementara design housing fog lamp berubah dengan perpaduan finishing black glossy serta chrome.
Beralih ke bagian samping, Daihatsu Ayla mempertahankan aura sporty di depan dengan side skirt yang menyelaraskan lip spoiler di depan. Pelek 14 inci delapan palang yang diberi finishing dual-tone membuat tampilan Daihatsu Ayla semakin proporsional.
Pindah ke belakang, hal pertama yang mencuri perhatian kita jelas ukuran spoiler besar yang dipakai. Selain itu, desain lampu belakang dengan L-Shape pada lampu remnya menghadirkan kesan modern dan dinamis. Di bagian bumper, aksen berbentuk C-Shape dengan reflektor di tengah dipertahankan dari model facelift, pemasangan muffler tip berukuran lumayan besar juga dihadirkan untuk menegaskan kesan sporty mobil.
Secara keseluruhan, tampilan interior Daihatsu Ayla masih sama seperti model pendahulunya, kecuali pada bagian konsol tengah yang dibuat semakin modern. Anda akan menemukan pengontrol AC digital, head unit yang dipakai juga sudah layar sentuh dan mendukung berbagai koneksi smartphone seperti bluetooth dan AUX, dan juga steering audio switch untuk varian R.
Desain jok depan juga masih mengadopsi desain sandaran yang menyatu dengan kursi, yang dikenal dengan model sandaran pocong. Memang sih, tidak semua menyukai model ini, tapi penulis secara pribadi merasa kursi tersebut cukup baik menyangga kepala layaknya jok balap semi bucket. Sayangnya, jok ini tidak cukup ergonomis untuk orang dengan postur badan yang cukup bongsor, mengingat ukurannya yang cukup kecil.
Pada facelift kedua, Daihatsu Ayla juga masih mempertahankan material fabric sebagai pembungkus jok, namun desainnya disegarkan dengan pattern baru yang lebih dinamis. Bagaimana saat duduk di belakang? Tenang, masih cukup akomodatif kok, termasuk bagi Anda yang punya tinggi lebih dari 170 cm, meski akan sedikit melelahkan dengan posisi duduk yang agak tegak.
Sayang, penggunaan material plastik dengan kualitas biasa saja masih mendominasi bagian door trim, ya mau gimana lagi? Namanya juga mobil murah.
Berbicara soal fitur keamanan, Daihatsu Ayla terkesan biasa saja. Anda mendapatkan seatbelt 3 point dengan fitur Emergency Locking Retractor dan Side impact beam sebagai standar di semua varian, itu saja?
Ya, tentu saja tidak. Naik sedikit ke varian X 1.0, Anda akan mendapatkan head rest baris kedua. Jika ingin fitur safety yang lebih layak, kami sarankan minimal ambil varian X 1.2, yang sudah mendapatkan Dual-SRS Airbag, front pretensioner seat belt, front & rear stabilizer, dan immobilizer ditambah alarm. Untuk varian Daihatsu Ayla R dan Daihatsu Ayla R Deluxe, Anda akan mendapat tambahan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan rear parking camera.
Sama seperti Sigra, Daihatsu Ayla juga hadir dalam dua pilihan mesin. Pertama mesin 3-silinder 1.000 cc berkode 1KR-DE yang menghasilkan tenaga 64 HP di 6.000 rpm, dan torsi 86 Nm di 3.600 rpm. Kami sarankan untuk mengambil varian 1.200 cc yang lebih bertenaga, mesin 3NR-VE Dual-VVTi yang dipakai menghasilkan tenaga 87 HP di 6.000 rpm, dan torsi puncak 108 Nm di 4.200 rpm. Kedua mesin dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.
Mengingat Daihatsu Ayla tidak dilahirkan dengan kecepatan sebagai fokus utama, performa mobil ini cenderung biasa saja. Pada varian R Deluxe A/T, Anda membutuhkan waktu sekitar 14 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam.
Wajar saja, mobil ini lebih mementingkan efisiensi bahan bakar sebagai poin utama, lalu bagaimana konsumsi bahan bakarnya?
Saat dipacu di tol, konsumsi bensin bisa sampai 20,7 km/l. Untuk efisiensi bahan bakar, Daihatsu Ayla 1.2 bisa mencatatkan konsumsi BBM sekitar 14,7 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Jika dipakai di jalan tol atau perjalanan jauh, konsumsi bensinnya bisa meningkat sampai 20,7 km/liter.
Pada facelift kedua ini, Daihatsu Ayla jadi semakin atraktif dan lebih cocok untuk kalangan muda atau kaum milenial yang jadi peminat segmen LCGC. Lebih dari sekadar desain dan fitur semata, Daihatsu Ayla juga terkenal sebagai mobil yang reliable, efisien, dan didukung jaringan support yang sangat luas.
Jika Anda berminat untuk menggaet mobil Daihatsu Ayla baru terbaru, kami sarankan untuk melirik varian R Deluxe karena fitur, desain, dan mesin yang cukup mumpuni untuk digunakan sebagai mobil harian Anda.
Konsumsi bahan bakar Daihatsu Ayla 2024 baru di Indonesia adalah 0 liter per 100 km,danpabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Daihatsu Ayla 1.0 X MT adalah 0 liter per 100 km, danpabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Daihatsu Ayla 1.2L 2023 adalah 0 liter per 100 km.
Jenis Bahan Bakar | Transmisi | Konsumsi BBM |
---|---|---|
Petrol(1198cc) | MT | 0 L/100km |
Petrol(998cc) | MT | 0 L/100km |
Jumlah tempat duduk(buah) Daihatsu Ayla adalah 5.
Tidak, Daihatsu Ayla tidak tersedia di Sistem Navigasi.
Tidak, Daihatsu Ayla tidak tersedia di Dasbor.