window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

6 Tanda Head Unit Mobil Sudah Waktunya Diganti

Herdi · 26 Sep, 2024 15:03

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengenal Head Unit

Meski head unit sangat familiar terdengar di telinga, tapi masih ada pemilik mobil tak begitu mengenal fitur ini. 

Ya, head unit merupakan sebuah fitur entertainment atau hiburan yang disematkan pada sebuah kendaraan, biasanya ada pada mobil, bus dan truk.

6 Tanda Head Unit Mobil Sudah Waktunya Diganti 01

Kabin mobil sudah pasti dilengkapi sebuah Head Unit

Beberapa hiburan yang ditawarkan head unit saat ini memang bermacam-macam, mulai dari radio hingga video. Bahkan saat ini fitur tersebut sudah bisa terkoneksi dengan smartphone dan juga internet. 

Karena disebut fitur hiburan inilah, sebuah head unit bisa membuat suasana kabin mobil jadi tidak terasa sepi atau membosankan, karena kita masih bisa merasakan hiburan audio maupun visual. 

Maka dari itu, keberadaan head unit memang menjadi sebuah fitur yang bisa memberikan hiburan, sehingga perjalanan akan jadi lebih nyaman dan menyenangkan. 

Baca juga: Pertama di Indonesia, Head Unit Android Ini Bisa Bunuh Virus dan Mengetahui Udara Berbahaya di Dalam Mobil

Jenis Head Unit Mobil

6 Tanda Head Unit Mobil Sudah Waktunya Diganti 02

Dua jenis HU, Single DIN dan Doubel DIN

Bicara soal head unit, di dunia otomotif, fitur multimedia dalam mobil ini memiliki dua jenis, yaitu Single DIN dan Double DIN. 

Adapun kata DIN, merupakan singkatan dari Deutsche Institut fur Normung atau lembaga standarisasi Jerman, dimana nama tersebut merujuk pada standarisasi dimensi secara global.

Kala itu, istilah DIN banyak digunakan oleh orang Jerman pada tahun 80-an, karena tampilan beberapa sistem hiburan di mobil Audi, BMW, Mercedes-Benz, dan Volkswagen. 

Adapun perbedaan yang mencolok adalah dimensi Single Din lebih kecil daripada Double DIN, serta fitur pada Double DIN lebih lengkap, dan kini punya layar sentuh.

Baca juga: Bikin Mobil Punya Kamera 360, Cukup Ganti Pakai Head Unit Ini

6 Tanda Head Unit Mobil Sudah Waktunya Diganti 03

Jenis Single DIN 

Jika disuruh memilih Single DIN atau Double DIN? Maka jawabannya adalah tergantu jenis mobil, anggaran dan kebutuhan. Karena head unit Single DIN fitur yang dilengkapi hanya sekadar menyetel radio, kaset, disc, USB, MP3, dan atau DVD saja.

Sedangkan Double DIN memiliki tampilan lebih besar dengan fitur modern bahkan sudah menggunakan layar sentuh, dan tidak sekadar menawarkan audio, tapi musik, video, navigasi. Bahkan head unit terbaru sudah terintegrasi dengan smartphone melalui Apple CarPlay maupun Android Auto, hingga mengoperasikan berbagai fitur di mobil. 

Waktu yang Tepat Ganti 

6 Tanda Head Unit Mobil Sudah Waktunya Diganti 04

Doubel DIN kini bisa mengakses banyak fitur

Tampilan head unit kurang menarik dan biasa saja, bisa membuat interior terasa tak sedap dipandang, bahkan dianggap ketinggalan zaman. 

Namun begitu, pemilik bengkel aksesori Perdana Audio Charles menjelaskan, penggantian head unit bisa berpengaruh pada hasil tone suara yang 40 persen jadi lebih baik.

"Tentunya jika ingin mengganti, maka gunakan head unit yang direkomendasikan, dan teruji," ungkap Charles kepada AutoFun. Kata dia, head unit mahal belum tentu bagus, akan tetapi jika produk yang ditawarkan berkualitas, bisa menghasilkan hiburan terbaik. 

Adapun beberapa alasan mengapa head unit mobil Anda perlu diganti, berikut ulasannya. 

1. Rusak

Alasan pertama Anda membutuhkan head unit baru adalah karena rusak. Sama seperti komponen mobil lainnya, jika digunakan atau tidak, biasanya akan ada kerusakan. 

Sering kali, untuk jenis head unit Single DIN yang rusak terjadi pada bagian optik, sedangkan untuk tipe Double DIN kerusakan yang terjadi biasanya pada layar.

6 Tanda Head Unit Mobil Sudah Waktunya Diganti 05

Audio dari Nakamichi

2. Kualitas Suara

Seperti disebutkan di atas, dengan mengganti head unit, terlebih yang sudah terpercaya, maka biasanya bisa menghasilkan suara lebih bagus hingga 40 persen. 

Tak sedikit head unit aftermarket bisa menjadi solusi karena kualitas suara jadi lebih baik daripada bawaan pabrikan. Merek, model dan fiturnya juga lebih beragam.

3. Supaya lebih modern

Banyak pemilik mobil kini mengubah head unit agar tampil lebih modern. Terlebih lagi, karena sebelumnya hanya menggunakan jenis Single DIN yang notabene banyak dipakai pada mobil lawas.  

Head unit terbaru memiliki banyak fitur yang semakin memberikan system hiburan lebih baik. Terlebih, tampilan head unit dengan layar sentuh membuat tampilan interior mobil semakin kekinian. 

6 Tanda Head Unit Mobil Sudah Waktunya Diganti 06

Head Unit saat sudah double DIN

4. Bisa terintegrasi dengan smartphone

Salah satu keunggulan head unit model baru saat ini adalah bisa terintegrasi dengan Smartphone, baik Apple CarPLay maupun Android Auto. 

Nah, biasanya Head Unit yang terkoneksi dengan ponsel pintar, bisa memanjakan pengemudi atau penumpang karena bisa menikmati sinkronisasi Spotify, Youtube, dan lainnya, sehingga perjalanan tidak membosankan. 

5. Ada promo

Waktu yang tepat untuk mengganti head unit adalah saat ada promo khusus. Karena di beberapa event seperti pamera, biasanya banyak promo yang ditawarkan, dimana harganya jadi lebih terjangkau.

6. Semakin banyak model baru

Alasan lain kenapa harus mengganti head unit yaitu, harganya yang semakin terjangkau. Hal ini dikarenakan, banyak produsen atau supplier menghadirkan sistem multimedia ini dengan berbagai fitur dan teknologi terbaru bermunculan. 

Maka dari itu, karena adanya persaingan, maka tidak menutup kemungkinan hal tersebut membuat perang harga, sehingga head unit jadi lebih terjangkau. 

Pilihan Head Unit Nakamichi

6 Tanda Head Unit Mobil Sudah Waktunya Diganti 07

PT Berkah Audio Perkasa Jaya (BAPJ) luncurkan Nakamichi NA3102i Legend Pro 12

Nah, jika Anda ingin mengganti head unit, PT Berkah Audio Perkasa Jaya (BAPJ) selaku distributor utama produk car audio merek Nakamichi menawarkan produk baru berupa Nakamichi NA3102i Legend Pro 12. 

Menurut General Manager BAPJ, Yeency Tjoe, produk terbaru ini hadir dengan sejumlah fitur yang dibutuhkan oleh masyarakat selama bermobilitas, mulai dari tampilan hingga kelengkapan fitur yang tersemat di dalamnya.

“Entertainment di kabin mobil sudah menjadi kebutuhan penting, selain kenyamanan juga keamanan,” jelas Yeency.

6 Tanda Head Unit Mobil Sudah Waktunya Diganti 08

Produk Nakamichi mudah dibongkar pasang karena Plug and Play

Adapun beberapa keunggulan dari Nakamichi NA3102i Legend Pro 12 yaitu mengikuti tren masa kini, seperti ukuran layar 9 inci, menggunakan platform Android, sehingga di mobil bisa menikmati nonton film, YouTube dan mendengarkan musik yang lebih baik lagi. 

Kualitas dari Nakamichi NA3102i Legend Pro 12 tak lepas dari RAM 12 GB dan ROM 256 GB, HU ini punya fitur 4K Playback. Hal ini menjadikan RAM dan ROM terbesar di Indonesia.

Head unit Plug and Play ini bisa digunakan untuk semua varian mobil, dengan heatsink bermaterial copper, sehingga terkesan lebih elegan.

Fitur lainnya yang mendukung kinerja sistem hiburan ini adalah adanya kipas pendingin, kamera 360, video record, serta bagian layer dibekali OLED 2K display resolusi 1.200 x 2.000 pixel. Menyoal harga, Nakamichi NA3102i Legend Pro 12 dibanderol Rp9.899.000.

Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil