Pabrikan kendaraan terus berinovasi menciptakan fitur yang bakal memudahkan pengguna. Tuntutan parkir paralel yang cukup merepotkan pun diatasi dengan hadirnya roda kelima di sisi belakang mobil. Teknologi mobil 5 roda ini memudahkan mobil parkir paralel di tepi jalan dengan rapi, tanpa kerepotan mengatur haluan.
Parkir di tempat yang sempit atau parkir paralel dianggap sebagai salah satu masalah yang dihadapi banyak pemula. Parkir seperti ini perlu sebuah kebiasaan, termasuk jarak yang tepat saat ambil haluan.
Baca juga:
Lebih Canggih, Fitur Keselamatan New Honda SENSING 360 Bakal Meluncur Tahun Depan!
5 Fitur Ini Bisa Bikin Mitsubishi Pajero Sport Makin Irit BBM
3 Mobil yang Fitur Keselamatannya Rendah dan Diganjar Bintang 0 ASEAN NCAP, Yakin Masih Mau Beli?
Masalah parkir paralel ini tidak hanya terjadi di zaman kita, karena sejak era kakek buyut kita juga mengalami masalah ini. Untuk mengatasi masalah ini, pabrikan kendaraan telah merancang inovasi yang membantu dalam perparkiran yaitu dengan menambahkan roda ke-5 pada bagian belakang mobil.
Namun yang membuat heran banyak orang adalah mengapa roda 5 kini tidak populer. Walau terlihat praktis, tapi teknologi ini dalam prakteknya lebih sulit saat memasukkan dan mengeluarkan mobil dengan aman.
Mundur pada tahun 1938, Brooks Walker mematenkan apa yang dikatakan sebagai salah satu inovasi paling menarik dalam industri otomotif saat itu. Itu menambahkan roda ke-5 ke mobil.
Melalui penggunaan pompa hidrolik dengan memanfaatkan ban serep mobil, roda ini akan mengangkat bagian belakang mobil lebih tinggi untuk membantu parkir secara paralel yang sempit dengan mudah. Karena mobil yang terangkat akan bisa berputar dalam suatu pivot.
Ide-idenya mulai diaplikasikan pada tahun 1950-an di mana dia menempatkan ide-idenya untuk digunakan di Packard Cavalier. Pada era ini populasi mobil meningkat pesat dengan ukuran yang besar, dan ruang parkir tak bertambah signifikan.
Mobil semakin besar setiap hari sedangkan ruang parkir semakin kecil. Teknologi ini dianggap akan membantu membuat parkir lebih mudah bagi orang-orang dari segala usia.
Harapan terbesarnya adalah bahwa penemuan ini akan menjadi seperti fitur keselamatan mobil. Rancangannya ini sebetulnya tak terlalu rumit, karena perusahaan mobil tidak harus mengubah struktur utama mobil. Roda dimungkinkan untuk terpasang di trunk atau kap belakang saat tidak digunakan.
Meskipun ide-idenya menarik untuk kalangan awam dan jagat otomotif, namun berbagai perusahaan mobil tidak tertarik dengan hal ini.
Penemuan Brooks Walker memang menarik, tetapi menambahkannya ke mobil pasti akan menyebabkan beban produksi yang lebih boros. Selain itu, bakal menambah berat dan ukuran mobil yang lebih besar. Dari sisi harga, teknologi ini akan membuat harga mobil lebih tinggi dan lebih sulit untuk dijual.
Ketimbang menambah fitur yang terlalu memakan ruang, pabrikan pun mengimbau pengemudi supaya lebih terampil soal parkir paralel ini. Memang, cara parkir di tepi jalan yang satu ini sedikit merepotkan, dan bisa berisiko menyundul kendaraan di bagian belakang kalau kebablasan.
belajar parkir mobil di tempat sempit itu hanya butuh banyak latihan dan tidak butuh waktu terlalu lama untuk menguasainya. Bila sudah terbiasa, maka pengemudi tidak terlalu ketergantungan dengan fitur seperti roda kelima ini.
Seiring kemajuan zaman, kini pabrikan bisa berinovasi dengan memasang sensor parkir di belakang. Adanya sensor parkir ini bakal sangat membantu, dan pastinya tidak memakan banyak ruang.
Kemajuan teknologi komputer dalam mengatur sistem kerja di mobil malah semakin memanjakan pengemudi yang sulit parkir. Jika Anda tidak terampil melakukan parkir paralel, maka mobil di era ini sering memiliki sistem Automatic Park atau sistem parkir otomatis.
Tinggal sejajarkan mobil dengan kendaraan di depan ruang kosong yang akan kita gunakan, lantas kita aktifkan fitur tersebut. Nantinya, mobil bakal bekerja secara otomatis melakukan parkir paralel. Teknologi ini sudah cukup banyak digunakan pada mobil Eropa atau Amerika, misalnya Ford Fiesta.
Dapat dilihat bahwa ide Brooks Walker sangat bagus dan sangat inovatif pada masa itu dengan penambahan 5 roda untuk membantu parkir. Namun ide ini belum bisa berkembang pesat dan mendapat banyak perhatian, bahkan kisah mobil dengan roda 5 menjadi sesuatu yang kemudian dilupakan.
Jika ditanya apakah teknologi ini bakal kembali hadir pada era modern? Pembuat mobil dengan segala inovasi canggih akan memilih untuk mengembangkan sistem parkir otomatis yang lebih efisien.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2017 Toyota AGYA G 1.0
10.656 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta