Investasi Menguntungkan, Harga Toyota Kijang Innova Diesel Reborn 2018 Setelah Lima Tahun Cuma Turun 25 Persen!

Harga Toyota Kijang Innova Reborn diesel bekas ternyata sampai saat ini masih cukup tinggi, padahal usianya sudah lebih dari lima tahun.

Hal tersebut mungkin karena citra Toyota Kijang yang masih begitu melekat di Innova Reborn, namun menawarkan kemewahan dan kenyamanan lebih baik dibanding Kijang generasi-generasi berikutnya.

Ya, semenjak kehadirannya tahun 2004 silam, Toyota Kijang Innova menjadi salah satu MPV yang begitu laris di Indonesia.

Hadir dengan desain eksterior yang jauh lebih modern dan elegan, kehadiran Kijang Innova bahkan seakan menutup popularitas Kijang generasi sebelumnya yang sudah layak disebut legenda.

Kesuksesan Kijang Innova terus belanjut manakala di tahun 2015, PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan Kijang generasi keenam yang mendapat julukan Kijang Innova Reborn.

Kijang generasi ini dipasarkan dengan 3 varian utama, yaitu tipe G sebagai varian paling murah, V sebagai varian menengah, dan Q sebagai varian tertinggi.

Innova Venturer tipe paling tinggi dari Innova Reborn

Namun kemudian TAM menambah satu lagi tipe Innova Reborn dengan tampilan yang lebih sporty dan elegant dengan nama Innova Venturer.

Untuk Innova Reborn varian G dan V memiliki 2 pilihan mesin, yaitu mesin bensin 2.000 cc berkode 1TR-FE dengan teknologi Dual VVT-i dan mesin diesel 2.400 cc berkode 2GD-FTV dengan teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) with intercooler.

Adapun untuk tipe Q hanya memiliki satu pilihan mesin, yaitu mesin bensin 2.000 cc 1TR-FE, sementara Innova Venturer juga hadir dengan varian mesin bensin dan diesel sama seperti tipe V.

Meski di awal pertama muncul Toyota Kijang hanya bermesin bensin, namun siapa sangka, di generasi Innova Reborn, varian bermesin diesel adalah yang peminatnya begitu tinggi.

Kondisi tersebut bukan hanya terjadi saat TAM masih memasarkan Innova Reborn, melainkan berlanjut hingga ke pasar mobil bekasnya.

Alhasil fenomena seperti itu membuat harga Toyota Kijang Innova Reborn diesel bekas mengalami depresiasi yang minim.

Baca juga: Belum Meluncur, Emblem Toyota Kijang Innova Zenix Sudah Bertebaran di E-Commerce

Perbandingan Harga Toyota Kijang Innova Reborn Diesel Bekas vs Baru

Innova Reborn sejatinya adalah Toyota Kijang generasi keenam

Akibat peminatnya yang masih cukup tinggi meskipun saat ini sudah muncul Innova Zenix, hal tersebut membuat harga bekas dari Innova Reborn tetap bertahan selama beberapa tahun.

Melihat harga pasarannya, Toyota Kijang Innova Diesel bekas keluaran 2018 dijual mulai dari Rp265 juta dan yang termahal mencapai Rp362 juta untuk pemakaian selama lima tahun.

Bandingkan dengan harga barunya lalu yang dijual mulai dari Rp331.900.000 untuk tipe G MT Diesel sementara itu, unit termahalnya yaitu 2.4 Diesel AT Venturer dijual Rp457.100.000. 

Berdasarkan penelusuran kami di berbagai marketplace jual beli mobil termasuk CARSOME, untuk Toyota Kijang Innova Diesel V AT bekas 2018 dijual seharga Rp362 juta.

Sementara itu pada 2018, harga barunya yaitu Rp401.700.000, artinya selama lima tahun mobil ini hanya mengalami depresiasi sebesar Rp39.700.000. 

Interiornya tetap terasa mewah dan nyaman

Bila dihitung, maka nilai depresiasi harga tertingginya hanya 9,88 persen, tidak sampai 10 persen.

Begini perhitungannya:

  • Rp401.700.000 - Rp362.000.000 = Rp39.700.000
  • Rp39.700.000/Rp401.700.000 x 100% = 9,88%

Bagaimana dengan harga pasaran termurah dari Kijang Innova Reborn 2018 di tahun 2023 ini?

Adapun harga bekas termurah yaitu Rp265.000.000 untuk tipe 2.4 G AT 2018, Sementara itu, harga baru Toyota Kijang Innova 2.4 G Diesel AT 2018 dulu di angka Rp353.400.000. 

Adapun nilai depresiasi mobil tersebut yaitu Rp88.400.000 selama lima tahun pemakaian.

Bila dihitung presentasenya yaitu:

  • Rp88.400.000/Rp353.400.000 x 100% = 25%.

Bisa dilihat kalau nilai depresiasi harga mobil laris seperti Kijang Innova ini relatif minim walau sudah digunakan selama lima tahun.

Bila kita ambil rata-rata depresiasi per tahun maka hanya turun sekitar 5 persen saja.

Baca juga: Tahan, Toyota Kijang Innova Zenix Meluncur 2 Bulan Lagi. Versi Diesel Hilang dari Peredaran

Alasan Harga Toyota Kijang Innova Reborn Tetap Tinggi 

Peminatnya masih sangat tinggi di bursa mobil bekas

Toyota Kijang Innova generasi kedua atau Innova Reborn diluncurkan pada bulan November 2015.

Innova Reborn dibangun sebagai MPV yang mengadopsi sasis ladder frame karena innova mengadopsi sistem penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD).

Harga Kijang Innova bekas varian mesin diesel di pasaran bisa dibilang tetap stabil dan tinggi karena banyak diminati masyarakat Indonesia.

Mesin Diesel Badak dan Mudah di Tunning

Versi dieselnya ini terkenal bandel dan tenaga hingga torsinya ideal untuk kebutuhan dasar mobil keluarga.

Pada  mesin dieselnya, berkode 2GD-FTV dapat menyemburkan tenaga sebesar 140 daya kuda pada 3.400 RPM. Lalu torsi puncaknya tercatat 342 Nm pada 2.800 rpm.

Pada Kijang Innova Reborn diesel sudah dibekali oleh teknologi modern Variable Nozzle Turbocharger (VNT) dan juga intercooler.

Varian mesin dieselnya terkenal bandel

Varian diesel ini begitu disukai karena konsumsi bahan bakar yang tergolong irit, dan juga masih kuat bila terpaksa harus mengisi solar bersubsidi.

Pada varian mesin diesel, per satu liter solar dapat menempuh jarak hingga 9 sampai 10 km.

Apabila keseringan menggunakan solar murah, pemilik harus siap jika mengganti filter bahan bakarnya dengan frekuensi lebih sering. 

Bagi sebagian kalangan pengguna Kijang Innova Diesel, tenaga segitu dirasa belum cukup untuk menuntaskan dahaga performa di jalan raya.

Ini membuat banyak Kijang Innova Diesel yang dimodifikasi mengubah setting ECU (remap) atau mengganti blok mesin dengan milik Toyota Hilux untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar.

Baca juga: Nggak Usah Beli Fortuner, Toyota Kijang Innova Generasi Pertama Tak Kalah Tangguh

Kabin Nyaman dengan Suspensi Empuk

Jadi pengemudi atau penumpang belakang sama-sama nyaman

Kijang Innova Reborn hadir sebagai sebuah MPV medium, dengan dimensi panjang 4.735 milimeter dan lebarnya 1.830 milimeter, tinggi 1.795 milimeter dengan jarak sumbu roda 2.750 milimeter.

Dibandingan dengan Kijang Innova generasi sebelumnya, Innova Reborn panjangnya bertambah 15 cm menjadi 4.735 mm.

Lebarnya pun bertambah 5,5 cm menjadi 1.795 mm dan tingginya bertambah 4,5 cm jadi 1.795 mm

Dengan dimensi segitu, membuat kabin Kijang Innova Reborn cukup lega.

Kabinnya cukup luas mengakomodasi 7 penumpang dewasa dan membawa barang di bagasinya saat perjalanan jauh. 

Headunit dan meter cluster sudah modern

Kenyamanan dan hiburan bagi pengemudi dan penumpang di dalam kabin didukung adanya hiburan berupa radio, USB, Bluetooth, miracast hingga smart phone connection.

Pada Kijang Innova Reborn tipe V dan tipe V Luxury menggunakan head unit 9 inci sementara untuk tipe G dan tipe G Luxury menggunakan head unit 8 inci.

Bicara aspek kenyamanan, kaki-kaki mobil ini dibuat tangguh namun tetap nyaman untuk mendukung semua aktivitas pengendaranya.

Sebagai informasi, suspensinya menggunakan double wishbone dengan pegas koil dan stabilizer di bagian depan. Untuk bagian belakangnya ditopang sistem 4-link dengan pegas koil juga lateral rod. 

Fitur Keselamatan Oke

Ada meja lipat untuk penumpang baris kedua

Kijang Innova Reborn telah disematkan fitur kamera belakang untuk memudahkan pengguna saat akan parkir sehingga lebih aman.

Untuk perlindungan pengguna yang lebih baik, mobil dilengkapi oleh fitur airbag ganda plus lutut. 

MPV ladder frame ini juga dilengkapi oleh kontrol stabilitas kendaraan (VSC) sehingga kendaraan menjadi lebih stabil terutama ketika harus melewati jalanan dengan tikungan tajam sehingga dapat menghindari under dan over steering. 

Ketika melewati jalan menanjak, Kijang Innova Reborn pun tak bikin waswas.

Ini karena mobilnya sudah dilengkapi fitur perlindungan berupa Hill Start Assist (HSA) sehingga kendaraan tidak akan tergelincir ke belakang.

Kesimpulan

Masih tingginya harga Toyota Kijang Innova Reborn diesel bekas ternyata ditunjang dari beberapa alasan.

Paling utama adalah dari sektor mesin, tersematnya mesin diesel berkode 2GD-FTV 2.400 cc yang sudah dibkali Turbo Intercooler membuat tenaga dan torsi mobil ini cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna harian maupun saat diajak menelusuri perjalanan jauh luar kota.

Apalagi mesin ini juga masih bisa menenggak BBM bersubsidi jenis Bio Solar serta memiliki efisiesnsi BBM yang cukup baik.

Selain itu, kenyamanan pengemudi dan penumpang didalamnya juga dirasa masih cukup untuk kebutuhan kendaraan keluarga di Indonesia.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Toyota Innova Zenix Jauh Lebih Baik dari Reborn?

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Kecelakaan Tol Cikampek KM 58 yang terjadi pada Senin, 8 April 2024, memang menarik banyak perhatian masyarakat Indonesia. Apalagi kecelakaan maut yang kabar terakhir merenggut nyawa hingga 13 korban itu terjadi ditengah padatnya arus mudik Lebaran 2024. Kecelakaan maut Tol Cikampek KM 58 ini disinyalir akibat secara tiba-tiba sau unit mobil Daihatsu Gran Max keluar jalur contraflow yang sedang diberlakukan kepolisian setempat untuk memecah kemacetan di lokasi Tol Cikampek hingga Cipali. Naasnya
Kepolisian kembali menerapkan skema jalur contraflow untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di jalan tol Cikampek-Cipali saat mudik lebaran 2024. Namun begitu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyatakan, rekayasa contraflow di jalur arus balik Lebaran 2024 telah dilakukan evaluasi, termasuk pengamanan dan keselamatan pengendara lebih ditingkatkan. "Terkait dengan safety dengan keselamatan kita akan memberikan reflektor, dari arah contraflow maupun dari arah yang jalur seharusnya.
Mobil transmisi manual kini tak lagi populer karena dianggap sudah tak relefan lagi dengan beberapa keadaan di zaman modern seperti sekarang. Apalagi mereka yang berada diperkotaan, enggan menggunakan transmisi manual dengan alasan lebih capek saat mengemudi dalam kondisi macet. Namun Anda juga harus tahu, untuk sebagian orang, mobil transmisi manual kerap dianggap sebagai seni dalam mengemudi. Pasalnya, ada beberapa kelebihan dari mobil yang membutuhkan pedal kopling ini, seperti akselerasi leb
Skema rekayasa lalu lintas menggunakan jalur contraflow atau lawan arus dengan menggunakan sebagian ruas jalan tetap diterapkan selama musim mudik dan arus balik Lebaran 2024. Contraflow pada saat arus balik akan mulai diberlakukan H+2 lebaran atau Jumat (12/4/2024) mulai pukul 14.00 WIB sampai Selasa (16/4/2024) pukul 08.00 WIB. Adapun jalur contraflow ini akan mulai dilakukan di Tol Cipali KM 72 hingga Tol Cikampek-Jakarta KM 36. Baca juga: Kecelakaan Maut di Tol Cikampek KM 58, Masih Perlukah
Ternyata ada bahaya semir ban mobil jika terlalu sering digunakan, meski cara ini cukup efektif membuat kendaraan terlihat lebih bersih. Ya, setelah mencuci mobil umumnya para pemilik atau pihak salon mobil mengoleskan cairan semir ban pada kendaraan kalian. Hal ini dilakukan banyak pemilik mobil supaya kendaraannya terlihat lebih klimis. Namun tahukah kalian, ada bahaya semir ban mobil yang menggunakan bahan tertentu justru yang dapat merusak komponen ban serta berdampak pada keselamatan berken

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VF5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 488,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat