Hino RM 280, Apa Kelebihan Bus Terbaru Hino Berstandar Euro4 Ini?

Hino RM 280 merupakan salah satu line up andalah milik PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). Model ini hadir guna mendukung program pemerintah serta memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang standar Euro4 yang telah berlangsung pada April 2022.

Sebagai kendaraan niaga berpenumpang yang bermain di segmen big bus, Hino RM 280 diketahui bukan cuma mengaplikasikan mesin baru dengan standar Euro4, tapi juga memiliki berbagai macam keunggulan.

Tak heran banyak Perusahaan Otobus (PO) yang ada di Pulau Jawa dan Sumatera mengandalkan sasis dari Hino ini untuk bus-bus operasional mereka. Beberapa diantaranya seperti PO Bagong Group, PO Efisiensi, PO Eka, PO Garuda, PO Harapan Jaya, PO Haryanto, PO Ramayana, PO Sianr Jaya, dan sebagainya.

Ingin tahu apa saja keunggulan yang dimiliki bus Hino RM 280? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Sudah Siap Emisi Euro 4, Hino Dutro Juga Ikutan Di-facelift, Begini Bentuknya

Menggunakan Sasis Jenis Space Frame, Hino RM 280 Bisa Muat Barang Lebih Banyak

Hino RM 280 menggunakan sasis space frame

Berbeda dengan R 260 yang masih mengandalkan sasis jenis ladder frame, RM 280 sendiri telah mengaplikasikan sasis bermodelkan space frame. Keunggulan dari sasis jenis ini, bus bisa membawa barang bawaan penumpang lebih banyak. Hal ini dikarenakan space frame memiliki bagasi yang dibuat tembus untuk kedua sisinya.

Keunggulan lain dari bus Hino RM 280 dengan sasis space frame memiliki berat total kendaraan atau Gross Vehicle Weight (GVW) mencapai 16 ton. Dengan begitu RM 280 lebih bisa diandalkan bahkan tak kalah saing dengan rivalnya Mercedes Benz OH 1626.

Bus Hino RM 280 Punya Tenaga Lebih Besar

Pakai mesin baru yang ramah lingkungan, Hino RM 280 punya tenaga dan torsi lebih besar

Selain mampu mengangkut lebih banyak barang karena memiliki bagasi yang luas, keunggulan lain yang dimiliki RM 280 ada pada jantung mekanisnya. Dimana untuk dapur pacunya, Hino telah menyematkan mesin baru berkodekan J08E-WD 6-silinder segaris dengan teknologi Variable Geometric Turbocharger (VGT) Intercooler ber-common rail yang dapat melecutkan tenaga sebesar 280 PS serta torsi maksimal 823 Nm.

Sedikit membandingkan angka performa yang diperoleh R 260, RM 280 lebih besar 20 PS dan untuk torsi unggul 78 Nm. Dengan begitu RM 280 tentunya lebih bertenaga sekaligus dapat bisa diandalkan ketika dipacu di trek lurus serta melintasi jalan yang berbukit.

Sebagai informasi, mesin yang dibenamkan pada RM 280 berhasil dilengkapi dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR) sebagai system untuk menurunkan kadar Nox pada gas buang yang berbahaya bagi pernapasan manusia. Ada juga Diesel Oxidation Catalyst (DOC) yang bertugas untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC), injector dengan full Diamond Like Coating (DLC), dan terakhir ECU sebagai pusat pengendalinya.

Pakai Transmisi Baru dengan 7 Tingkat Percepatan

Hino RM 280 pakai transmisi baru manual 7-percepatan

Menggunakan struktur RR (Rear Engine Rear Drive) yaitu mesin diletakan di belakang yang disalurkan ke penggerak roda belakang (RWD), untuk tingkat percepatannya RM 280 menggunakan transmisi baru berkodekan MX07 dengan 7 speed maju dan 1 speed untuk mundurnya.

Untuk diketahui, transmisi anyarnya ini mengaplikasikan fitur dual overdrive yang disinyalir mampu meningkatkan efisiensi bbm serta keawetan pada mesin, terlebih jika sering dipacu dalam kecepatan tinggi.

Sistem Pengereman Menganut Fitur ABS

Sistem pengereman Hino RM 280 sudah menggunakan ABS

Dari segi pengendali laju, Hino juga memberikan upgrade sistem pengereman terhadap RM 280. Dimana rem full air brake dengan sirkuit ganda yang didukung exhaust brake, kini dilengkapi dengan fitur Anti-lock Breaking System (ABS).

Dengan adanya fitur ini, pengemudi bisa mencegah terjadinya penguncian pada roda ketika melakukan pengereman secara mendadak atau menginjak peda rem secara keras. Tak hanya itu, ABS juga dapat menjaga keamanan ketika berkendara di jalan yang licin.

Tipe Bus RM 280 Menggunakan Suspensi Udara Model Wide

Hino RM 280 memakai suspensi udara bermodelkan wide

Secara spesifikasi, bus RM 280 telah diaplikasikan suspensi udara dengan double acting shock absorber & stabilizer / wide air bellow suspension. Menggunakan suspensi udara dengan model wide, RM 280 disinyalir mempunyai kestabilan sasis lebih baik dibandingkan beberapa sasis bus dengan suspensi udara berjeniskan narrow.

Mengandalkan suspensi udara model wide, RM 280 sangat direkomendasikan untuk menggunakan body dengan dimensi tinggi. Terlebih soal panjangnya, bus terbaru Hino ini mencapai 11.677 mm dengan lebar 2.490 dan wheelbasenya berada di angka 6.000 mm.

Selain tangguh, dengan menggunakan body tinggi Hino RM 280 juga terlihat lebih proposi.

Baca juga: Gawat Nih, Mesin Truk dan Bus Euro 4 Hino Gak Cocok Pakai Solar Pertamina

Tampilan Kabin Lebih Modern

Tampilan speedometer lebih modern

Meski masih menggunakan model analog, untuk tampilan pusat informasinya RM 280 terlihat lebih modern sekaligus atraktif dibandingkan R 260. Dimana untuk sebelah kananya terdapat tachometer, di bagian tengah ampermeter dan thermometer mesin, serta speedometer di sisi kirinya.

Jumlah Baut Roda Hino RM 280 Lebih Banyak

RM 280 menggunakan 10 baut di setiap roda

Seperti RM 380 dan RN 285, RM 280 mempunyai 10 baut di setiap rodanya. Memiliki jumlah baut roda yang banyak, tentunya secara durabilitas RM 280 lebih bisa diandalkan.

Spesifikasi sasis Hino RM 280
Dimensi
Panjang 11.700 mm
Lebar 2.440 mm
Tinggi 2.030 mm
Jarak sumbu roda 6.000 mm
Berat total kendaraan 16 ton
Kapasitas tangki BBM 350 liter
Ukuran ban 11R22.5 148/145
Mesin
Tipe mesin J08E-WD diesel VGT Intercooler Commonrail
Jumlah silinder 6
Kapasitas silinder 7.684 cc
Daya maksimum 280 PS @2.500 rpm
Torsi maksimum 823 Nm @1.500 rpm
Transmisi Manual 7-percepatan
Sasis
Suspensi depan Air Bellow Suspension with Double Acting Shock Absorber & Stabilizer
Suspensi belakang Wide Air Bellow Suspension with Double Acting Shock Absorber & Stabilizer

Baca juga: Hino RM 280 Jadi Armada Baru di PO Pandawa 87 Tanpa Kaca Spion, Jadi Kelas Super Eksekutif?

Kesimpulan

Hino RM 280 dikenal sebagai salah satu sasis bus andalan di segmen transportasi jarak jauh. Mengusung mesin bertenaga 280 PS, sasis ini dirancang untuk memberikan performa optimal sekaligus efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Kombinasi ini menjadikannya pilihan favorit operator bus yang mengutamakan kinerja handal dan biaya operasional yang ekonomis bahkan untuk bus kualitas premium.

Keunggulan utama RM 280 terletak pada sistem suspensinya yang menggunakan air suspension. Teknologi ini memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang dengan meredam getaran secara efektif, terutama di medan yang kurang mulus. Selain itu, desain sasis low frame memudahkan akses penumpang, menjadikannya ideal untuk transportasi antarkota maupun antarprovinsi.

Dari sisi durabilitas, RM 280 dibangun dengan material berkualitas tinggi yang mampu menahan beban berat dan kondisi operasional yang intens. Ditambah dengan fitur pengereman full air brake yang andal, sasis ini memberikan tingkat keamanan lebih baik bagi pengemudi dan penumpang.

Sistem kemudi yang presisi juga memudahkan manuver di berbagai kondisi jalan, termasuk jalur sempit atau tikungan tajam. Alhasil RM 280 menawarkan kombinasi yang apik antara performa, kenyamanan, dan keamanan. Hal ini membuatnya menjadi investasi yang menguntungkan bagi perusahaan transportasi.

FAQ

Berapa harga Hino RM 280 terbaru?

Harga Hino bus sasis RM 280 STD Rp 1.047.000,000 sementara RM 280 ABS Rp 1.059.000.000, semuanya merupakan harga off the road Jakarta.

Berapa cc mesin Hino RM 280?

RM 280 menggunakan mesin berkode J08E-WD Diesel Variable Geometry Turbo Intercooler Commonrail 6 silinder 7.684 cc.

Mobil Hino buatan mana?

Hino truk dan bus di Indonesia diproduksi oleh PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) yang merupakan anak perusahaan dari Hino Motors, Ltd. di Jepang. 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Creta

Video Pendek Terkait

PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) kini semakin percaya diri dengan teknologi Nissan e-Power yang dibenamkan pada sejumlah produknya. Termasuk Nissan X-Trail e-Power. Bahkan bertepatan acara bertemakan Nissan Electric Vehicles: Drive the Future, Feel the Excitement, Nissan Indonesia turut menghadirkan sejumlah produk seperti Kick e-Power, Serena e-Power, hingga mobil listrik Leaf, Ariya dan juga Sakura. Namun yang menjadi penasaran dalam acara test drive tersebut adalah kemunculan mobi
Toyota GR Yaris vs GR Corolla memang menarik untuk dibahas. Mengingat keduanya merupakan hatchback bermesin powerfull dari Toyota yang sudah mendapat racikan dari tim Gazoo Racing (GR). Kalau ditanya siapa lebih dulu antara Toyota GR Yaris vs GR Corolla, jelas GR Yaris. Dikembangkan oleh tim yang tergabung dalam Toyota Gazoo Racing (TGR), GR Yaris merupakan pengembangan sebuah mobil compact yang awalnya ditujukan buat kebutuhan balap reli dunia, World Rally Championship (WRC). Karena itu lah mob
Tipe mobil Isuzu Panther cukup banyak sepanjang perjalanan kisah mobil ini di Indonesia. Ada yang pakai transmisi manual, ada yang transmisi matik, dan ada pula yang mesinnya sudah ditambahkan turbo. Mobil yang bisa dikatakan termasuk ke dalam golongan mobil legendaris di Indonesia satu diantaranya adalah Isuzu Panther. Mobil ini dipasarkan sejak lama dan memiliki kualitas dan reputasi yang baik. Masuk kategori sebagai Asian Utility Vehicle (AUV) Panther banyak dijadikan andalan oleh para keluar
Daihatsu Gran Max pick up 1.5 2023 tentu memiliki banyak keunggulan sebagai produk flagship dai seri Daihatsu Gran Max. Seperti yang diketahui, mobil niaga muatan ringan tersebut juga telah dilengkapi berbagai fitur. Misalnya sudah ada keberadaan AC dan power steering untuk menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpangnya. Lantas pick up ini juga telah dibekali kapasitas mesin yang lebih besar dibanding tipe terendahnya. Namun dibalik keungulan-keunggulan itu, tentu kita juga perlu waspada soal k
Pada ulasan kali ini kami akan merinci biaya service Mitsubishi Xpander hingga pemakaian 100.000 km untuk perbaikan di bengkel resmi. Namun untuk estimasi perbaikan Xpander di bengkel resmi kami mengambil varian dengan transmisi CVT. Xpander sendiri merupakan Low MPV 7-seater yang cukup laris di pasaran. Besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap Xpander lantaran mobil ini menawarkan beragam kelebihan yang tidak dimiliki beberapa pesaingnya, seperti ground clearance tinggi, bantingan empuk, ke

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil