Harga dan spesifikasi Foton e-Aumark diumumkan di ajang GIICOMVEC 2024, berbarengan dengan kembalinya brand otomotif China di pasar otomotif Tanah Air, Foton, di bawah naungan Grup Salim, PT Indomobil Global Transportasi.
Sebagai truk listrik muatan ringan pertama asal Negeri Tiongkok yang dijual secara resmi di Indonesia, Foton e-Aumark dibandrol Rp643,8 juta Off The Road Jakarta.
Sebagai informasi, harga yang ditawarkan tersebut sudah termasuk perangkat AC Charger bertegangan 11 kWh.
Untuk mengetahui lebih dekat dengan e-Aumark, simak spesifikasi lengkapnya berikut ini.
Baca juga: Foton Luncurkan Kendaraan Komersial Listrik di Indonesia, Kok Mirip Produk Sebelah?
Secara lebih detail, tipe truk listrik pertama Foton di Indonesia jenis Light Truck ini dinamakan e-Aumark L6.
Dimensi keseluruhan tidak jauh berbeda dengan light truck bermesin diesel yang dijual di Tanah Air.
Untuk panjang keseluruhannya truk ini mencapai 5.960 mm, lebar 2.060 mm dengan tinggi 2.280 mm, serta wheelbase di angka 3.360 mm.
Sedangkan dimensi kargo untuk muat barangnya di angka 4.140 mm untuk panjang, lebar 2.100 mm, dengan tinggi 2.100 mm.
Oh iya, untuk Gross Vehicle Weight (GVW) atau berat total kendaraan ini mencapai 7.000 kg serta payload atau kapasitas daya angkut muat barang maksimalnya di angka 4.200 kg.
Dimensi | ||
---|---|---|
Dimensi keseluruhan | ||
Panjang | 5.960 mm | |
Lebar | 2.060 mm | |
Tinggi | 2.280 mm | |
Wheelbase | 3.360 mm | |
Radius putar | 13,5 m | |
Dimensi kargo | ||
Panjang | 4.140 mm | |
Lebar | 2.100 mm | |
Tinggi | 2.100 mm | |
Beban | ||
Gross Vehicle Weight (GVW) | 7.000 kg | |
Payload | 4.200 kg |
Eksterior Tampil e-Aumark Tampil Mewah
Sebagai truk listrik, Foton e-Aumark terlihat mewah.
Seperti yang dapat di lihat di bagian depannya, truk ini sudah menggunakan lampu dengan teknologi projector yang dapat memberikan pencahayaan lebih fokus ketika berkendara di malam hari.
Tak hanya itu, lampu utamanya juga dilengkapi DRL LED pada lampu utama serta foglamp di bumper yang dapat meningkatkan visibilitas berkendara.
Untuk bagian tengahnya tedapat garnish krom dengan tambahan aksen biru diatasnya serta logo Foton.
Beranjak ke samping, spionnya di bagi menjadi dua bilah baik di sisi kanan maupun kiri yang dapat menampilkan kondisi di belakang kendaraan secara lebih jelas dan lebih dekat.
Pada pintu, truk ini berhasil disematkan lampu sein yang dapat memudahkan pengendara lain untuk mengetahui ketika pengemudi e-Aumark memberikan sinyal berbelok.
Lingkar rodanya e-Aumark diaplikasikan velg steel baut 5 berukuran 17,5 inci yang dibalut menggunakan ban berprofil 205/17.
Baca juga: Bareng Indomobil, Foton Siap Jual Mobil Pick Up dan Truk Listrik di Indonesia
Eksterior | ||
---|---|---|
Headlamp | Projector+DRL LED+Foglamp | |
Roda | 205/75 R17,5 | |
Front Axle Load | 2,5 ton | |
Rear Axle Load | 4,5 ton |
Jika eksteriornya terlihat modern, demikian pula dengan spesifikasi Foton e-Aumark di bagian interior yang terkesan mewah sehingga mampu memberikan kenyamanan baik itu pengemudi maupun penumpangnya.
Seperti pada joknya yang menggunakan bahan fabric dengan kontur cukup lembut.
Untuk seat bagian penumpang dibuat lebih lebar sehingga dapat memuat dua orang sekaligus.
Pada sisi pengemudi, untuk setirnya e-Aumark dibekali beberapa tombol pengaturan yang terintegrasi langsung dengan meter cluster TFT digital untuk menjalankan beragam fitur secara ergonomis.
Setirnya juga dilengkapi pengaturan tinggi-rendah yang dapat disesuaikan kebutuhan pengemudi.
Melihat ke bagain tengah, pada center clusternya terdapat head unit single din dengan format MP3 dan Bluetooth serta terdapat laci penyimpanan terbuka di bagian bawahnya.
Masih di area center cluster, truk ini diaplikasikan sistem pendingin udara dengan pengaturan lengkap mulai dari arah semburan hingga heater.
Tak ketinggalan ada pula lighter sebagai alat pemantik untuk menyalakan rokok serta power outlet bertegangan 24 volt dengan kuat arus 15 ampere.
Ke area console tengah, truk listrik ini memiliki laci penyimpanan terbuka yang dapat dimnafaatkan untuk menaruh benda kecil lainnya.
Untuk sistem perpindahan percepatan yang diletakan tak jauh dari laci penyimpanan terbukanya tersebut menggunakan shift-by-wire dengan pengoperasian mudah, seperti mobil listrik pada umumnya yang hanya cukup dengan memutarnya.
Terasa ergonomis, untuk rem tangannya menggunakan EPB (Electronic Parking Brake) dengan pengoperasian sekali tarik dan pencet untuk mengaktifkan serta menonaktifkan rem parkir.
Di belakang tombol EPB sendiri terdapat Auto Hold.
Saat fitur ini dinyalakan, rem akan diaplikasikan secara otomatis jika mobil terdeteksi sedang berhenti, misalnya pada lampu merah atau di kemacetan.
Selanjutnya mobil tidak akan bergerak meskipun berada pada posisi miring menanjak meskipun pedal rem tidak diinjak.
Ketika ingin kembali melakukan perjalanan, pengemudi cukup menginjak pedal gas sedikit maka sistem Auto Hold akan langsung melepas rem agar mobil bisa berjalan.
Dengan adanya fitur ini sangat memudahkan ketika terjebak macet di tanjakan.
Untuk fitur lainnya mobil ini dibekali power window di semua jendela dengan tombol pengunci pintu di area pengemudi.
Selain itu pada door trim dilengkapi laci yang dapat digunakan untuk menyimpan dokumen, setir dengan EPS (Electronic Power Steering), sunvisor hingga bagian penumpang, dan menariknya di balik sunvisor pengemudi terdapat lagi tambahan laci penyimpanan barang dengan tray yang dapat difungsikan untuk menaruh dokumen penting lainnya.
Dari segi keselamatan berkendara truk ini memperoleh seatblet serta sistem pengereman dengan Anti-lock Braking System (ABS).
Kehadiran ABS pada truk ini mampu meminimalisir terkuncinya roda ketika pengemudi menginjak rem secara mendadak.
Dengan begitu pengemudi dapat mengendalikan truk sesuai dengan arah yang diinginkan.
Interior | ||
---|---|---|
Sistem hiburan | Single din MP3, Bluetooth | |
Power window | Ya | |
Electronic Power Steering (EPS) | Ya | |
Electronic Air Conditioner | Ya | |
Meter cluster | TFT Digital dan analog | |
Multi-function Steering Wheel | Ya | |
EPB (Electronic Parking Brake) | Ya | |
Auto Hold | Ya | |
ABS (Anti-lock Braking System) | Ya |
Spesifikasi Foton e-Aumark mengandalakan motor listrik tunggal yang diletakan di tengah sasis dan terhubung langsung dengan drive shaft, kemudian diteruskan ke gardan sebelum ditranslasi ke roda belakang.
Untuk motor listrik yang digunakan bertipe PMSM (Permanent Magnet Synchcronous Motor) dengan memperoleh tenaga maksimal 130 kW (176 PS) serta torsi puncak 1.200 Nm.
Motor listrik yang digunakan mendapat asupan daya listrik dari baterai CATL LiFePO4 Iron Phosphate Battery berkapasitas 81,14 kWh.
Berdasarkan pengujian yang dilakukan, dalam kondisi baterai terisi penuh sanggup menjalankan truk sejauh 167 kilometer.
Performa | ||
---|---|---|
Motor type | PMSM (Permanent Magnet Synchcronous Motor) | |
Tenaga | 130 kW (176 PS) | |
Torsi | 1.200 Nm | |
Tipe baterai | CATL LiFePO4 Iron Phosphate Battery | |
Kapasitas baterai | 81,14 kWh | |
Kecepatan maksimal | 90 km/jam | |
Jarak tempuh | 167 kilometer |
Foton e-Aumark menggunakan untuk sistem pengisian daya listriknya menggunakan gabungan (CCS).
Untuk metode pengisian dapat dilakukan secara DC Fast Charging maupun AC Normal Charging.
Dengan memanfaatkan pngisian DC Fast Charging, dari 20% hingga 100% hanya membutuhan 1 jam.
Sedangkan menggunakan pengisian AC Normal Charging untuk pengisian dari 20% sampai 100% memerlukan 7 jam.
Pengisian baterai | ||
---|---|---|
Soket | CCS | |
DC Fast Charging | 20~100% 1 jam | |
AC Normal Charging | 20~100% 7 jam |
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}