Berikut ini merupakan perbandingan konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio. Sama-sama berada di segmen Low MPV, dari keduanya manakah yang lebih irit BBM?
Konsumsi bahan bakar memang sampai saat ini seringkali menjadi salah satu pertimbangan ketika seseorang hendak membeli mobil. Apalagi harga BBM di negara ini terus saja mengalami fluktuasi dan lebih sering merangkak naik dari bulan ke bulan.
Sementara itu, disatu sisi ketika seseorang hendak membeli mobil listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV), ketersediaan jaringan infrastruktur pengisian daya baterainya belum merata sampai ke pelosok daerah. Belum lagi waktu ngecas batera mobil listrik umumnya dibutuhkan lebih dari 30-45 menit. Ini jauh lebih lama ketimbang isi bahan bakar di SPBU.
Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah tersedia banyak sekali mobil yang diklaim irit bahan bakar, salah satunya Suzuki Ertiga terbaru. Suzuki Ertiga terbaru merupakan salah satu model mobil andalan dari Suzuki. Mobil yang mengisi segmen Low MPV ini pertama kali mengaspal di Tanah Air pada tahun 2012 lalu dan berhasil terus eksis hingga saat ini.
Saat ini, ada beberapa varian dari Suzuki Ertiga terbaru yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Suzuki Ertiga GA, Suzuki Ertiga GL, Suzuki Ertiga GX, serta Suzuki Ertiga Sport. Semua varian mobil Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis, kecuali untuk Suzuki Ertiga GA yang hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual.
Di segmen yang sama, mobil Honda Mobilio juga hadir sebagai salah satu pesaing ketat dari Suzuki Ertiga. All New Mobilio pertama kali melakukan debutnya di Indonesia pada tahun 2014 lalu. Pada awal masa jayanya, PT Honda Prospect Motor (HPM) menyediakan sampai lima varian mobil Honda Mobilio di Indonesia.
Yaitu mobil Honda Mobilio S M/T, Honda Mobilio E M/T, Honda Mobilio E CVT, Honda Mobilio RS M/T, Honda Mobilio RS CVT. Tapi kini, HPM tinggal menyisakan satu saja tipe Mobilio, yakni Mobilio S bertransmisi manual (M/T).
Harga Honda Mobilio terbaru dibanderol Rp 239 jutaan. Sementara harga Suzuki Ertiga terbaru mulai dari Rp 232 jutaan hingga Rp 302 jutaan.
Kalau melihat daftar harga dari kedua mobil ini, terlihat jelas, untuk varian paling bawah yang masih menggunakan transmisi otomatis, harga Suzuki Ertiga masih sedikit lebih murah ketimbang Honda Mobilio.
Lantas apakah terkait konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio juga akan dimenangkan oleh Ertiga? Yuk kita kupas secara tuntas perbandingannya.
Baca juga: Segini Kapasitas Oli Mesin Suzuki Ertiga Gen 1 Bensin dan Diesel
Kisah Suzuki Ertiga di Indonesia tidak dimulai dengan peluncuran langsung sebuah MPV 7 penumpang yang lengkap. Akarnya justru berawal dari sebuah mobil konsep yang memikat perhatian para pengunjung di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010. Mobil tersebut diberi nama Suzuki R III.
R III bukanlah sekedar desain yang dibuat asal-asalan. Suzuki melihat adanya celah di pasar otomotif Indonesia, khususnya untuk segmen kendaraan keluarga yang nyaman dan praktis. Para keluarga Indonesia, terutama yang memiliki anak sedang dalam masa pertumbuhan, tentu membutuhkan kendaraan yang mampu memberikan kenyamanan dan ruang yang cukup untuk menampung semua anggota keluarga beserta barang bawaannya.
Menjawab kebutuhan tersebut, Suzuki merancang R III berdasarkan platform yang sudah familiar digunakan pada beberapa produk mereka sebelumnya. Dengan platform yang sudah dikenal, Suzuki berharap mobil tersebut setelah masuk tahap produksi massal nantinya akan menjadi kendaraan yang irit bahan bakar dan mudah dalam perawatan.
Setelah proses penelitian dan pengembangan serta lakukan uji jalan ribuan kilometer, maka pada tahun 2012, Suzuki Ertiga generasi pertama secara resmi lahir ke publik Indonesia. Ertiga generasi pertama hadir dalam tiga varian: GA, GL, dan GX.
Ertiga gen 1 ini dibekali mesin berkode K14B DOHC VVT dengan kapasitas 1.373 cc. Mesin berkonfigurasi 4 silinder segaris 16 valve Multi Point Injection itu memiliki tenaga maksimal 95 PS di 6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 130 Nm pada putaran 4.000 rpm.
Enam tahun setelah debutnya, Suzuki Ertiga generasi kedua hadir dengan wajah baru pada ajang IIMS 2018. Ertiga gen 2 ini mengalami ubahan pada bagian eksterior, interior dan mesin yang terpasang di balik bonetnya.
Mesin tersebut berkode K15B 1.462 cc DOHC VVT. Mesin bensin tersebut sanggup menghasilkan daya puncak 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi makimum di 138 Nm pada 4.400 rpm.
Kemudian di tahun 2022, Suzuki menambah lini varian Ertiga dengan meluncurkan Ertiga Smart Hybrid. Ertiga Hybrid dilengkapi teknologi Suzuki Smart Hybrid dengan mengandalkan 2 komponen utama. Yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery 6Ah 12V. Kedua komponen ini terintegrasi dengan mesin bensin berkode K15B 1.462 cc 4 silinder 16 katup.
Sejumlah fitur baru dihadirkan pada Suzuki Ertiga Hybrid yang tujuannya peningkatan efisiensi konsumsi bahan bakar serta kenyamanan berkendara. Antara lain melalui fitur Auto Stop yang memungkinkan mesin bensin akan berhenti bekerja pada saat pedal rem diinjak sesaat.
Namun apabila mesin bensin harus restart kembali ada perbedaan dibanding sistem idling stop di mobil lain. Karena ketika mesin bensin kembali bekerja, pada saat pengemudi melakukan akselerasi awal, maka sistem ISG dan baterai yang akan memutarkan mesin untuk restart. Inilah yang menyebabkan kondisi akselerasi jadi lebih halus dan senyap.
Namun karena kita akan membandingkan konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio, rasanya tidak seimbang kalau membandingkan yang varian Ertiga Hybrid. Karena itulah kami akan fokus pada Ertiga generasi kedua yang pakai mesin K15B.
Honda Mobilio sendiri diperkenalkan ke Tanah Air pada bulan September 2013, bersamaan dengan digelarnya ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Adapun Mobilio sendiri sebenarnya sudah ada di Jepang sejak 2001 yang dibangun dari konsep Honda’s Global Small Platform dengan mesin i-DSI.
Guna menunjang fleksibilitas dalam kabin, Honda Mobilio generasi pertama menggunakan pintu geser, seperti Honda Freed. Karena memang mobil ini di Jepang perannya digantikan Honda Freed yang juga populer sebagai mobil keluarga di Negeri Sakura itu.
Adapun Mobilio yang pertama kali hadir di Indonesia merupakan generasi kedua berkode DD4. Uniknya, Mobilio gen 2 ini dikembangkan khusus untuk pasar negara berkembang terutama Indonesia. Alhasil pusat produksinya pun dipilih Honda di Indonesia.
Mobilio dibekali mesin 1.5L L15Z1 i-VTEC 16 valve dengan tenaga 118 PS dan torsi maksimal 145 Nm. Tahap awal, Honda Mobilio ditawarkan dalam beberapa varian, seperti tipe S, E, E CVT, E CVT Prestige, RS dan RS CVT.
Namun sayangnya, penjualan Mobilio kian merosot. Alhasil kini Honda hanya menyisakan satu tipe Mobilio yakni S M/T. Bahkan kabarnya varian ini juga hanya dijual untuk kebutuhan konsumen fleet (perusahaan).
Baca juga: Harga Bekas Honda Mobilio RS Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Unggul?
Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio memang dikenal cukup irit bahan bakar. Tidak heran jika kedua mobil ini terus bersaing. Mari kita lihat perbandingan konsumsi bahan bakarnya berikut ini.
Model | Suzuki Ertiga | Honda Mobilio |
---|---|---|
Mesin | K15B, DOHC, VVT | L15Z 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW |
Kapasitas Mesin | 1,5 liter (1.462 cc) | 1,5 liter (1.496 cc) |
Kapasitas Tangki | 45 liter | 42 liter |
Tenaga | 103 HP @ 6.000 rpm | 116 HP @ 6.600 rpm |
Torsi | 138 Nm @ 4.400 rpm | 145 Nm @ 4.500 rpm |
Transmis | Manual 5 Percepatan/Otomatis 4 Percepatan | Manual 5 Percepatan/CVT with Earth Dream Technology |
Sistem Penggerak | FWD | FWD |
Ban | 185/65 R15 Alloy Dual Tone Polished | 185/65 R15 Alloy Wheels |
Jika melihat dari spesifikasi mesinnya, jelas mesin Honda Mobilio lebih unggul dalam urusan tenaga dan torsinya dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Tetapi bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Mari kita lihat rinciannya berikut ini.
Model | Suzuki Ertiga | Honda Mobilio |
---|---|---|
Konsumsi BBM Transmisi Manual | 18-19 km/L | 17-18 km/L |
Konsumsi BBM Transmisi Otomatis | 16-17 km/L | 18-19 km/L |
Baik mobil Honda Mobilio maupun Suzuki Ertiga terbaru, kedua model mobil ini bisa menempuh jarak lebih dari 20 km dengan satu liter bensin. Angka ini tentu saja menunjukkan bahwa kedua mobil ini memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi, sehingga konsumsi bahan bakar mobil Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga terbaru pun sangat irit.
Tetapi berdasarkan tabel di atas, dapat kita simpulkan bahwa konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga terbaru yang transmisi manual lebih irit dibandingkan dengan mobil Honda Mobilio. Sementara angka konsumsi bahan bakar Mobilio CVT bisa sedikit lebih baik ketimbang Ertiga matik.
Baca juga: Waspadai 5 Kekurangan Honda Mobilio, Mobil Keluarga Murah Meriah
Harga Suzuki Ertiga terbaru 2024 mulai dari Rp 232 jutaan hingga Rp 302 jutaan.
Berdasarkan hasil pengetesan sejumlah pihak, konsumsi BBM Suzuki Ertiga terhitung cukup irit. Apalagi yang varian transmisi manual.
Honda Mobilio terbaru 2024 cuma tersedia satu varian, yakni tipe S transmisi manual (MT) yang harganya Rp 239.600.000 On The Road Jakarta.