Cari mobil baru yang pas buat kamu dengan tiga langkah muda
Daihatsu Terios
4.0
Segmen B Segmen | SUV Tipe Bodi | AT / MT Jenis Penggerak | 1.5L Kapasitas Mesin |
Daihatsu Terios 2024 - 2025 ditawarkan dalam 7 varian - mulai Rp 214,45 Juta hingga Rp 267,15 Juta , varian entry levelnya yaitu Daihatsu Terios X M/T Rp 214,45 Juta dan varian tertingi Daihatsu Terios yaitu Daihatsu Terios R A/T Deluxe ditawarkan dengan harga Rp 267,15 Juta.
Daihatsu Terios 2024 memiliki 29 gambar dan foto, termasuk 2 gambar & foto interior, 21 gambar & foto eksterior, 6 gambar & foto mesin Daihatsu Terios dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping dan tampilan atas Daihatsu Terios 2024 baru di sini.
Daihatsu Terios adalah Low SUV yang dikembangkan oleh Daihatsu sebelum akhirnya menjadi bagian dari pengembangan Toyota Rush tahun 2006. Variannya cukup banyak dengan harga yang terjangkau dan mesin yang bertenaga. Harga Daihatsu Terios dimulai dari Rp241,550 jutaan untuk model entry level Daihatsu Terios X MT dan Rp297,250 jutaan bagi varian tertinggi Daihatsu Terios R Custom AT.
Dibuat jauh lebih awal dari Rush, Daihatsu Terios sendiri mulai diproduksi pada tahun 1997 untuk menggantikan Daihatsu Rocky. Dikenal juga dengan nama Daihatsu Taruna hingga 2006, Daihatsu Terios yang disebut SUV Segmen C ini dirakit di pabrik Daihatsu di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat. Saat ini, hanya ada satu pilihan mesin yang tersedia, yaitu 2NR-VE 1.5L 4-silinder segaris.
Daihatsu Terios punya sepuluh varian berbeda, jauh lebih banyak dibandingkan Toyota Rush yang cuma punya empat varian. Harga Terios yang ditawarkan juga lebih rendah, untuk lebih jelasnya simak daftar harga dan spesifikasinya di bawah ini:
Daftar harga Daihatsu Terios | ||
---|---|---|
Daihatsu Terios X MT | Rp241,550 juta | |
Daihatsu Terios X AT | Rp251,950 juta | |
Daihatsu Terios X ADS MT | Rp253,500 juta | |
Daihatsu Terios X ADS AT | Rp263,900 juta | |
Daihatsu Terios R MT | Rp274,450 juta | |
Daihatsu Terios R AT | Rp284,950 juta | |
Daihatsu Terios R ADS MT | Rp284,450 juta | |
Daihatsu Terios R ADS AT | Rp294,950 juta | |
Daihatsu Terios R Custom MT Daihatsu Terios R Custom AT | Rp294,950 juta Rp297,250 juta |
Spesifiksi Daihatsu All New Terios
Mesin Daihatsu Terios | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 2NR-VE, DOHC Dual VVTi | |
Kapasitas Silinder | 1.496 cc | |
Tenaga Maksimal | 103 HP @ 6.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 136 Nm @ 4.200 rpm | |
Akselerasi 0-100 km/jam | 13,5 detik (estimasi) | |
Konsumsi bahan bakar | 11,5 km/liter (dalam kota), 16 km/liter (jalan tol) | |
Transmisi | Manual 5-Percepatan, Otomatis 4-Percepatan | |
Sistem Penggerak | Rear-Wheel Drive |
Dimensi Daihatsu Terios | ||
---|---|---|
Dimensi (PxLxT) | 4.455 x 1.695 x 1.705 mm | |
Wheelbase | 2.685 mm | |
Ground Clearence | 220 mm | |
Kapasitas Tangki Bensin | 45 L |
Kaki-kaki dan Suspensi Daihatsu Terios | ||
---|---|---|
Suspensi Depan/Belakang | McPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer / 5 link, Rigid Axe dengan Per Keong dan Stabilizer | |
Rem Depan/Belakang | Ventilated Disc / Drum, Leading & Trailing / Mekanis Pada Roda Belakang | |
Pelek/Ukuran Ban | Velg Alloy 16 215/65 R16 (X), Velg Alloy 17 215/60 R17 (R) |
Asal-usul Daihatsu All New Terios yang kita ketahui saat ini bisa ditelusuri dari momen jelang pergantian milenium. Pada bulan Juli 1999, Daihatsu menghadirkan sebuah SUV kompak yang diberi nama Taruna yang dijual sampai 2006
Posisi Taruna digantikan oleh Daihatsu Terios, yang dirilis pada Desember 2006 bersamaan dengan Toyota Rush generasi pertama. Beredar sampai 2017, setidaknya Daihatsu Terios generasi kedua mendapatkan dua kali facelift, yakni pada tahun 2010 dan 2015.
Meski dari awal hadir dengan format tiga baris tempat duduk, Daihatsu Terios generasi kedua punya kelemahan di akomodasi kursi baris ketiga yang sangat terbatas.
Hal tersebut jadi salah satu evaluasi Daihatsu Terios generasi terbaru, yang tengah didevelop tim yang dipimpin oleh Eiji Fujibayasi tahun 2015 dengan inspirasi dari FT Concept. Dan pada akhirnya, Daihatsu Terios dan Toyota Rush mendapatkan generasi terbaru pada 23 November 2017.
Dibandingkan pendahulunya, Daihatsu Terios memiliki desain body baru. Secara umum, bentuknya tampak lebih aerodinamis, mekanisme buka-tutup bagasinya jadi ke atas, dan yang paling penting sudah tidak ada lagi ban serep model konde.
Kita mulai dari bagian depan, Daihatsu Terios tampak lebih elegan dengan sentuhan gril serta lampu kabut krom. Soal pencahayaan juga jauh lebih mantap dengan LED headlamp dan LED positioning lamp yang didesain pipih seolah menyatu dengan gril.
Beralih ke samping, kita bisa melihat profil mobil tampak lebih panjang dan jangkung. Tentu saja, panjang mobil bertambah 70 mm dari model sebelumnya yang hanya 4.385 menjadi 4.455 mm, dan ground clearance yang naik 20 mm jadi 220 mm.
Kesan tangguh khas SUV hadir berkat penggunaan aksen hitam di area side skirt dan fender, Daihatsu Terios terbaru juga mendapatkan roof rail, dan beltline yang diberi aksen krom. Untuk pilihan peleknya ada dua, yakni 16 inci gun metal untuk varian X, dan 17 inci black polished di varian R yang lebih mahal.
Pindah ke bagian buritan, Daihatsu Terios baru tidak lagi punya ban serep model konde, atau menempel di pintu bagasi. Hal ini membuat tampilannya lebih modern dan bersih, apalagi dengan instalasi lampu belakang teknologi LED dengan desain pipih.
Kalau tidak nempel di pintu belakang, jadi ban serepnya pindah ke mana? Daihatsu menaruh ban serep Terios di kolong bawah mobil belakang dengan cover berbahan plastik untuk varian X Deluxe dan R Deluxe.
Dengan memanjangnya mobil, Daihatsu Terios baru menawarkan kabin yang lebih lapang dan nyaman. Namun pertama-tama, kita akan membahas dasbor dan kokpit terlebih dahulu.
Desainnya sedikit lebih modern dibanding generasi sebelumnya dengan finishing two-tone, namun bagian dasbornya masih didominasi material plastik keras dengan aksen jahit-jahitan palsu.
Pun demikian, hadir serangkaian fitur kekinian seperti pengaturan digital Auto AC dengan socket listrik 12V dengan slot USB dan jack audio 3.5 mm, head-unit layar sentuh 2 DIN yang dilengkapi bluetooth, USB port, dan fitur mirroring juga tak lupa menghiasi konsol tengah.
Beralih ke kokpit pengemudi, setir yang dipakai memiliki pengontrol audio dan bluetooth telephony. Di baliknya, Anda akan menemukan instrument cluster model optitron dengan MID digital yang cukup informatif.
Dalam kondisi standar, Daihatsu Terios baru dapat mengangkut 7 penumpang dengan konfigurasi 2+3+2 layaknya 7-seater kebanyakan. Jok yang dipakai hadir dengan material fabric dengan busa yang lebih tebal sehingga kenyamanan penumpang lebih baik.
Untuk mengakses baris ketiga bisa dengan melipat jok baris kedua yang support metode one-touch tumble. Selain itu, jok baris kedua juga bisa dimajukan dan dimundurkan sehingga legroom penumpang baris ketiga lebih mumpuni.
Bagaimana untuk kapasitas bagasi? Daihatsu Terios terbaru cuma bisa memuat 4 buah galon air saat semua baris bangku berdiri, itu tidak spesial-spesial amat. Namun ketika bangku belakang dilipat, Anda bisa menaruh hingga empat buah koper besar dengan posisi ditidurkan.
Soal fitur keselamatan, Daihatsu Terios termasuk royal. Fitur seperti Anti-lock Braking System (ABS), dan Electronic Brake Distribution (EBD), sampai fitur keamanan pasif dual-SRS Airbag dan seatbelt tiga titik untuk tujuh penumpang hadir sebagai standar.
Namun jika Anda menginginkan keselamatan yang lebih mumpuni, kami sarankan untuk mengambil Daihatsu Terios R ADS yang mendapat fitur keselamatan tambahan seperti Emergency Stop Signal (ESS), Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA) yang sangat berguna kala bermanuver di kondisi licin dan saat start dalam kondisi tanjakan.
Daihatsu juga tak lupa menyematkan fitur keamanan sebagai standar, mulai dari alarm & immobilizer yang bisa dikontrol melalui Remote Key. Uniknya, di bagian tuas pintu juga hadir tombol yang bisa membuka dan menutup kunci pintu dengan sentuhan tangan.
Daihatsu Terios terbaru menggunakan mesin 2NR-VE DOHC Dual VVTi 1.496 cc yang menghasilkan tenaga 103 HP dan torsi 136 Nm, yang juga dipakai di Toyota Rush, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia.
Secara angka, mesin ini punya performa lebih kecil dari pendahulunya yang punya mesin bertenaga 109 HP dengan torsi 145 Nm. Namun sebagai gantinya, mesin ini diklaim 10-15% lebih efisien.
Performa dan Handling
Seperti dijelaskan di atas, tenaga mesin Daihatsu Terios baru berkurang 6 HP dan 9 Nm dibanding generasi sebelumnya. Hal ini jelas cukup mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan, khususnya untuk akselerasi 0-100 km/jam yang tuntas dalam waktu 13,5 detik.
Namun, tenaga mesin yang biasa banget ini terbantu oleh handling yang cukup ringan dan gesit dengan bantuan Electric Power Steering. Selain itu, manuver mobil juga terasa tidak limbung, yang kerap jadi momok sang pendahulu.
Hal ini tidak terlepas dari setup suspensi MacPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer (depan) dikombinasikan 5 link Rigid Axle dengan Per Keong dan Stabilizer (belakang) yang mampu menjaga kestabilan dan meminimalisir gejala limbung dengan lebih baik.
Namun dampaknya, bantingan mobil terasa sedikit keras meski masih wajar saat berkendara sendiri. Namun, feelingnya justru membaik saat mobil berisikan penumpang dewasa yang membuat suspensi terasa jauh lebih nyaman dan lembut.
Konsumsi BBM
Menurut klaim Daihatsu, mesin 2NR-VE membuat Daihatsu Terios terbaru punya angka konsumsi bahan bakar lebih baik antara 10-15 persen dibandingkan pendahulunya, apa iya?
Dalam kondisi penggunaan di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, Daihatsu baru mencatatkan konsumsi BBM 11,5 km. Sementara untuk perjalanan tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, konsumsi bensinnya berada di kisaran 16 km/l. Tidak boros, tidak juga irit.
Daihatsu Terios terbaru punya semua hal yang dibutuhkan sebuah mobil keluarga. Mulai dari kabin luas yang mampu menampung 7 penumpang secara mumpuni, daya jelajah yang baik dengan ground clearance tinggi, sampai fitur yang terhitung lengkap.
Dengan harga varian termurah yang berbeda sekitar Rp 40 juta-an dari Toyota Rush, Daihatsu All New Terios bisa jadi pilihan paket murah LSUV dengan fitur yang sangat mumpuni.
Tidak, Daihatsu Terios tidak tersedia di Pengatur Moda Berkendara.
Berikut adalah Torsi Maksimal (Nm) dan varian Daihatsu Terios:
Varian | Daihatsu Terios X M/T | Daihatsu Terios X M/T Deluxe | Daihatsu Terios X A/T Deluxe | Daihatsu Terios R M/T | Daihatsu Terios R M/T Deluxe | Daihatsu Terios R A/T | Daihatsu Terios R A/T Deluxe |
Torsi Maksimal (Nm) | 139 | 139 | 139 | 139 | 139 | 139 | 139 |
Tidak, Daihatsu Terios tidak tersedia di Fitur Memori pengaturan kursi.