Sering Dihujat Mobil Boros, Segini Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova 2.7

Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova 2.7 kerap kali dianggap boros sehingga peminatnya jauh lebih kecil dibanding Innova tipe lain.

Sedikit kilas balik, selain varian 2.0, PT Toyota Astra Motor (TAM) memang pernah menghadirkan Toyota Kijang Innova 2.7 untuk vesin mesin bensin dari Kijang Innova.

Mobil ini pertama kali ikut meramaikan pasar otomotif Tanah Air pada 3 Februari 2005.

Tidak seperti mesin 2.0, usia Kijang Innova 2.7 di Indonesia terbilang sangat singkat sebab hanya mampu bertahan dua tahun.

Hal tersebut dikarenakan varian ini dianggap lebih boros dalam hal konsumsi bahan bakarnya (BBM).

Wajar, saat itu banyak orang berstigma bahwa mobil berkapasitas mesin besar lebih boros ketimbang mesin dengan kapasitas lebih kecil.

Tapi itu cerita lampau, lantaran saat ini, karena populasinya tidak begitu banyak dibandingkan varian Kijang Innova bensin 2.0, Innova 2.7 kerap kali diburu para kolektor jika kondisinya masih pristine.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Varian Paling Ideal Toyota Kijang Innova yang Pantas Kalian Pilih

Perbedaan Toyota Kijang Innova 2.7 dengan Tipe Lain

Sempat jadi varian paling mahal dari Innova

Secara fisik, Innova 2.7 sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan dibanding Innova bensin 2.0.

Namun model yang diperkenalkan sekitar 5-6 bulan setelah TAM merilis Innova generasi pertama ini, sempat menjadi varian flagship dari Kijang Innova yang tidak ada varian transmisi manualnya.

Kemudian kemewahan juga terlihat pada ruang kabin, antara lain sudah disematkan aksen wood panel yang melekat di beberapa bagian mobil ini seperti dasbor dan trim pintu.

Selanjutnya tipe ini sudah dilengkapi head unit jenis compact disc yang mampu menyimpan 6 keping CD dengan sekaligus.

Interior Kijang Innova 2.7

Tampilan setir Toyota Innova 2.7 juga sudah seperti kepunyaan Alphard yang mana tidak hanya terlihat mewah, namun juga dilengkapi beberapa tombol pengaturan.

Kalian juga bisa menjumpai tombol pengaturan AC secara digital yang mana juga bisa digunakan untuk mengatur arah hembusan angin.

Oh iya, pada tombol pengaturan ini, kalian juga bisa menemukan switch on/off untuk mematikan atau menghidupkan defogger di kaca belakangnya.

Keistimewaan Kijang Innova 2.7 lainnya adalah sudah mendapatkan jok model captain seat di baris kedua.

Dengan begitu penumpang di baris kedua tidak akan mudah lelah ketika melakukan perjalan jauh.

Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Bensin 2004 Kok Lebih Boros Dari Versi 2008, Apa Sebabnya?

Jok captain seat di Kijang Innova Arab

Di sisi lain, penumpang pun akan merasa lebih nyaman karena masing-masing jok sudah dilengkapi dengan arm rest serta busa yang tebal.

Fitur keselamatannya juga dibuat lebih lengkap, karena Toyota Kijang Innova 2.7 sudah mendapatkan dual airbag pada bagian depan.

Kalian juga tidak perlu khawatir tergelincir atau terkunci ketika menginjak rem secara tiba-tiba.

Pasalnya, mobil ini juga berhasil disematkan rem ABS (Anti-lock Braking System) dan juga LSPV (Load Sensing Proportioning Valve) yang berguna untuk membagi tekanan minyak rem pada roda belakang ketika beban bertambah.

Baca juga: Toyota Kijang Krista Bekas vs Daihatsu Agya D+ Baru, Si Motuba Lebih Nyaman Dari LCGC Rp100 Jutaan

Mesin yang Powerfull Dibanding Toyota Innova Diesel

Kijang Innova terkuat yang pernah dibuat Toyota Indonesia

Toyota Kijang Innova 2.7 yang juga kerap dijuluki sebagai Kijang Innova Arab dibekali mesin 2TR-FE 2.694 cc 4 silinder segaris DOHC 16 valve berteknologi VVT-i. 

Menurut data yang kami peroleh, jantung pacunya sanggup meletupkan tenaga 166 PS di 5.200 rpm serta torsi maksimal 245 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Untuk membuatnya berjalan, mesinnya dipadukan dengan transmisi otomatis Super ECT 4 percepatan. 

Berkat perpaduan mesin bensin 2.7 serta transmisi tersebut, mobil ini hanya membutuhkan 9,8 detik untuk dapat berlari 0 hingga 100 km/jam.

Dengan catatan waktu yang diperoleh, Toyota Kijang Innova 2.7 dinobatkan sebagai Kijang tercepat dan terbuas yang pernah ada.

Bagaimana tidak, mobil ini untuk sprintnya bahkan lebih cepat dari varian diesel 2.4 yang 0 sampai 100 km/jam membutuhkan 12,1 detik.  

Spesifikasi Toyota Kijang Innova 2.7
Dimensi
Panjang 4.555 mm
Lebar 1.770 mm
Tinggi 1.750 mm
Jarak sumbu roda 2.750 mm
Jarak ke tanah 168 mm
Ukuran roda 205/65R15
Kapasitas tangki BBM 55 Liter
Mesin
Tipe mesin 2TR-FE DOHC 16 valve VVT-i
Isi silinder 2.694 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 166 PS @5.200 rpm
Torsi maksimum 245 Nm @4.000 rpm
Transmisi Super ECT 4-percepatan
Sistem penggerak roda Penggerak roda belakang
Sasis
Suspensi depan Independent Dual Wishbone
Suspensi belakang 4-link
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum

Baca juga: Keunggulan Toyota Kijang Innova Bensin 2.7, Varian Langka Incaran Kolektor Bikin Harganya Gelap

Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova 2.7 Lebih Irit Ketimbang Versi 2.0

Mesin 2TR-FE Toyota Kijang Innova 2.7 

Punya tenaga besar serta akselerasi yang cepat, untuk konsumsi BBM Toyota Kijang Innova 2.7 ternyata bisa lebih irit ketimbang mesin 2.0.

Menurut penuturan beberapa pemilik mobil ini yang disampaikan melalui berbagai forum otomotif, untuk penggunaan dalam kota dapat menempuh jarak 8 km per liter.

Kemudian untuk pemakaian luar kotanya, rata-rata konsumsi BBM Innova 2.7 di angka 13 km per liter. 

Bandingkan dengan konsumsi BBM Innova bensin 2.0, yang untuk rute dalam kota berada di angka 6-7 km per liter, sedangkan pada penggunaan di luar kota dengan trek mayoritas tol, konsumsi BBM-nya 11-12 km per liter.

Tapi tentunya konsumsi BBM Toyota Kijang Innova 2.7 ini kembali lagi pada kondisi kendaraan itu sendiri.

Jika mobil kalian dalam kondisi yang sehat, rajin melakukan ganti oli secara berkala sesuai periodenya, serta menggunakan bahan bakar yang berkualitas, maka konsumsi bahan bakarnya akan ikut baik.

Tapi jika mobil dalam keadaan yang tidak pernah dilakukan perawatan berkala, maka sudah pasti penggunaan bahan bakarnya juga bisa lebih boros.

Baca juga: 3 Kelebihan Toyota Kijang Innova Bensin Bekas yang Jarang Orang Tahu

Toyota Innova 2.7 Kini Incaran Kolektor

Harg abekasnya tinggi jika kondisinya istimewa

Selain memiliki performa buas, Innova yang satu ini memang memiliki tampilan mewah serta memiliki fitur lengkap. Sekedar informasi, Innova 2.7 ditempatkan pada varian V, atau tipe paling atas.

Beberapa fitur yang tersemat terbilang canggih saat itu, seperti sistem hiburannya sudah mendukung musik dengan format Radio bahkan MP3.

MPV ini dijuluki Kijang Innova Arab karena kebanyakan diekspor untuk Arab Saudi dan negara Timur Tengah.

Karena targetnya juga untuk pasar negara lain, maka kelengkapan fiturnya juga dibuat yang paling unggul diantara Innova tipe lainnya.

Termasuk sudah dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System), dan guna memberikan perlindungan lebih terhadap pengemudi dan penumpang depan saat mengalami benturan cukup keras, mobil ini sudah dilengkapi dual airbag di bagian depan.

Sekedar informasi, saat ini harga bekas Toyota Kijang Innova 2.7 ditawarkan mulai dari Rp125 jutaan hingga Rp150 jutaan.

Kesimpulan

Toyota Kijang Innova 2.7 merupakan salah satu pilihan menarik bagi konsumen yang mencari kendaraan keluarga yang luas, nyaman, dan handal.

Salah satu keunggulan utama dari Innova 2.7 adalah performanya yang handal.

Dibekali dengan mesin bensin 2.7 liter yang tangguh, Innova mampu memberikan tenaga yang cukup untuk menangani berbagai medan dan kondisi jalan di Indonesia.

Anggapan konsumsi BBM Toyota Kijang Innova 2.7 yang boros juga terpatahkan dari para pemakai mobil ini.

Mesin tersebut ternyata bisa efisien dalam penggunaan bahan bakar, sehingga kombinasi antara performa yang handal dan efisiensi bahan bakar menjadikan Innova 2.7 sebagai salah satu kendaraan multipurpose yang populer kini jadi incaran.

Selain itu, dengan kemampuan untuk menampung hingga tujuh penumpang dengan kenyamanan yang optimal, Innova 2.7 menjadi pilihan ideal untuk perjalanan jarak jauh bersama keluarga atau untuk kebutuhan bisnis yang memerlukan transportasi penumpang yang nyaman dan luas.

Apakah kalian tertarik untuk membelinya?

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Toyota Innova Zenix Jauh Lebih Baik dari Reborn?

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Harga dan spesifikasi Foton e-Aumark diumumkan di ajang GIICOMVEC 2024, berbarengan dengan kembalinya brand otomotif China di pasar otomotif Tanah Air, Foton, di bawah naungan Grup Salim, PT Indomobil Global Transportasi. Sebagai truk listrik muatan ringan pertama asal Negeri Tiongkok yang dijual secara resmi di Indonesia, Foton e-Aumark dibandrol Rp643,8 juta Off The Road Jakarta. Sebagai informasi, harga yang ditawarkan tersebut sudah termasuk perangkat AC Charger bertegangan 11 kWh. Untuk men
Berapa lama proses STNK dan BPKB mobil baru mungkin menjadi hal yang banyak ditanyakan jika kalian membeli mobil di dealer resmi. Ya, membeli mobil baru memang jadi sebuah impian untuk sebagian orang. Hanya saja berbeda dengan membeli mobil bekas yang langsung bisa di bawa pulang pasca transaksi selesai, ketika membeli mobil baru kalian harus ekstra sabar. Mobil yang kalian pilih di dealer resmi tidak serta merta bisa langsung dipakai saat itu juga meski kalian membelinya secara cash atau tunai.
Sepanjang 2022 lalu, kami sudah menguji konsumsi BBM LMPV terlaris di Indonesia. Ada lima model yang kami uji, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan Hyundai Stargazer. Kelimanya kami pilih bukan tanpa alasan, mengingat kalau kita lihat dari data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), kelima mobil inilah yang cukup menguasai pangsa pasar MPV di dalam negeri. Dan tentunya, masing-masing dari kendaraan itu, sesaat setelah resmi diluncurkan di Indon
Suzuki Jimny 5 pintu menjadi produk otomotif yang saat ini hangat diperbincangkan. Terlebih lagi sempat adanya isu harga 'digoreng' atau mark up oleh oknum sales dealer resmi Suzuki sendiri beberapa hari setelah peluncurannya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Nah, bicara soal Jimny 5 pintu, kali ini AutoFun mendapatkan kesempatan melakukan pengujian mobil tersebut melalui program Test Drive Experience. Program ini memang sengaja diberikan oleh Suzuki, dimana untuk pengujia
Hadirnya mobil-mobil baru di Indonesia ternyata menyedot cukup banyak perhatian pembaca Autofun. Ini terlihat dari sejumlah artikel mengenai kehadiran Suzuki Jimny 5 pintu, Chery Tiggo 5X, dan mobil-mobil baru dari Great Wall Motors (GWM) menjadi Top 5 Artikel Autofun selama sepekan ke belakang. Begitu juga diluncurkannya mobil baru di dunia yang modelnya kebetulan sudah ada di Tanah Air, juga mengundang rasa penasaran para warganet dalam negeri. Misalnya debut Hyundai IONIQ 5 facelift yang meng

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 334,80 - 404,80 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BYD

BYD ATTO 3

Rp 515,00 Juta

Lihat Mobil
Neta

Neta V

Rp 379,00 Juta

Lihat Mobil
Wuling

Wuling BinguoEV

Rp 326,00 - 372,00 Juta

Lihat Mobil
DFSK

DFSK Seres E1

Rp 189,00 - 219,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta S

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Maxus

Maxus Mifa

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota GR Corolla

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat