Seperti sudah diketahui, salah satu penyempurnaan All-New Honda BR-V ada di sektor performa. Berbekal mesin baru yang diklaim memiliki tenaga terbesar di kelasnya, di atas kertas mungkin benar adanya.
Namun, bagaimana dengan kenyataan di lapangan? Apakah ia benar paling kencang di antara lawan? Lalu menyoal efisiensi, apakah tenaga ekstra membuatnya terbilang boros atau malah lebih irit BBM? Berikut hasil pengujian kami.
Baca juga: Mobil-Mobil Honda Dinilai Makin Mahal, Ini Kata Honda Indonesia
Seringkali Honda tampak memikat ketika mendambakan output mesin relatif besar di antara opsi rival sekelas. BR-V adalah salah satu bukti nyata. Mundur sedikit ke belakang, generasi sebelum sanggup gelontorkan tenaga 120 PS dari unit 1.500 cc SOHC naturally aspirated berkode L15Z. Cukup besar di saat kontestan lain rata-rata tawarkan angka moderat sekitar 100 PS.
Kembali ke model termutakhir, tertuang update teknologi yang berimbas pada sedikit peningkatan output. Dengan kode L15ZF, kini BR-V sanggup gelontorkan tenaga 121 PS di 6.600 rpm. Sementara itu, besaran torsi tetap 145 Nm hanya saja capaiannya 300 rpm lebih rendah ketimbang model lama yakni 4.300 rpm. Sebagai catatan, transmisi yang diusung tetap CVT.
Untuk diketahui, salah satu ubahan signifikan pada mesin 1.500 cc Honda BR-V adalah keberadaan noken as ganda alias Dual Overhead Camshaft (DOHC). Secara teori, komposisi seperti ini menawarkan kelancaran aliran udara lebih baik ketimbang Single Overhead Camshaft (SOHC) di mesin lama. Tidak salah kalau berekspektasi bahwa penyempurnaan mampu meningkatkan tenaga berikut efisiensi pembakaran.
Hasil revisi terhadap output mesin tadi tampak tidak begitu kentara, memang. Meski begitu, diferensiasi dalam lansekap LSUV pun tidak banyak bergeser. Rival tetap mau tidak mau bertekuk lutut ketika bicara soal performa. Bukan hanya di atas kertas, hasil pengujian akselerasi menunjukkan hal yang sama.
Komparasi Data Akselerasi LSUV 1.500 cc Naturally Aspirated | ||||
---|---|---|---|---|
Tenaga | Torsi | Transmisi | Akselerasi 0-100 kpj | |
Honda BR-V | 121 PS @ 6.600 rpm | 145 Nm @ 4.300 rpm | CVT | 11,87 detik |
Mitsubishi Xpander Cross | 105 PS @ 6.000 rpm | 141 Nm @ 4.000 rpm | CVT | 13,09 detik |
Suzuki XL7 | 104,7 PS @ 6.000 rpm | 138 Nm @ 4.400 rpm | 4AT | 13,48 detik |
Toyota Rush | 104 PS @ 6.000 rpm | 136 Nm @ 4.200 rpm | 4AT | 14,81 detik |
Baca juga: Harga All New BR-V Lebih Mahal dari Toyota Avanza dan Veloz 2022, Honda: Kami Kasih yang Terbaik!
Menyoal pembuktian konsumsi BBM, All-New BR-V terbilang impresif. Dibawa wara-wiri dalam kemacetan Jakarta sejauh 82,2 km ia meminum sebanyak 5,546 liter bensin. Dirata-rata berarti torehkan angka nyata 14,82 km/l. Lebih baik dari perhitungan MID yang agak pesimistis sebesar 13,6 km/l.
Lebih impresif lagi kala dibawa melaju konstan di tol dalam simulasi perjalanan luar kota. Transmisi CVT seamless memungkinkan mobil melaju kencang tanpa berteriak. Seakan memberikan keyakinan kalau ia lihai mengendalikan hasrat dahaga – tentu selama pengemudi berkendara dengan sopan sebagaimana mestinya.
Hasil pengujian selaras dengan karakteristik yang dirasa. Mengarungi jalan lengang ditambah jalur bebas hambatan sejauh 50,2 km, BR-V hanya meminum 2,204 liter bensin. Ini berarti mencatatkan daya tempuh rata-rata 22,78 km/l. Cukup bahkan terbilang sangat irit bukan?
Dari dua skenario pengujian tadi lantas dapat ditarik hasil perhitungan konsumsi BBM kombinasi sebesar 17,1 km/l. Tidak dapat dipandang sebelah mata untuk sebuah mesin empat silinder 1.500 cc naturally aspirated. Sampai tulisan ini dibuat, Honda BR-V sukses menempatkan diri sebagai LSUV paling irit – setidaknya dari rival sekelas yang telah kami uji.
Rekap Hasil Pengujian Konsumsi BBM (Kombinasi) LSUV 7-Seater:
Oke, konsumsi BBM besar kemungkinan bervariasi tergantung kondisi lalu lintas, gaya berkendara, dan faktor lainnya. Meski begitu, dapat diambil kesimpulan bahwa BR-V memiliki potensi dalam menghemat BBM lebih baik ketimbang rival. Menariknya lagi bukan cuma irit, tersaji pula mesin paling powerful.
Well, ia membuktikan bahwa memiliki tenaga ekstra belum tentu menjadikan suatu mobil lebih boros ketimbang opsi satu kasta lainnya. Efisiensi adalah kunci dan mesin Honda satu ini layak diapresiasi.
Baca juga: Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin…..
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5
15.640 km
1,5 tahun
Banten
2021 Toyota VELOZ Q 1.5
16.755 km
2 tahun
Banten
2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5
17.350 km
3,5 tahun
Banten
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0
105.533 km
5,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat