window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

8 Hal yang Wajib Diketahui Jika Ingin Nonton MotoGP Mandalika 2024 Pakai Mobil Pribadi

Herdi · 26 Sep, 2024 18:10

8 Hal yang Wajib Diketahui Jika Ingin Nonton MotoGP Mandalika 2024 Pakai Mobil Pribadi 01

MotoGP Mandalika 2024 yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan menyedot perhatian masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang menyukai ajang motorsport bertaraf internasional.

Acara yang berlangsung pada pekan ini, 27-29 September 2024, bakal diikuti sejumlah pembalap kelas dunia dari berbagai pabrikan mulai dari Aprilia, Ducati, Honda, KTM, dan juga Yamaha.

Nah, bicara soal ajang MotoGP Mandalika 2024, untuk menuju ke lokasi, Anda bisa menggunakan maskapai yang memiliki rute menuju ke sana. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Perbandingan Harga Tiket MotoGP Mandalika dan Sepang, Selisih Jauh?

8 Hal yang Wajib Diketahui Jika Ingin Nonton MotoGP Mandalika 2024 Pakai Mobil Pribadi 01

Pergi bersama keluarga

Namun begitu, Chief Marketing Auto2000 Yagimin menyebutkan, untuk menuju Sirkuit Mandalika, opsi perjalanan melalui jalur darat sangatlah seru, karena saat ini sudah memiliki infrastruktur jalan yang sudah terkoneksi dan baik. 

"Namun tetap harus memperhatikan kondisi fisik pengemudi, dan juga performa mobil," ungkap Yagimin. Selain itu, dia juga menyatakan, jika menggunakan mobil Toyota, maka tak perlu khawatir, karena Auto2000 siap untuk membantu melakukan pengecekan. 

Baca juga: Penanganan Tepat Mobil Overheat Saat Perjalanan Jauh, Jangan Asal Buka Tutup Radiator!

Yagimin juga memberikan tips jika ingin pergi dari Jakarta menuju Sirkuit Mandalika Lombok yang kurang lebih mencapai 1.330-an kilometer. Berikut ulasannya.

1. Pelajari rute dan tentukan durasi perjalanan menuju MotoGP Mandalika 2024

8 Hal yang Wajib Diketahui Jika Ingin Nonton MotoGP Mandalika 2024 Pakai Mobil Pribadi 02

Melakukan perjalanan jarak jauh akan menghemat waktu

Di zaman teknologi canggih seperti saat ini, maka kita harus memanfaatkan informasi dengan baik, termasuk melalui peta digital. Ya, dengan adanya peta digital, kita bisa mempelajari rute yang akan dilewati, macet atau tidak. 

Selain itu kita bisa juga mengetahui beberapa lokasi seperti posisi rest area, exit tol paling dekat dengan tujuan, atau lokasi wisata menarik lainnya sepanjang jalan tol antara Jakarta dan Lombok. Kita juga bisa mengetahui durasi perjalanan, dan menentukan rute dan kebutuhan lain di jalan. 

Jika memiliki waktu yang panjang, maka perjalanan bisa dibuat hingga durasi 1 minggu, sehingga kesempatan mampir di berbagai lokasi wisata. Atau jika durasinya terbatas, maka kita bisa fokus dengan destinasi utama.

Baca juga: 5 Komponen yang Wajib Ganti Pada Mobil Toyota Anda Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik Lebaran

2. Cari tahu lokasi wisata yang bisa dikunjungi untuk memecah kebosanan

Tidak menutup kemungkinan rasa bosan akan melanda saat melakukan perjalanan Jarak jauh. Maka dari itu, sebelum berangkat, kita bisa mencari tahu lokasi wisata di sepanjang perjalanan.

Selain itu, bisa juga berdiskusi dengan keluarga sehingga tidak bingung atau sampai mengubah itenary. Karena biasanya ketika ada opsi lain, rencana bisa mendadak berubah.

3. Hitung budget perjalanan

8 Hal yang Wajib Diketahui Jika Ingin Nonton MotoGP Mandalika 2024 Pakai Mobil Pribadi 03

Setelah terkumpul semua kebutuhan perjalanan, maka Anda bisa melakukan simulasi budget, agar dapat menghitung biaya pengeluaran selama perjalanan. 

Biaya yang harus diperhatikan saat melakukan bepergian mulai dari penginapan, bensin, tol, parkir, makan, jajan, beli oleh-oleh. Anda juga harus mengisi ulang uang elektronik atau E-Toll, karena berbagai tempat, hotel, parkiran, tempat perbelanjaan, termasuk jalan tol harus menggunakannya

Selain itu alokasi pengeluaran yang tidak terduga, seperti risiko penumpang sakit atau mobil mengalami kendala, seperti mogok atau ban bocor.

4. Hunting penginapan yang sesuai kebutuhan

Perjalanan yang memakan jarak tempuh jauh, dan memakan waktu cukup lama akan menguras pikiran dan juga badan. Maka jika benar-benar terasa lelah, tidak ada salahnya berhenti untuk pergi ke penginapan, seperti hostel, hotel, atau apartemen. 

Sebelum menentukan tempat menginap, manfaatkan smartphone Anda melalui beberapa aplikasi dalam pencarian atau transaksi yang sesuai dengan kebutuhan.  

5. Susun Itinerary yang lengkap

Jika melakukan perjalanan jarak jauh yang memakan waktu cukup panjang, sebaiknya buat susunan rencana perjalanan atau itinerary yang lengkap. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dan membantu dalam mengatur perjalanan dan memanfaatkan semua momen indah bersama keluarga. 

Disarankan, pelaksanaan perjalanan bisa dirancang lebih fleksibel, agar menjadi lebih santai masih mungkin diubah, tetapi jangan sampai merombak total rencana awal.

6. Pastikan mobil dalam kondisi prima selama perjalanan menuju MotoGP Mandalika 2024

8 Hal yang Wajib Diketahui Jika Ingin Nonton MotoGP Mandalika 2024 Pakai Mobil Pribadi 04

Mekanik bengkel Auto2000

Hal penting yang tidak boleh disepelekan jika melakukan perjalanan melalui jalur darat adalah kondisi mobil. Maka dari itu, sebelum melakukan perjalanan jarak jauh sebaiknya pastikan kondisi mobil tetap fit dengan cara mengecek berbagai komponen. 

Berbagai bagian yang wajib dicek jika akan melakukan perjalanan diantaranya ban, mesin, cairan mobil khususnya oli mesin dan transmisi, air wiper, dan bagian mobil lainnya.

Kata Yagimin, jika menggunakan kendaraan Toyota lebih mudah, karena selain bisa melakukan service berkala, bengkel Auto2000 sudah hadir di berbagai kota selama perjalanan mulai di Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali.

7. Jaga kondisi pengemudi mobil

Ketika melakukan trip panjang beberapa hari sebaiknya tidak sendiri. karena mengemudi mobil membutuhkan kondisi prima, sehat dan bugar.

Sebaiknya ada 2 pengemudi sehingga bisa bergantian berkendara setiap 2-3 jam perjalanan. Kalaupun sendirian, pastikan istirahat setiap 2-3 jam dan istirahat total setelah 10 jam perjalanan.

8. Pastikan tiket sudah dimiliki tike MotoGP Mandalika 2024

8 Hal yang Wajib Diketahui Jika Ingin Nonton MotoGP Mandalika 2024 Pakai Mobil Pribadi 05

Harga tiket nonton MotoGP

Jika sudah sampai hingga sirkuit, Mandalika, pastikan tiket nonton MotoGP sudah dimiliki, sesuai dengan kategori yang dikehendaki.

Seperti diketahui, berikut ini daftar harga tiket MotoGP Mandalika 2024:

VIP Hospitality (3 day pass, 27-29 September 2024)

  • Royal Box B-Deluxe Class: Rp15.000.000 

Premium Grandstand (weekend pass, 28-29 September 2024)

  • Zona A (Pertamina Grandstand): Rp2.500.000
  • Zona B: Rp2.300.000
  • Zona J dan K: Rp2.000.000 

Regular Grandstand (weekend pass, 28-29 September 2024)

  • Zona C: Rp1.500.000
  • Zona E, F, dan G: Rp800.000
  • Zona D, H dan I: Rp1.000.000 

General Admission (weekend pass, 28-29 September 2024)

  • Festival: Rp700.000.

Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil