Tanpa Evolution atau Ralliart, Mitsubishi boleh dibilang kehilangan potensi diferensiasi image dari dunia motorsport. Tidak ada nama besar untuk diterjemahkan menjadi kelas trim khusus atau sebuah model istimewa. Tidak seperti pabrikan lain misal GR di Toyota, Suzuki Sport, N milik Hyundai, atau divisi performa di berbagai merek Eropa.
Meski dua nama tadi seakan sedang mati suri, bukan berarti Mitsubishi melupakan begitu saja karakter yang turut berperan membangun image mereka. Setidaknya, dirumorkan nyawa Evolution bakal merasuki Outlander 2022. Anggap saja hal itu sebagai spekulasi namun yang sudah jelas adalah intensi pabrikan untuk menghidupkan kembali Ralliart.
Tertera dalam informasi laporan tahun fiskal 2020 Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Selain keterlibatan kembali dalam dunia kompetisi, niatnya termasuk mengembangkan aksesori orisinal untuk berbagai model. Bukan tidak mungkin keluar line up ekuivalen GR Sport , Suzuki Sport, N Line, AMG Line, M Sport, dan sebagainya. Cukup menarik ketimbang sekadar memainkan gimik seperti Black Edition atau gembar gembor suatu merek audio.
Meski belum tampak pergerakan berarti dari niat pabrikan, tidak menutup kemungkinan bahwa esksitensi Ralliart berpengaruh di pasar tertentu. Atau, melahirkan gaya-gaya spesifik. Minimal berdasarkan sajian foto presentasi, tergambar ke mana arah fokus mereka. Mitsubishi Triton ceper dan sporty sangat mencirikan Thailand yang punya fetish aneh kepada pikap atau double cabin.
Baca juga: Mitsubishi Outlander Evolution 2022 Bakal Menandai Kembalinya RalliArt
Kami pun penasaran bagaimana bila Ralliart mulai menyusup Indonesia. Produk andalanya, Xpander, baru saja mendapatkan penyegaran. Sebuah kanvas yang menarik untuk menandakan keberadaan divisi motorsport Tiga Berlian.
Render kami coba buat, mengusung basis New Xpander dengan paket aksesori eksterior orisinal lengkap. Wujud Xpander sendiri dinilai sudah cukup tangguh. Ketika dipasang add on dagu lengkap fog lamp lingkaran, air dam belakang bergaya diffuser, serta roof spoiler tebal tampak cukup untuk menyuarakan aura dunia reli.
Agar berbeda dari Xpander “full option”, dituangkan aransemen warna two tone dan berhiaskan decal Ralliart. Tak ketinggalan meminimalisir aksen aksen kromium mengilap. Melengkapi nuansa reli, masih pantas untuk dijebloskan pelek Enkei serupa kepunyaan Lancer Evolution VI Tommi Makinen Edition.
Andai benar mejeng di Tanah Air, diprediksi langkahnya serupa Toyota saat mengubah TRD Sportivo menjadi GR Sport. Atau, kemunculan Black Edition di Xpander. Bermain di sisi branding dengan memanfaatkan komponen eksis demi efisiensi biaya pengembangan atau produksi. Pandangan polosnya, minimal dituangkan aksen berbeda dan kemudian identitas baru dikampanyekan secara besar-besaran.
Terealisasi atau tidak, kita lihat saja nanti. Meski begitu, kalian bisa mendandani Xpander seperti rancangan kami. Minimal membeli aksesori yang disediakan oleh Mitsubishi Motors krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Berikut daftar harga lengkap seperti dilansir dari situs resmi.
Front Air Dam – Rp 3.670.000
Side Air Dam – Rp 3.670.000
Rear Air Dam – Rp 3.480.000
Tailgate Spoiler – Rp 1.290.000
Side Body Moulding – Rp 585.000
Side Visor – Rp 620.000
Hood Emblem – Rp 290.000
Fuel Lid Garnish – Rp 226.000
Muffler Cutter – Rp 177.000
Wheel Lock Nut – Rp 525.000
Scuff Plate – Rp 525.000
Rubber Mat – Rp 446.000
Luggage Mat – Rp 290.000
Dashcam – Rp 3.970.000
Baca juga: Modifikasi Mitsubishi Xpander Facelift 2021 Biar Lebih Ganteng Pakai Aksesoris Ini
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5
15.640 km
1,5 tahun
Banten
2021 Toyota VELOZ Q 1.5
16.755 km
2 tahun
Banten
2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5
17.350 km
3,5 tahun
Banten
2021 Toyota AVANZA G TSS 1.5
19.997 km
1,5 tahun
Java East
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0
105.533 km
5,5 tahun
Jakarta