Cari mobil baru yang pas buat kamu dengan tiga langkah muda
Suzuki Ertiga
4.2
Segmen B Segmen | MPV Tipe Bodi | AT / MT Jenis Penggerak | 1.5L Kapasitas Mesin |
Suzuki Ertiga 2024 - 2025 ditawarkan dalam 11 varian - mulai Rp 225,10 Juta hingga Rp 292,30 Juta , varian entry levelnya yaitu Suzuki Ertiga GA MT 2022 Rp 225,10 Juta dan varian tertingi Suzuki Ertiga yaitu Suzuki Ertiga Hybrid Sport AT 2022 ditawarkan dengan harga Rp 292,30 Juta.
Suzuki Ertiga 2024 memiliki 245 gambar dan foto, termasuk 119 gambar & foto interior, 113 gambar & foto eksterior, 13 gambar & foto mesin Suzuki Ertiga dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping dan tampilan atas Suzuki Ertiga 2024 baru di sini.
Suzuki Ertiga masuk ke persaingan MPV kompak dengan konfigurasi 7 tempat duduk. Sedangkan generasi ketiga diperkenalkan pada Mei 2018 dengan peningkatan kedua meluncur 15 Januari 2020 lalu. Diperkenalkan sebagai MPV Segmen C, Suzuki Ertiga dirakit di Indonesia melalui pabrik Suzuki di Cikarang. Sebelumnya, Suzuki Ertiga mendapatkan mesin diesel. Tapi saat ini, Suzuki Ertiga hanya menawarkan mesin K15B 1.5L 4-silinder di Indonesia.
Suzuki Ertiga dikenal memiliki kabin yang lapang serta konsumsi bahan bakar yang cukup irit dibandingkan pesaingnya di Indonesia. Suzuki menawarkan berbagai pilihan varian untuk Suzuki Ertiga. Harga Suzuki Ertiga 2020 dimulai dari Rp205 jutaan untuk varian Suzuki Ertiga GA MT serta varian tertinggi Suzuki Ertiga Sport AT yang dibanderol mulai dari Rp 260 jutaan.
Daftar Harga Suzuki Ertiga | ||
---|---|---|
Harga Suzuki Ertiga GA-MT | Rp 199.400.000 | |
Harga Suzuki Ertiga GL-MT | Rp 218.200.000 | |
Harga Suzuki Ertiga GL-AT | Rp 228.000.000 | |
Harga Suzuki Ertiga GX-MT | Rp 231.500.000 | |
Harga Suzuki Ertiga GX-AT | Rp 241.350.000 |
Dimensi Suzuki Ertiga | ||
---|---|---|
Dimensi (PxLxT) | 4,395 mm x 1,735 mm 1,690 mm | |
Wheelbase | 2,740 mm | |
Kapasitas Bagasi | 153 L (Kursi baris ketiga tegak), 550 L (Kursi baris ketiga dilipat), 803 L (kapasitas maksimal) | |
Radius Putar | 5,2 m |
Mesin Suzuki Ertiga | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | K15B, DOHC, VVT | |
Kapasitas | 1,462 cc | |
Tenaga Maksimal | 102 HP @ 6,000 rpm | |
Torsi Maksimal | 138 Nm @ 4,400 rpm | |
Akselerasi 0-100 km/jam | 11,4 detik | |
Konsumsi bahan bakar | 12,3 km/l (dalam kota), 17 km/l (tol konstan 100 km/jam | |
Transmisi | Manual 5-percepatan & Otomatis 4-percepatan | |
Sistem Penggerak | Front-wheel Drive |
Kaki-kaki dan Suspensi Suzuki Ertiga | ||
---|---|---|
Suspensi Depan/Belakang | MacPherson Strut with coil spring / Torsion beam with coil spring | |
Rem Depan/Belakang | Ventilated disc / Drum brakes | |
Pelek | 15 inch | |
Ukuran Ban | 185/65 R15 |
Menyusul kesuksesan Toyota Avanza yang mendominasi segmen LMPV sejak 2003, Suzuki menyiapkan konsep R-III (R3) yang dipamerkan di Auto Expo oleh Maruti Suzuki. Tahun 2018, Suzuki Ertiga juga memperkenalkan generasi kedua dengan platform HEARTECT yang sama seperti Baleno, Ignis, dan Swift. Suzuki Ertiga generasi kedua kembali hadir dalam varian GA, GL, dan GX. Dan sampai saat ini, Suzuki Ertiga generasi kedua sudah mendapatkan dua kali facelift, tahun 2019 dan 2020.
Suzuki Ertiga generasi kedua kini tampil lebih modern dan elegan dengan berbagai update pada sisi eksterior. Dimulai dari sisi depan, front grille hadir dengan pattern gerigi yang dibalut aksen krom yang menghadirkan kesan premium.
Desain lampu depan juga terlihat lebih modern dengan reflektor serta bentuk yang tampak tajam pada ujung lampunya. Sayangnya, lampu yang dipakai masih halogen, namun hal tersebut terobati dengan kehadiran foglamp untuk varian GX dan GL.
Beralih ke bagian samping, perbedaan paling kentara adalah pada bagian pelek dual-tone yang lebih sporty, meski masih menggunakan ukuran 15 inci. Secara umum, bagian samping Suzuki Ertiga terlihat cukup manis elegan dan futuristis dengan dua garis tegas, dan kink yang cukup tebal di kaca baris ketiga.
Untuk bagian belakang, tentu mata kita langsung tertuju pada lampu belakang dengan model yang sangat futuristis, LED Rear Combination Lamps yang hadir di Suzuki Ertiga GX tampak sangat cantik, apalagi saat malam hari. Selain itu, kehadiran fitur lain seperti rear defogger (GX), LED High Mount Stop lamp, dan Rear Camera Harness (GX) juga cukup membantu saat mengendarai LMPV satu ini.
Masuk ke dalam, kita bisa langsung merasakan aura mewah di kabin Suzuki Ertiga. Untuk varian GX, kita mendapatkan dashboard triple-tone, yakni hitam di bagian atas, finishing kayu di bagian tengah, dan beige untuk bagian bawahnya, tentu saja hal ini jadi pembeda dari LMPV lain yang memiliki kesan biasa saja.
Dashboard mewah ini menjadi rumah dari head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang hadir dengan remote, di bawahnya terdapat pengontrol AC digital dengan fitur Auto-Climate dan heater untuk varian GX, dan pengontrol AC digital untuk varian GL. Di bawahnya Anda akan menemukan USB & AUX socket untuk koneksi smartphone, serta ventilated cup holder yang bisa mendinginkan minuman Anda.
Kenyamanan mengemudi Suzuki Ertiga juga didukung oleh model setir D-Shaped yang terlihat mewah dengan aksen kayu di bagian bawahnya. Anda juga mendapatkan fitur pengaturan audio dan bluetooth telephony, posisi setir juga bisa diatur meski hanya sekadar tilt semata. Di balik setir kita bisa melihat speedometer dengan desain yang sangat kece dengan MID yang dapat menampilkan berbagai informasi, mulai dari konsumsi BBM, jam digital, odometer, trip meter, dan indikator bensin.
Sebagai LMPV tiga baris, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak membahas soal akomodasi penumpang. Suzuki Ertiga memiliki akomodasi yang cukup baik pada ketiga barisnya, akses baris ketiga bisa dilakukan dengan pelipatan format 60:40, dan pada facelift mobil Suzuki terbaru kini memiliki arm rest pada baris kedua.
Soal kapasitas kargo, Suzuki Ertiga memiliki ruang bagasi seluas 153 liter jika ketiga kursi dibuat tegak. Kapasitasnya bisa ditingkatkan menjadi 550 liter jika kursi baris ketiga dilipat, dengan kapasitas maksimal 880 liter.
Soal fitur keamanan aktif, Suzuki Ertiga sudah menyematkan Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) sebagai standar. Memang sih ada fitur Electronic Stability Programme (ESP) dan Hill Hold Control (HHC) di mobil ini, sayangnya itu hanya tersedia untuk Suzuki Ertiga Sport saja.
Selain ABS dan EBD, fitur keamanan pasif seperti Dual-SRS Airbag juga hadir sebagai standar. Selain itu, penggunaan platform HEARTECT baru yang kokoh namun ringan juga membuat kondisi kabin akan lebih aman saat kecelakaan parah.
Suzuki Ertiga memakai mesin inline-4 DOHC VVT berkapasitas 1.462cc dengan kode K15B, mesin ini menghasilkan tenaga 102 HP pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm. Mesin ini hadir dengan dua pilihan transmisi, yakni Manual 5-percepatan & Otomatis 4-percepatan.
Dengan performa seperti ini, Suzuki Ertiga dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 11,4 detik, sama sekali tidak spesial namun terhitung wajar mengingat Ertiga tidak difokuskan pada akselerasi kilat.
Ertiga memiliki karakter penyaluran tenaga mesin yang halus, hal ini juga ditunjang oleh transmisi otomatis 4-percepatan yang bisa menyalurkan tenaga mesin ke roda depan secara halus dan efisien. Bagaimana dengan handling? Tidak spesial memang, setirnya minim feedback, namun Electronic Power Steering (EPS) bisa memudahkan dalam penggunaan sehari-hari.
Dengan teknik eco driving, konsumsi bahan bakarnya hampir menyentuh 30 km/liter
Saat membeli sebuah LMPV, salah satu faktor yang jadi pertimbangan adalah efisiensi bahan bakar. Di sini, Suzuki Ertiga boleh berbangga hati dengan konsumsi bensin dalam kota mencapai 12,3 km/liter untuk pemakaian dalam kota dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam, dan 17 km/l di jalan tol dengan penggunaan konstan di 100 km/jam.
Namun, potensi Suzuki Ertiga lebih dari itu. Jika Anda melakukan teknik eco driving, Suzuki Ertiga dengan transmisi manual bisa mencatatkan angka 25,34 km/liter, sementara itu catatan varian otomatis lebih gila lagi, bisa sampai 29,34 km/liter.
Dibandingkan Toyota Avanza dan Mitsubishi Expander, Suzuki Ertiga memang kalah populer. Namun, SUV andalan Suzuki Indonesia ini layak dipinang jika Anda mencari sebuah LMPV dengan desain mewah, interior yang nyaman, mesin halus, serta konsumsi bbm yang jempolan. Bagaimana, tertarik mencoba LMPV elegan dan modern satu ini?
Tidak, Suzuki Ertiga tidak tersedia di Immobilizer.
Tidak, Suzuki Ertiga tidak tersedia di Pengaturan Kursi elektrik Penumpang/ utama.
Berikut adalah Jumlah tempat duduk(buah) dan varian Suzuki Ertiga:
Varian | Suzuki Ertiga GA MT | Suzuki Ertiga GL MT | Suzuki Ertiga GL AT | Suzuki Ertiga GX MT | Suzuki Ertiga GX AT | Suzuki Ertiga Sport MT | Suzuki Ertiga Sport AT |
Jumlah tempat duduk(buah) | 7 | 7 | 7 | 7 | 7 | 7 | 7 |