Hatchback Tipe Bodi | 1.3L Kapasitas Mesin | CVT / AT / MT Jenis Penggerak | 95PS Tenaga |
Daihatsu Sirion 2023 - 2024 ditawarkan dalam 6 varian - mulai Rp 201,75 Juta hingga Rp 236,8 Juta, varian entry levelnya yaitu Daihatsu Sirion STD MT Rp 201,75 Juta dan varian tertingi Daihatsu Sirion yaitu Daihatsu Sirion R CVT 2022 ditawarkan dengan harga Rp 236,8 Juta.
Rp 227,6 Juta
Rp 2,295 Juta /bulanRp 236,8 Juta
Rp 2,388 Juta /bulanRp 201,75 Juta
Rp 2,034 Juta /bulanRp 216,5 Juta
Rp 2,183 Juta /bulanRp 216,5 Juta
Rp 2,183 Juta /bulanRp 216,5 Juta
Rp 2,183 Juta /bulanDaihatsu Sirion 2024 memiliki 29 gambar dan foto, termasuk 10 gambar & foto interior, 18 gambar & foto eksterior, 1 gambar & foto mesin Daihatsu Sirion dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping dan tampilan atas Daihatsu Sirion 2024 baru di sini.
SegmenSegmen B | Tipe BodiHatchback | Jenis PenggerakCVT / AT / MT | Kapasitas Mesin1.3L | Tenaga95PS | Tempat Duduk5 |
Desain Eksterior Sporty, Cocok Untuk Kalangan Muda
Mesin Bertenaga
Jaringan Aftersales Luas
Kabin Belakang Lebih Leluasa
Dilengkapi Fitur Central Door Lock
Belum Dibuat Lokal, Harga Masih Tinggi
Tidak Banyak Ubahan Dari Versi Sebelumnya
Dimensi Membesar, Kurang Gesit di Jalan Sempit
Banyak Fitur Yang Dipangkas
Transmisi Belum CVT, Pengendaraan Kurang Halus
Daihatsu Sirion merupakan salah sau pilihan sedan kompak dengan harga yang cukup terjangkau di Indonesia. Kehadirannya bisa menjadi alternatif bagi keluarga kecil yang menginginkan kendaraan untuk perjalanan harian. Harga Daihatsu Sirion 2020 cukup terjangkau. Mulai dari Rp200 jutaan untuk varian Daihatsu Sirion 1.3L MT dan Rp211 jutaan untuk Daihatsu Sirion 1.3L AT.
Daftar Harga Daihatsu Sirion | ||
---|---|---|
Harga Daihatsu Sirion STD AT | Rp 216.500.000 | |
Harga Daihatsu Sirion STD MT | Rp 201.750.000 |
Sedan subkompak Daihatsu Sirion merupakan bagian dari rebadge Perodua Myvi yang masuk ke Indonesia pada 13 Februari 2018 dan diimpor langsung dari Malaysia. Penjualan mobil sedan Segmen B ini memang tak begitu mentereng di Indonesia. Namun Sirion cukup menawan dengan menghadirkan mesin 1NR-VE 1.3L 4-silinder milik Daihatsu yang terkenal tangguh dengan pilihan transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis.
Lebih dari 10 tahun mengaspal di Indonesia, Daihatsu Sirion adalah salah satu model yang cukup lekat dengan image anak muda dan millenial yang sangat dinamis.
Dimensi mobil kompak, mesin irit bahan bakar, dan juga model yang eye-catching membuatnya cukup diminati. Dan memasuki generasi ketiga, Daihatsu Sirion mendapat facelift untuk model 2020 yang diperkenalkan bersamaan dengan Daihatsu Ayla.
Berbeda dari line-up Daihatsu lainnya yang ditawarkan dengan beberapa varian, New Sirion cuma punya satu varian, STD, yang hadir dalam dua pilihan transmisi, automatic 4-percepatan dan manual 5-percepatan.
Mesin Daihatsu All New Sirion 2020 | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 1NR-VE DOHC, Dual VVT-i | |
Kapasitas Silinder | 1.329 cc | |
Tenaga Maksimal | 95 PS @ 6.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 120 Nm @ 4.200 rpm | |
Akselerasi 0-100 km/jam | 11,3 detik | |
Konsumsi bahan bakar | 12,8 km/L (dalam kota), 20 km/L (luar kota) | |
Transmisi | Otomatis 4-Percepatan, Manual 5-Percepatan | |
Sistem Penggerak | Front-Wheel Drive |
Dimensi Daihatsu All New Sirion 2020 | ||
---|---|---|
Dimensi (PxLxT) | 3.895 x 1.735 x 1.525 mm | |
Wheelbase | 2.500 mm | |
Ground Clearance | 150 mm | |
Radius Putar Minimum | 5,1 m | |
Kapasitas Tangki Bensin | 36 L |
Kaki-Kaki dan Suspensi Daihatsu All New Sirion 2020 | ||
---|---|---|
Suspensi Depan | Mac Pherson Strut dengan Coil Spring & Stabilizer/Torsion Beam dengan Coil Spring & Stabilizer | |
Rem Depan/Belakang | Ventilated Disc Brake/Drums | |
Pelek/Ukuran Ban | 185/55 R15 Alloy Black Polished |
Daihatsu Sirion pertama kali muncul di Indonesia tahun 2007 dengan bentuk CBU, yang mengambil basis dari model Perodua Myvi di Malaysia. Saat itu, Sirion hadir dalam dua trim yakni D yang jadi varian paling rendah, dan M dengan tambahan aerokits dan jok kulit.
Empat tahun berselang, tepatnya Juli 2011, generasi kedua Daihatsu Sirion diperknalkan pada gelaran Indonesia International Motor Show 2011, dan kembali hadir sebagai CBU pabrik Perodua di Malaysia. Generasi ini dapat facelift tahun 2015 yang membuatnya makin sporty.
Tahun 2018, generasi ketiga Daihatsu Sirion di Indonsesia. Model ini hadir dengan desain depan dan belakang lebih dinamis dan sporty, walaupun harus meninggalkan kesan imut yang sudah identik sejak pertama kali mengaspal d Indonesia.
Setelah mendapatkan perombakan masif di generasi terbaru, tahun 2020 ini Daihatsu Sirion kembali mendapatkan facelift yang dirilis bersamaan dengan sang adik, Daihatsu New Ayla.
Memang, jika dibanding model sebelumnya ubahan Daihatsu Sirion 2020 tidak terlalu dramatis. Tapi, apakah itu sudah cukup untuk menarik hati para millenials? Simak review yang telah disusun redaksi Autofun.co.id berikut ini ya.
Dibandingkan model pre-facelift yang launching 2018, Daihatsu New Sirion 2020 tidak mendapat ubahan masif di sektor eksterior dengan body kit yang semakin menguatkan kesan sporty dan dinamis.
Kita mulai dari depan, bumper Daihatsu New Sirion 2020 dilengkapi lips spoiler yang lebih tebal, sepintas sama dengan ornamen yang muncul di Sirion SE yang mejeng di GIIAS 2019 lalu.
Hal senada juga terlihat di bagian samping, side skirt Daihatsu New Sirion 2020 kini lebih tebal dengan finishing hitam yang membut tampilan hatchback mungil ini jauh lebih berisi. Tampilan mobil semakin necis berkat penggunaan pelek 15 inci dual-tone dengan profil ban 185/55 R15.
Pindah ke belakang, kesan sporty dan modern dihadirkan bagian buritan New Sirion. Di sini, kita juga tidak melihat ubahan signifikan kecuali di bagian area plat nomor yang di-blackout sehingga membuatnya semakin keren, tentu selain membuat plat jadi semakin mudah terlihat.
Sama seperti bagian eksterior, Interior Daihatsu New Sirion 2020 juga tidak mendapat ubahan signifikan. Namun, kami tidak menganggap itu sebagai hal buruk, secara desain kami suka dengan layout dasbor mobil yang ergonomis dengan panel instrumen yang mudah dijangkau.
Selain itu, lingkar kemudinya juga dilengkapi tombol pengatur audio dan bluetooth telephony. Soal kepraktisan, setir juga dapat diatur secara tilt yang memberi fleksibilitas lebih baik dalam posisi berkendara.
Fitur dalam kabin Daihatsu New Sirion 2020 juga terhitung cukup lengkap. Mulai dari headunit double-DIN dengan fitur MirrorLink, USB & Bluetooth, DVD, sampai menu layar sentuh yang informatif.
Untuk kemudahan dan kepraktisan berkendara, hadir engine start/stop button dengan keyless entry, headlamp leveling adjuster, kaca spion retractable hingga pendingin ruangan dengan pengaturan digital.
Kursinya juga masih dibalut fabric, belum kulit. Namun, posisi duduknya menurut kami cukup proporsional, termasuk kursi belakang dengan lantai rendah dan rata sehingga ruang kaki dan kepala melimpah, seat hanger di pillar B juga dipertahankan yang memberi kepraktisan saat menggantung pakaian atau barang bawaan.
Bagaimana soal bagasi? Masih sama seperti model pre-facelift sih, yakni sekitar 277 liter dengan kursi belakang ditegakkan. Namun, ukuran segini cukup impresif mengingat dimensi mobil yang sangat kompak.
Daihatsu New Sirion 2020 sudah dilengkapi fitur keselamatan yang jauh lebih lengkap dari pendahulunya. Sebut saja rem Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), sampai Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC).
Tentu tidak melupakan fitur keamanan standar seperti empat airbag (dua depan, dua samping), dan seatbelt tiga-titik untuk seluruh penghuni mobil.
Fitur lain yang tak kalah menariknya adalah kamera dan sensor mundur, front corner sensor untuk mengawasi bagian depan mobil saat manuver di tempat sempit.
Mesin
Untuk sektor mesin, Daihatsu New Sirion 2020 dibekali mesin 1NR-VE, meski sama-sama berkapasitas 1.300cc, mesin dengan teknologi dual VVT-i ini menawarkan performa 95 PS di 6.000 rpm dan torsi 122 Nm di 4.200 rpm.
Karakteristik penyaluran tenaga mesin baru ini terasa halus di putaran mesin rendah, namun sebagai gantinya tarikan mobil jadi lebih bertenaga di rpm tengah sampai tinggi. Apalagi dengan teknologi Drive by Wire yang mampu menjaga efisiensi bahan bakar secara optimal.
Performa dan Handling
Dengan performa ini, Daihatsu New Sirion 2020 dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 11,3 detik. Cukup impresif mengingat tenaga mobil yang tak sampai 100 PS.
Daihatsu mengklaim karakteristik berkendara Sirion dibuat lebih sporty agar sesuai dengan market yang didominasi anak muda. Dibekali suspensi yang lebih kaku, handling mobil kini terasa lebih tajam, hal ini diimbangi juga dengan setir yang lebih responsif.
Meski bantingannya jadi sedikit lebih keras, body roll mobil ini juga jadi lebih baik. Radius putar yang cuma 5,1 meter juga menjanjikan kapabilitas manuver yang lebih luwes saat berada di jalan sempit.
Konsumsi BBM
Sebagai sebuah mobil yang ditujukan untuk anak muda, efisiensi bahan bakar tentu jadi salah satu tolok ukur. Untuk soal ini, Daihatsu New Sirion 2020 boleh berbangga diri.
Dibekali mesin 1.300cc dual-VVTi, konsumsi hatchback satu ini jelas lebih baik dibandingkan beberapa rivalnya yang punya mesin 1.500cc. Untuk penggunaan dalam kota, konsumsi bensinnya berada di kisaran 12,8 km/L dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam.
Sementara itu, jika dibawa di jalan tol dengan kecepatan konstan 90 km/jam, New Sirion mencatatkan konsumsi bensin yang cukup impresif, 20 km/L.
Daihatsu New Sirion 2020 memang tidak menawarkan perubahan besar dari model sebelumnya. Namun hal ini terasa cukup, karena model ini baru berusia dua tahun, dan fitur, teknologi, dan performa yang cukup baik di kelasnya.
Ubahan kosmetik yang membuatnya semakin modis, interior yang cukup ergonomis dengan kepraktisan yang oke punya, fitur entertainment dan safety yang sangat lengkap, sampai mesin dengan performa dan efisiensi sama baiknya jadi daya tarik New Sirion untuk menggaet hati para kaum muda yang mobile dan dinamis.
Konsumsi bahan bakar Daihatsu Sirion 2024 baru di Indonesia adalah 4.5 liter per 100 km,dan pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Daihatsu Sirion X CVT 2022 adalah 4.5 liter per 100 km, dan pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Daihatsu Sirion R CVT 2022 adalah 4.5 liter per 100 km.
Jenis Bahan Bakar | Transmisi | Klaim Produsen |
---|---|---|
Petrol(1329cc) | CVT | 4.5 L/100km |
Daihatsu Sirion 2024 memiliki total 5 pilihan warna di Indonesia: Icy White Solid, Glittering Grey Metalic, Electric Blue Metallic, Lava Red, Glittering Silver Metalic.
Icy White Solid
4.8
Excellent
Berdasarkan 10 Review
Daihatsu Sirion bersaing ketat dengan Toyota Agya, Honda Brio, Kia Picanto, Suzuki Ignis, Nissan March.
10 Varian
10 Varian
7 Varian
10 Varian
3 Varian
6 Varian
9 Varian
7 Varian
10 Varian
10 Varian
1 Varian
2 Varian
4 Varian
4 Varian
2 Varian
3 Varian
10 Varian
10 Varian
4 Varian
2 Varian
3 Varian
6 Varian
7 Varian
10 Varian
2 Varian
2 Varian
3 Varian
6 Varian
4 Varian
10 Varian
4 Varian
2 Varian
3 Varian
10 Varian
10 Varian
10 Varian
6 Varian
10 Varian
7 Varian
5 Varian
2 Varian
2 Varian
2 Varian
2 Varian
1 Varian
3 Varian
1 Varian
Hiburan & Komunikasi dari Daihatsu Sirion adalah sebagai berikut:
Varian | Daihatsu Sirion 1.3L MT | Daihatsu Sirion 1.3L AT |
Konfigurasi Layar Head unit | ||
Ukuran Layar Head unit(inch) | ||
Sistem Navigasi | N | N |
Pengontrol Media Baris belakang | ||
Bluetooth | Y | Y |
Integrasi Smartphone | ||
Sistem perintah suara | ||
Power Socket | Y | Y |
AUX | ||
Pemutar CD/DVD | ||
Merek Speaker | ||
Jumlah speaker |
Berikut adalah Roof Rack dan varian Daihatsu Sirion:
Varian | Daihatsu Sirion 1.3L MT | Daihatsu Sirion 1.3L AT |
Roof Rack | N | N |
Dimensions dari Daihatsu Sirion adalah sebagai berikut:
Varian | Daihatsu Sirion 1.3L MT | Daihatsu Sirion 1.3L AT |
Panjang (mm) | 3895 | 3895 |
Lebar (mm) | 1735 | 1735 |
Tinggi (mm) | 1525 | 1525 |
Jarak sumbu roda (mm) | 2500 | 2500 |
Berat bersih (kg) | 980 | 1000 |
Ground clearance (mm) | 150 | 150 |
Jumlah pintu(buah) | 5 | 5 |
Jumlah tempat duduk(buah) | 5 | 5 |
Tangki bahan bakar (Liter) | 36 | 36 |
Kapasitas bagasi (L) |