Sosok Mitsubishi L300 2022 terbaru yang sudah memenuhi aturan emisi Euro 4 mulai terlihat. Statusnya bukan lagi buatan lokal Indonesia, melainkan diimpor utuh dari Filipina. Proses pengapalannya pun tengah dilakukan, dan begini bentukan mobil pick up tersebut ketika diangkut trailer.
Mengutip pemberitaan Autoindustriya, kendaraan niaga ringan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dengan model serupa yang dijual di sana. Satu diantaranya laburan warna full hitam yang menjadi ciri khas, kemudian tersaji dalam bentuk pick up, sedangkan yang dijual di Filipina berwujud cab.
Baca Juga: 40 Tahun Lebih Tanpa Facelift, Mitsubishi L300 Akhirnya Segera Berubah
Maksudnya cab adalah bagian belakangnya terdapat ruang kabin atau kargo selayaknya mobil boks di sini. Namun memiliki kaca atau jendela pada sisi sampingnya. Peruntukkannya sudah barang tentu sebagai penunjang distribusi logistik.
Balik lagi ke topik utama. Keputusan impor mobil komersial tersebut merupakan bagian dari strategi Mitsubishi Motors Corporation (MMC), yang menjadikan Filipina sebagai regional hub untuk model kendaraan komersial ringan (LCV) yang dicanangkan sejak dua tahun lalu.
Filipina disebut dalam laporan itu dijadikan sebagai pusat produksi dan ekspor kendaraan komersial ringan pabrikan ke negara-negara di ASEAN, termasuk L300. Adapun Indonesia, bertugas untuk menjual Mitsubishi Xpander dan memperkuat lini bisnis serta kualitas penjualan.
Sementara itu Thailand, fokusnya pada pengembangan jaringan di Bangkok serta daerah di sekelilingnya. Mitsubishi Thailand juga bertugas memproduksi dan menjual Outlander PHEV. Adapun Vietnam diwajibkan mempertahankan market share penjualan Xpander, serta menambah komponen lokal Xpander buatan sana.
Strategi baru tiga berlian ini juga berkenaan dengan implementasi aturan Euro 4 di Indonesia yang diterapkan pada April 2022 lalu. Sementara itu Mitsubishi L300 yang diproduksi dan dijual di dalam negeri masih menggunakan mesin diesel 4D56 berstandar Euro 2.
Baca Juga: 7 Masalah yang Sering Terjadi di Mitsubishi L300, Perlu Ditangani Supaya Tetap Perkasa
Sedangkan di Filipina, model yang sama telah berspesifikasi emisi gas buang Euro 4. Adalah mesin 2.200 4N14 yang bersemayam di bawah jok pengemudi. Di atas kertas menjanjikan tenaga 99,3 PS di 3.500 rpm dan torsi 200 Nm pada putaran 1.000 hngga 3.500 rpm yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan.
Bukan cuma status perakitan dan mesinnya yang berubah. Mitsubishi L300 2022 juga menggunakan paras baru. Wajahnya serupa dengan model di Filipina, tapi lagi-lagi kelirnya hanya hitam. Ubahan signifikan ada pada grille dengan finishing krom, serta bumper baru.
Lanjut ke desain speedometer, supaya semakin kompetitif dan tidak terlalu ketinggalan zaman, desainer pabrikan juga merevisi tampilannya. Meskipun masih sederhana, tapi angka dan indikatornya jadi lebih mudah terbaca dengan latar warna oranye.
Paling penting adalah ruang kargonya yang ikut berubah. Ya, Mitsubishi L300 2022 yang bakal meluncur punya ruang kargo atau bak yang lebih lega. Kargonya lebih panjang 200 mm dibanding model sebelumnya, untuk mengakomodasi lebih banyak barang yang bisa diangkut.
Baca Juga: Bukan Lagi Elsapek, Penjualan Mitsubishi April 2022 Didominasi Xpander dan Pajero Sport
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2022 Toyota AVANZA G 1.5
7.835 km
1,5 tahun
Java East
2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
15.086 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
17.091 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2021 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.465 km
2,5 tahun
Banten