Hino RM 280 merupakan salah satu line up andalah milik PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). Model ini hadir guna mendukung program pemerintah serta memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang standar Euro4 yang telah berlangsung pada April 2022.
Sebagai kendaraan niaga berpenumpang yang bermain di segmen big bus, Hino RM 280 diketahui bukan cuma mengaplikasikan mesin baru dengan standar Euro4, tapi juga memiliki berbagai macam keunggulan.
Tak heran banyak Perusahaan Otobus (PO) yang ada di Pulau Jawa dan Sumatera mengandalkan sasis dari Hino ini untuk bus-bus operasional mereka. Beberapa diantaranya seperti PO Bagong Group, PO Efisiensi, PO Eka, PO Garuda, PO Harapan Jaya, PO Haryanto, PO Ramayana, PO Sianr Jaya, dan sebagainya.
Ingin tahu apa saja keunggulan yang dimiliki bus Hino RM 280? Simak ulasannya berikut ini.
Baca juga: Sudah Siap Emisi Euro 4, Hino Dutro Juga Ikutan Di-facelift, Begini Bentuknya
Berbeda dengan R 260 yang masih mengandalkan sasis jenis ladder frame, RM 280 sendiri telah mengaplikasikan sasis bermodelkan space frame. Keunggulan dari sasis jenis ini, bus bisa membawa barang bawaan penumpang lebih banyak. Hal ini dikarenakan space frame memiliki bagasi yang dibuat tembus untuk kedua sisinya.
Keunggulan lain dari bus Hino RM 280 dengan sasis space frame memiliki berat total kendaraan atau Gross Vehicle Weight (GVW) mencapai 16 ton. Dengan begitu RM 280 lebih bisa diandalkan bahkan tak kalah saing dengan rivalnya Mercedes Benz OH 1626.
Selain mampu mengangkut lebih banyak barang karena memiliki bagasi yang luas, keunggulan lain yang dimiliki RM 280 ada pada jantung mekanisnya. Dimana untuk dapur pacunya, Hino telah menyematkan mesin baru berkodekan J08E-WD 6-silinder segaris dengan teknologi Variable Geometric Turbocharger (VGT) Intercooler ber-common rail yang dapat melecutkan tenaga sebesar 280 PS serta torsi maksimal 823 Nm.
Sedikit membandingkan angka performa yang diperoleh R 260, RM 280 lebih besar 20 PS dan untuk torsi unggul 78 Nm. Dengan begitu RM 280 tentunya lebih bertenaga sekaligus dapat bisa diandalkan ketika dipacu di trek lurus serta melintasi jalan yang berbukit.
Sebagai informasi, mesin yang dibenamkan pada RM 280 berhasil dilengkapi dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR) sebagai system untuk menurunkan kadar Nox pada gas buang yang berbahaya bagi pernapasan manusia. Ada juga Diesel Oxidation Catalyst (DOC) yang bertugas untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC), injector dengan full Diamond Like Coating (DLC), dan terakhir ECU sebagai pusat pengendalinya.
Menggunakan struktur RR (Rear Engine Rear Drive) yaitu mesin diletakan di belakang yang disalurkan ke penggerak roda belakang (RWD), untuk tingkat percepatannya RM 280 menggunakan transmisi baru berkodekan MX07 dengan 7 speed maju dan 1 speed untuk mundurnya.
Untuk diketahui, transmisi anyarnya ini mengaplikasikan fitur dual overdrive yang disinyalir mampu meningkatkan efisiensi bbm serta keawetan pada mesin, terlebih jika sering dipacu dalam kecepatan tinggi.
Dari segi pengendali laju, Hino juga memberikan upgrade sistem pengereman terhadap RM 280. Dimana rem full air brake dengan sirkuit ganda yang didukung exhaust brake, kini dilengkapi dengan fitur Anti-lock Breaking System (ABS).
Dengan adanya fitur ini, pengemudi bisa mencegah terjadinya penguncian pada roda ketika melakukan pengereman secara mendadak atau menginjak peda rem secara keras. Tak hanya itu, ABS juga dapat menjaga keamanan ketika berkendara di jalan yang licin.
Secara spesifikasi, bus RM 280 telah diaplikasikan suspensi udara dengan double acting shock absorber & stabilizer / wide air bellow suspension. Menggunakan suspensi udara dengan model wide, RM 280 disinyalir mempunyai kestabilan sasis lebih baik dibandingkan beberapa sasis bus dengan suspensi udara berjeniskan narrow.
Mengandalkan suspensi udara model wide, RM 280 sangat direkomendasikan untuk menggunakan body dengan dimensi tinggi. Terlebih soal panjangnya, bus terbaru Hino ini mencapai 11.677 mm dengan lebar 2.490 dan wheelbasenya berada di angka 6.000 mm.
Selain tangguh, dengan menggunakan body tinggi Hino RM 280 juga terlihat lebih proposi.
Baca juga: Gawat Nih, Mesin Truk dan Bus Euro 4 Hino Gak Cocok Pakai Solar Pertamina
Meski masih menggunakan model analog, untuk tampilan pusat informasinya RM 280 terlihat lebih modern sekaligus atraktif dibandingkan R 260. Dimana untuk sebelah kananya terdapat tachometer, di bagian tengah ampermeter dan thermometer mesin, serta speedometer di sisi kirinya.
Seperti RM 380 dan RN 285, RM 280 mempunyai 10 baut di setiap rodanya. Memiliki jumlah baut roda yang banyak, tentunya secara durabilitas RM 280 lebih bisa diandalkan.
Spesifikasi sasis Hino RM 280 | |
---|---|
Dimensi | |
Panjang | 11.700 mm |
Lebar | 2.440 mm |
Tinggi | 2.030 mm |
Jarak sumbu roda | 6.000 mm |
Berat total kendaraan | 16 ton |
Kapasitas tangki BBM | 350 liter |
Ukuran ban | 11R22.5 148/145 |
Mesin | |
Tipe mesin | J08E-WD diesel VGT Intercooler Commonrail |
Jumlah silinder | 6 |
Kapasitas silinder | 7.684 cc |
Daya maksimum | 280 PS @2.500 rpm |
Torsi maksimum | 823 Nm @1.500 rpm |
Transmisi | Manual 7-percepatan |
Sasis | |
Suspensi depan | Air Bellow Suspension with Double Acting Shock Absorber & Stabilizer |
Suspensi belakang | Wide Air Bellow Suspension with Double Acting Shock Absorber & Stabilizer |
Baca juga: Hino RM 280 Jadi Armada Baru di PO Pandawa 87 Tanpa Kaca Spion, Jadi Kelas Super Eksekutif?
Hino RM 280 dikenal sebagai salah satu sasis bus andalan di segmen transportasi jarak jauh. Mengusung mesin bertenaga 280 PS, sasis ini dirancang untuk memberikan performa optimal sekaligus efisiensi bahan bakar yang tinggi.
Kombinasi ini menjadikannya pilihan favorit operator bus yang mengutamakan kinerja handal dan biaya operasional yang ekonomis bahkan untuk bus kualitas premium.
Keunggulan utama RM 280 terletak pada sistem suspensinya yang menggunakan air suspension. Teknologi ini memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang dengan meredam getaran secara efektif, terutama di medan yang kurang mulus. Selain itu, desain sasis low frame memudahkan akses penumpang, menjadikannya ideal untuk transportasi antarkota maupun antarprovinsi.
Dari sisi durabilitas, RM 280 dibangun dengan material berkualitas tinggi yang mampu menahan beban berat dan kondisi operasional yang intens. Ditambah dengan fitur pengereman full air brake yang andal, sasis ini memberikan tingkat keamanan lebih baik bagi pengemudi dan penumpang.
Sistem kemudi yang presisi juga memudahkan manuver di berbagai kondisi jalan, termasuk jalur sempit atau tikungan tajam. Alhasil RM 280 menawarkan kombinasi yang apik antara performa, kenyamanan, dan keamanan. Hal ini membuatnya menjadi investasi yang menguntungkan bagi perusahaan transportasi.
Harga Hino bus sasis RM 280 STD Rp 1.047.000,000 sementara RM 280 ABS Rp 1.059.000.000, semuanya merupakan harga off the road Jakarta.
RM 280 menggunakan mesin berkode J08E-WD Diesel Variable Geometry Turbo Intercooler Commonrail 6 silinder 7.684 cc.
Hino truk dan bus di Indonesia diproduksi oleh PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) yang merupakan anak perusahaan dari Hino Motors, Ltd. di Jepang.