Cari mobil baru yang pas buat kamu dengan tiga langkah muda
Mazda CX-5
Segmen C Segmen | SUV Tipe Bodi | AT Jenis Penggerak | 2.5L Kapasitas Mesin |
Mazda CX 5 2024 - 2025 ditawarkan dalam 3 varian - mulai Rp 509,80 Juta hingga Rp 589,80 Juta , varian entry levelnya yaitu Mazda CX 5 Touring Rp 509,80 Juta dan varian tertingi Mazda CX 5 yaitu Mazda CX 5 Elite ditawarkan dengan harga Rp 589,80 Juta.
Mazda CX-5 2024 memiliki 207 gambar dan foto, termasuk 117 gambar & foto interior, 75 gambar & foto eksterior, 15 gambar & foto mesin Mazda CX-5 dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping dan tampilan atas Mazda CX-5 2024 baru di sini.
Butuh SUV perkotaan yang memberikan rasa berkendara yang menyenangkan? Mazda CX-5 merupakan prioritas bagi penggemar mobil perkotaan yang ramah keluarga namun tetap memberikan handling yang nyaman untuk dikemudikan.
Daftar Harga Mazda CX-5 | ||
---|---|---|
Harga Mazda CX-5 Touring | Rp 508.800.000 | |
Harga Mazda CX-5 GT 2021 | Rp 555.800.000 | |
Harga Mazda CX-5 Elite | Rp 588.800.000 |
Spesifikasi Mazda CX-5 | ||
---|---|---|
Mesin Mazda CX 5 | ||
Tipe Mesin | SkyActive-G 2.5L 4-silinder segaris DOHC 16 katup | |
Kapasitas Silinder | 2.488 cc | |
Tenaga Maksimal | 190 PS @ 6.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 251 Nm @ 3.250 rpm | |
Transmisi | SkyActive-Drive 6-percepatan | |
Sistem Penggerak | Front-wheel drive | |
Dimensi Mazda CX 5 | ||
P x L x T | 4.550 x 1.840 x 1.680 mm | |
Wheelbase | 2.700 mm | |
Jarak Pijak Depan | 1.595 mm | |
Jarak Pijak Belakang | 1.595 mm | |
Ground Clearance | 193 mm | |
Kaki-Kaki dan Suspensi Mazda CX 5 | ||
Suspensi Depan | MacPherson Strut | |
Suspensi Belakang | Multi-link | |
Rem Depan | Ventilated Disc | |
Rem Belakang | Solid Disc | |
Ukuran Ban | 255/55 R19 | |
Velg | 19 inci alloy |
Kehadiran Mazda CX-5 bisa dibilang masih baru. Bukan hanya di pasar otomotif Tanah Air, tapi juga secara global. Pasalnya SUV kompak milik Mazda ini baru debut perdana pada Mei 2011 dan mulai diproduksi setahun kemudian.
Kehadirannya langsung menjadi salah satu jualan populer Mazda, termasuk di Indonesia. Platform Mazda CX-5 sendiri diambil dari Mazda3 dan Mazda6. Sedangkan posisinya diapit oleh Mazda CX-3 yang lebih kecil serta Mazda CX-8 dengan dimensi yang lebih besar.
Pasar SUV di Indonesia memang cukup banyak. Dengan harga Mazda CX-5 yang mencapai Rp508 jutaan, pesaingnya datang dari SUV kompak premum lainnya. Diantaranya Honda CR-V, Hyundai Tucson, serta Mitsubishi Pajero Sport.
Generasi kedua meluncur pada tahun 2016 dan masuk ke Indonesia setahun kemudian. Tahun lalu, Mazda CX-5 2019 merupakan facelift generasi kedua dengan tampilan depan yang leih ramping serta beberapa penambahan pada fitur berkendara.
Ada tiga varian yang dipasarkan di Indonesia, varian Touring, GT, dan Mazda CX-5 Elite sebagai entry tertinggi. Perbedaan harga masing-masing varian Rp40 juta. Dengan berbagai pilihan dari SUV kompak, apa saja yang menarik dari mobil ini? Cek review Mazda CX-5 di bawah ini.
Desain KODO yang menghiasi mobil-mobil Mazda lainnya tak ketinggalan dibawa pada Mazda CX-5 2020. Desain luarnya sensual dengan garis-garis yang halus serta lengkungan yang minimalis. Tanpa banyak aksen, eksteriornya terasa lebih elegan.
Grille depan yang lebar dan hampir menutupi sepertiga tampilan depan menjadi ciri khas Mazda yang ditanamkan pada mobil Mazda CX-5 terbaru. Ada list chrome yang membuat tampilannya terasa elegan denga logo Mazda pada bagian tengah grille.
Lampu depan Mazda CX-5 dibuat sipit, menawarkan tampilan yang sporty dengan teknologi LED akan menemani sepanjang perjalanan. Beralih ke bawah, bumper berwarna hitam dilengkapi dengan lampu kabut serta aksen berwarna silver.
Siluetnya terkesan menawan jika dilihat dari samping. Ada list chrome pada jendela samping yang mempercantik tampilannya agar tidak terlalu polos. Selain itu, Mazda CX-5 hadir tanpa banyak aksen. Bahunya berotot menegaskan tampilan SUV yang sporty.
Desain samping Mazda CX-5 dilengkapi dengan velg 19 inci menghadirkan kesan sporty. Mengimbangi sisi samping yang cukup polos. Ground clearance memang tidak begitu tinggi, hanya 193 mm. Tapi sangat baik jika digunakan sebagai SUV perkotaan.
Di bagian belakang Mazda CX-5, lampu depan membulat dengan kesan seperti sayap. Di atas terdapat stop lamp di bagian atas serta shark fin atenna. Terdapat aksen silver pada bumper bawah. Sudah dipersiapkan bukaan pintu bagasi elektris, meskipun belum bisa dibuka dengan ayunan kaki.
Mengikuti eksterior yang dibuat cantik, kesan premium terasa dari kabin dengan gabungan material soft touch serta detail kecil sill plate bertuliskan Mazda CX-5. Fitur ni akan menyala dan memberikan kesan ‘selamat datang’ ketika pintu dibuka.
Dashboard Mazda CX-5 terasa mulus dengan material soft touch serta perpaduan aksen silver dan panel kayu, menawarkan kesan elegan ketika masuk ke dalam mobil. Komposisi tombol konvensional dan head unit touchscreen yang diberikan cukup ergonomis membantu pengemudian.
Varian Mazda CX-5 menengah dan varian Mazda CX-5 tertinggi sudah mendapatkan layar sentuh 8.0 inci yang menawarkan berbagai fitur terbaru dari Mazda. Tapi jika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama, head unit 10 inci bisa dibilang lebih pas.
Sistem infotainment Mazda CX-5 sudah bisa terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Ada pula slot USB pada konsol tengah yang bisa digunakan untuk menghubungkan smartphone. Ruang kabin kedap, ditemani oleh sound system premium Bose.
Setir multifungsi dengan berbagai tombol pengaturan dibalut dengan lapisan kulit yang membuatnya enak digenggam. Desainnya mirip dengan model Mazda lainnya dengan aksen silver pada bagian dalam dan tombol.
Ruang kaki dan ruang kepala Mazda CX-5 yang cukup lapang menambah kenyamanan di dalam mobil. Kursi baris kedua bisa direbahkan, terasa menyenangkan pada saat pengendaraan ke luar kota. Akses masuk pun cukup baik dengan bukaan pintu hampir 90 derajat.
Tapi ruang penyimpanan di belakang tak begitu besar, meski masih berterima untuk menyimpan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Bangku baris kedua dengan konfigurasi 40:20:40 bisa direbahkan untuk menambah ruang bagasi.
Mazda selalu total dalam memberikan fitur keselamatan di dalam mobil yang berlimpah. Sebut saja sistem pengereman ABS+EBD+BA untuk pengendaraan yang lebih baik di jalanan licin serta Dynamic Stability Control dan Traction Control.
Mazda CX-5 tak ragu ketika dibawa di jalanan pegunungan yang mendaki. Tentu saja dengan fitur Hill Launch Assist (HLA) yang akan membantu mobil ketika berhenti di jalanan menanjak. Fitur lainnya seperti Emergency Stop Signal (ESS) juga sudah tersedia pada semua model.
Untuk mempermudah berkendara di jalanan sempit atau ketika sedang memarkirkan kendaraan, terdapat 360 view monitor. Ditambah dengan sensor parkir depan dan belakang yang akan menghindari Mazda CX-5 dari benturan atau tabrakan.
Mesin SkyActiv-G yang digunakan pada sebagian besar model terbaru Mazda menawarkan performa tingkat tinggi namun dengan mesin yang cukup efisien. Kompresi rasio 13.0:1 serta menghadirkan mesin yang lebih efisien 15% dibandingkan mesin sebelumnya.
Generasi kedua Mazda CX-5 masih menggunakan mesin yang sama dengan edisi sebelum facelift. Belum menggunakan tenaga turbo, mesin berkapasitas 2.5L mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 190 PS pada 6.000 rpm serta torsi yang cukup besar, 251 Nm pada putaran 3.250 rpm.
Mesin SkyActiv-G dipadukan dengan transmisi tipe SkyActive-Drive 6-percepatan otomatis. dengan perpindahan gigi yang mulus. Tenaga disalurkan ke roda depan untuk menghindari powerloss sehingga performa Mazda CX-5 masih tetap terjaga.
Yang membedakan model Mazda dengan pabrikan lainnya yaitu semua mobil memberikan kesan fun-to-drive yang maksimal. Selain handling yang mengesankan, rangkaian fitur bantuan berkendara dan fitur keselamatan yang digunakan pada Mazda CX-5 membuatnya menjadi lebih mudah dijalankan.
Performan Mazda CX-5 tinggi. Bahkan Mazda mengklaim CX-5 mampu berlari dari keadaan diam hingga 100 km/jam hanya dalam 8.9 detik. Cukup mengesankan mengingat bodinya yang besar serta tugasnya sebagai mobil keluarga.
Mazda CX-5 menghadirkan rasa berkendara dengan prforma tinggi, tapi tidak melupakan konsumsi bbm yang irit. Meskipun mesin Mazda CX-5 belum mendapatkan peningkatan pada edisi facelift terbaru, keluaran bahan bakarnya masih berterima.
Mazda sendiri mengklaim bahwa efisiensi mesin Mazda CX-5 cukup baik untuk sekelas SUV perkotaan. Kisaran 10-11 km/L dibutuhkan ketika membawa mobil di di dalam kota. Sedangkan konsumsi yang lebih efisien tercatat 16-17 km/L di jalanan yang lebih stabil.
Efisiensinya juga masih terjaga karena Mazda CX-5 sudah menggunakan sistem suplai bahan bakar injeksi langsung. Untuk mendapatkan rasa berkendara yang mumpuni ditambah mesin yang efisien, Mazda menyarankan Mazda CX-5 menggunakan bahan bakar RON 90.
Ubahan baru tahun lalu menghairkan tampilan yang lebih elegan dan segar. Tidak ada ubahan mesin dan suspensi, tapi Mazda CX-5 2020 masih menghadirkan rasa berkendara layaknya warisan Mazda lainnya: fun to drive.
Di dalam Mazda CX-5, kabin yang ergnomis membuat pengendaraan semakin efisien dengan akses yang mudah dijangkau. Belum lagi mesin yang bertenaga dan performa yang cukup tinggi sebagai mobil perkotaan. Mazda CX-5 bahkan masih nyaman jika dibawa ke luar kota dan jalanan yang bergelombang.
Mazda CX-5 memang menawarkan fitur keselamatan dan infotainment yang berlimpah. Sayangnya fitur pada varian entry level dipangkas dibandingkan varian Mazda CX-5 menengah maupun varian Mazda CX-5 tertinggi. Dengan beda harga yang tidak terlalu besar, fitur yang dihadirkan lebih lengkap.
Berikut adalah Start/Stop engine button dan varian Mazda CX 5:
Varian | Mazda CX 5 Touring | Mazda CX 5 GT | Mazda CX 5 Elite |
Start/Stop engine button | Y | Y | Y |
Berikut adalah Airbag lutut dan varian Mazda CX 5:
Varian | Mazda CX 5 Touring | Mazda CX 5 GT | Mazda CX 5 Elite |
Airbag lutut | Y/Y | Y/Y | Y/Y |
Berikut adalah Hill Start Assist (HSA) dan varian Mazda CX 5:
Varian | Mazda CX 5 Touring | Mazda CX 5 GT | Mazda CX 5 Elite |
Hill Start Assist (HSA) | Y | Y | Y |