Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Vitara dan Escudo Gen 1, SUV Modern 90-an

Suzuki Vitara Gen 1 bersama dengan Escudo generasi pertama, menjadi SUV yang cukup laris di era 90-an. Keduanya merupakan SUV menengah atas yang modern dengan fitur yang cukup lengkap.

Bagi kalian yang akan membeli Suzuki Vitara atau Escudo Gen 1, sebaiknya ketahui kelebihan dan kelemahan mobil ini supaya bisa memilih mana unit yang masih sehat, dan mengetahui apa saja kelemahannya saat memelihara mobil-mobil ini.

Sejenak kita bahas cikal bakal lahirnya Vitara. Kalau di negara lin, SUV ini punya nama Escudo (di Jepang), dan Sidekick (di Amerika Serikat). Adapun selain Indonesia, nama Vitara juga dipakai untuk apsar Eropa dan Australia. Uniknya, di Indonesia ketiga nama ini juga dipakai untuk tiga model berbeda.

Kelahiran Vitara dengan nama Escudo tercatat di Jepang pada 1988. Tapi saat itu modelnya hadir dalam versi 3 pintu, satu pintu pengemudi, satu pintu penumpang depan, dan satu pintu untuk bagasi belakang.

Suzuki Escudo Gen 1

Barulah berselang empat tahun kemudian, tepatnya di 1992, Vitara resmi masuk ke Indonesia. Sosoknya cukup unik dibanding SUV lain, karena yang muncul adalah model 5-doors, serta memiliki kemampuan penggerak roda 4x4. Tak heran mobil ini pun langsung jadi incaran pecinta aktiftas offroad.

Namun Suzuki sadar betul kalau pangsa pasar Vitara tak mau hanya terjebak sebagai mobil hobi. Karenanya di 1994 hadir varian lain dari Suzuki Vitara Gen 1 dengan nama Suzuki Escudo. Secara fisik sangat identik, hanya saja perbedaan paling mendasar adalah Escudo hanya memiliki sistem penggerak roda belakang (RWD) bukan 4x4.

Strategi ini pun dirasa tepat sasaran. Banyak sekali peminat Suzuki Escudo yang ditujukan untuk pemakaian di dalam kota sebagai kendaraan harian. Kaula muda era 1990-an juga begitu menggilai Escudo untuk menemani aktiftas mereka ke kampus.

Melihat fenomena ini, Suzuki lagi-lagi menawarkan varian lain dari Vitara generasi pertama itu. Maka di 1995 resmi lahir Suzuki Sidekick, ini merupakan varian paling murah dari lini model Suzuki Vitara Gen 1.

Vitara versi Jepang hadir dalam model 3 pintu

Setelah nyaris seperempat abad, pamor Vitara dan Escudo kini sedikit meredup karena tak lagi ada generasi penerus. Meskipun demikian, motuba ini tak kehilangan penggemar yang memang mencari SUV keluarga seken dengan harga relatif terjangkau.

Kini, Vitara dan Escudo dijual dengan kisaran harga cukup luas, mulai dari Rp 60 jutaan sampai menembus angka lebih dari Rp 100 juta untuk Vitara 4x4 yang kondisinya sangat baik dan dilengkapi komponen penunjang kegiatan offroad atau overland.

Kalau kalian tertarik juga nostalgia ke era 1990-an, upaya tidak salah pilih, berikut ini kelebihan dan kelemahan Suzuki Vitara dan Escudo Gen 1 yang perlu kalian ketahui.

Baca juga: Mobil Listrik Pertama Suzuki, e Vitara Bisa Tempuh Jarak Jakarta-Solo Sekali Ngecas

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Vitara Gen 1

Keunggulan Suzuki Vitara Gen 1 dibanding Escudo

Vitara Versi Terlengkap dan Termahal Dibandingkan Escudo

Vitara generasi pertama

Kalau bicara soal Vitara dan Escudo sebenarnya seperti saudara kembar dari satu merek. Spesifikasi dan fiturnya nyaris sama semua, kecuali penggerak 4x4 yang cuma dimiliki oleh Vitara. Bahkan, pembagian pembagi tipe dan fitur di Escudo sama persis seperti di Vitara. 

Kalau bicara soal kelebihan, jelas Vitara sedikit lebih jumawa ketimbang Escudo dengan 4x4 yang dimiliki. Suzuki Vitara juga menjadi model yang paling lengkap dengan build quality yang paling mantab. Selebihnya, keunggulan teknis hingga fitur keduanya tak banyak berbeda. 

Mesin kedua mobil ini juga sama, yaitu memakai mesin Suzuki G16A SOHC 8 valve. Mesin ini terpasang pada Suzuki Vitara dan Escudo antara tahun 1992 sampai 1995 untuk pasar Indonesia.

Vitara punya sistem 4x4 bawaan dari lahir

Karena dulu cukup laris dan dibawa oleh Suzuki, maka sistem gerak 4X4 pada Suzuki Vitara juga lumayan tangguh. Secara umum, Vitara dan Escudo termasuk mobil yang bandel dan minim perawatan. Perawatannya juga mudah karena sparepartnya lumayan banyak dan cukup murah. 

Desain kotak dengan ban cadangan yang ditempel di pintu belakang ini khas SUV konvensional, yang malah membuat penampilannya terlihat gagah.

Baca juga: Suzuki eVX Concept akan Dicomot Toyota, Mulai Dirakit 2025

Fitur Suzuki Vitara dan Escudo tipe JLX Cukup Modern dan Mewah

Interior Suzuki Vitara generasi pertama

Bicara kelengkapan fitur, Vitara dan Escudo sudah dilengkapi dengan power steering, power window, electric mirror, pengatur AC yang lengkap dengan heater, wiper belakang, defoger, body stripe sampai side moulding. 

Keduanya hadir dengan tipe JX dan JLX, dimana perbedaan tipe JX dengan JLX adalah pada kelengkapannya. Untuk tipe JX hanya ada power steering dan central lock sementara versi JLX adalah versi lengkapnya.  

Performa Mesin Suzuki Vitara dan Escudo Gen 1

Kedua model ini juga saling berbagi mesin

Suzuki Escudo dan Vitara generasi awal, semua tipenya sama-sama dilengkapi dengan mesin bertipe G16A 1.6 liter SOHC 16 katup dengan 4 silinder segaris. Mesinnya tidak istimewa tapi torsinya cukup bisa diandalkan untuk menjelajah. 

Dengan mesin tersebut, mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 85 Hp pada putaran mesin 6.000 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 144 Nm di putaran 4.500 rpm. 

Spesifikasi Suzuki Vitara Gen 1
Dimensi
Panjang 4.500 mm
Lebar 1.810 mm
Tinggi 1.695 mm
Jarak sumbu roda 2.640 mm
Jarak ke tanah 210 mm
Mesin
Tipe mesin G16A SOHC
Kapasitas silinder 1.600 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 85 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 144 Nm @4.500 rpm

Baca juga: Suzuki eVX Concept Calon Mobil Listrik Pertama Buat Indonesia, Muncul Tahun Depan?

Kelemahan Suzuki Vitara dan Escudo Gen 1

Konsumsi BBM

Banyak juga yang tingkalkan karena kurang efisien dalam pengguajj

Kelemahan mobil ini adalah konsumsi bensinnya yang lumayan boros. Biasanya berkisar antara 7-9 km/liter saja tergantung kondisi lalu-lintas. Bila mobilnya diganti dengan ban yang ukurannya semakin besar maka semakin boros. 

Tidak hanya konsumsi bensinnya saja yang boros, oli mobil ini sering dikeluhkan mudah menguap, khas penyakit mobil Suzuki. Oleh karena itu, pemilik mobil wajib memeriksa volume oli mesin, bila kurang sebaiknya ditambah sampai batas maksimal.

Masalah lainnya seputar mesin ialah sistem pendinginan kurang optimal dan banyak unit yang mengalami overheat alias cepat panas. 

Kenyamanan Berkendara di Kabin Vitara dan Escudo Kurang Menyenangkan

Tampilan interiornya juga sederhana

Walaupun memiliki built quality yang baik, peredaman interiornya kurang mampu meredam suara dengan baik. Kekedapan suara yang terdengar di dalam kabin masih terasa kurang baik, dan kita masih bisa mendengar suara di sekeliling mobil, walau semua pintu dan jendela tertutup rapat. 

Suara mesin dan lalu lintas di luar masih terasa bising di dalam kabin. Tentu saja ini akan cukup mengganggu kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Selain itu, AC mobil ini dikeluhkan kurang dingin. Untuk mengatasinya banyak yang mengganti kompresornya dengan kompresor milik Daihatsu Taruna.

Kalian juga harus maklum soal kenyamanan kaki-kakinya khas mobil jip, keras dan kurang nyaman. Untungnya kaki-kaki Vitara dan Escudo ini minim masalah dan tangguh. 

Baca juga: Unit Suzuki Jimny 5 Pintu Bekas Mulai Muncul, Harga Lebih Mahal dari Barunya!

Kesimpulan

Suzuki Vitara Gen 1, yang diperkenalkan pada akhir 1980-an, telah menjadi salah satu SUV kompak legendaris yang hingga kini masih menarik perhatian pecinta otomotif. Mobil ini dikenal karena desainnya yang sederhana namun tangguh, dengan bodi berbentuk kotak yang khas SUV klasik.

Vitara Gen 1 ini hadir dengan karakter yang kuat sebagai kendaraan multifungsi, cocok untuk penggunaan harian maupun perjalanan off-road ringan. Salah satu keunggulan Suzuki Vitara Gen 1 adalah kemampuannya menghadapi berbagai medan.

Mobil ini dilengkapi dengan sistem penggerak 4x4 yang mampu memberikan traksi lebih baik di permukaan yang licin atau medan berat. Ditambah dengan suspensi yang kokoh, Vitara Gen 1 memberikan stabilitas yang cukup baik di jalur off-road.

Di sisi interior, Vitara Gen 1 menawarkan kesederhanaan yang praktis dengan ruang kabin yang fungsional. Meski sederhana, kabin Vitara dirancang cukup nyaman bagi penumpang, baik di kursi depan maupun belakang.

Tidak ada banyak fitur modern seperti yang dimiliki SUV masa kini, namun hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar mobil klasik yang menyukai kesederhanaan. Ketahanan material interiornya juga membuat Vitara Gen 1 terkenal awet, menjadikannya populer di kalangan pencari mobil bekas.

Secara keseluruhan, Suzuki Vitara Gen 1 adalah pilihan menarik bagi mereka yang mencari SUV kompak dengan karakter klasik dan kemampuan medan yang solid. Dengan harga terjangkau di pasar mobil bekas dan ketersediaan suku cadang yang cukup.

Keunggulan dan Kelemahan Suzuki Vitara Gen 1

Keunggulan:

  • Desain eksterior 
  • Ground clearance tinggi
  • Kemampuan offroad 4x4
  • Harga murah
  • Sparepart melimpah
  • Ketahanan mesin

Kelemahan:

  • Mesin kurang responsif
  • Boros BBM
  • Bantingan suspensi keras
  • Kabin sempit

FAQ

Suzuki Vitara generasi pertama di Indonesia tahun berapa?

Suzuki Vitara pertama kali hadir di Jepang pada 1988, tapi baru masuk ke Indonesia pada 1992.

Suzuki Vitara boros?

SUV Suzuki ini terkenal kurang efisien dalam hal penggunaan bahan bakar. Apalagi ketika pemilik sudah mengganti ban standar dengan ban A/T atau ban M/T ukuran lebih besar, maka akan semakin terasa borosnya.

Suzuki Escudo Gen 2 tahun berapa?

Suzuki Escudo generasi kedua juga merupakan Vitara generasi kedua yang lahir di Jepang pada tahun 1997, tapi baru dipasarkan di Indonesia mulai 2001.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Grand Vitara

Video Pendek Terkait

Related Videos

Pilih Xforce, Grand Vitara, atau Yaris Cross? | Komparasi

Suzuki Vitara Gen 1 bersama dengan Escudo generasi pertama, menjadi SUV yang cukup laris di era 90-an. Keduanya merupakan SUV menengah atas yang modern dengan fitur yang cukup lengkap. Bagi kalian yang akan membeli Suzuki Vitara atau Escudo Gen 1, sebaiknya ketahui kelebihan dan kelemahan mobil ini supaya bisa memilih mana unit yang masih sehat, dan mengetahui apa saja kelemahannya saat memelihara mobil-mobil ini. Sejenak kita bahas cikal bakal lahirnya Vitara. Kalau di negara lin, SUV ini punya
Mercedes-Benz E-Class berkode W124 adalah spesies Motuba (Mobil Tua Bangka) yang saat ini masih begitu tinggi peminatnya. Bukan hanya dikalangan pecinta garis keras pabrikan berlogo Bintang ini saja, namun mereka yang kerap mau mencicipi punya mobil dari brand Eropa juga biasanya menyasar ke Mercedes W124. Tak heran kalau harga jual Mercedes-Benz E-Class W124 ini begitu bertahan. Bahkan kalau kondisinya sangat istimewa dengan sejumlah part original bawaan tuner tertentu yang masih dalam kondisi
Antara Isuzu Panther kapsul vs Toyota Kijang kapsul diesel sampai saat ini masih jadi bahan perbincangan di kalangan masyarakat Indonesia. Khususnya ketika hembahas tentang minibus berbahan bakar solar yang tangguh sesuai kondisi di dalam negeri. Kalau melihat serpak terjangnya di industri otomotif Tanah Air, Isuzu Panther memang lebih dulu meramaikan kancah otomotif Nasional di segmen kendaraan roda empat bermesin diesel, ketimbang Toyota Kijang. Panther sendiri pertama kali diperkenalkan pada
Sebanyak 60 unit Mercedes-Benz S 450 President Edition telah digunakan sebagai kendaraan para tamu negara selama rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029, Prabowo-Gibran, yang diselenggarakan pada 19-21 Oktober kemarin. Masuk sebagai kelas Mercedes-Benz S-Class, sedan premium ini kini bisa dibeli oleh masyarakat umum melalui seluruh diler Mercedes-Benz di Indonesia. "Saat pelantikan kemarin Mercedes-Benz telah menyiapkan 60 unit S 450 4Matic yang dipakai sebaga
Mobil listrik mungil di Indonesia nggak cuma Air EV, karena ada juga Seres E1 yang bisa Anda pilih. Buat sebagian orang, pamor E1 masih kalah dari Air EV, namun begitu saat AutoFun mencoba mobil ini dalam acara bertemakan E1 Media Fun Drive di Bandung, Jawa Barat, mobil listrik ini ternyata cukup bisa memberikan perlawanan. Ya, setelah menjajal mobil listrik E1, ternyata ada beberapa fakta menarik, yang telah kami rangkum. Baca juga: Ini Modal Mobil Listrik DFSK Seres E1 Buat Pikat Konsumennya N

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Grand Vitara
Lihat