Sejarah Honda Civic Type R, Hatchback Balap Fenomenal Dari Basis Mobil Produksi Massal

Bicara mobil performa tinggi yang merupakan produksi massal, hanya ada segelintir model. Biasanya memang sebuah mobil sport atau bisa juga versi upgrade high performance dari model umum seperti pada Honda Civic Type R. Memang, Honda sengaja merancang varian Type R karena potensi dari Civic yang luar biasa.

 

Sebelum adanya Type R, Civic sudah sering turun balap baik resmi atau balap liar di jalanan Jepang. Melihat potensi tersebut, Honda Motor Corporation pun tergugah merancang langsung versi 'balap' dari Civic untuk kalangan penggemar kecepatan.

Kalian mungkin penasaran, mulai kapan Honda turun langsung menggarap Civic Type R ini. Honda Civic versi Type R sudah ada dari tahun 1997 dengan basis dari Civic Hatchback EK9. 

Baca juga:

Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R, DNA Rally Dunia Bisa Mematikan Aura Sportscar?

Penyegaran Honda Civic Type R 2021 Dengan Komponen Baru, Plus Aksesoris Mugen

Honda Civic Type R 2022 Bakal Jadi Satu-Satunya Model Honda Bermesin Bensin

Dalam pengembangannya, Honda Civic tipe R diracik dengan bodi dan sasis yang ringan dan rigid supaya mobil memiliki dapat melaju dengan baik tanpa limbung. Mesin bawaan juga ditingkatkan performanya supaya jauh lebih bertenaga, rem harus lebih pakem untuk mengimbangi performa yang naik.

Lebih lengkapnya, mari kita ulas perjalanan Honda Civic Type R dari generasi awal sampai nanti yang meluncur di 2022.

Honda Civic Type R Generasi Pertama, Pakai Civic Generasi Ke-6

Honda pertama kali membangun Civic Type R saat generasi keenam Civic, dengan basis dari Civic hatchback EK9. Generasi ini juga dikenal di Indonesia dengan nama panggilan Civic Genio, dalam versi sedan 4 pintu. 

Mobil ini diperkenalkan pertama kali pada Agustus 1997. Karakter mesin dari EK9 ini juga banyak memiliki kesamaan dengan Integra DC2 Type R. 

Civic Type R pertama dipersenjatai mesin 4 silinder berkode B16B, VTEC, DOHC berkapasitas 1.600 cc dengan output 182 dk pada 8.200 rpm dan torsi 160 Nm pada 7.500 rpm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi close ratio manual 5 percepatan. 

Beratnya yang sekitar 1.040-1.090 kg membuat Honda Civic tipe R Mk.1 ini mampu menempuh dari 0 sampai 100 km/jam hanya dalam 6,6 detik, dengan kecepatan maksimal dari EK9 mencapai 225 km/jam.

Honda Civic Type R Generasi Kedua Bertampang Mirip Jazz

Pada tahun 2001, Honda Civic tipe R generasi ke-2 meluncur dengan kode bodi EP3. MK2 Type R ini bisa dibilang memiliki tampang yang cukup kalem untuk sebuah mobil kencang. 

Namun di balik tampang kalemnya tersebut, bersembunyi mesin i-VTEC, 4 silinder, K20A2 berkapasitas 2.000 cc. Dapur pacu tersebut memproduksi tenaga sebesar 200 hp yang dikawinkan dengan transmisi close ratio 6 percepatan untuk versi EuDM (European Domestic Market).

Honda Civic tipe R generasi ke-2 versi JDM (Japanese Domestic Market) menggunakan mesin K20A yang sedikit lebih bertenaga, yakni 215 hp. Sebab, varian JDM memiliki crankshaft dan intake manifold yang berbeda, exhaust manifold, camshafts yang lebih tinggi, piston kompresi tinggi, flywheel chrome-moly dan pemrograman ECU yang berbeda, sehingga menghasilkan tenaga lebih besar.

Honda Civic Type R MK.3, Hothatch Gahar Dari Honda

Pada Civic generasi kedelapan, Honda turut melakukan upgrade untuk varian Type R yang mengisi generasi ketiga. Pada generasi ini Type R Type R memiliki 2 model dari generasi yang sama, yaitu berkode bodi FD2 untuk pasar Asia dan untuk Eropa ada FN2.

Jenis FN2 walaupun lebih sporty namun tidak setenar FD2. Civic FD2 adalah Type R pertama yang mengusung 4 pintu, untuk itu wheelbase dibuat memanjang hingga 2.700 mm. Efeknya, handling dari FD2 ini lebih stabil di kecepatan tinggi dan saat menikung. 

Tenaganya juga perkasa, mencapai 222 hp pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsi 215 Nm pada 6.100 rpm. Untuk mengimbangi tenaga tersebut, transmisinya menggunakan jenis close ratio 6 percepatan. Pengereman kian optimal dengan rem cakram depan berdiameter 320 mm, 4 pot dari Brembo. Ban yang dipakai juga jenis high performance yaitu Bridgestone Potenza RE070 berukuran 225/40R18. 

Honda Civic Generasi Ke-4, Makin Bertenaga dengan Turbocharged

Perkenalan Honda Civic tipe R MK4 dilakukan pada tahun 2015, dengan memakai basis dari Civic FK2. Mobil ini cukup spesial di mata pecinta Type R, karena ini adalah Type R pertama yang menyematkan turbocharger pada mesinnya sehingga tenaganya makin jumawa. 

Mesinnya berkode K20C1 2.000 cc, Direct Fuel Injection turbocharged, dengan Earth Dreams Technology. Tenaga yang dihasilkan sangat fantastis yaitu 306 hp pada putaran mesin 6.500 rpm dan torsi maksimum 400 Nm pada 2.500 - 4.500 rpm.

Honda Civic Type R generasi ke-4 ini dapat mencapai 0-100 km/jam dalam waktu 5,7 detik. Karena memakai basis dari mobil produksi massal maka Type R dapat sistem keselamatan yang cukup lengkap. Sebut saja seperti airbag depan 2 buah, airbag pada sisi jendela depan dan belakang, rem dengan anti-lock braking system, electronic brake-force distribution, hill start assist, dan vehicle stability assist.

Honda Civic Type R MK.5, Hothatch yang Masuk Resmi ke Indonesia 

Memakai basis dari Civic Turbo Hatchback, Honda Civic tipe R MK5 ini mulai dijual pada 2017. Civic Type R ini juga masuk dan dijual secara resmi di Indonesia. 

Penampilannya begitu sporty dengan penambahan splitter depan berbahan serat karbon dengan garis aksen merah, ramp air untuk mendinginkan rem, air intake pada kap mesin, side skirt serat karbon, spoiler besar, diffuser besar di bagian belakang, serta emblem Honda merah. 

Mesin K20C1 yang dipakai Honda Civic tipe R ini berkapasitas 2.000 cc turbocharger. Kali ini versi Eropa ikut versi Jepang, tenaganya lebih besar yaitu 315 hp, dengan torsi yang mencapai 400 Nm. 

Pilihan transmisi hanya ada manual 6 percepatan, dan membuat mobil ini dapat menempuh 0-100 km/jam hanya dalam 5,7 detik saja. Buah racikan Honda Motor Corporation ini berhasil membuat Type R generasi ini tercatat sebagai FWD tercepat di Nurburgring.

Honda Civic Type R MK.6, Meluncur 2022

Walaupun Civic Type R MK.5 di Indonesia baru saja mendapat facelift beberapa waktu lalu, tak membuat Honda selesai berinovasi untuk menghadirkan Civic Type R generasi berikutnya atau MK.6. Honda hanya mempersiapkan Type R dalam wujud hatchback 4-pintu karena Civic versi 2-pintu penjualannya tidak bagus. 

Menurut kabar yang diwartakan Autofun Thailand, Civic Type R akan mendapat dua opsi transmisi yaitu otomatis bagi yang ogah pegal atau manual yang lebih murah tapi bisa mengeksploitasi kemampuan maksimal mesin. Bicara soal dapur pacu Civic Type R MK.6 juga kian modern dengan teknologi hybrid, dipadukan mesin turbo yang kini digunakan. 

 

Tenaganya diharapkan bisa melampaui mesin turbo yang ada sekarang, di kisaran 316 hp. Kalian sebaiknya bersabar karena Civic Type R MK.6 kemungkinan besar baru rilis pertengahan tahun 2022 mendatang. 
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Civic Type R

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Nge-Gas Honda Civic Seharga Rp 1,4 Miliar di Sirkuit Mandalika

Tiba-tiba ada Civic Type-R Baru! Keren Gak Nih?

Honda Civic Type R 2021 Hadir Dengan Berbagai Teknologi Balap

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda Civic Type R
Lihat