Toyota Kijang Innova Reborn merupakan julukan familiar dari Kijang Innova generasi kedua yang hadir dengan perombakan cukup signifikan.
Sementara kalau dilihat secara silsilah keluarga Toyota Kijang, Innova Reborn masuk golongan Kijang Toyota Kijang generasi keenam.
Perkenalan mobil ini menggantikan Toyota Kijang Innova generasi pertama yang dilakukan pada akhir 2015.
Untuk varian mesin bensin, Innova Reborn masih tetap pakai engine berkode 1TR-FE seperti halnya yang digunakan pada Innova Gen 1.
Namun untuk mesin diesel sudah pakai kode 2GD-FTV berteknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) dengan kapasitas 2.400 cc.
Tahap awal, Innova Reborn ditawarkan dengan varian G, V, dan Q, namun kemudian muncul varian Innova Venturer yang jadi tipe termahal dari Toyota Innova Reborn.
Sampai saat ini Innova masih dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) namun hanya yang varian mesin diesel meski sudah ada Toyota Innova Zenix sebagai Toyota Kijang generasi ketujuh.
Pertama kali hadir, harga Toyota Kijang Innova Reborn mulai dari Rp 325 jutaan sampai Rp 428 jutaan.
Ada pun varian Innova Venturer harganya lebih mahal, yakni dijual mulai Rp 423 jutaan sampai Rp 482 jutaan.
Generasi kedua Toyota Kijang Innova terbaru ini memang berubah total dari sebelumnya.
Multi Purpose Vehicle (MPV) kelas medium tersebut berevolusi menjadi jauh lebih mewah dibanding sebelumnya.
Tak hanya mendapat revolusi desain eksterior dan interior, Innova Reborn terlahir kembali dengan fitur yang lebih lengkap dan pilihan mesin baru yang lebih bertenaga dibanding sebelumnya.
Kalau kalian mau membeli Innova Reborn baik yang baru atau bekas, simak dulu beberapa perbedaan Toyota Kijang Innova Reborn berikut ini dibanding Innova generasi sebelumnya.
Baca juga : Alasan Tepat Kenapa Mesin Bensin Toyota Kijang Innova Reborn Layak Dipilih Dibandingkan Varian Diesel
Sebelum membahas desain, kita lihat dimensi dari dua generasi Toyota Kijang Innova ini.
New Kijang Innova Reborn memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm, dimensi barunya ini lebih panjang, lebih lebar dan lebih tinggi dibanding sebelumnya.
Toyota Kijang Innova sebelumnya memiliki panjang 4.858 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.760 mm.
Jadi Innova Reborn menawarkan ruang kabin dan bagasi yang lebih besar, meskipun jarak sumbu rodanya tak bertambah, tetap 2.750 mm.
Dari sisi desain, jelas Toyota Kijang Innova Reborn berubah total.
Tampangnya kini lebih mewah dengan desain lampu utama LED proyektor dengan lampu kecil berbentuk ketupat yang menjadi ciri khasnya.
Grillnya pun tak lagi bergincu seperti dulu, kesan elegan jelas lebih dominan sekarang.
Di bagian samping, garis bahu ditarik tegas dari lampu depan menyambung hingga lampu belakang.
Siluet desain kaca di baris ketiga New Kijang Innova pun berbeda dan lebih lancip.
Sementara di bagian belakang sudah pakai lampu berbentuk horizontal yang memberi kesan lebar.
Perbandingan Dimensi | ||
---|---|---|
Toyota Kijang Innova Reborn | Toyota Kijang Innova Gen 1 | |
Panjang | 4.735 mm | 4.858 mm |
Lebar | 1.830 mm | 1.765 mm |
Tinggi | 1.795 mm | 1.760 mm |
Jarak sumbu roda | 2.750 mm | 2.750 mm |
Sama sekali tak ada satupun komponen interior di Toyota Innova lama yang tertinggal di versi barunya, mulai dari desain dashboard, kemudi hingga jok semuanya baru.
Kemewahan bisa terlihat dari material kulit yang melapis jok dan sebagian interior termasuk lingkar kemudi.
Bahkan lingkar kemudi Toyota New Innova juga memakai ornamen panel kayu sama seperti dashboard.
Head unit layar sentuh 8-inci bisa terhubung dengan smartphone secara mirroring.
Pengaturan audio ada di lingkar kemudi dan menariknya perintah suara dan air gesture pun tersedia.
Di bawah sistem multimedia canggihnya, terdapat panel AC digital dengan mode otomatis.
Berbeda sekali dengan kabin Toyota Innova lama yang masih sederhana.
Head unit 2DIN belum dapat terhubung secara mirroring dengan smartphone.
Lalu AC masih model konvensional tanpa fungsi otomatis, joknya pun masih dibalut material fabric.
Paling menarik sebetulnya, lihat ke atap Toyota Kijang Innova Reborn.
Tak ada sunroof atau monitor atap memang, tapi ada premium illumination LED berupa lampu kabin beraksen yang istimewa.
Sebagai tambahan, tersedia peranti baru, layar entertainment untuk penumpang belakang yang berdiri di belakang sandaran tangan konsol tengah.
Belum lagi New Kijang Innova terbaru sekarang sudah dibekali dengan smart key dan tombol Start-Stop.
Fitur keselamatan dan keamanan juga lebih lengkap lagi. Selain mendapatkan 3 airbag, rem ABS (Anti-lock Braking System) plus EBD (Electronic Brake ForceDistribution).
Innova Reborn juga dilengkapi fitur keselamatan aktif Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Assist Control (HAC).
Sebelumnya, Kijang Innova hanya dilengkapi dengan dual SRS Airbag sebagai fitur keselamatan tambahan.
Baca juga : Nggak Usah Beli Fortuner, Toyota Kijang Innova Generasi Pertama Tak Kalah Tangguh
Baik Toyota Innova baru maupun lama sama-sama tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni mesin bensin dan diesel, tapi mesin keduanya sekarang telah berubah.
Pertama kita bahas dulu mesin bensinnya.
Mesin bensin Toyota Inova lama berkapasitas 2.0 liter berteknologi VVT-I yang menghasilkan tenaga 136 PS pada 5.600 rpm dengan torsi puncak 182 Nm pada 4.000 rpm.
Mesin bensin barunya juga tetap pakai kode yang sama serta berkapasitas 2.0-liter, tapi punya output performa yang lebih baik.
Tenaganya meningkat menjadi 139 PS pada 5.600 rpm dengan torsi puncak 183 Nm pada 4.000 rpm.
Peningkatannya memang tak signifikan, tapi mesin barunya sudah mengadopsi teknologi Dual VVT-I yang lebih hemat bahan bakar.
Pilihan mesin lain, yakni mesin diesel 2,5 liter pada Innova lama berkodekan 2KD-FTV 4-silinder DOHC yang sanggup menghasilkan tenaga 102 PS pada 3.600 rpm dengan torsi puncak 200 Nm yang muncul mulai dari 1.400 rpm.
Untuk versi baru, mesin lamanya ini sudah tak digunakan lagi, gantinya Toyota memasang mesin baru 2.4-liter yang berkapasitas lebih kecil namun sudah dibantu bantuan induksi Variable Nozzle Turbo (VNT).
Hasilnya tenaga melonjak menjadi 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi puncak 359 Nm pada 1.200 rpm pada 1.200 rpm sampai 2.600 rpm.
Jadi melihat perbandingan performa mesin lama dengan barunya, baik Toyota Kijang Innova Reborn bermesin bensin maupun diesel punya performa yang jauh lebih dapat diandalkan dibanding Toyota Kijang Innova terbaru generasi sebelumnya.
Perbandingan Spesifikasi Mesin | ||
---|---|---|
Toyota Kijang Innova Reborn | Toyota Kijang Innova Gen 1 | |
Gasoline | ||
Tipe mesin | 1TR-FE 4 silinder 16 valve DOHC | 1TR-FE 4 silinder 16 valve DOHC |
Kapasitas silinder | 1.998 cc | 1.998 cc |
Daya maksimum | 138 PS @5.600 rpm | 136 PS @5.600 rpm |
Torsi maksimum | 182 Nm @4.000 rpm | 182 Nm @4.000 rpm |
Diesel | ||
Tipe mesin | 2GD-FTV 4 silinder 16 valve VNT Intercooler | 2KD-FTV 4 silinder 16 valve Commonrail |
Kapasitas silinder | 2.393 cc | 2.494 cc |
Daya maksimum | 149 PS @3.400 rpm | 104 PS @3.600 rpm |
Torsi maksimum | 359 Nm @1.200-2.600 rpm | 260 Nm @1.600-2.400 rpm |
Baca juga : Toyota Kijang Innova Hybrid 2022 Produksi Indonesia Dirilis Tahun Depan
Dengan mengusung segala perubahan yang telah disebutkan tadi, jelas mengangkat derajat Toyota Kijang Innova terbaru satu kasta lebih tinggi dibanding generasi Toyota Kijang sebelumnya.
Mobil New Kijang Innova saat itu ditawarkan dalam sepuluh varian, ini belum termasuk empat varian lain dari Toyota Venturer (Spesifikasi | Berita).
Total ada tiga trim yang bisa dipilih, yakni G, V dan Q untuk tipe tertingginya, masing-masing varian tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-speed maupun otomatis 6-speed tapi menariknya, varian Q hanya dipasarkan dalam pilihan mesin bensin.
Jangan khawatir, karena Toyota Innova bermesin diesel termahal masih bisa dipilih dalam wujud Venturer.
Toyota Venturer sendiri merupakan versi yang lebih sporty dari Innova Reborn dan dijual dalam empat varian, yakni varian bensin tipe Q dan varian diesel tipe Q, yang masing-masing juga tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-speed maupun otomatis 6-speed.
Tapi saat ini untuk Toyota Kijang Innova Reborn yang masih dijual oleh pihak TAM yakni hanya tipe G bermesin bensin dan diesel tapi cuma disediakan dengan transmisi otomatis.
Sementara varian Innova lain hadir dalam model Kijang Innova Zenix, termasuk yang menggunakan varian mesin hybrid.
Baca juga : Daftar Lengkap Model dan Varian Toyota Kijang Innova Mulai 2004 Hingga 2015, Mana yang Paling Layak Dipilih?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}