Perbandingan Daihatsu Taruna vs Toyota Kijang Rangga, MPV Berbaju SUV

Daihatsu Taruna vs Toyota Kijang Rangga sekilas memang merupakan dua tipe mobil yang berbeda. Namun masing-masing punya satu unsur kesamaan, yakni SUV 7 seater yang mirip sebuah MPV.

Tren MPV bergaya SUV yang naik daun dalam beberapa tahun terakhir sebenarnya bukanlah hal baru, ini sempat terjadi pada akhir dekade 1990-an. Dulu, ada beberapa merek yang merilis model bertemakan SUV yang mengambil basis dari MPV.

Dari sekian banyak model yang hadir, kali ini kita akan melakukan perbandingan antara Daihatsu Taruna dengan Toyota Kijang Rangga sebagai MPV dengan baju SUV. Untuk Daihatsu Taruna, memang jadi model independen alias model yang memang berdiri sendiri. Tidak seperti Toyota Kijang Rangga yang dibangun dari basis Toyota Kijang SSX alias Kijang Kapsul short chassis.

Lantas, mana paling value for money untuk dimiliki saat ini dengan statusnya sebagai motuba? 

Baca juga: Konsumsi BBM Daihatsu Taruna Boros? Begini Caranya Supaya Lebih Irit

Toyota Kijang Rangga, MPV Rasa SUV dengan Ban Serep di Pintu Belakang

Berbeda dengan Kijang Kapsul tipe lain, Kijang Rangga pakai ban cadangan di belakang

Kijang Rangga dulu keluar sebagai salah satu varian Kijang kapsul generasi pertama, berbarengan dengan Kijang Krista yang keduanya hadir sebagai tipe tertinggi. Artinya, Kijang Rangga merupakan seri topline kijang kapsul pada sasis pendek.

Harga pasaran Toyota Kijang Rangga ini antara Rp60 jutaan sampai Rp70 jutaan. Namun, hanya sedikit penjual mobil bekas yang menawarkan Kijang Rangga ini. 

Spesifikasi Kijang Rangga sama dengan SSX, perbedaannya adalah dari sisi eksterior yang pakai body kit dengan aksen warna dual tone seperti merah – silver, hitam – silver, dll. Penampilannya khas SUV atau jip era 90-an dengan ban serep di pintu belakang. 

Namun demikian ban serep ini dudukannya terpisah, karena pintu belakang Kijang Rangga tetap membuka ke atas. Ban serepnya digantung pada sebuah rangka besi yang disambung pada pilar D. 

Trik ini dilakukan Toyota karena bobot ban serep ini cukup riskan buat engselnya kalau membuka ke atas. Sedangkan ini platform rangka dsb sama persis dengan Kijang Kapsul. Jelas aneh kalau pintu belakang dengan ban serep dibuat bukaan pintunya ke samping. 

Bodinya pakai kombinasi dua warna

Sayangnya Kijang Rangga memiliki masa hidup yang sedikit akibat minimnya peminat. Kijang Rangga ini pun hanya diproduksi pada tahun 1997-1999 saja. 

Karena basisnya dari tipe SGX, jelas fiturnya mirip Kijang Krista yang basisnya dari tipe LGX. Kijang Rangga ini telah memakai transmisi 5 percepatan dan ada tachometer pada panel instrumen. 

Interior cukup banyak fitur, dimana untuk audio sudah ada 4 speaker sebagai standar. Penyejuk udara memakai AC double blower, power stering hadir, namun untuk bukaan jendela masih pakai engkol. Pada tipe ini, bangku belakang desainnya saling berhadapan.

Spesifikasi Mesin Toyota Kijang Rangga Masih Sederhana

Mesinnya masih pakai teknologi karburator

Untuk mesin Kijang Rangga karena model ini masuk ke generasi awal tahun 1997 hingga 1999, maka masih memakai mesin bensin dengan karburator seperti Kijang Grand Extra. Mesinnya berkapasitas 1800 cc dengan kode mesin 7K. Mesin bensin 7K ini memiliki output 60kW (81 PS) pada 4600 rpm dengan torsi 139 Nm di 2800rpm.

Baca juga: Harga Bekas Kini di Bawah Rp50 Juta, Ini 7 Keunggulan Daihatsu Taruna

Daihatsu Taruna SUV Cikal Bakal Terios

Taruna tidak berbasis dari model MPV

Brand Daihatsu secara konsisten rutin merilis model SUV sebagai model andalan mereka. Secara segmentasi, Taruna ini sebenarnya berada persis di bawah Kijang Rangga karena kapasitas mesinnya 1.600 cc. 

Meskipun kapasitas mesin Daihatsu Taruna ini lebih kecil 200 cc daripada Kijang Rangga, namun tenaga yang dihasilkan lebih baik.

Taruna sendiri pertama kali diproduksi di Indonesia pada 1999 dalam versi C-series, yang dibagi lagi menjadi beberapa varian, yaitu CL, CX, dan CSX. untuk C-Series, secara default jumlah kursi di mobil ini hanyalah lima buah. Baru pada generasi facelift era F-series berubah menjadi 7-seater yang meluncur pada 2001.

Spesifikasi Daihatsu Taruna, Menang Tenaga dibanding Kijang Rangga

 

Sudah pakai teknologi Electronic Fuel Injection

Dalam meramaikan pasar otomotif Tanah Air, Taruna hadir dengan tiga pilihan mesin, yakni 1.600 cc karburator dengan kode HD-C, 1.600 cc injeksi HD-E dan terakhir 1.500 cc Electronic Fuel Injection (EFI) HE-E.

Sekedar informasi, mesin 1.6L HD-C karburator yang disematkan sanggup memeras tenaga hingga 96 PS di 5.700 rpm dengan torsi 127 Nm pada 4.800 rpm. Untuk mesin injeksi 1.6L HD-E, tanaga yang dihasilkan lebih besar yaitu 105 PS pada 6.000 rpm serta torsi puncak 134 Nm di putaran 4.800 rpm.

Itu berarti, Taruna dengan tipe mesin 1.6L HD-C karburator saja tenaganya sudah unggul kurang lebih 15 PS daripada Kijang Rangga. Sebagai budget car, semua varian Daihatsu Taruna yang meluncur di Indonesia hanya ditawarkan transmisi manual 5-percepatan. 

Baca juga: Harga Bekas Kini di Bawah Rp50 Juta, Ini 7 Keunggulan Daihatsu Taruna

Harga Lebih Murah, Fitur Lebih Banyak

Tampilannya masih tetap menarik hingga kini

Daihatsu Taruna populasinya cukup banyak di Indonesia karena memang penjualannya laris kala itu. Soal harga jual, kini Taruna bekas dibanderol mulai dari Rp50 juta sampai Rp70 jutaan. Harganya mirip dengan Kijang Rangga tapi fiturnya lebih oke. 

Daihatsu Taruna memiliki fitur yang unggul di zamannya. Mobil ini memiliki power window, electric mirror, sistem audio 1DIN dan AC yang dilengkapi dengan double blower. 

Desain Mirip Daihatsu Xenia Gen 1 Ditambah Ban Serep 'Konde'

Fascia depan mirip Xenia gen 1

Daihatsu Taruna memang termasuk mobil jadul, namun kalau diperhatikan ada beberapa kemiripan terutama di sisi fascia seperti Daihatsu Xenia generasi pertama. 

Desain headlamp agak oval dan grill horizontal dengan aksen krom. Namun, Taruna tampil maskulin dengan style over fender. Tak kalah penting yaitu desain pintu belakang yang sederhana dengan ban serep.

Rancangannya jelas khas SUV dimana engselnya ada di pilar D sehingga bukaannya ke samping bukan ke atas seperti Kijang Rangga. Ini membuatnya lebih bersih tapi juga terkesan kokoh. Bahkan untuk F-series ini sudah mengusung konsep SUV 7-seater modern. 

Baca juga: Toyota Kijang Krista Bekas vs Daihatsu Agya D+ Baru, Si Motuba Lebih Nyaman Dari LCGC Rp100 Jutaan

Kesimpulan

Daihatsu Taruna vs Toyota Kijang Rangga adalah dua kendaraan populer di Indonesia yang menawarkan kombinasi kepraktisan MPV dan ketangguhan SUV. Meski berbeda segmen, keduanya sering menjadi pilihan utama keluarga Indonesia di era 1990-an hingga awal 2000-an.

Taruna dikenal sebagai SUV kompak sejati yang serbaguna, sedangkan Kijang Rangga merupakan MPV nyaman dimasanya yang punya penampilan layaknua SUV. Secara performa, Taruna mengandalkan mesin 1.5 liter yang ternyata lebih bertenaga untuk pemakaian harian dibanding Kijang Rangga.

Selain itu mesinnya juga memiliki banyak opsi pilihan, termasuk yang sudah dibekali teknologi injeksi. Taruna pun unggul berkat fiturnya yang lebih lengkap, serta kemampuan untuk perjalanan ringan di medan semi-off-road.

Di sisi lain, Toyota Kijang Rangga hadir dengan memberikan daya tampung penumpang lebih banyak. Kemudian ciri khas Kijang Kapsul yang legendaris juga masih melekat kuat. Meski sayangnya image Kijang Rangga kalah populer dibanding Kijang Krista.

Kesimpulannya, Daihatsu Taruna lebih cocok untuk keluarga kecil atau pengguna yang mencari SUV kompak dengan kemampuan menjelajah medan yang beragam. Sebaliknya, Toyota Kijang Krista adalah pilihan ideal bagi mereka yang mengutamakan kenyamanan dan ruang kabin untuk kebutuhan perjalanan keluarga besar.

Dengan budget yang mirip, Taruna jelas pilihan yang lebih oke untuk ukuran motuba. Lain cerita kalau kamu memang penghobi Kijang, maka Kijang Rangga jadi barang koleksi yang menarik. Tentunya wajib cari yang kondisi masih pristine.

FAQ

Daihatsu Taruna apakah boros?

Daihatsu Taruna memiliki varian mesin yang masih berteknologi karburator dan yang sudah pakai sistem Fuel Injection. Bicara soal konsumsi BBM, mesin dengan kombusi karburator untuk pemakaian dalam kotanya hanya dapat catatan konsumsi BBM 7 km/liter, dan 10 km per liter ketika mobil diajak berpergian ke luar kota.

Sementara untuk varian Tarus bermesin injeksi dengan teknologi EFI, pada pamakaian dalam kota dapat berjalan hingga 9-10 km per liter, dan 12-14 km per liter saat berkendara ke luar kota dengan kecepatan konstan.

Mesin Taruna berapa cc?

Daihatsu menawarkan tiga pilihan mesin untuk Taruna, yakni 1.600 cc karburator dengan kode HD-C, 1.600 cc injeksi HD-E dan terakhir 1.500 cc Electronic Fuel Injection (EFI) HE-E.

Taruna tipe mobil apa?

Taruna merupakan mobil jenis Small SUV 7 penumpang yang diproduksi oleh Daihatsu antara tahun 1999 hingga tahun 2006 sebelum posisinya digantikan oleh Daihatsu Terios (Spesifikasi | Berita).

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Terios

Video Pendek Terkait

Related Videos

Jelajah Tujuh Destinasi Liburan di Lombok Bersama Daihatsu Terios 7 Wonders

Nyari LMPV & LSUV Keluarga Paling Bertenaga Daihatsu Terios

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Toyota Innova Zenix Jauh Lebih Baik dari Reborn?

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Toyota GR Yaris vs GR Corolla memang menarik untuk dibahas. Mengingat keduanya merupakan hatchback bermesin powerfull dari Toyota yang sudah mendapat racikan dari tim Gazoo Racing (GR). Kalau ditanya siapa lebih dulu antara Toyota GR Yaris vs GR Corolla, jelas GR Yaris. Dikembangkan oleh tim yang tergabung dalam Toyota Gazoo Racing (TGR), GR Yaris merupakan pengembangan sebuah mobil compact yang awalnya ditujukan buat kebutuhan balap reli dunia, World Rally Championship (WRC). Karena itu lah mob
Tipe mobil Isuzu Panther cukup banyak sepanjang perjalanan kisah mobil ini di Indonesia. Ada yang pakai transmisi manual, ada yang transmisi matik, dan ada pula yang mesinnya sudah ditambahkan turbo. Mobil yang bisa dikatakan termasuk ke dalam golongan mobil legendaris di Indonesia satu diantaranya adalah Isuzu Panther. Mobil ini dipasarkan sejak lama dan memiliki kualitas dan reputasi yang baik. Masuk kategori sebagai Asian Utility Vehicle (AUV) Panther banyak dijadikan andalan oleh para keluar
Daihatsu Gran Max pick up 1.5 2023 tentu memiliki banyak keunggulan sebagai produk flagship dai seri Daihatsu Gran Max. Seperti yang diketahui, mobil niaga muatan ringan tersebut juga telah dilengkapi berbagai fitur. Misalnya sudah ada keberadaan AC dan power steering untuk menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpangnya. Lantas pick up ini juga telah dibekali kapasitas mesin yang lebih besar dibanding tipe terendahnya. Namun dibalik keungulan-keunggulan itu, tentu kita juga perlu waspada soal k
Pada ulasan kali ini kami akan merinci biaya service Mitsubishi Xpander hingga pemakaian 100.000 km untuk perbaikan di bengkel resmi. Namun untuk estimasi perbaikan Xpander di bengkel resmi kami mengambil varian dengan transmisi CVT. Xpander sendiri merupakan Low MPV 7-seater yang cukup laris di pasaran. Besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap Xpander lantaran mobil ini menawarkan beragam kelebihan yang tidak dimiliki beberapa pesaingnya, seperti ground clearance tinggi, bantingan empuk, ke
Chevrolet Zafira mungkin terlewatkan dari daftar pencarian mobil MPV bekas harga terjangkau, padahal mobil berdarah Amerika Serikat (AS) itu punya beberapa keunggulan. Tapi tentu saja, sejumlah kelemahannya juga patut jadi perhitungan. Kalau melihat sejarahnya, PT General Motors AutoWord Indonesia (GMAI) menghadirkan Chevrolet Zafira di Tanah Air karena mempertimbangkan gemuknya pasar kendaraan MPV di penghujung tahun 2000. Masuk dalam kategori mobil keluarga berjeniskan MPV, saat itu Zafira han

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    Terios vs WR-V
  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Terios vs Rush
  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Terios vs XL7
  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Terios vs Raize
  • Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    VS
    Wuling Alvez
    Rp 209,00 Juta
    Terios vs Alvez
Daihatsu Terios
Lihat