PO Efisiensi dan PO Subur Jaya Terima Bus Baru Hino R260 Berbodi Jetbus 3+ MHD di Busworld 2022
Enda · 7 Okt, 2022 08:30
0
0
Penyerahan bus Hino R260 berbodi Jetbus 3+ MHD kepada PO Efisiensi dan PO Subur Jaya
PO Subur Jaya melayani kebutuhan pariwisata
PO Efisiensi bermain di trayek AKAP Cilacap hingga Yogyakarta dan sebaliknya
Secara simbolis PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) melakukan serah terima bus Hino kepada PO Efisiensi dan PO Subur Jaya. Serah terima bus baru yang dilakukan secara simbolis lewat ajang Busworld 2022 kali ini menggunakan bodi Jetbus 3+ MHD garapan bengkel karoserie Adi Putro, Malang, yang ditopang sasis bus Hino R260.
Penyerahan dilakukan secara langsung yang diwakili oleh Presiden Direktur HMSI, Masato Uchida kepada Agus Tjahaya selaku owner PO Subur Jaya dan Teuku Ery, owner dari PO Efisiensi di booth Adi Putro.
“Kami sangat berterima kasih kepada PO Efisiensi dan PO Subur Jaya yang selalu loyal menggunakan Hino bus RK260 sebagai armada utama bisnisnya. Bus seri ini merupakan tipe paling favorit dikalangan para pengusaha PO karena tangguh dan mudah dalam perawatan,” jelas Direktur HMSI, Tomoki Hattori, Kamis (6/10).
Tomoki menambahkan, bus Hino banyak digunakan para pengusaha PO guna melayani kebutuhan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), bus kota dan juga pariwisata.
Bus Hino R260 Semakin Ramaikan Armada AKAP dan Pariwisata
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transportasi umum, PO Efisiensi banyak melayani rute AKAP di jalur selatan pulau Jawa mulai dari Cilacap hingga Yogyakarta, dan sebaliknya. PO yang bermarkas di Kebumen, Jawa Tengah ini secara mayoritas menggunakan sasis dan mesin Hino guna mendukung kelancaran dan kenyamanan setiap melayani penumpangnya.
Tidak seperti PO Efisiensi, perusahaan otobus PO Subur Jaya yang berkantor pusat di Rembang, Jawa Tengah, menggunakan bus Hino untuk melayani kebutuhan pariwisata. Didominasi menggunakan armada Hino, PO Subur Jaya secara berkala melakukan peremajaan busnya setiap 3 tahun sekali.
“Kami banyak menggunakan bus Hino sebagai armada untuk melayani kebutuhan pariwisata. Kami juga lakukan peremajaan bus setiap 3 tahun sekali dengan bus baru untuk menjaga layanan yang selalu prima,” ungkap Agus Tjahaya, owner PO Subur Jaya setelah penyerahan bus Hino secara simbolis kepada Autofun Indonesia.
Per Agustus 2022 Hino Menguasai Pasar 53% di Segmen Big Bus
Melalui data Gaikind per Agustus 2022, Hino berhasil menguasai 53% market share di segmen big bus yang membuatnya menjadi merket leadder di Indonesia. Guna memenuhi kebijakan pemerintah akan kendaraan mesin diesel dengan standar Euro 4, kini HMSI memiliki line up terbarunya, yakni AK 240 big bus bermesin depan, RM 280 dengan mesin belakang yang dilengkapi air suspension. Untuk model baru bermesin belakang, sasisnya menggunakan model space frame yang mana memiliki bagasi luas dengan volume 9.000 liter.
Selain itu seri Hino RM 280 juga menggunakan 10 baut roda pada setiap bannya yang memiliki durabilitas lebih baik. Pada bus Euro 4, Hino mengembangkan piston engine dengan material terbaru, yakni Ferrum Casting Ductile (FCD) yang mempertahankan keunggulan oil gallery.
Teknologi FCD dengan oil gallery sendiri mempunyai ekspansi termal lebih kecil sehingga sangat cocok digunakan oleh bus yang memiliki trayek jarak jauh. Guna menjaga keawetan mesin, bus Hino turut tersematkan Overheat Control System (OCS) yang berfungsi mencegah adanya engine blow.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.