Camshaft dan Crankshaft, kedua komponen ini secara sekilas namanya begitu mirip. Bahkan banyak orang yang sering terbalik dan salah menyebut kedua komponen ini. Lantas apa sih perbedaan Camshaft dan Crankshaft ini?
Perlu kamu ketahui kalau fungsi kedua komponen tersebut berbeda walau letak di dalam mesin mobil memang agak berdekatan. Dalam bahasa Indonesia atau sebutan lokal, camshaft mobil sering disebut pula sebagai poros kem, noken as, poros nok, atau poros bubungan. Camshaft memiliki bentuk batang silinder yang terdapat tonjolan alias cam lobe untuk buka tutup klep intake dan exhaust.
Komponen ini berfungsi mengatur buka tutup klep (valve/katup), mengatur poros distributor, menggerakkan fuel pump, dan tempat sensor mendeteksi sudut putaran camshaft. Dikutip dari laman resmi Suzuki, cam lobe bekerja dengan mendorong valve atau klep mesin supaya membuka dan menutup dengan bentuknya yang lonjong secara sistematis.
Pergerakan came lobe juga telah disesuaikan dengan sistem firing order sehingga setiap bagiannya memiliki tempat berbeda sesuai dengan kegunaanya. Dalam camshaft ini terdapat sensor untuk mendeteksi setiap putarannya sendiri.
Melalui fungsinya ini noken as bisa dengan mudah memastikan setiap sudut putaran yang akan dilakukan tanpa menimbulkan kerusakan bagian lainnya seperti piston tidak bertabrakan dengan payung klep. Agar bisa berputar, camshaft dihubungkan dengan crankshaft menggunakan timing gear, timing belt, atau timing chain.
Setelah mengetahui apa itu camshaft, sekarang kita membahas soal crankshaft di mesin mobil. Komponen ini dikenal pula sebagai poros engkol atau kruk as. Bagian dari mobil ini memiliki fungsi untuk mengubah gerak naik turun piston menjadi gerakan berputar.
Dikutip dari laman Auto2000, crankshaft terhubung langsung dengan piston melalui setang seher atau connecting rod. Jadi, ketika mesin bekerja dan menghasilkan ledakan dalam ruang bakar, tenaga yang dihasilkan mendorong piston ke bawah. Gerakan ke bawah ini akan mendorong connecting rod yang membuat crankshaft bergerak memutar seperti engkol.
Pergerakan antara camshaft dan crankshaft ini saling terhubung melalui timing gear atau timing shaft. Tapi, putaran kedua komponen ini punya timing yang berbeda.
Dari penjelasan di atas, kalian sudah terbayangkan perbedaan bentuk dan fungsi dasar dari keduanya. Berikut ini perbedaan fungsi dari camshaft dan crankshaft yang perlu kamu ketahui:
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4
17.724 km
5,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
12.488 km
3,5 tahun
Jakarta