Ya, hal ini terlihat pada sosok Peugeot 5008, dimana mobil ini merupakan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) dengan kapasitas tujuh orang penumpang.
Di Indonesia, Peugeot 5008 hanya ada dua varian dengan banderol Rp715.000.000 untuk tipe Active dan Rp830.000.000 untuk tipe Allure Plus. Harga tersebut berdasarkan periode Mei 2023.
Nah, Anda yang ingin membeli SUV asal Prancis ini, yuk kita simak apa saja kekurangan dan kelebihannya.
Untuk Anda yang bukan pecinta mobil Eropa, khususnya Prancis, lebih baik tidak memilih 5008. Sebab dengan banderol di atas Rp700 Anda akan merasa harga tersebut cukup tinggi.
Belum lagi jika Anda masih masuk golongan kaum mendang-mending, pasti akan berpikiran daripada membeli mobil buatan Prancis, mending mobil Jerman atau Jepang.
2. Minim Jaringan Dealer dan Bengkel Resmi
Nyambung dengan kekurangan nomor satu, selain harga yang cukup tinggi untuk sebuah SUV, kekurangan merek Peugeot tak lain karena jaringan dealer brand tersebut masih tergolong minim.
Tentu minimnya jaringan dealer Peugeot jadi masalah paling besar. Jika ada, maka harus membutuhkan ekstra usaha agar mobil bisa dilakukan servis rutin.
Jika mobil masih ada garansi atau sepaket dengan spare part itu masih oke. Tapi jika sudah tak ada garansi, maka untuk mendapatkan suku cadangnya biasanya terbilang mahal dan lama.
Hal ini dikarenakan 5008 ini bukanlah buatan Indonesia, melainkan impor utuh dari Perancis. Alhasil, jika bukan komponen fast moving, kemungkinan akan lama sampainya.
4. Harga Jual Merosot
Perlu diketahui, jika 5008 ini bukanlah mobil idaman banyak orang atau populer di Indonesia. Alhasil, jika bukan mobil populer biasanya harga jualnya jadi ikut lebih rendah dibandingkan pesaingnya.
Kelebihan Peugeot 5008
1. Desain Menarik
Tak perlu diragukan lagi, mobil yang dibuat Peugeot memiliki bentuk premium dengan desain stylish dan elegan. Tak terkecuali 5008.
Tampilan menarik 5008 tidak hanya terlihat dari desain eksterior saja, tetapi bagian interior juga. Belum lagi untuk Peugeot 5008 Allure Plus dengan material kabin yang mewah.
2. Fitur Berlimpah
5008 dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan modern. Ya, kecanggihan fitur ini tak lepas karena model SUV ini pada dasarnya sudah berbagi platform dengan seri 3008, saudaranya Citroen C5 Aircross, dan Opel Grandland.
Hal ini tentu membuat Peugeot 5008 memiliki referensi fitur yang menarik, seperti halnya head unit 10 inch, keberadaan Peugeot I-Cockpit, Speed Limit.
Belum lagi untuk urusan keselamatan dan keamanan mobil ini tergolong cukup lengkap seperti enam airbags, Advanced Grip Control, Hill Assist Descent Control (HDAC), Electronic Stability Program (ESP), sistem pengereman Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).
Apalagi untuk tipe Peugeot Allure Plus, fitur keselamatannya jadi lebih lengkap karena dijejali Active Lane Keeping Assist, Speed Limit Recognition, Blind Spot Information System, dan Driver Attention System.
3. Mesin Bertenaga
Peugeot juga bekerja sama dengan BMW dalam hal jantung pacu. Alhasil 5008 ini sudah dijejali tipe EP6FDTM 4-silinder plus turbo dengan kapasitas 167 PS pada 6.000 rpm dan torsi 295 Nm pada 1.400 rpm.
Di atas kertas, mobil ini dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 8.3 detik. Sedangkan konsumsi bahan bakar Peugeot 5008 diklaim mencapai 17 km/jam.
4. Garansi Sampai 5 Tahun
Setiap pembelian 5008, konsumen sudah mendapatkan fasilitas berupa bebas servis dan spare part 5 tahun atau 60.000 km, kemudian ada juga jaminan untuk tipe Allure Plus 3+2 tahun atau 100.000 km, sedangkan untuk tipe Active 3 tahun atau 100.000 km.
Selain itu, pemilik mobil 5008 juga difasilitasi dengan 24 hours Peugeot Emergency Roadside Assistance (ERA), agar konsumen tetap tenang jika terjadi sesuatu selama perjalanan.
Jika Anda tertarik untuk membeli Peugeot 5008 ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.