Akhir tahun lalu, Porsche Panamera mendapatkan ubahan tengah generasi untuk dipasarkan tahun 2021. Selain revisi desain dan peningkatan teknologi, ada varian baru yang diperkenalkan, yaitu Panamera Turbo S dan Panamera Turbo S E-Hybrid. Porsche juga memberikan elemen gaya tambahan, revisi sasis dengan peningkatan suspensi, serta kit tambahan yang lebih beragam.
Sekilas, Panamera tak banyak berubah dalam facelift kali ini. Pasalnya tampilan Panamera sudah bertambah sangar sejak generasi kedua meluncur 2017 lalu. Tapi pada saat diperhatikan lebih dekat, tampilan depannya dibuat lebih tajam dan menghadirkan kesan sporty yang lebih garang dibandingkan dengan pendahulunya.
Seluruh jajaran Panamera sekarang mendapatkan fasia depan Desain Sport opsional dari Porsche, menghadirkan grille yang lebih besar, peningkatan kapasitas ventilasi udara samping, serta revisi pada desain headlamp yang dibuat lebih menawan. Beralih ke belakang, Panamera dilengkapi lampu belakang LED dengan huruf Porsche terintegrasi pada bagian tengahnya.
Beberapa perbedaan dari masing-masing varian adalah ventilasi samping yang lebih besar pada Porsche Panamera Turbo S. Sedangkan Panamera GTS yang lebih praktis mendapatkan lampu belakang berwarna gelap untuk menambah kesan sporty pada mobil ini.
Bagian dalam Panamera memiliki interior yang cukup ramai, namun bisa dibilang rapi dengan material yang tentu saja mengesankan dari model premium khas Porsche. Layar infotainment canggih bergaya floating pada dashboard disandingkan dengan roda kemudi multifungsi lengkap dengan kepraktisan memilih pengaturan mode berkendara pada bagian tengah setir di sisi kanan.
Ruang kabin masih tetap nyaman untuk penumpang dengan kesan mewah. Walaupun kursi belakang terkesan biasa saja, dengan ruang kaki yang cukup lapang, tapi kursi depan menawarkan berbagai kenyamanan bagi pengemudi. Terasa lapang, bahkan untuk pengemudi dengan tinggi di atas rata-rata.
Daftar opsi yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari kursi pijat, kursi berventilasi, kontrol iklim otomatis empat zona, hingga alat pemadam kebakaran. Sedangkan di belakang ada ruang penyimpanan yang cukup baik, dengan ruang kargo mencapai 509 liter.
Facelift kali ini memberikan berbagai fitur canggih untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Semua model sudah dilengkapi dengan fungsionalitas Apple CarPlay nirkabel, memudahkan untuk menyambungkan smartphone ke sistem infotainment mobil. Termasuk dengan kontrol suara dan fitur standar lainnya.
Panamera juga mendapatkan beragam fitur keselamatan canggih, mulai dari airbag di dalam kabin, Adaptive Cruise Control, Lane Change Assist, lampu depan dengan LED matriks, Park Assist dengan pandangan 360 derajat, serta kamera night vision yang sangat membantu ketika berkendara pada malam hari.
Fitur lainnya yang mengesankan pada mobil ini adalah kehadiran sistem InnoDrive. Fitur milik Porsche ini menggunakan sistem navigasi bersamaan dengan berbagai sensor radar, sehingga mobil bisa berjalan secara otomatis hingga lebih dari 3 kilometer.
Porsche Panamera berpenggerak roda belakang didukung oleh mesin V6 twin-turbo berkapasitas 2.9L yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 330 PS pada putaran 5.400–6.400 rpm serta torsi puncak 450 Nm pada 1.800–5.000 rpm.
Panamera GTS mendapatkan mesin 4.0L V8 twin-turbo yang lebih besar, bertenaga 480 PS pada 6.500 rpm serta 620 Nm torsi maksimal pada 1.800–4.000 rpm. Panamera Turbo S didukung mesin 4.0L V8 twin-turbo dengan keluaran 630 PS pada 5.750–6.000 rpm dan torsi 820 Nm pada 1.960–4.500 rpm. Turbo S dengan kecepatan tertinggi 315 km/jam memegang rekor Nurburgring sebagai mobil eksekutif tercepat.
Dan yang terbaru ada Panamera Turbo S E-Hybrid, menjadi varian yang paling bertenaga di jajarannya. Dilengkapi dengan motor listrik bertenaga 136 PS selain mesin 4.0L V8 twin-turbo menghasilkan output keseluruhan 700 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 870 Nm pada 1.400–5.500 rpm. Membuatnya mampu melaju 59 kilometer menggunakan tenaga listrik.
Terlepas pada peningkatan dari teknologi mesin yang digunakan, Porsche juga merevisi sistem suspensi dengan menyempurnakan peredam kejut adaptif. Panamera juga mendapatkan sistem vektor torsi yang lebih baik dari Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus) serta sistem Active Roll Stabilization yang diperbaharui.
Sasis dan sistem kontrol disetel ulang untuk keseimbangan antara kelincahan berkendara dan kenyamanan di semua model terbaru. Rasa berkendara yang fun to drive juga dibantu kemudi poros belakang dengan Power Steering Plus dan sistem Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB).
Di Eropa, ada 7 varian Porsche Panamera serta dua konfigurasi, standar dan versi Sport Turismo yang lebih lengkap. Harga Porsche Panamera 4 sebagai varian entry level mulai dari £ 72,890 (Rp 1,4 miliar) untuk versi standar dan £ 72,890 (Rp 1,5 miliar) pada versi Sport Turismo.
Sedangkan Panamera Turbo S E-Hybrid sebagai varian tertinggi dipasarkan dengan harga mulai dari £ 140,130 (Rp 2,8 miliar) dan £ 140.280 (Rp 2,85 miliar) untuk versi Sport Turismo. Saat ini, belum ada kejelasan kapan Porsche Indonesia membawa mobil ini ke Tanah Air. Menarik untuk dilihat berapa harga Porsche Panamera ketika masuk ke Indonesia nantinya.
Selain kehadiran versi hybrid baru, Porsche juga menawarkan versi Executive dengan wheelbase yang lebih panjang dan Sport Turismo yang lebih bertenaga. Sebagai salah satu pabrikan mobil premium berorientasi kecepatan, facelift Porsche Panamera menawarkan desain baru dengan peningkatan pada mesin dan teknologi berkendara. Memberikan pengendaraan yang lebih menyenangkan di belakang kemudi.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4
17.724 km
5,5 tahun
Jakarta