5 Fakta Menarik Isuzu Bison, Muka Elsapek Mesin Panther Tapi Kurang Laku

Nama Isuzu Bison seperti sebuah sosok yang asing di jagat otomotif nasional. Jelas saja, kembaran dari Mitsubishi L300 ini penjualannya begitu minim bila dibandingkan saudaranya dari kubu tiga berlian. Bila ditelusuri lebih jauh, Isuzu Bison ini ternyata punya banyak hal menarik dari sisi spesifikasi. 

Mundur ke belakang, pada sekitar 2010 lalu prinsipal Isuzu menjalin kerja sama dengan Mitsubishi dan membuat rebadge pick up dari basis L300. Walau tampangnya sangat mirip dengan elsapek alias L300 namun beda di dapur pacu. 

Dahulu, Isuzu Bison dijual dengan harga yang lebih mahal dari Mitsubishi L300. Bison yang terdiri dari tiga varian, standard Rp139 juta, flatbed Rp 139,5 juta, dan sasis bus Rp 138,5 juta (off-road). Sementara itu L300 dilepas oleh Mitsubishi dengan harga (off-road), standard Rp129,5 juta, flat bed Rp130 juta, dan sasis Rp127,5 juta. 

Banyak yang tak menyadari kalau Isuzu Bison ini merupakan pick up yang spesifikasinya paling oke, bahkan bila dibandingkan Elsapek yang dipakai sebagai basisnya. Isuzu memanfaatkan Mesin 4JA1-L milik Panther yang legendaris. Jadilah Isuzu Bison ini pikap perkasa, karena memakai body super tangguh dari elsapek. Racikan kaki-kaki, sistem penggerak hingga gardan Bison adalah garapan Isuzu. 

Mungkin karena harganya lebih mahal membuat Bison kalah laku, hingga akhir hayat penjualan Bison di Indonesia ini hanya terjual sedikit. Isuzu pun akhirnya merilis Traga sebagai suksesornya. Kehadiran Traga ini lebih bisa diterima pasar karena perbedaan desain dengan L300.

Itu tadi sekilas hal menarik dari sosok Isuzu Bison, berikut ini ulasan mendalam dari kembarannya Elsapek yang mungkin kalian belum tahu.

1. Spesifikasi Mesin dan Kaki-kaki Isuzu Bison Lebih Perkasa Dari Mitsubishi L300

Hal pertama yang menjadi poin kelebihan Isuzu Bison ialah soal spesifikasi. Tak cuma tenaga tapi rancangan mesin yang juga perkasa. Pasalnya, mesin Isuzu Bison ini sudah memakai turbo.

Mesin berkode 4JA-1L, 4 silinder segaris, SOHC Direct Injection turbocharger Euro 2 berkapasitas 2.499 cc yang disematkan pada Bison, mampu menghasilkan tenaga 80 PS @3.500 rpm dan torsi puncaknya mencapai 191,3 Nm @1.800 rpm.

Mesin milik Bison ini sudah menggunakan timing gear, sehingga tak perlu perawatan berkala setiap 40.000 kilometer. Pengguna pun tak perlu khawatir soal risiko putus timing belt seperti pada Mitsubishi L300.

2. Final Gear Besar, Isuzu Bison Tangguh di Tanjakan

Isuzu Bison ini terkenal lebih mudah dalam menanjak berkat rasio gardan serta rasio transmisi yang berbeda ketimbang L300. Rasio final gear Isuzu Bison yaitu 4.636 sehingga membuatnya jago melibas nanjak namun tetap irit konsumsi BBM.

Demi membuatnya kian perkasa, Isuzu menciptakan propeller shaft Bison yang kemampuannya lebih kuat dari kompetitor. Dengan begini, mampu meneruskan daya ke roda belakang secara lebih sempurna dan tentunya bertenaga.

Mesin yang diberikan mempunyai tenaga yang mumpuni. Didukung final gear dan propeller shaft yang kuat membuat saat menanjak penuh dengan muatan jadi mudah.

3. Postur Isuzu Bison Lebih Tinggi Daripada Mitsubishi L300

Walau secara penampilan nyaris kembar identik, tapi kita bisa melihat postur Isuzu Bison ternyata lebih jangkung. Bukan karena dimodifikasi bagian kaki-kakinya oleh si pemilik, melainkan karena bawaan pabrik yang pakai kaki-kaki tinggi.

Menurut data spesifikasi, Bison mempunyai panjang 4.170 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.895 mm. Sedangkan L300 memiliki panjang 4.170 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.845. 

Selisih tinggi 50mm dikarenakan posisi mesin Bison diletakan lebih rendah dari L300. Maka dari itu racikan kaki-kakinya ini  ditinggikan supaya karter mesin tidak mudah menyentuh permukaan tanah. Kalau pakai ketinggian per yang sama seperti L300, bisa membentur karter mesin sehingga menyebabkan kerusakan serta kebocoran.

4. Isuzu Bison Bisa Substitusi Komponen dengan L300 dan Isuzu Panther 

Sebagai model rebadge, pengguna Isuzu Bison sebenarnya sangat diuntungkan karena basis mobilnya dari dua model terlaris. Untuk komponen untuk bodi dan sasis Bison pun sama dengan produk Mitsubishi L300. Sementara itu, part mesin bisa memakai Panther.

Nama besar Isuzu juga jadi jaminan soal kemudahan memperoleh suku cadang kaki-kaki. Jadi kita tidak usah khawatir kesulitan suku cadang bila ingin menebus Isuzu Bison bekas.

5. Konsumsi BBM Diklaim Lebih Irit Dari Elsapek

Satu hal yang tak begitu diketahui ialah Isuzu Bison ini punya racikan mesin yang efisien. Bahkan pihak Isuzu Astra Motor Indonesia mengklaim konsumsi BBM di Bison lebih irit 10-15 persen daripada produk sejenis, dalam hal ini Mitsubishi L300 tentunya.

Wajar saja, sebab Isuzu Bison ini memiliki mesin diesel dengan turbo yang juga dipakai Panther Turbo. Efisiensi BBM turut didukung oleh final gear yang tepat, serta karakter tenaga maupun torsi puncak yang bisa diraih pada putaran rendah. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Nissan Livina

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil