Diambil dari sebuah singkatan “Free + Do” yang berarti bebas bergerak, Honda Freed pertama kali diperkenalkan oleh PT Honda Prospect Motor pada tahun 2009. Saat diluncurkan, Freed ditawarkan dengan dua varian, yakni S dan PSD.
Sebagai kendaraan MPV berpenampilan boxy, saat itu keberadaan Freed mampu menarik minat para konsumen Tanah Air. Melihat animo masyarakat terhadap Freed yang cukup tinggi, pada tahun 2012 HPM menambahkan varian A, S dan E sebagai opsi.
Pada tahun 2013 atau satu tahun setelah penambahan varian, pihaknya melakukan penyegaran terhadap penampilan serta fitur guna memberikan gaya berkendara yang lebih fun to drive.
Ditawarkan Rp120 jutaan untuk harga bekas lansiran 2009-2010, berikut 5 menarik Honda Freed yang wajib kalian ketahui apabila kepincut dengan mobil ini.
Baca juga: Ini 5 Hal Menarik Honda BR-V Gen-1, Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander Cross dan Toyota Rush
Mengusung konsep Triangle Square, Honda Freed menampilkan ruang kabin yang luas sehingga memberikan rasa nyaman saat digunakan bersama keluarga.
Dengan konfigurasi tempat duduk 2+2+2, untuk lantai kabinnya mobil ini dibuat rata berkat penggunaan sasis monokok serta FF (Front-engine, Front-wheel-drive) layout yang dianutnya.
Baris keduanya, jok yang disematkan menganut model captain seat dengan dimensi lebar dan terasa nyaman. Dengan jok model ini tentunya juga memudahkan penumpang di baris ketiga ketika ingin keluar-masuk kabin melewati lorong ditengahnya.
Untuk keleluasaan kabin, Honda Freed memiliki ruang kepala yang sangat luas pada semua barisnya. Namun untuk urusan ruang kaki, di baris ketiga terasa cukup sempit bagi penumpang yang memiliki tinggi badan di atas 170 cm.
Di saat membawa barang, bagasinya tersebut bisa mengakomodir dengan jumlah banyak berkat joknya yang bisa dilipat sesuai kebutuhan.
Oh iya, guna memudahkan penggunannya dalam meletakan barang, mobil ini memiliki banyak tempat penyimpanan kecil yang tersedia di dalam kabin.
Dari segi visibilitas, Honda Freed memiliki pandangan yang luas berkat pengunaan kaca yang lebar. Tak hanya dapat menghasilkan visibilitas yang baik berkat dimensinya yang lebar, untuk kacanya mobil ini telah disematkan Green Glass. Teknologi ini sendiri dapat mengurangi sinar UV dan panas terik matahari guna menjaga suhu di dalam kabin agar tetap sejuk.
Sebagai informasi, Honda Freed dengan Green Glass hanya bisa djumpai di varian S ke atas. Untuk tipe A, kacanya masih masih standar seperti mobil pada umumnya.
Baca juga: Alasan Kenapa Honda Freed Bekas Lebih Disukai Daripada Toyota Sienta
Demi memerikan kenyamanan dan keamanan kepada setiap penggunanya, MPV boxy berlogokan H tegak jenama Jepang ini mampu mengakomodir cukup baik.
Seperti yang bisa dilihat, untuk sistem hiburannya telah tersematkan head unit Double Din 6.1 inchi with USB and iPod/iPhone Connectivity, Audio Steering Switch, layar MID, digital AC climate control, AC double blower, ECO indicator, dan start/stop button. Lain dari itu, kalian bisa menjumpai tersedianya retractable electric mirror, electric mirror, intermittent front wiper dan rear wiper.
Agar penumpang merasa dimudahkan keluar-masuk kabin, pada baris keduanya telah dilengkapi dengan sliding door yang mana dapat terbuka selebar 600 mm. Hebatnya, beberapa varian teratas berhasil dibenamkan fitur power sliding door yang dapat terbuka dan menutup secara otomoatis dengan cara menekan tombol atau menarik tuas handel pintu.
Perlu diketahui, pada pintunya mengadopsi fitur forward tilting hinge front door dengan sistem 3-step door checker, yang memungkinkan pintu terbuka lebih lebar dengan ekstra kemiringan 7 derajat.
Untuk fitur keselamatan, HPM sendiri telah membekalinya dengan G-CON + ACE, ISOFIX dan tether, pretensioner with load limiter seatbelt, dual SRS airbags, ABS, EBD dan Brake Assist. Tak ketinggalan keyless entry, immobilizer dan alarm system juga bisa dijumpai pada mobil ini untuk memberikan keamanan berkendara.
Berbekal suspensi MacPherson Strut di bagian depan, dan H-Shaped Torsion Beam yang terletak pada roda belakangnya, untuk ayunan yang dihasilkan mobil ini terasa nyaman disaat melewati jalan berkontur.
Memiliki suspensi yang nyaman, tentunya dapat memberikan kenyamanan kepada setiap penggunanya serta tidak mudah lelah ketika berkendara cukup lama.
Berbekal mesin L15A SOHC i-VTEC + DBW + TBR 4 in-line cylinder, 16 valve PGM-FI, berkubikasi 1497 cc yang sama persis digunakan Jazz, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 118 PS @6.600 rpm serta torsi puncak sebesar 146 Nm @4.800 rpm.
Mengenai tingkat percepatannya, mobil ini dikawinkan dengan transmisi matic konvensional 5-percepatan sebelum ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD). Dibandingkan dengan transmisi CVT seperti beberapa produk Honda lainnya, matic konvensional pada Freed ini terbilang lebih bandel.
Hingga kini jarang sekali kasus transmisi matic mobil ini jebol. Supaya awet dan performanya tetap terjaga, sebaiknya melakukan pergantian oli transmisi setiap 20.000 km serta memindahkan tuas secara perlahan.
Baca juga: 5 hal yang disukai dari Honda Brio terbaru
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4
17.724 km
5,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
12.488 km
3,5 tahun
Jakarta