Kendaraan niaga Tata Super Ace HT (High Torque) tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya Small Commercial Vehicles (SCV) jenis pick up di bawah 1,5 ton bermesin diesel, yang dibandrol mulai dari Rp148,1 juta tersebut bukan cuma terjangkau tapi cukup bisa diandalkan.
Sebagai informasi, Tata Super Ace HT merupakan pengembangan dari model Tata Super Ace sebelumnya. Perbedaan terletak pada rasio gear 1, 2, dan rasio final. Tak hanya digunakan sebagai kendaraan muat barang, Tata Super Ace HT juga kerap dimanfaatkan sebagai mobil angkutan umum perkotaan (angkot) dengan populasi yang cukup banyak kita bisa jumpai di Tangerang, Banten.
Dengan harganya yang terjangkau, simak beberapa keunggulan Tata Super Ace melalui parameter berikut ini.
Baca juga: 5 Pick-Up Diesel yang Tangguh, Andalan Juragan Sayur dan Beras
Secara data spesifik, Tata Super Ace HT memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.570 mm serta tinggi 1.855 mm. Untuk wheelbasenya sendiri mencapai 2.390 mm dengan ground clearance 185 mm.
Memiliki dimensi yang terbilang cukup besar, jika digunakan untuk angkot mobil ini bisa menampung penumpang minimal 10 orang sekaligus. Bicara soal dimensi kargonya, untuk baknya sendiri mempunyai panjang 2.625 mm, lebar 1.460 mm dan tinggi 300 mm.
Tata Ace HT memiliki desain kabin yang tinggi dengan body ramping sekaligus streamline sehingga terasa lincah dan memudahkan penggunanya melakukan manuver saat terjebak di kemacetan.
Mudahnya manuver sendiri didukung dengan radius putar kendaraan yang berada di angka 4.1 m. Bukan cuma saat bermanuver, ketika melakukan U turn atau putar balik serta memakirkan kendaraan di tempat sempit mobil ini pun terasa mudah.
Karena fungsionalitasnya beberapa pengusaha kerap memburu mobil ini untuk keperluan niaga. Seperti yang bisa dirasakan Tata Super Ace HT memiliki body yang kokoh, khas metalurgi merek India. Bukan cuma itu saja, kaki-kaki mobil ini juga bandel sehingga dapat diandalkan saat membawa beban dengan jumlah besar.
Perlu diketahui untuk peredam kejutnya Tata Super Ace HT menggunakan McPherson Strut with coil spring + anti roll bar di bagian depan serta Semi Eliptical leaf spring with telescopic shock absorber di roda belakangnya.
Mengetahui fitur yang ada pada Tata Super Ace HT, sebagai mobil niaga pihaknya menyematkan fitur berupa power window, AC, power steering, adjustable headlights, dan cup holder yang diletakan di belakang consol tengahnya. Tentunya dengan kehadiran fitur ini pengguna akan merasa nyaman selama berkendara.
Oh iya, guna memudahkan penggunanya saat ingin meletakan barang, mobil ini juga dilengkapi beberapa laci penyimpanan serta glove box yang berada di bawah dashboard bagian penumpang. Namun untuk fitur AC ini tampaknya tidak disediakan untuk versi angkot.
Mengetahui fitur keselamatan di Tata Super Ace HT, mobil ini telah memperoleh perlindungan benturan depan, perlindungan benturan samping, pengingat pintu terbuka, serta sistem pengereman cakram di roda depan dan rem tromol di roda belakangnya.
Baca juga: Adu Pick Up Diesel; Tata Super Ace Vs DFSK Super Cab, Mana yang Lebih Unggul?
Pabrikan asal Negeri Vrindavan, Tata menawarkan kelebihan terhadap Super Ace HT dengan menyematkan mesin diesel 475 IDI TCIC dengan teknologi turbocharger intercooled berkapasitas 1.400 cc yang irit serta memiliki durabilitas tinggi. Di atas kertas, tenaga yang diperoleh mesin penenggak solar tersebut mampu meraih angka 72 PS @4.500 rpm dan torsi sebesar 135 Nm @2.500 rpm.
Selanjutnya performa yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda belakang melalui Rear Axle Ratio (RAR) 4.88 yang diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan. Untuk kecepatan maksimalnya sendiri mesin ber-standar emisi Euro 2 tersebut bermencapai 125 kpj.
Penggunaan secara normal Tata Super Ace HT sanggup menempuh jarak 12-13 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Sedangkan untuk pemakaian luar kotanya, angka yang diperolehnya mencapai 16-18 km/liter.
Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) sendiri pernah menyelenggarakan lomba irit pengguna Tata Motors Super Ace. Dalam lomba yang bertajuk Tata Super Ace Super Challenge (SASC) tersebut, peserta yang mengikuti kegiatan berhasil mencatatkan angka konsumsi BBM paling irit mencapai 23,17 km/liter.
Tata Super Ace HT punya torsi cukup besar serta terasa lebih tangguh saat membawa membawa beban berat. Untuk muatannya sendiri mobil niaga ini sanggup mengangkut beban hingga 1 ton. Bicara rivalnya, seperti Suzuki Carry serta Daihatsu Gran Max, untuk daya tampungnya mampu mengangkut beban maksimal 800 kg atau 0,8 ton.
Bukan cuma mampu membawa beban lebih berat, mobil ini juga lebih jago diajak menanjak. Hal ini terjadi karena Tata sendiri melakukan pengembangan terhadap rasio gear 1, 2, dan rasio final.
Baca juga: 3 Mobil yang Fitur Keselamatannya Rendah dan Diganjar Bintang 0 ASEAN NCAP, Yakin Masih Mau Beli?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota CALYA G 1.2
12.488 km
3,5 tahun
Jakarta
2018 Daihatsu SIGRA R STD 1.2
9.834 km
5 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota AGYA G TRD 1.2
16.097 km
4,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
54.702 km
4 tahun
Banten