Membedakan Toyota Kijang Innova Reborn dengan Versi Lamanya

Toyota Kijang Innova Reborn merupakan julukan familiar dari Kijang Innova generasi kedua yang hadir dengan perombakan cukup signifikan.

Sementara kalau dilihat secara silsilah keluarga Toyota Kijang, Innova Reborn masuk golongan Kijang Toyota Kijang generasi keenam.

Perkenalan mobil ini menggantikan Toyota Kijang Innova generasi pertama yang dilakukan pada akhir 2015.

Untuk varian mesin bensin, Innova Reborn masih tetap pakai engine berkode 1TR-FE seperti halnya yang digunakan pada Innova Gen 1.

Namun untuk mesin diesel sudah pakai kode 2GD-FTV berteknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) dengan kapasitas 2.400 cc.

Tahap awal, Innova Reborn ditawarkan dengan varian G, V, dan Q, namun kemudian muncul varian Innova Venturer yang jadi tipe termahal dari Toyota Innova Reborn.

Sampai saat ini Innova masih dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) namun hanya yang varian mesin diesel meski sudah ada Toyota Innova Zenix sebagai Toyota Kijang generasi ketujuh.

Pertama kali hadir, harga Toyota Kijang Innova Reborn mulai dari Rp 325 jutaan sampai Rp 428 jutaan.

Ada pun varian Innova Venturer harganya lebih mahal, yakni dijual mulai Rp 423 jutaan sampai Rp 482 jutaan.

Generasi kedua Toyota Kijang Innova terbaru ini memang berubah total dari sebelumnya.

Multi Purpose Vehicle (MPV) kelas medium tersebut berevolusi menjadi jauh lebih mewah dibanding sebelumnya.

Tak hanya mendapat revolusi desain eksterior dan interior, Innova Reborn terlahir kembali dengan fitur yang lebih lengkap dan pilihan mesin baru yang lebih bertenaga dibanding sebelumnya.

Kalau kalian mau membeli Innova Reborn baik yang baru atau bekas, simak dulu beberapa perbedaan Toyota Kijang Innova Reborn berikut ini dibanding Innova generasi sebelumnya.

Baca juga : Alasan Tepat Kenapa Mesin Bensin Toyota Kijang Innova Reborn Layak Dipilih Dibandingkan Varian Diesel

Dimensi Toyota Kijang Innova Reborn Lebih Besar

Innoga Gen 1 yang sekaligus Toyota Kijang generasi ke-5

Sebelum membahas desain, kita lihat dimensi dari dua generasi Toyota Kijang Innova ini.

New Kijang Innova Reborn memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm, dimensi barunya ini lebih panjang, lebih lebar dan lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Toyota Kijang Innova sebelumnya memiliki panjang 4.858 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.760 mm.

Jadi Innova Reborn menawarkan ruang kabin dan bagasi yang lebih besar, meskipun jarak sumbu rodanya tak bertambah, tetap 2.750 mm.

Tampilan depan dan samping berubah

Dari sisi desain, jelas Toyota Kijang Innova Reborn berubah total.

Tampangnya kini lebih mewah dengan desain lampu utama LED proyektor dengan lampu kecil berbentuk ketupat yang menjadi ciri khasnya.

Grillnya pun tak lagi bergincu seperti dulu, kesan elegan jelas lebih dominan sekarang.

Di bagian samping, garis bahu ditarik tegas dari lampu depan menyambung hingga lampu belakang.

Lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tinggi, tapi wheelbase-nya tetap sama

Siluet desain kaca di baris ketiga New Kijang Innova pun berbeda dan lebih lancip.

Sementara di bagian belakang sudah pakai lampu berbentuk horizontal yang memberi kesan lebar.

Perbandingan Dimensi
  Toyota Kijang Innova Reborn Toyota Kijang Innova Gen 1
Panjang 4.735 mm 4.858 mm
Lebar 1.830 mm 1.765 mm
Tinggi 1.795 mm 1.760 mm
Jarak sumbu roda 2.750 mm 2.750 mm

Baca juga : Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas?

Interior Makin Mewah dan Nyaman

Posisi berkendara juga lebih nyaman

Sama sekali tak ada satupun komponen interior di Toyota Innova lama yang tertinggal di versi barunya, mulai dari desain dashboard, kemudi hingga jok semuanya baru.

Kemewahan bisa terlihat dari material kulit yang melapis jok dan sebagian interior termasuk lingkar kemudi.

Bahkan lingkar kemudi Toyota New Innova juga memakai ornamen panel kayu sama seperti dashboard.

Head unit layar sentuh 8-inci bisa terhubung dengan smartphone secara mirroring.

Pengaturan audio ada di lingkar kemudi dan menariknya perintah suara dan air gesture pun tersedia.

Di bawah sistem multimedia canggihnya, terdapat panel AC digital dengan mode otomatis.

Dashboard Innova gen 1

Berbeda sekali dengan kabin Toyota Innova lama yang masih sederhana.

Head unit 2DIN belum dapat terhubung secara mirroring dengan smartphone.

Lalu AC masih model konvensional tanpa fungsi otomatis, joknya pun masih dibalut material fabric.

Paling menarik sebetulnya, lihat ke atap Toyota Kijang Innova Reborn.

Tak ada sunroof atau monitor atap memang, tapi ada premium illumination LED berupa lampu kabin beraksen yang istimewa.

Sebagai tambahan, tersedia peranti baru, layar entertainment untuk penumpang belakang yang berdiri di belakang sandaran tangan konsol tengah.

Tipe Venturer dilengkapi Rear Seat Entertainment

Belum lagi New Kijang Innova terbaru sekarang sudah dibekali dengan smart key dan tombol Start-Stop.

Fitur keselamatan dan keamanan juga lebih lengkap lagi. Selain mendapatkan 3 airbag, rem ABS (Anti-lock Braking System) plus EBD (Electronic Brake ForceDistribution).

Innova Reborn juga dilengkapi fitur keselamatan aktif Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Assist Control (HAC).

Sebelumnya, Kijang Innova hanya dilengkapi dengan dual SRS Airbag sebagai fitur keselamatan tambahan.

Baca juga : Nggak Usah Beli Fortuner, Toyota Kijang Innova Generasi Pertama Tak Kalah Tangguh

Spesifikasi Mesin Lebih Bertenaga Tapi Makin Hemat BBM

Innova Reborn tetap ada pilihan mesin bensin dan diesel

Baik Toyota Innova baru maupun lama sama-sama tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni mesin bensin dan diesel, tapi mesin keduanya sekarang telah berubah.

Pertama kita bahas dulu mesin bensinnya.

Mesin bensin Toyota Inova lama berkapasitas 2.0 liter berteknologi VVT-I yang menghasilkan tenaga 136 PS pada 5.600 rpm dengan torsi puncak 182 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin bensin barunya juga tetap pakai kode yang sama serta berkapasitas 2.0-liter, tapi punya output performa yang lebih baik.

Tenaganya meningkat menjadi 139 PS pada 5.600 rpm dengan torsi puncak 183 Nm pada 4.000 rpm.

Peningkatannya memang tak signifikan, tapi mesin barunya sudah mengadopsi teknologi Dual VVT-I yang lebih hemat bahan bakar.

Pilihan mesin lain, yakni mesin diesel 2,5 liter pada Innova lama berkodekan 2KD-FTV 4-silinder DOHC yang sanggup menghasilkan tenaga 102 PS pada 3.600 rpm dengan torsi puncak 200 Nm yang muncul mulai dari 1.400 rpm.

Untuk versi baru, mesin lamanya ini sudah tak digunakan lagi, gantinya Toyota memasang mesin baru 2.4-liter yang berkapasitas lebih kecil namun sudah dibantu bantuan induksi Variable Nozzle Turbo (VNT).

Hasilnya tenaga melonjak menjadi 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi puncak 359 Nm pada 1.200 rpm pada 1.200 rpm sampai 2.600 rpm.

Jadi melihat perbandingan performa mesin lama dengan barunya, baik Toyota Kijang Innova Reborn bermesin bensin maupun diesel punya performa yang jauh lebih dapat diandalkan dibanding Toyota Kijang Innova terbaru generasi sebelumnya.

Perbandingan Spesifikasi Mesin
  Toyota Kijang Innova Reborn  Toyota Kijang Innova Gen 1
Gasoline
Tipe mesin 1TR-FE 4 silinder 16 valve DOHC 1TR-FE 4 silinder 16 valve DOHC
Kapasitas silinder 1.998 cc 1.998 cc
Daya maksimum 138 PS @5.600 rpm 136 PS @5.600 rpm
Torsi maksimum 182 Nm @4.000 rpm 182 Nm @4.000 rpm
Diesel
Tipe mesin 2GD-FTV 4 silinder 16 valve VNT Intercooler 2KD-FTV 4 silinder 16 valve Commonrail
Kapasitas silinder 2.393 cc 2.494 cc
Daya maksimum 149 PS @3.400 rpm 104 PS @3.600 rpm
Torsi maksimum 359 Nm @1.200-2.600 rpm 260 Nm @1.600-2.400 rpm

Baca juga : Toyota Kijang Innova Hybrid 2022 Produksi Indonesia Dirilis Tahun Depan

Varian dan Harga Toyota Kijang Innova Terbaru

Dengan mengusung segala perubahan yang telah disebutkan tadi, jelas mengangkat derajat Toyota Kijang Innova terbaru satu kasta lebih tinggi dibanding generasi Toyota Kijang sebelumnya.

Mobil New Kijang Innova saat itu ditawarkan dalam sepuluh varian, ini belum termasuk empat varian lain dari Toyota Venturer (Spesifikasi | Berita).

Total ada tiga trim yang bisa dipilih, yakni G, V dan Q untuk tipe tertingginya, masing-masing varian tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-speed maupun otomatis 6-speed tapi menariknya, varian Q hanya dipasarkan dalam pilihan mesin bensin.

Jangan khawatir, karena Toyota Innova bermesin diesel termahal masih bisa dipilih dalam wujud Venturer.

Toyota Venturer sendiri merupakan versi yang lebih sporty dari Innova Reborn dan dijual dalam empat varian, yakni varian bensin tipe Q dan varian diesel tipe Q, yang masing-masing juga tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-speed maupun otomatis 6-speed.

Tapi saat ini untuk Toyota Kijang Innova Reborn yang masih dijual oleh pihak TAM yakni hanya tipe G bermesin bensin dan diesel tapi cuma disediakan dengan transmisi otomatis.

Sementara varian Innova lain hadir dalam model Kijang Innova Zenix, termasuk yang menggunakan varian mesin hybrid.

Baca juga : Daftar Lengkap Model dan Varian Toyota Kijang Innova Mulai 2004 Hingga 2015, Mana yang Paling Layak Dipilih?

Daftar Harga Toyota Kijang Innova Terbaru

Harga Toyota Kijang Innova Reborn terbaru 2024:

  • 2.0 G M/T bensin: Rp 384.100.000
  • 2.4 G M/T diesel: Rp 411.300.000
  • 2.4 G A/T diesel: Rp 431.900.000

Harga Toyota Innova Zenix terbaru 2024:

  • 2.0 G CVT: Rp 430.400.000
  • 2.0 G CVT (Premium Color): Rp 433.400.000
  • 2.0 V CVT: Rp 476.200.000
  • 2.0 V CVT (Premium Color): Rp 479.200.000
  • 2.0 G HEV CVT: Rp 477.600.000
  • 2.0 G HEV CVT (Premium Color): Rp 480.600.000
  • 2.0 V HEV CVT: Rp 541.750.000
  • 2.0 V HEV CVT (Premium Color): Rp 544.750.000
  • 2.0 V HEV CVT Modellista: Rp 551.600.000
  • 2.0 V HEV CVT Modellista (Premium Color): Rp 554.600.000
  • 2.0 Q HEV CVT TSS: Rp 620.750.000
  • 2.0 Q HEV CVT TSS (Premium Color): Rp 623.750.000
  • 2.0 Q HEV CVT TSS Modellista: Rp 630.600.000
  • 2.0 Q HEV CVT TSS Modellista (Premium Color): Rp 633.600.000

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Toyota Innova Zenix Jauh Lebih Baik dari Reborn?

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Great Wall Motor atau GWM memastikan akan memberikan berbagai hal terbaik bagi konsumen di Indonesia mulai dari produk hingga soal aftersales. Menurut Marketing Director GWM Indonesia Hari Arifianto, mobil-mobil yang dipasarkan GMW di Tanah Air seperti Tank 500 maupun Haval H6 HEV sudah mengalami berbagai riset dan pengembangan. "Karena memang secara product positioning sangat unik ya. Karena dia SUV ladder frame, gasoline, hybrid, hingga turbo," ungkap Hari saat ditemui di sela acara media Test
Membeli mobil mewah di bawah Rp 150 juta tentu bukan cuma impian semata, bahkan ada banyak pilihannya, mulai dari brand Jepang, Korea, Eropa hingga Amerika. Namun tentunya untuk pilihan mobil mewah di bawah Rp 150 juta, kalian hanya bisa mendapatkan unit bekas alias seken. Kemudian ada fenomena menarik lainnya yang terjadi, karena tak sedikit masyarakat Indonesia yang menginginkan mobil mewah mudah dan murah perawatan berkalanya. Karena banyak orang yang menuturkan jika membeli mobil mewah, maka
Sering kali seseorang tidur di dalam mobil dengan AC menyala malah berujung meninggal dunia. Banyak yang beranggapan, korban meninggal di dalam mobil disebut karena keracunan dari AC yang disemburkan. Namun menurut Marketing Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara hal tersebut kurang tepat, karena yang benar adalah keracunan gas Karbon Monoksida (CO) yang masuk ke dalam kabin mobil. Hal ini karena gas CO tidak dapat dihindarkan karena merupakan sisa pembakaran yang dikeluarkan via knalpot. "Ka
Cara merubah plat nomor merah ke hitam kerap dipertanyakan bagi mereka yang sebelumnya memiliki faslitas kendaraan kantor kemudian ingin dimiliki pribadi. Ini mengingat setelah pengunaan selama 10-20 tahun, sebagian besar instansi pemerintahan di Indonesia biasanya akan melakukan lelang terhadap kendaraan dinasnya melalui DJKN/KPKNL. Melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) serta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), lelang kendaraan plat merah tersebut sebenarnya dilaku
Mobil dengan plat nomor RFS kerap dijumpai di jalanan Indonesia, namun banyak kasus negatif yang melekat pada pengguna plat nomor seperti ini. Di kota-kota besar seperti Jakarta, kalian pasti seringkali menjumpai mobil pribadi dengan plat B **** RFD, B **** RFP, B **** RFS, B **** RFU dan masih banyak lainnya yang mempunyai huruf akhir RF*. Mobil dengan plat nomor berakhiran RF* sebenarnya dikhususkan untuk kendaraan dinas pejabat negara dengan prioritas yang penggunaanya bukan untuk warga sipil

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta V II

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Kia

KIA EV9

Rp 1,99 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat