Perbandingan Konsumsi BBM Daihatsu Terios Lama dan Baru, Mana yang Lebih Irit?

Konsumsi BBM Daihatsu Terios lama dianggap lebih boros daripada Terios baru lantaran teknologinya belum selengkap sekarang, benarkah?

Daihatsu Terios merupakan satu model Sport Utility Vehicle (SUV) yang banyak diminati konsumen di Indonesia. Daihatsu memang memiliki sejarah yang cukup kuat dengan SUV hingga akhirnya produknya banyak dipercaya oleh para pencinta roda empat.

Sebelum kehadiran Terios di pasaran, Daihatsu pernah mengeluarkan pendahulunya yang tak kalah laris, yakni Daihatsu Taft. Mobil tersebut banyak dibilang sebagai versi mungil dari Toyota FJ40, namun Taft pun harus mengakhiri kiprahnya.

Daihatsu Taruna sebelum kemunculan Terios

Setelah Taft disuntik mati, Daihatsu Taruna muncul ke pasaran dan juga meraup sukses menarik hati para konsumen. Setelah Taruna juga dipensiunkan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya resmi meluncurkan Terios di Desember 2006.

Model ini jadi produk kolaborasi kedua antara Daihatsu dengan Toyota setelah Xenia dan Avaza. Meluncur bersamaan dengan Toyota Rush, meski secara angka penjualan kalah, tapi Terios tetap tidak kalah pamor.

Kehadirannya memberikan pilihan baru bagi konsumen di Indonesia, meski platform yang digunakan bisa dibilang sama, harga yang ditawarkan pada Daihatsu Terios lebih terjangkau dari Toyota Rush.

Baca juga: Harga Bekas Daihatsu Terios Konde Cenderung Stabil, Apa Rahasianya?

Daihatsu Lakukan Banyak Perombakan di Terios Baru

New Terios 2023

Sepak terjang Terios di pasar otomotif Indonesia dimulai pada 2006. Saat itu ADM menghadirkan LSUV berkonfigurasi 7 penumpang ini dalam dua trim varian, yaitu TS dan TX. Tipe TS hanya disodorkan dengan transmisi manual, sementara Terios TX ada yang pakai transmisi manual ada pula yang matik.

Untuk mesinnya menggunakan engine berkodekan 3SZ-VE dengan kapasitas 1.495 cc 4 silinder dengan teknologi DOHC VVT-I. Gearbox manual menggunakan sistem 5-percepatan, sementara yang otomatis 4-percepatan. tenaganya diklaim mampu meraih 109 PS serta torsinya 145 Nm.

Terios mendapatkan facelift pertama pada 2010, antara lain mengalami perubahan di bagian grill depan, desain velg, dan juga lekukan bemper belakang. Lantas untuk tipe TS juga ditambah opsi transmisi matic.

Beranjak ke tahun 2013, ADM kembali melakukan penyegaran pada Terios dengan kembali mengalami revisi kecil, yaitu hanya pada bagian bemper depan dan belakang. Walau begitu, tipe TS kelengkapan fitur dan aksesorisnya diperbanyak. Mulai dari spion luar sudah dengan pelipat elektrik, cover ban cadangan di belakang, sampai sudah tersemat Dual SRS Airbags.

 

Terios generasi pertama beberapa kali mengalami facelift

Berselang dua tahun berikutnya, lagi-lagi Terios mengalami pembaruan di bagian grill depan, bemper depan, dan bemper belakang. Model ini juga sudah menggunakan Daytime Running Light (DRL), serta headunit yang fiturnya makin diperbanyak.

Pasca mengalami beberapa kali facelift, akhirnya di 2017, Daihatsu Terios generasi kedua lahir dengan mmbawa sangat banyak perubahan. Bukan cuma dari desain, interiornya makin mewah, namun platform dan mesin yang digunakan juga berubah.

Sejak meluncur di Indonesia hingga saat ini, sudah banyak perubahan dan peningkatan yang dilakukan Daihatsu pada Terios. Terbaru yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada Juni 2023 dengan membawa cukup banyak perubahan pada Terios tak hanya pada eksteriornya saja, tapi juga interior.

New Terios 2023 ini sendiri sebenarnya adalah versi facelift dari Terios generasi kedua yang sudah terjual sejak tahun 2017. Pada sisi eksterior, Terios baru ini hadir dengan desain fascia depan yang lebih sporty dan adventure, meliputi bumper baru, grille baru, smoke headlamp, dan illuminating lamp. 

Terios R Custom 2023

Dengan penyematan desain aero kit pada bagian bumper depan-belakang, ditambah side stone guard, serta side body molding pada bagian bodi samping yang terdapat khusus pada varian tertinggi (R Custom), membuat New Terios juga tampil lebih sporty.

New Terios juga dibekali New Design Alloy Wheel dengan roda berdiameter mulai dari 16–17 inch, membuat terlihat semakin gagah, dalam melewati berbagai kondisi jalan.

Baca juga : Bapaknya Terios, Ini 5 Kekurangan Daihatsu Taruna yang Bikin Gagal Dilirik

Interior Daihatsu Terios Baru Semakin Mewah dan Nyaman

Interiornya kombinasi hitam dan silver

Untuk tampilan interior, hal baru memang terasa di beberapa bagian, seperti kabin didominasi tema hitam dipadukan aksen merah, sehingga terkesan lebih sporty.  Selain itu, pada bagian jok dikombinasikan dengan balutan kulit (type R Custome), sehingga bagian dalam ini jadi semakin berbeda dengan model sebelumnya. 

Bagian interior mobil ini juga telah dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inch, yang terkoneksi dengan smartphone, serta Android Auto dan Apple Car Play.  Mobil ini juga menyesuaikan kebutuhan konsumen yang kekinian, dengan hadirnya fitur wireless charger yang terdapat pada console box. 

Fitur wireless charging yang ada di varian R Custom

Daihatsu Terios baru yang varian R Custom, juga sudah dilengkapi fitur keamanan dan keselamatan lebih lengkap dari Terios lama. Diantaranya dijejali 6 SRS Airbag pada sisi bagian depan dan samping, sehingga dapat melindungi seluruh penumpang dalam mobil pada varian tertingginya. 

Selain itu, mobil ini tetap mempertahankan beberapa fitur lainnya, seperti Around View Monitor yang dapat menampilkan visibilitas 360 sudut kendaraan, sehingga memudahkan pengendara ketika bermanuver mundur, melewati jalan sempit, serta kondisi berkendara lainnya.

Terios 2023 kini punya 6 airbags

Ditambah fitur terkini Vehicle Stability Control (VSC) yang dapat mencegah over steer dan under steer saat menikung. Ada pula Hill Start Assist (HSA) untuk mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan.

Tak lupa fitur ABS (Anti-Lock Brake System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) untuk memaksimalkan performa pengereman agar lebih aman.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi Daihatsu Terios 2023 yang Membuat Toyota Rush Terasa Kemahalan

Daihatsu Terios 2023 Pakai Mesin Baru

Mesin New Terios 2023

Di sektor mesin, Daihatsu Terios 2023 menggunakan mesin 2NR-VE Euro IV, DOHC, Dual VVT-i, berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder.

Dengan mesin tersebut tenaga yang disemburkan mencapai 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm yang kemudian diatur menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan atau manual 5 percepatan sebelum ditranslasi ke penggerak roda belakang (RWD). 

New Terios 2023 juga memiliki fitur Eco Idle yang sebenarnya sudah ada sejak model pendahulunya. Fitur ini memungkinkan sistem mematikan kinerja mesin secara otomatis selama beberapa detik pada saat pedal rem diinjak dan tuas transmisi ada di posisi Netral (N).

Tujuannya adalah menekan konsumsi BBM pada mesin ketika kendaraan ini digunakan pada rute yang kerap diwarnai kemacetan.

Baca juga : Beda Rp40 Juta, Pilih Toyota Rush Varian Terendah atau Daihatsu Terios Paling Murah?

Konsumsi BBM Daihatsu Terios Lama Lebih Boros?

Mesin Daihatsu Terios lama

Sementara itu mesin Daihatsu Terios lama berkode 3SZ-VE 1.495 cc DOHC 16 Valve VVT-i bertenaga 109 PS pada 5.500 rpm dan torsinya 145 Nm di 4.000 rpm. Mesin New Terios 2023 memang memiliki tenaga yang lebih rendah dibandingkan dengan mesin Terios generasi pertama, selisih tenaganya bisa sampai 5 PS dan selisih torsinya lebih rendah 9 Nm.

Tapi, sisi positifnya adalah konsumsi BBM yang dihasilkan jadi lebih baik. Daihatsu Indonesia mengklaim bahwa konsumsi BBM Daihatsu Terios 2023 20 persen lebih irit dibanding Terios generasi pertama, tapi dengan catatan kecepatan yang digunakan konstan sekitar 40-60 kilometer per jam.

Beberapa media nasional yang melakukan tes menyebutkan bahwa konsumsi BBM Daihatsu Terios lama tanpa fitur Eco Idle dapat mencapai kisaran 11 kilometer per liter hingga 12 kilometer per liter, dengan rute perjalanan di dalam kota dan gaya berkendara normal atau tanpa teknik eco driving.

Tentunya, ada banyak faktor yang dapat menentukan konsumsi BBM, mulai dari beban yang dibawa, tekanan udara pada ban, gaya berkendara, kondisi lalu lintas, bahan bakar yang digunakan, kondisi cuaca, dan lainnya.

Baca juga: Beda Gak Sampai Rp2 Juta, Mending Pilih Suzuki XL7 Hybrid Alpha Vs Daihatsu Terios R Custom?

Tombol eco Idle (A) yang bisa diaktifkan dan non aktifkan

Sedangkan pada Daihatsu Terios terbaru yang sudah dilengkapi dengan fitur Eco Idle, konsumsi BBM-nya diklaim lebih efisien hingga 10 persen dari yang belum ada fitur ini. Sehingga, jika Terios non ISS konsumsi BBM-nya mencapai 12 km per liter, konsumsi BBM Terios 2023 bisa mencapai 13,2 km per liter.

Secara konsumsi, Terios baru dengan fitur Eco Idle memang lebih irit, tapi, perlu diketahui bahwa aki yang digunakan pada mobil dengan teknologi tersebut berbeda dengan aki yang digunakan pada Terios tanpa ISS. Aki khusus fitur ISS lebih mahal harganya. Sehingga, perlu diperhitungkan juga untuk biaya perawatan atau perbaikan.

Berikut ini daftar harga Daihatsu Terios terbaru 2024 :

  • Terios X MT: Rp 241.550.000 (OTR Jakarta)
  • Terios X AT: Rp 251.950.000 (OTR Jakarta)
  • Terios X MT ADS: Rp 253.500.000 (OTR Jakarta)
  • Terios X AT ADS: Rp 263.900.000 (OTR Jakarta)
  • Terios R MT: Rp 274.450.000 (OTR Jakarta)
  • Terios R AT:  Rp 284.950.000 (OTR Jakarta)
  • Terios R MT ADS: Rp 284.450.000 (OTR Jakarta)
  • Terios R AT ADS: Rp 294.950.000 (OTR Jakarta)
  • Terios R MT Custom: Rp 297.250.000 (OTR Jakarta)
  • Terios R AT Custom: Rp 307.750.000 (OTR Jakarta)

Baca juga : Konsumsi BBM Daihatsu Terios Setelah Pakai Fitur Idle Stop Benar Lebih Irit?

FAQ

Apakah mobil Daihatsu Terios irit BBM?

Konsumsi BBM Daihatsu Terios terhitung irit, mengingat untuk Terios yang masih menggunakan mesin lama saja, pemakaian bahan bakarnya tercatat 11-12 km/liter untuk rute di dalam kota. Sementara konsumsi BBM Terios dengan mesin baru dan sistem ISS, maka konsumsi bahan bakarnya bisa neyentuh 13 km/liter di rute dalam kota.

Apakah Daihatsu Terios transmisi matic lebih boros?

Berdasarkan hasil pengujian sejumlah pihak memang ditemukan fakta jika konsumsi BBM Daihatsu Terios yang menggunakan transmisi otomatis sedikit lebih boros dari varian manual, yakni dikisaran 10-11 km/liter untuk rute dalam kota.

Berapa konsumsi BBM Daihatsu Terios 2018?

Daihatsu Terios 2018 merupakan Terios generasi kedua yang sudah menggunakan mesin baru yakni 2NR-VE 1.5-liter berteknologi Dual VVT-i dan punya sistem Eco Idle. Hasilnya konsumis BBM di dalam kota bisa menyentuh 13,2 km/liter.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Terios

Video Pendek Terkait

Related Videos

Jelajah Tujuh Destinasi Liburan di Lombok Bersama Daihatsu Terios 7 Wonders

Nyari LMPV & LSUV Keluarga Paling Bertenaga Daihatsu Terios

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Presiden RI Prabowo Subianto pekan lalu melihat secara langsung proses pengolahan lahan dan tabur dolomit di Merauke, Papua Selatan. Namun AutoFun tidak akan membahas secara keseluruhan bagaimana orang nomor satu itu bekerja di wilayah paling timur Indonesia. Sebab, ada hal menarik lain yang menyita perhatian, yaitu sosok mobil berplat merah bertuliskan Indonesia 1 yang digunakan presiden ternyata masih asing. Baca juga: GWM Indonesia Catat Penjualan Tank 500 HEV Tertinggi, Konsumennya Bukan Kau
Wuling Motors (Wuling) menghadirkan promo mobil Wuling terbaru bertajuk "Year End Sale" (YES). Program ini menawarkan penawaran menarik promo Wuling Air ev, BinguoEV, Alvez, hingga Almaz. Program promo mobil Wuling akhir tahun ini memberikan penawaran mulai dari Worry-Free Bersama Wuling EV, Berani Lebih Bersama Wuling SUV, Lucky Dip, Voucher Belanja, DP Ringan, Gratis Asuransi, sampai dengan adanya total benefit senilai Rp 72 Juta untuk pembelian BinguoEV. "Melalui program promo Wuling Year End
PT United Automotive Battery System Indonesia (UABS Indonesia) meresmikan fasilitas perakitan baterai mobil listrik UABS di kawasan Cikarang, Jawa Barat, Selasa (5/11/2024). Nantinya baterai UABS ini akan digunakan untuk mobil listrik MG di Tanah Air. Wang Wei selaku Presiden Direktur PT UABS Indonesia menyebutkan jika momentum ini menjadi satu langkah penting dalam kontribusi untuk memajukan industri otomotif Indonesia, khususnya dalam hal ekosistem kendaraan listrik. "Indonesia baru saja memul
Versi produksi dari Suzuki eVX Concept, mobil listrik Suzuki e Vitara secara resmi diperkenalkan oleh Suzuki Motor Corporation (SMC) di Milan, Italia, Senin (4/11). Diketahui sebelumnya, SUV ramah lingkungan ini merupakan mobil listrik pertama pabrikan Jepang berlogokan ‘S’. Dituliskan SMC melalui keterangan resminya, mobil listrik ini akan menjadi model global Suzuki, yang diproduksi Suzuki Motor Gujarat, India, sekitar Maret 2025. Produksinya sendiri sebanyak 50 persen akan dialokasikan untuk
MG 3 HEV (Hybrid Electric Vehicle) dipastikan akan rilis di Indonesia. Hatchback bermesin hybrid ini nantinya akan muncul di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Sebenarnya jika kalian ingat, MG 3 HEV ini juga pernah singgah di Indonesia. Saat itu ia hanya menjadi "cameo" di antara deretan mobil-mobil masa depan dari Morris Garage (MG) selama berlangsungnya Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung di ICE BSD City, Juli lalu. Unit yang ditampilkan saat i

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    Terios vs WR-V
  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Terios vs Rush
  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Terios vs XL7
  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Terios vs Raize
  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Wuling Alvez
    Rp 209,00 Juta
    Terios vs Alvez
Daihatsu Terios
Lihat