Bicara Ayla terbaru, melalui ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 kemarin, kami berkesempatan untuk mencoba secara langsung Daihatsu X MT ADS meski dengan waktu yang sangat singkat. Daihatsu Ayla (Spesifikasi | Berita) 2023 terlihat menarik untuk dimiliki bagi yang sedang mencari mobil baru di bawah Rp200 juta. Hal ini dikarenakan Ayla terbaru memiliki desain lebih atraktif, fitur semakin lengkap, serta rasa berkendara yang lebih nyaman.
Sebagai city car entry-level, varian yang kami coba untuk harga bandrolnya berada di angka Rp152,8 juta OTR Jakarta. Penasaran serta ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ayla 2023 X MT ADS yang kami coba kemarin? Simak ulasan berikut ini.
Baca juga: Segini Harga Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda Brio Usai Naik 5 Persen
Seperti Rocky dan Xenia, Ayla 2023 dibangun menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Dengan penggunaan struktur rangka ini secara kekedapan kabin menurut kami lebih baik dibanding model sebelumnya. Berawal dari menutup pintu, kalian tidak akan lagi mendengar suara bantingan pintu yang nyempreng.
Tak hanya itu, ketika mobil dijalankan suara mesin yang merangsek masuk ke dalam kabin pun sedikit berkurang. Ketika melewati jalan yang tidak rata, kabinnya pun masih terasa kedap.
Secara dimensi Daihatsu Ayla memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.515 mm dan wheelbase 2.525 mm. Ukurannya yang mungil, mobil ini sangat mudah dikendarai saat kami coba melewati arena test drive yang sempit.
Selain dimensi, mobil ini terasa mudah dikendalikan di jalan yang sempit berkat setir dengan teknologi Electronic Power Steering (EPS). Untuk putarannya sendiri memiliki karakter yang sangat ringan. Untuk diketahui, mobil ini memiliki radius putar kecil di angka 4,4 meter. Ketika kami mencoba melakukan U turn, kami tidak merasa terepotkan.
Daihatsu Ayla 2023 X MT menggunakan mesin 998 cc 3-silinder segaris dengan kode 1KR-VE DOHC VVT-i yang dapat memeras tenaga 62 PS di 6.000 rpm dengan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm. Dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan, saat kami coba mobil ini terasa begitu repsonsif pada tarikan bawahnya.
Varian manual ini sangat cocok bagi yang menyukai gaya berkendara cepat di dalam kota. Untuk pijakan koplingnya sendiri terasa ringan dan perpindah gigi yang mudah ketika dioperasikan.
Baca juga: 9 Hal Menarik Daihatsu Ayla 2023, LCGC yang Semakin Sporty
Berkesempatan untuk mencobanya secara langsung, menurut kami pandangan mengemudi Daihatsu Ayla 2023 kurang begitu luas berkat dashboard yang dibuat tinggi. Meski begitu visibilitas ke samping menurut kami cukup baik. Terlebih kaca spionnya yang lebar membuat pandangan ke belakang dapat terlihat dengan jelas.
Daihatsu Ayla 2023 menggunakan suspensi jenis MacPherson Strut dengan Coil Spring, dan Torsion Axle Beam dengan Coil Spring pada roda belakang. Mencoba secara langsung dengan melewati beberapa speed bump, karakter yang dihasilkan dari suspensinya terasa stiff dan menurut kami masih jauh dari kesan nyaman.
Memiliki jumlah piston ganjil, umumnya menghasilkan getaran lebih besar dibanding mesin dengan silinder genap. Meski engine mounting telah diperbarui, untuk Ayla 2023 khususnya mesin 1.000 cc kami masih dapat merasakan dengan jelas getaran mesin 3 silinder yang dihasilkan di dalam kabin.
Kekurangan lain pada Daihatsu Ayla X MT ADS yakni fiturnya yang terbatas. Terlihat untuk lampu utamanya masih menggunakan bohlamp halogen. Di dalam, sistem hiburannya memakai head unit 2-din belum dilengkapi layar sentuh.
Selain itu, nuansa interior mobil ini terlihat monoton berkat didominasi warna hitam, serta jok tanpa adanya headrest yang bisa diatur tinggi dan rendah. Dari segi keselamatan berkendara, varian ini hanya mengandalkan seatbelt. Untuk ABS, EBD, VSC dan HSA baru bisa dijumpai di transmisi CVT.
Dijual Rp152,8 juta OTR Jakarta, kelebihan yang dimiliki Daihatsu Ayla 2023 X MT ADS yakni terasa responsif pada tarikan bawah, kopling enteng, serta putaran setir yang ringan. Tak hanya itu, dari segi kekedapan kabin mobil ini juga lebih baik dari model sebelumnya.
Namun hal yang disayangkan dari mobil ini yaitu getaran mesin masih terasa dengan jelas di dalam kabin, serta bantingan yang stiff ketika melewati speed bump. Dari segi pandangan mengemudi ke depan, menurut kami mobil ini tidak terlalu luas berkat dashboard yang dibuat tinggi. Hal lain yang menjadi catatan yakni varian X MT ADS baik fitur unggulan maupun keselamatannya masih sangat terbatas.
Baca juga: Selisih Cuma Rp17 Jutaan, Segini Banyaknya Perbedaan Daihatsu Ayla 2023 Tipe X dan R
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2017 Toyota AGYA G 1.0
10.656 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2
5.751 km
1 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
15.855 km
2,5 tahun
Jakarta
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
16.096 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AGYA GR SPORT 1.2
14.892 km
2 tahun
Jawa Barat