Toyota Hiace dan Hiace Premio Lebih Nyaman Dari Isuzu Elf NKR, Kini Jadi Andalan Pengusaha Travel dan Wisata

Segmen kendaraan niaga kerap dipandang sebelah mata, karena dianggap cuma sebatas mobil angkutan penumpang. Padahal, minibus ukuran tanggung seperti Isuzu Elf atau Toyota Hiace ini kerap menjadi mobil antar kota jarak menengah. Bicara soal kenyamanan, kini Toyota Hiace dianggap lebih baik dari Isuzu Elf. 

Sebelum kemunculan Toyota Hiace, armada travel antar kota biasanya memakai Isuzu Elf sebagai armada operasionalnya. Pamor Isuzu Elf sedikit menurun setelah Toyota merilis Hiace yang gayanya lebih berkelas. 

Pasalnya, Isuzu Astra Motor Indonesia memasarkan Isuzu Elf NKR 55 dan NLR 55 berupa sasis dengan kabin yang setengah jadi, bukan mobil utuh seperti Hiace. Isuzu Elf terlihat memiliki model yang monoton, hanya berbentuk kotak dan desainnya mirip dengan versi mobil angkutan barang. 

Dengan begitu, apakah Elf NKR 55 ini buruk? Tidak juga karena Isuzu ini bisa dikustomisasi lebih fleksibel sesuai kebutuhan pengusaha. Ketangguhan mesinnya juga lebih baik ketimbang Hiace. 

Untuk Toyota Hiace ini ada varian standar (Commuter) dan ada varian Premio. Untuk Hiace Premio ini mengisi segmen premium dan kelasnya sepadan dengan Mercedes-Benz Sprinter. Adapun Hiace Premio ini meluncur pada GIIAS 2019 lalu. 

Lantas, apa saja sisi menarik dari Toyota Hiace dan Hiace Premio ini? Apakah Isuzu Elf Bisa Menyamai Kemewahannya? 

Toyota Hiace Premio Hadir Untuk Fleet Premium, Tingkat Kenyamanan Lebih Baik

PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Hiace Premio yang menyasar higher segment. Hiace Premio dengan harga yang lebih tinggi dibekali oleh sejumlah fitur baru yang semakin memberikan kenyamanan sekaligus keamanan bagi pengemudi maupun penumpang. 

Sebagai pendatang baru ada sejumlah perbaikan maupun perbedaan pada Toyota Hiace Premio daripada versi standar, antara lain:

Eksterior Toyota Hiace Premio tampil lebih menarik dan premium. Ini terlihat dari lekukan tubuh bagian samping, dan memiliki bonnet lebih panjang. Pada grill juga dipercantik dengan garnish krom.

Walaupun sama-sama Hiace, tapi pada varian Premio punya ruang kabin yang sangat lega. Jendelanya pun berukuran lebih besar sehingga interior bisa lebih terang.

Pintu samping khusus penumpang kini lebih lebar, yang memudahkan penumpang masuk dan turun. Sedangkan area kabin lebih panjang dan luas dibanding tipe standar. Dimensinya lebih panjang 53 cm dibandingkan versi standar. 

 

Secara dimensi, Hiace Premio panjangnya 5.915 mm, dibandingkan tipe Commuter yang hanya 5.380 mm. Lebarnya mencapai 1.950 mm, lebih lebar dibanding tipe Commuter yang hanya 1.880 mm. Tinggi sedikit pendek yaitu 2.280 mm dibanding Commuter sehingga menjadi 2.285 mm.

Dengan adanya moncong depan panjang ini, sekaligus mengubah layout mesin di depan. Untuk Hiace versi standar mesinnya ada di bawah kursi pengemudi. Pastinya, tingkat kebisingan dan kenyamanan lebih baik daripada versi standar.

Hiace Premio Lebih Panjang Dari Isuzu Elf NKR 55, Beda Tipis dari NLR 55

Mengisi segmen premium, Hiace Premio ini ukurannya lumayan bongsor, lebih panjang dari Elf NKR 55 yang jadi lawan Hiace standar di kendaraan travel. Elf NKR punya dimensi PXLXT 5.505 mm x 1.695 mm x 2.127 mm dan wheelbase 3.405 mm

Bahkan Hiace Premio hanya sedikit lebih pendek dari Elf NLR 55 yang memiliki dimensi PXLXT 6.170 mm x 1.835 mm x 2.170 mm dengan wheelbase 3.360 mm. Walaupun sedikit lebih pendek tapi kabin Hiace Premio bisa tetap lega karena posisi mesin yang pindah ke depan. 

Jumlah Penumpang Terbatas, Kabin Hiace Premio Tak Sesempit Isuzu Elf

Dalam kondisi default, Toyota Hiace Premio ini punya konfigurasi total kursi untuk 12 orang termasuk pengemudi. Sisi kirinya kosong tanpa ada kursi di lorong seperti Hiace Commuter. 

Sementara itu susunan kursi di Hiace Commuter yang bisa mengangkut 15 penumpang. Sebab, sisi kiri Hiace Commuter lorongnya masih bisa dimuat 2 kursi dan baris kedua ditambah 1 kursi lagi. 

Kapasitas penumpang Hiace Premio ini setara dengan Isuzu Elf NKR yang dimensinya lebih pendek. Karena dimensi kabin dari Toyota Hiace Premio lebih panjang, imbasnya kabin jadi lebih lega, dan ruang kaki lebih leluasa. 

Pakai Basis Truk Ringan, Isuzu Elf NKR 55 Kalah Nyaman Dari Toyota Hiace

Setelah mengulas kabin Hiace dan Elf, kita perlu tahu sisi kenyamanan dari keduanya. Bagaimana dengan perbandingan fitur kenyamanan di Toyota Hiace dan Isuzu Elf NKR? 

Hal yang membuat banyak pengusaha angkutan beralih memakai Toyota Hiace ialah karena kenyamanan yang lebih baik. Ini karena basis Hiace adalah kendaraan penumpang, sedangkan Isuzu Elf adalah kendaraan barang. 

Suspensi yang digunakan Toyota Hiace sudah mengadopsi suspensi per keong. Bantingannya dijamin lebih empuk ketika melintasi jalan yang tidak mulus. 

Untuk Isuzu Elf yang berbasis truk ringan masih mengadopsi sistem per daun, yang dipastikan lebih terasa keras ketika melewati jalanan yang tidak mulus. Ini yang membuat sebagian pengusaha travel terpaksa memodifikasi suspensi Isuzu elf mereka supaya penumpang lebih nyaman.

Sebagaimana kita tahu, Isuzu Elf versi minibus adalah hasil rakitan karoseri, dengan kursi buatan produsen lokal bukan bawaan pabrik. Begitu pula dengan penyejuk udara, dimana Isuzu Elf memakai produk aftermarket dan bukan fitur bawaan. 

Jadi, tidak ada standar baku seperti kursi dan AC pada Hiace yang merupakan fitur bawaan hasil produksi pabrikan Toyota. Duduk di kursi yang busanya lebih empuk dan hembusan AC yang lebih dingin inilah yang akan dirasakan penumpang saat naik Hiace. 

Kesimpulan 

Toyota berusaha memikat segmen kendaraan penumpang komersial dengan menghadirkan Hiace dan Hiace Premio. Langkah yang dilakukan ini cukup berhasil membuat para pengusaha langsung terpikat. Padahal sebelumnya, Isuzu Elf dipercaya bertahun-tahun menjadi kendaraan penumpang komersial jarak dekat dan menengah. 

Kabin yang lebih lega dan kursi yang lebih nyaman membuat Elf tergeser oleh Hiace. Kini, peran Isuzu Elf lebih dominan menjadi kendaraan charteran wisata karena punya mesin yang lebih perkasa di medan yang berkontur. 

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda HR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil