Nama Suzuki Carry memang sudah sangat melegenda di kancah otomotif Tanah Air khususnya di segmen mobil niaga muatan ringan. Eksis lebih dari 45 tahun, Carry banyak digunakan untuk mendukung kegiatan bisnis sehari-hari karena memiliki durabilitas yang tinggi serta mudah dalam perawatan. Sebelum memutuskan untuk membelinya, kalian perlu tahu kekurangan Suzuki Carry generasi terbaru ini.
Pada 2019, New Suzuki Carry diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan mendapatkan ubahan yang radikal baik di sektor jantung pacu, dimensi, serta fiturnya. Kemudian pada awal tahun 2021, pihaknya memberikan sedikit penyegeran terhadap New Carry yang terasa lebih lebih modern, tangguh, sekaligus dapat diandalkan disaat membawa barang.
Dianggap lebih modern, tangguh, dan dapat diandalkan saat membawa barang, sebelum berniat membeli simak lebih dulu beberapa kekurangan New Suzuki Carry pick up di bawah ini.
Baca juga: Menilik Kepraktisan Antara Suzuki New Carry dan Daihatsu Gran Max, Lebih Praktis Mana?
Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, New Suzuki Carry mendapat ubahan besar dibandingkan model sebelumnya dengan sebutan Carry Futura. Untuk bagian kaki-kaki depan, banyak pemilik mobil ini mengeluhkan soal tapak ban bagian dalam makan sebelah.
Salah satu mekanik Suzuki pun mengiyakan akan permasalahan tersebut. Untuk kejadian seperti ini biasanya terjadi karena sering membawa beban muatan yang berlebih. Pasalnya untuk New Carry sendiri, pabrikan mengkalim bahwa daya angkut maksimalnya berada di angka 1 ton.
Guna menangani masalah tersebut, pemilik bisa mengganti baut chamber, serta melakukan balancing dan spooring untuk menjaga keawetan ban. Sebagai informasi, agar ban depan tidak makan sebelah, beberapa pemilik New Suzuki Carry menyarankan supaya mengganti ukuran ban lebih besar naik satu tingkat yang semulanya 165 menjadi 175. Selain itu juga pemilik bisa melakukan upgrade ukuran ban dan velg menjadi R14.
Secara data di atas kertas, New Suzuki Carry pick up menggendong mesin bensin K15B-C multipoint injection 1.462 cc, 4 silinder segaris DOHC 16 valve yang mampu memuntahkan tenaga hingga 99 PS @5.600 rpm serta menghasilkan torsi maksimal 135 Nm @4.400 rpm. Punya tenaga lebih besar 12 PS dan torsi lebih unggul 13 Nm dari mesin G15A yang digunakan model sebelumnya, beberapa pemilik mengeluhkan akan angkatan awal New Carry yang terasa lebih lemot dan loyo ditanjakan.
Salah satu faktor yang membuat New Suzuki Carry terasa loyo ditarikan awal dan ditanjakan ialah penggunaan throttle by wire yang menggantikan seling baja untuk membuka skep throttle body. Penggunaan throttle by wire sendiri dimaksudkan agar konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih efisien karena diatur menggunakan perangkat elektronik.
Bicara mengenai posisi handbrake atau rem tangannya, New Suzuki Carry pick up diletakan di celah jok antara pengemudi dan penumpang. Hal ini cukup disayangkan karena ruang duduk penumpang menjadi terbatas.
Beberapa pemilik pun menyarankan untuk posisi handbrake ini diletakan di bawah dashboard untuk memberikan banyak ruang gerak.
Baca juga: Suzuki New Carry Pick Up Punya Fitur Layaknya Mobil Penumpang
Selain ban depan bagian dalam sering makan sebelah, New Suzuki Carry pre-facelift seringkali dikeluhkan pemiliknya akan kampas koplingnya yang cepat habis. Bahkan ada pemilik yang belum sampai setengah tahun mengalami slip pada bagian kopling karena sudah tipis. Kejadian seperti ini diakibatkan karena diameter kampas koplingnya yang kecil serta bahannya yang dianggap terlalu empuk.
Guna menghindari kejadian sering habisnya kampas kopling, salah satu mekanik Suzuki menyampaikan untuk tidak membawa beban terlalu berat serta mengurangi penggunaan menginjak kopling secara setengah. Selain itu juga hindari penggunaan gigi besar guna mengurangi kejadian habisnya kampas kopling.
Salah satu pengguna New Suzuki Carry menyebutkan bahwa kampas rem pada mobil ini sering cepat panas. Agar suhu tinggi pada kampas rem dapat diredam, sebaiknya saat melakukan pengereman dikocok, tidak diinjak secara terus menerus.
Perlu diketahui, untuk memberikan kenyaman dan keamanan setiap penggunannya, New Suzuki Carry pick up telah dibekali dengan AC, Electronic Power Steering (EPS), audio single din, immobilizer, serta banyak konsol untuk meletakan barang bawaan.
Oh iya, untuk baknya New Suzuki Carry pick up ditawarkan dengan dua pilihan kargo, yakni Flat Deck dan Wide Deck. Mengenai ukurannya, dimensinya ini lebih besar dari pesaing terdekatnya Daihatsu Gran Max. Punya bak yang lebih besar, tentunya New Carry pick up bisa membawa barang dengan jumlah lebih banyak.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4
17.724 km
5,5 tahun
Jakarta
2019 Honda MOBILIO E 1.5
18.533 km
4,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota CALYA G 1.2
12.503 km
2 tahun
Jakarta
2022 Honda BRIO SATYA E 1.2
5.503 km
0,5 tahun
Jawa Barat
2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2
5.751 km
1 tahun
Jawa Barat