Sejarah Fitur Keselamatan Modern di Mobil, Penemuannya Dipelopori Volvo

Mendengar nama Volvo, kamu mungkin langsung terbayang sedan yang digunakan oleh pejabat negara era 80 sampai 90-an. Tidak salah memang, karena memang Volvo ini punya reputasi yang bagus soal kenyamanan, kemewahan, dan pastinya tingkat perlindungan terhadap pengemudi maupun penumpang. Sebab, Volvo dalam sejarahnya adalah pabrikan mobil yang banyak menemukan fitur keselamatan modern untuk mobil.

Mobil Volvo memiliki reputasi yang sejak lama dikenal sebagai mobil yang aman. Bahkan, itu telah menjadi landasan identitas merek asal Swedia tersebut. Awal mula Volvo ini dikenal sebagai produsen yang fokus pada keselamatan yaitu ketika menemukan fitur seatbelt 3 titik yang masih digunakan hingga sekarang. Insinyur Volvo, Nils Bohlin datang dengan ide tersebut, dan seatbelt 3 titik diperkenalkan ke dalam produksi seri PV544 pada tahun 1959.

Volvo menyadari bila seatbelt ini amat berguna dalam melindungi pengemudi maupun penumpang. Itulah mengapa Volvo tidak mendaftarkan hak paten terhadap temuannya supaya bisa dimanfaatkan oleh pabrikan lain. Volvo pun telah menyelamatkan jutaan pengendara dari temuan seatbelt mereka.

Semua inovasi Volvo dalam fitur keselamatan tak lepas dari fasilitas pengujian kecelakaan milik mereka yang canggih. Setiap tahun, Volvo 'menghancurkan' sejumlah 400 unit mobil dalam pengujian fitur keselamatan. 

Volvo memiliki dua trek uji, untuk trek pertama mensimulasikan tabrakan ke segala arah, baik itu berbagai tabrakan depan, benturan samping, dan tabrakan belakang, terhadap penghalang atau kendaraan lain dan dengan kecepatan hingga 120 km/jam. 

Fasilitas uji berikutnya ialah lahan terbuka untuk menguji mobil saat terguling. Berkat fasilitas inilah, hanya Volvo saja merek yang atapnya tetap utuh dan tidak amblas walau mobil sudah terguling. 

Airbag Samping Dikembangkan oleh Volvo, Perlindungan Optimal Saat Kecelakaan

Volvo juga lebih jauh  mengembangkan integrasi airbag sebagai bagian dari fitur keselamatan kendaraan dan merupakan produsen pertama di dunia yang memperkenalkan side-impact airbags di tahu 1994. Fitur ini melengkapi Side Impact Protection System (SIPS) yang muncul pada 1991 berupa struktur kokoh yang melindungi dari benturan samping. 

Merasa belum cukup aman, fitur side impact airbags ini dikembangkan lagi jadi inflatable curtains. Balon udara di sisi samping dirancang agar tidak langsung kempes apabila terjadi tabrakan dari sisi samping atau kondisi mobil terguling. Fitur ini melindungi seluruh penumpang, baik baris pertama maupun kedua. 

Volvo Jadi Pionir Fitur Keselamatan Anak

Penemuan yang dilakukan tidak berhenti sampai di situ, karena Volvo terus berinovasi dengan fokus tingkat keselamatan terbaik. Sebelum pabrikan mobil lain menciptakan ISOFIX dan perlindungan penumpang anak-anak, Volvo hadir dengan kursi anak yang menghadap ke belakang pada tahun 1972. 

Temuan ini dilandasi fakta bila dalam sebuah kecelakaan mobil, anak-anak berusia nol sampai 15 tahun sangat rentan menjadi korban. Volvo bekerja sama dengan Folksam, sebuah perusahaan asuransi asal Swedia melakukan penelitian terkait risiko bagi penumpang anak. 

Mereka melakukan riset dan mendapatkan data kesimpulan bahwa anak-anak yang duduk menghadap depan dengan kursi tambahan (car seat), lima kali lebih tinggi mengalami cedera dibandingkan posisi duduk menghadap ke belakang.

Volvo merekomendasikan kepada pengemudi yang membawa anak-anak berusia 0-4 tahun duduk di kursi tambahan supaya meletakkannya menghadap ke belakang. Syaratnya, ketika kursi anak diletakkan di sebelah pengemudi dan menghadap belakang, airbag harus dinonaktifkan.

Dalam hal keselamatan anak, Volvo selanjutnya mengembangkan konsep kursi booster anak pada tahun 1978. Alat semacam bantal tambahan ini memungkinkan anak-anak bisa duduk hadap depan dan pakai seat belt secara normal. 

Penemuan ini lantas disempurnakan lagi dengan menawarkan booster terintegrasi yang dipasang langsung ke kursi pada tahun 1990. Bantalan booster built-in juga memberikan posisi duduk yang lebih baik untuk anak, memungkinkan mereka untuk melihat ke luar jendela.

Kesimpulan

Meskipun Volvo kini tak lagi didaulat sebagai brand mewah seperti pada dekade 1980-1990an, namun merek Swedia ini tidak pernah mengubah falsafah mereka yang fokus terhadap keselamatan berkendara. Fitur yang diciptakan oleh Volvo ini tetap digunakan sampai sekarang. 

Tidak cuma melindungi, namun kenyamanan juga tetap diperhatikan. Ini bisa kita lihat dari hadirnya fitur booster seat untuk anak-anak.

Balita bisa duduk nyaman dan aman di kursi belakang dengan terlindungi seatbelt. Selain itu, adanya 'bantal' tambahan ini membuat mereka jadi bisa leluasa melihat jendela tanpa perlu duduk dipangku. 

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ertiga

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil