Menempati segmen kendaraan niaga kelas ringan jenis pick up diesel ber-CC kecil di bawah 1.500 cc, DFSK Super Cab belum lama ini kehadiran pesaing terdekatnya produk pabrikan asal Negeri Vrindavan, yakni Tata Intra V20.
Berada tepat di posisi belakang dua mobil losbak Jepangan seperti Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max, baik DFSK Super Cab maupun Tata Intra V20 sama-sama menawarkan ketangguhan ketika dimuati beban seberat 1,5 ton.
Menyoal soal harga, menurut situs resminya DFSK Super Cab kini dibandrol Rp199 juta, dan pesaingnya Tata Intra V20 diniagakan Rp169 juta untuk tipe yang punya fitur lengkap.
Memiliki selisih harga baru mencapai Rp30 juta, siapa di antara keduanya yang lebih unggul dari segi spesifikasi? Supaya tidak penasaran, simak perbandinganya berikut ini.
Baca juga: Keunikan DFSK Super Cab 1.3T Diesel Tak Dimiliki Suzuki Carry
Bersaing secara ketat dengan DFSK Super Cab, untuk dimensinya Tata Intra V20 memiliki panjang mencapai 4.282 mm, lebar 1.639 mm dan tinggi 1.918 mm. Mengenai ukuran kargonya, mobil ini mempunyai panjang 2.450 mm, lebar 1.540 mm dan tinggi 400 mm.
Melihat daripada pesaingnya, DFSK Super Cab untuk panjang keseluruhan berada di angka 4.440 mm, lebar 1.810 mm dan tinggi 1.890 mm. Untuk ukuran baknya, Super Cab diketahui memiliki panjang 2.470 mm, lebar 1.670 mm dan tinggi 240 mm.
Sedikit menarik kesimpulan secara dimensi mobil pick up diesel asal Tiongkok lebih besar ketimbang mobil India. Selain itu, untuk bukaan baknya DFSK Super Cab sudah menganut model 3-way yang dapat dibuka dari tiga arah, belakang, samping kanan dan kiri guna memudahkan akomodasi naik-turunnya barang.
Dimensi Tata Intra V20 Vs DFSK Super Cab | ||
---|---|---|
Keterangan | Tata Intra V20 | DFSK Super Cab |
Panjang | 4.282 mm | 4.440 mm |
Lebar | 1.639 mm | 1.810 mm |
Tinggi | 1.918 mm | 1.890 mm |
Volume Bak Tata Intra V20 Vs DFSK Super Cab | ||
---|---|---|
Keterangan | Tata Intra V20 | DFSK Super Cab |
Panjang | 2.450 m | 2.470 mm |
Lebar | 1.540 mm | 1.670 mm |
Tinggi | 400 mm | 240 mm |
Secara tampilan interior Tata Intra V20 terlihat lebih modern dibandingkan dengan DFSK Super Cab. Pada dashboardnya sendiri menganut desain membulat yang membuatnya terlihat unik.
Bicara akan fitur yang ada didalamnya, di mobil ini sudah tersemtkan dua console box terbuka dan tertutup di bagian penumpangnya. Pada center clusternya sendiri terdapat head unit singe din dengan tombol pengaturan AC dan dua kotak penyimpanan kecil di bagian atasnya.
Guna memudahkan penggunanya ketika melakukan manuver, mobil ini juga sudah dilengkapi power steering. Di balik lingkar kemudinya terdapat panel instrument cluster yang terlihat modern berkat menggunakan tampilan digital baik untuk kecepatan, maupun jarak tempuh.
Selain itu, fitur unik lainnya yang ada di mobil ini yaitu pada dashboard bagian kanan bawahnya tersematkan tombol pengaturan tinggi rendahnya lampu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi.
Baca juga: Dijual Mulai dari Rp159 Juta, Tata Intra V20 Bisa Bikin Daihatsu Grand Max Geleng-geleng Kepala
Gak kalah keren, DFSK Super Cab juga punya fitur yang bisa diandalkan. Seperti yang bisa ditemui didalamnya, untuk jok pengemudinya bisa diatur dengan maju dan mundur menyesuaikan posisi nyaman pengemudi.
Sebagai mobil niaga, mobil ini juga sudah dilengkapi fitur seperti; Air Conditioner (AC) dan Electric Power Steering (EPS). Tak hanya itu, pabrikan melengkapinya dengan adjustable headlights, head unit single din yang mendukung format MP3, radio, port USB dan AUX.
Tata Intra V20 maupun DFSK Super Cab punya fitur keselamatan yang sepadan. Seperti yang bisa dilihat keduanya telah tersematrkan seatbelt, pelindung benturan depan, pelindung benturan samping, sistem pengereman cakram di roda depan dan rem tromol di roda belakangnya.
Sebagai jantung pacunya, Tata Intra V20 dibekali mesin diesel turbo intercooler 4-silinder segaris berkapasitas 1.396 cc. Menggunakan teknologi common rail direct engine berstandar Euro 4, untuk tenaga yang dihasilkan mencapai 72 PS @4.000 rpm serta torsi maksimal 140 Nm @1.800-3.000 rpm.
Menyoal DFSK Super Cab, mobil ini dibenamkan mesin diesel dengan lisensi dari FIAT Power Train (FPT) yang sama persis digunakan Chevrolet Spin. Mesin berkodekan SFD dengan kapasitas 1.248 cc turbodiesel 4 silinder segaris, 4 valve, SOHC yang digunakan mampu memeras tenaga hingga 75 PS di angka 4.000 rpm serta torsi puncak pencapai 190 Nm diputaran mesin 1.750 rpm.
Seperti Tata Intra V20, potensi tenaga yang dihasilkan oleh mesinnya kemudian diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan.
Pengetesan yang pernah dilakukan, Tata Intra V20 memiliki kemampuan menanjak terbaik di kelasnya sebesar 37% dengan konsumsi BBM 1:14. Menurut BTMP (Balai Termodinamika, Motor, dan Propulsi), mobil niaga andalan DFSK lebih irit dengan kemampuan jarak tempuh 16,2 km/liter.
Memiliki selisih harga baru mencapai Rp30 juta, secara tampilan baik eksterior maupun interior Tata Intra V20 terkesan lebih modern dan mewah. Namun dari segi dimensi, DFSK Super Cab lebih besar sehingga lebih bisa diandalkan terlebih baknya yang menganut model 3-way.
Mengenai fitur baik unggulan maupun keselamatan, keduanya terbilang sama dan lengkap untuk sebuah mobil niaga muatan ringan. Selanjutnya untuk jantung pacu DFSK Super Cab punya tenaga dan torsi lebih besar meski secara kubikasi mobil ini lebih kecil dari Tata Intra V20.
Setelah mengetahui perbandingan spesifikasi keduanya, kalian lebih tertarik pilih yang mana untuk mendukung kegiatan usaha sehari-hari?
Baca juga: Perbandingan Daihatsu GranMax 1.3 vs Tata Intra, Mobil India Apakah Lebih Perkasa?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4
17.724 km
5,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
12.488 km
3,5 tahun
Jakarta
2019 Honda MOBILIO E 1.5
18.533 km
4,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota CALYA G 1.2
12.503 km
2 tahun
Jakarta