Cari mobil baru yang pas buat kamu dengan tiga langkah muda
Daihatsu Xenia
Segmen B Segmen | MPV Tipe Bodi | CVT / MT Jenis Penggerak | 1.3 - 1.5L Kapasitas Mesin |
Daihatsu Xenia 2024 - 2025 ditawarkan dalam 8 varian - mulai Rp 190,90 Juta hingga Rp 242,40 Juta , varian entry levelnya yaitu 2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT Rp 190,90 Juta dan varian tertingi Daihatsu Xenia yaitu 2022 Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA ditawarkan dengan harga Rp 242,40 Juta.
Daihatsu Xenia 2024 memiliki 148 gambar dan foto, termasuk 54 gambar & foto interior, 85 gambar & foto eksterior, 9 gambar & foto mesin Daihatsu Xenia dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping dan tampilan atas Daihatsu Xenia 2024 baru di sini.
Daihatsu Xenia generasi ketiga telah resmi meluncur pada pekan lalu. Sosok low MPV ini berubah total semenjak memakai platform DNGA. Hadirnya platform tersebut membuat Daihatsu Xenia 2022 lebih pipih namun dengan optimalisasi ruang yang cukup baik.
Platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang membuat semuanya serba baru dan canggih. DNGA adalah platform terbaru dari Daihatsu yang dikembangkan dengan konsep: Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau, Teknologi Terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.
Salah satu unsur DNGA ialah memakai penggerak roda depan alias FWD. Alasannya, karena front wheel drive ini membuat kabin atau interiornya lebih lapang meskipun ukurannya kompak. Lantas, apakah DNGA ini berpengaruh pada aspek fun to drive dan kenyamanan berkendara?
Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kami tim Autofun Indonesia lantas melakukan sesi first drive di ajang GIIAS 2021. Apakah banyak improvement di Daihatsu Xenia 2022? Simak ulasannya berikut ini.
Daftar Harga All New Daihatsu Xenia 2022 | ||
---|---|---|
Harga Daihatsu Xenia 1.3 M MT | Rp 190.900.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.3 X MT | Rp 193.900.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.3 R MT | Rp 204.000.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.3 X CVT | Rp 209.200.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.3 R CVT | Rp 219.300.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.5 R MT | Rp 221.000.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.5 R CVT | Rp 233.700.000 | |
Harga Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA | Rp 242.400.000 |
Mesin Daihatsu Xenia 2022 | ||
---|---|---|
Tipe | 1 NR-VE DOHC Dual VVT-I | 2 NR-VE DOHC Dual VVT-I |
Isi Silinder | 1.329 cc | 1.496 cc |
Tenaga Maksimum | 97.9 hp @ 6.000 rpm | 106 hp @ 6.000 rpm |
Torsi Maksimum | 121 Nm @ 4.200 rpm | 137 Nm @ 4.200 rpm |
Transmisi | CVT dan 5-percepatan manual | |
Sistem Penggerak | Rear-wheel-drive (RWD) |
Dimensi Daihatsu Xenia 2022 | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Tipe Varian | 1.3 M | 1.3X | 1.3 R | 1.5 R | 1.5 R ASA | |||||
MT | MT | CVT | MT | CVT | MT | CVT | CVT | |||
Rem Depan/Belakang | Disc, Ventilated / Drum, Leading - Trailing | |||||||||
Suspensi Depan | McPherson Strut | |||||||||
Suspensi Belakang | Torsion Beam | |||||||||
Velg | 185/65 R15 | 195/60 R16 |
Hal yang membuat Daihatsu Xenia 2022 terlihat menarik ialah disematkannya lampu LED dengan penampilan modern, serta polished alloy wheel yang sporty, yang membuat tampil lebih futuristik. Selain itu, All New Xenia juga memiliki kabin dan bagasi yang luas, tiga baris kursi fleksibel yang bisa disesuaikan menjadi "sofa mode" untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Pada instrumen panel nya sendiri didesain untuk memberikan keleluasaan jarak pandang dalam berkendara.
Saat berkendara Xenia di generasi pertama dan kedua, sensasi duduk di kursi pengemudi hampir tidak ada bedanya. Berkonsep dashboard sederhana supaya lega dan pandangan di kaca depan leluasa.
Namun pada generasi ketiga, desain dashboard Xenia begitu complicated dengan banyak garis tegas. Meskipun demikian kesan lega tetap dijaga, salah satunya dengan pemakaian setir baru yang diameternya sedikit lebih kecil.
Desain dashboard di Daihatsu Xenia 2022 bergaya multi layer, yang mengingatkan kita akan bentuk Toyota Sienta. Desain yang landai di sisi atas dashboard ini memberikan kesan lega dan visibilitas yang luas.
Kabinnya juga lebih kedap dengan pintu yang terasa lebih berat. Kami rasa, Daihatsu turut meningkatkan sisi peredaman kabin di bagian pintu, termasuk kualitas karet pintunya. Ini bisa kita rasakan saat menutup pintu, suaranya 'jjleeeebbb'.
Hal yang patut diapresiasi dari desain Daihatsu Xenia generasi ketiga ini ialah soal visibilitas mengemudi. Kita tahu kalau kap mesin Xenia ini cukup besar, namun saat di balik kemudi sensasinya seperti mengendarai GranMax atau mobil dengan kap pesek.
Bicara fitur unggulanya, Daihatsu Xenia 2022 memperoleh New Advanced 4.2 Inch Digital TFT MID yang dapat menampilkan segala informasi penting mengenai status kendaraan yang disajikan secara virtual. Untuk sistem hiburannya, beberapa variannya disematkan head unit layar sentuh 9 inci bertipe floating yang modern serta around view camera 360 derajat.
Selain itu, Xenia terbaru turut disematkan fitur Window Jam Protection, Immobilizer, Rear parking Camera, new push start button yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil, serta fitur new auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat.
Sebagai informasi, mobil ini juga mendapatkan steering switch control, key free system, security alarm, spion retractable dan card key yang mana dapat memberikan kemudahan serta keamanan kepada penggunannya.
Bicara soal dapur pacu, All New Xenia ditawarkan dengan dua pilihan mesin yang sama seperti generasi sebelumnya, yakni 1.3L dan 1.5L.
Untuk varian 1.3L dengan mesin 1NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.329 cc diketahui dapat menghasilkan tenaga 97.9 PS @6.000 rpm serta torsi 121 Nm @4.200 rpm. Sedangkan mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i mampu memeras tenaga hingga 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm.
Hal lain yang bisa kita apresiasi dari platform DNGA dari Daihatsu Xenia ialah sensasi berkendara mobil ini yang lincah. Untuk berkendara di dalam kota jelas fun to drive, apalagi sudut beloknya kecil sehingga gampang bermanuver.
Platform ini mengatasi masalah khas yang biasa terjadi di mobil penggerak roda depan yaitu sudut beloknya cukup besar sehingga sulit untuk berbelok patah. Dengan demikian, Xenia bisa bermanuver secara presisi di jalan sempit khas perkotaan. Feedback setirnya juga pas, tidak terlalu ringan tapi juga tidak berat.
Itu tadi sekilas soal sensasi berkendara dari Daihatsu Xenia 2022. Bagaimana dengan performa mesin 1.500 cc dipadukan transmisi CVT?
Sensasi Berkendara Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS, Makin Responsif?
Berbekal platform baru DNGA, PT Astra Daihatsu Motor juga mengubah sistem transmisi pada Daihatsu Xenia generasi ketiga. Transmisi otomatis konvensional 4-percepatan kini digantikan oleh CVT. Karakter khas CVT ini cukup halus saat akselerasi karena tidak ada jeda seperti di matic konvensional.
Untuk kinerja CVT di Daihatsu Xenia 2022 cukup responsif tapi jelas tidak bisa diajak berkendara urakan. Maksudnya, saat kickdown masih ada jeda antara injakan gas dengan akselerasi mobil. Lain cerita kalau kita ngegasnya diurut, CVT ini memberikan performa yang terus mengisi.
Sebagai catatan, kalau pakai mode D ini transmisi CVT-nya diset pada rasio pulley yang paling efisien. Artinya, putaran mesin dijaga serendah mungkin supaya konsumsi bahan bakar tetap irit. Kalau ingin makin responsif, kita tinggal geser tuas transmisi ke mode S.
Sistem komputer akan menjaga rasio pulley primer dan sekunder CVT supaya menghasilkan tarikan yang 'njengat'. Kalau butuh torsi besar di putaran bawah untuk di tanjakan, tinggal masuk mode manual gigi 1. Cara ini untuk mensiasati ketiadaan opsi L atau 1 pada tuas transmisinya. Jadi, kita bisa tetap mampu melahap tanjakan dengan torsi yang ideal.
Poin minus lainnya yang kami rasakan dari Daihatsu Xenia 2022 ialah soal bantingan suspensinya yang stiff alias kenyal. Ini kami rasakan saat melewati obstacle speed trap yang disediakan. Mau itu dikebut atau dilewati pelan, rasanya sama-sama keras, hampir seperti naik mobil double cabin.
Kelebihan suspensi ini jelas minim limbung saat berkendara di kecepatan tinggi. Namun bila melewati jalan tanah berbatu di pedesaan, masih terasa guncangannya. Karena keterbatasan ruang test drive, kami pun tak bisa mengeksplorasi lebih jauh kemampuan Daihatsu Xenia 2022.
Berikut adalah Model dan varian Daihatsu Grand Xenia:
Varian | Daihatsu Grand Xenia 1.3 X MT | Daihatsu Grand Xenia 1.3 R MT | Daihatsu Grand Xenia 1.3 X AT | Daihatsu Grand Xenia 1.3 X Deluxe MT | Daihatsu Grand Xenia 1.3 R AT | Daihatsu Grand Xenia 1.3 R Deluxe MT | Daihatsu Grand Xenia 1.3 X Deluxe AT | Daihatsu Grand Xenia 1.5 R Deluxe MT | Daihatsu Grand Xenia 1.3 R Deluxe AT | Daihatsu Grand Xenia 1.5 R Deluxe AT |
Model | Daihatsu Grand Xenia | Daihatsu Grand Xenia | Daihatsu Grand Xenia | Daihatsu Grand Xenia | Daihatsu Grand Xenia | Daihatsu Grand Xenia | Daihatsu Grand Xenia | Daihatsu Grand Xenia | Daihatsu Grand Xenia | Daihatsu Grand Xenia |
Tidak, Daihatsu Grand Xenia tidak tersedia di Jumlah speaker.
Tidak, Daihatsu Grand Xenia tidak tersedia di Ambience light.