Konsumsi bahan bakar Daihatsu Ayla memang terkenal irit. Tak heran faktor ini menjadi satu dari beberapa elemen pemikat bagi mobil tersebut di hadapan masyarakat Indonesia.
Selain itu, menjadi bagian dari segmen Low Cost Green Car (LCGC), Daihatsu Ayla menawarkan harga yang terjangkau. Mobil ini juga sering dibandingkan dengan Toyota Agya karena memang keduanya adalah produk kolaborasi yang berbagi platform dan mesin.
Mobil Ayla sering disamakan dengan Toyota Agya, sehingga terkadang dia disebut sebagai Toyota Ayla. Padahal hal tersebut salah karena mobil Ayla merupakan keluaran pabrikan Daihatsu. Selain itu, mobil Daihatsu Ayla baru memiliki 7 pilihan warna, salah satunya warna Dark Grey Metallic yang menjadi favorit.
Tipe mobil Toyota Agya juga lebih sedikit dibanding varian mobil Ayla. Dari segi tampilan fisik pun sebenarnya kedua mobil ini mempunyai perbedaan, selain dari logo pada emblem yang terpasang di bagian depan dan belakang mobil.
Saat ini Toyota Indonesia menawarkan Agya dalam 7 varian, dengan harga Toyota Agya mulai dari Rp 170,9 juta hingga Rp 261,8 juta. Ini merupakan harga mobil Agya terbaru 2024.
Sedangkan tipe mobil Daihatsu Ayla tersedia dalam 9 tipe. Harga mobil Daihatsu Ayla berkisar dari Rp 136 juta hingga Rp 191,9 juta. Ini merupakan harga mobil Daihatsu Ayla terbaru tahun 2024.
Baca juga: Jangan Salah, Segini Kapasitas Oli Mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Gen 1
Sejak diperkenalkan pertama kali pada 2012 sampai mobil Ayla terbaru hadir dengan beberapa pilihan transmisi, tipe, serta dua pilihan mesin. Sehingga kalian bisa memilih mobil Ayla baru bermesin 1.0L atau Ayla bermesin 1.2L.
Pada Daihatsu Ayla generasi pertama, tipe ini hadir dengan mesin berkode 1KR-DE dengan kapasitas 998 cc. Mesin berteknologi DOHC 3-segaris itu di atas kertas mampu menyemburkan tenaga maksimal 64 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak berada di 86 Nm pada 3.600 rpm.
Daihatsu menyediakan pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis 4 percepatan pada mobil Ayla 1.0 ini.
Sedangkan di generasi kedua yang lahir di Februari 2023, Ayla 1.0L dibenamkan mesin 998 cc dengan kode 1KR-VE. Teknologinya DOHC VVT-i namun masih tetap 3-silinder segaris. Hasilnya, tenaga yang bisa diproduksi menurun sedikit yaitu 62 PS di 6.000 rpm, namun torsinya naik menjadi 89 Nm pada 4.400 rpm.
Jangan salah sangka dengan mobil Ayla bermesin 1.0L ini. Meskipun di atas kapasitas silinder dan tenaga yang digunakan tidak terlalu besar, tetapi kenyamanan dan rasa berkendaranya tak kalah dengan saudaranya yang punya mesin lebih besar.
Mesin 3-silinder memang menawarkan sensasi berkendara tersendiri di jalanan. Mengingat getarannya yang cukup terasa. Belum lagi ditambah dengan bodi mobil Ayla yang bisa dibilang cukup rentan dengan getaran dan benturan.
Untuk sedikit mengurangi getaran yang dirasakan oleh penumpang, Daihatsu memberikan peredam yang cukup mengurangi getaran kendaraan ketika di jalan. Tetapi dibandingkan dengan mesin 4-silinder, getarannya masih menjadi persoalan.
Keunggulan mobil Daihatsu Ayla warna Dark Grey dan lainnya adalah dimensi yang mungil membuatnya cukup gesit diajak bermanuver di tengah kemacetan dalam kota. Sedangkan tenaganya memang tidak sekuat mesin 1.2L yang lebih besar. Namun, untuk kecepatan 60 km/jam, Ayla cukup baik dikendarai.
Mesin 1.0L cukup responsif, terlebih pada putaran bawah. Sehingga terasa mudah untuk berakselerasi dalam kondisi stop and go. Belum lagi jika Anda berkendara di jalanan kota besar, seperti Jakarta yang dipenuhi kemacetan di sebagian besar ruas jalan.
Dibandingkan dengan saudaranya dengan mesin yang lebih kecil, Ayla dengan mesin 1.2L tentu saja menghadirkan tenaga dan torsi yang lebih besar. Pada generasi pertamanya, Ayla 1.2 menggunakan mesin dengan kapasitas silinder 1.197 berkodekan 3NR-VE 4-silinder segaris DOHC dan teknologi Dual VVT-i.
Selain perbedaan kapasitas silinder, tenaga yang dihasilkan mencapai 87 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi puncak 108 Nm pada putaran 4.200 rpm. Konsumen juga masih mendapatkan pilihan transmisi manual maupun otomatis ketika membeli mobil mobil Ayla baru ini.
Adapun paga Ayla generasi kedua menggunakan mesin baru yakni 1.198 cc berkodekan WA-VE 3-silinder segaris DOHC 12 valve dual VVT-I dengan kapasitas 1.198 cc.
Tenaga yang dihasilkan mesinnya tersebut sebesar 88 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 113 Nm pada putaran 4.500 rpm yang dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan.
Satu hal yang pasti, mesin 4-silinder yang diberikan pada mobil Ayla 1.2L tentu saja memberikan getaran yang lebih halus ketika di jalanan dibandingkan dengan mesin 3-silinder. Jadi getaran yang dirasakan cukup berkurang sehingga membuat perjalanan menjadi lebih nyaman.
Keluaran yang dihasilkan lebih tinggi sehingga membuatnya enak dibawa ke jalanan perkotaan maupun ke luar kota yang lebih lengang. Tenaga lebih nyaman ketika diajak berpacu atau berkendara di atas 60 km/jam dibandingkan mesin 1.0L.
Selain itu, kenyamanan berkendara hampir sama dengan mobil Daihatsu Ayla 1.0L. Mengingat tidak ada perubahan pada komponen yang digunakan. Bantingan suspensi terasa biasa dan masih dalam batas wajar ketika harus bertemu polisi tidur atau jalanan berlubang.
Perbandingan Spesifikasi Daihatsu Ayla 2024 | ||
---|---|---|
Ayla 1.0 | Ayla 1.2 | |
Dimensi | ||
Panjang | 3.760 mm | 3.760 mm |
Lebar | 1.665 mm | 1.665 mm |
Tinggi | 1.515 mm | 1.515 mm |
Jarak sumbu roda | 2.525 mm | 2.525 mm |
Jarak ke tanah | 160 mm | 160 mm |
Ukuran roda | 155/80 R13 | 175/65 R14 |
Kapasitas tangki BBM | 36 liter | 36 liter |
Mesin | ||
Tipe mesin | 1KR-VE DOHC VVT-i | WA-VE DOHC Dual VVT-i |
Kapasitas silinder | 998 cc | 1.198 cc |
Jumlah silinder | 3 | 4 |
Daya maksimum | 67 PS @6.000 rpm | 88 PS @6.000 rpm |
Torsi maksimum | 89 Nm @4.400 rpm | 113 Nm @4.500 rpm |
Transmisi | Manual 5-percepatan | Manual 5-percepatan |
Otomatis CVT | Otomatis CVT | |
Sistem penggerak roda | Penggerak roda depan | Penggerak roda depan |
Sasis | ||
Suspensi depan | MacPherson Strut with coil spring | MacPherson Strut with coil spring |
Susensi belakang | Torsion Axle Beam with coil spring | Torsion Axle Beam with coil spring |
Rem depan | Ventilated Disc | Ventilated Disc |
Rem belakang | Drum | Drum |
Baca juga: Peminat Daihatsu Ayla Bekas Masih Banyak, Ternyata Ini Penyebabnya
Meski varian mesin 1.0-liter menjadi tipe terendah dari Daihatsu Ayla, namun yang menjadi daya tarik mobil Ayla 1.0L tentu saja soal efisiensi bahan bakar. Jadi meskipun memiliki getaran yang terasa keras, mobil ini mampu menghasilkan konsumsi BBM yang sangat irit.
Sudah banyak pengujian yang melibatkan konsumsi bahan bakar mobil Ayla baru ketika dibawa di jalanan perkotaan. Rata-rata konsumsi bahan bakar Daihatsu Ayla 1.0 mampu menempuh 18 km/l. Konsumsi BBM-nya bahkan bisa menembus hingga 20 km/l tergantung pemakaian dan kondisi jalan.
Menggunakan kapasitas silinder yang lebih besar tentu berpengaruh pula pada konsumsi bahan bakar mobil Daihatsu Ayla 1.2L. Dengan keluaran tenaga dan torsi yang lebih besar membuat efisiensi BBM berkurang dibandingkan mobil Ayla 1.0L.
Untuk itu Daihatsu sudah memberikan teknologi Dual VVT-i untuk membuat bahan bakar tidak terlalu boros. Di jalanan perkotaan, konsumsinya bisa mencapai 13-15 km/l. Ketika dibawa dalam kecepatan yang lebih stabil, efisiensinya bertambah menjadi lebih dari 17-18 km/l.
Tentu saja perbedaan kedua mesin yang digunakan terletak pada tenaga serta konsumsi bahan bakar yang dihasilkan. Daihatsu Ayla 1.0L menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik. Sedangkan mobil Ayla baru bermesin 1.2L terasa lebih bertenaga tetapi memiliki efisiensi bahan bakar yang tak seirit saudaranya.
Baca juga: Harga Sama, Toyota Agya 1.2 E MT vs Daihatsu Ayla 1.0 X CVT Mana yang Lebih Rasional untuk Dibeli?