Sekarang ini banyak pabrikan otomotif yang membangun kendaraan dalam satu platform berbagi alias sharing platform. Sehingga memungkinkan satu platform tersebut dikembangkan menjadi beberapa model mobil.
Sama halnya dengan pabrikan Honda, menggunakan platform Honda Global Small Car menjadi basis lahirnya BR-V 2022. Tetapi meluncurnya LSUV ini beberapa waktu lalu, justru jadi tanda tanya tersendiri.
Karena life cycle atau siklus produksi mobil Honda biasanya sekitar lima tahun untuk tiap generasi, Honda Mobilio yang diluncurkan pada 2014 sudah semestinya juga mendapat pembaharuan menyeluruh sejak 2019 lalu. Bahkan Honda Mobilio 2022 harusnya yang lebih dulu muncul, baru kemudian BR-V menyusul setelahnya.
Prediksi kami, Mobilio generasi terbaru kemungkinan akan hadir dengan menggunakan platform baru milik model Honda lainnya. Dan platform ini juga sudah dipakai pada model Honda Shuttle. Mobil yang juga berjenis MPV ini sudah hadir sejak tahun 2011 di Jepang, dan kabarnya akan keluar versi major change tahun depan.
Berikut bocoran Shuttle terbaru yang bisa saja jadi Honda Mobilio generasi terbaru.
Baca juga: 5 Modifikasi All New Honda BR-V 2022, Gaya Rally Look Paling Keren
Karena generasi pertama dan kedua Honda Shuttle mengambil basis dari Honda Fit (Jazz), maka untuk bocoran di model terbaru sepertinya akan tetap membawa beberapa ciri khas desain dari Fit GR1 yang diluncurkan tahun lalu.
Dari gambar render yang dirilis Bestcarweb, fascia depan hingga tengah dari Shuttle 2022 masih sangat kental desain milik Fit, terutama di pilar A yang agak tegak.
Sedangkan dari bagian tengah ke belakang mobil, agaknya mirip dengan kepunyaan Odyssey. Terlihat dari pilar D yang siluetnya agak turun dan menyambung ke bagian lampu.
Berlanjut ke bocoran soal dapurpacu Shuttle, Honda akan tetap menjejalkan pilihan mesin bensin L13B empat silinder naturally aspirated bertenaga 92 PS dan torsi puncak 114 Nm. Mesin ini juga dipasangkan pada Honda Fit terbaru.
Sementara mesin hybrid L15B Earth Dreams yang juga digunakan pada model sebelumnya, akan mendapatkan sedikit ubahan di area motor dan baterai, dengan menggunakan dua motor (sebelumnya hanya satu), dan memakai baterai model Lithium-Ion. Meskipun dari segi tenaga kemungkinan tidak jauh berbeda karena mengincar efisiensi bahan bakar.
Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh
Jika dilihat lebih teliti, dimensi dari kedua mobil sangat mirip. Honda Shuttle generasi kedua memiliki ukuran (PxLxT) 4.440 mm x 1.695 mm x 1.570 mm , sedangkan Mobilio saat ini memiliki panjang 4.386 mm x 1.683 mm x 1.603 mm.
Perbedaan hanya soal wheelbase Shuttle yang lebih pendek 120 mm dari milik Mobilio (2.650 mm), karena Shuttle sendiri merupakan MPV lima penumpang, berbeda dengan Mobilio yang dirancang sebagai tujuh penumpang.
PT Honda Prospect Motor (HPM) tentunya bisa memodifikasi sedikit area bagasi Shuttle agar mampu menampung tambahan penumpang dan bagasi.
Begitu pula soal harga, di Jepang Shuttle hadir dengan empat tipe, yaitu varian G, tipe Hybrid Base, Hybrid X dan paling mahal trim Hybrid Z.
Tipe G sendiri dibanderol dengan harga 1,969 Juta Yen atau jika dirupiahkan sekitar Rp250 jutaan. Harga ini tidak jauh beda dari tipe yang setara yaitu Mobilio E CVT, yang dijual seharga Rp241 Juta.
Lalu bagaimana menurut anda, cocokkah Shuttle 2022 menjadi next Honda Mobilio?
Baca juga: Bukan Cuma Harga, Ini Perbedaan Fitur All New Honda BR-V E M/T dengan CVT
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2022 Toyota AVANZA G 1.5
7.835 km
1,5 tahun
Java East
2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
15.086 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
17.091 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
8.996 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2021 Honda MOBILIO RS 1.5
12.090 km
2,5 tahun
Java East