Hyundai Kona 2023 sudah resmi dijual di negara asalnya, Korea Selatan. SUV crossover Hyundai pesaing Honda HR-V itu juga pernah dipasarkan di Indonesia. Menyusul kemudian Kona Electric yang menggantikan versi mesin bensin.
Hadir sebagai generasi baru, ternyata banyak ubahan yang dibawa pada Hyundai Kona 2023. Sejak debut 19 Desember 2022, Hyundai seakan memberi peringatan kepada rival-rivalnya, kalau mereka tidak meninggalkan model mesin pembakaran internal (ICE).
Walau dikembangkan dari Kona electric, generasi terbarunya ini model yang pertama dipasakan adalah varian bermesin bensin. Adapun Hyundai Kona Electric anyar baru akan diumumkan Maret 2023 mendatang.
Mengingat Kona juga pernah dipasarkan di Indonesia, rasanya tidak menutup kemungkinan kalau generasi baru ini juga bakal singgah di Tanah Air. Nah sebelum mobil tersebut benar-benar dijual di Indonesia, yuk kenali apa saja yang berubah dari Hyundai Kona 2023.
Baca juga: Hyundai Kona 2023 Resmi Dijual, Ada Opsi Hybrid Harganya di Bawah Innova Zenix
Kalau melihat fisik antara Kona yang sekarang, tentu perubahannya total. Fasia depan yang semua membulat dengan kap mesin yang punya tonjolan halus pada bagian tengahnya. Kemudian lampu utama juga berbentuk tiga LED. Sementara di bawah bemper terdapat lubang saluran udara masuk ke ruang mesin.
Bandingkan dengan Kona 2023 yang desainnya lebih tegak dan kotak. Bentuk kapnya juga lebih rata dan posisi logo H miring pun ikut berubah. Hyundai juga kembali menerapkan desain Pixelated Seamless Horizon Lamp. Lampu depan dengan LED bar memanjang dari sisi kiri kekanan yang pertama kali diterapkan pada Staria. Sementara lampu utamanya tetap ada di bagian bemper, namun bentuknya turut berubah.
Perubahan bagian luar juga tampak diarea sisi mobil. Kalau pada generasi sebelumnya masih terlihat bentuk membulat, maka di Kona 2023 garis-garis tubuhnya dibikin lebih tegas.
Garis lengkung fender rodanya juga terlihat lebih lebar supaya velg ukuran 17 inci masuk dengan leluasa. Pada bagian pintu ada garis melintang yang mengingatkan kita akan desain bodi samping Ioniq 5.
Bagian belakang Kona 2024 juga terlihat lebih modern. Ada lebiuh banyak sudut menyiku di area ini tak seperti pendahulunya. Sama seperti lampu depan, LED bar juga terlihat di bagian belakang. Sementara rear combination lamp terselip di ujung bemper kiri dan kanan.
Baca juga: Peugeot e-2008 Mendebut di Malaysia, Tantang Hyundai Kona di Indonesia?
Selain bagian luar seluruh interior Hyundai Kona 2023 juga mendapat revisi. Warna kabinnya kombinasi hitam dan abu-abu. Layout dasbor dan juga desain setir ikutan berubah. Kalau sebelumnya di setir ada logo H, maka sekarang diganti empat titik dengan model setir T Spoke.
Di bagian tengah dasbor berdiri headunit 10,25 unit yang sekelilingnya diberi frame black piano. Adapun yang sekarang pakai layar yang membentang 12,3 inci dipakai sebagai panel instrumen digital dan head unit touchscreen.
Dibagian bawahnya ada tombol-tombol AC, lantas desain kisi-kisi AC juga ikut berubah. Yang unik tombol tuas transmisi kini berubah posisinya dibalik setir. Bahkan Kona juga sekarang pakai tuas paddle shift.
Interior Hyundai Kona 2024 juga terlihat lebih premium dan lapang. Ini terbantu juga dengan warna jok lebih terang. Efek dual-tone pada di seluruh kabin dan garis lurus di dasbor semakin membantu menciptakan kesan lapang di interior. Ditambah Hyundai menyertakan ambient light yang turut memberikan kesan mewah.
Baca juga: Diam-Diam Peugeot 2008 2022 Hadir Dengan Harga Lebih Terjangkau Dari All-New Honda HR-V
Kona terbaru memiliki bodi sepanjang 4.350 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.585 mm dan wheelbase 2.660 mm. Bandingkan dengan Kona sebelumnya yang punya panjang 4.165 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.550 mm, dan jarak sumbu roda 2.600 mm.
Kalau melihat perbandingan ini, maka Kona 2023 lebih panjang 185 mm, lebih lebar 25 mm, dan lebih tinggi 25 mm. Sementara jarak sumbu rodanya bertambah 60 mm. Artinya secara keseluruhan ia lebih besar ketimbang Kona terdahulu.
Lanjut ke urusan mesin, Kona terbaru punya tiga opsi mesin. Pertama 1.6-liter Turbo bertenaga 198 PS dengan torsi mencapai 265 Nm. Kemudian ada mesin bensin 2.0-liter naturally aspirated (N/A) bertenaga 149 PS serta memiliki torsi maksimal 179 Nm.
Ketiga mesin hybrid 1.6-liter bertenaga 105 PS yang dikombinasikan motor listrik bertenaga 44 PS. Kombinasi kedua mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 141 PS dengan torsi puncak 265 Nm.
Untuk Kona yang pernah dipasarkan di Indonesia, menggunakan satu pilihan mesin. Yakni mesin 2.0L MPI Atkinson 4 silinder DOHC. Mesin bensin ini mampu menghasilkan daya puncak 149 PS dengan torsi 179 Nm. Mesin ini lantas di kombinasikan transmisi otomatis 6 percepatan.
Selain pilihan mesin yang terbatas, untuk fitur keselamatannya juga tak selengkap Kona terbaru. Karena saat itu Hyundai hanya menyajikan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Cruise Control, Hill Start Assist, dan Vehicle Stability Control.
Adapun untuk Hyundai Kona 2023 sudah tersemat fitur ADAS, dengan tambahan antara lain Forward-collision Avoidance Assist, Smart Cruise Control, Lane Following Assist, dan lainnya.
Sebagai generasi baru, Hyundai Kona 2023 mengalami ubahan total. Patut ditunggu untuk menjadi rival kuat Honda HR-V.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2016 Toyota FORTUNER VRZ 2.4
94.919 km
7 tahun
Banten
2017 Honda CR-V TURBO 1.5
64.558 km
6 tahun
Jakarta
2019 Honda CR-V TC (CKD) 1.5
36.348 km
4 tahun
Jakarta
2017 Honda CR-V TURBO 1.5
75.302 km
5,5 tahun
Jakarta
2016 Toyota FORTUNER G 2.4
89.171 km
7,5 tahun
Jawa Barat