Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 menjadi momen untuk agen pemegang merek (APM) meluncurkan produk baru. Salah duanya dari pabrikan China, Wuling Alvez dan Chery Omoda 5. Kami mencoba keduanya, mana yang menjadi lebih fun to drive antara Wuling Alvez vs Chery Omoda 5?
Dua mobil baru ini mempunyai dimensi yang sama masuk dalam kategori medium SUV dengan dimensi yang compact. Meski begitu mesin yang digunakan berbeda.
Wuling Alvez di Indonesia memakai mesin berkapasitas 1.485 cc 4-silinder segaris DOHC, DVVT Euro 4. Tenaga maksimum yang dikeluarkan hingga 107 PS pada 5.800 rpm, sementara torsi puncaknya mencapai 143 Nm di putaran 4.000-4.500 rpm.
Sedangkan Chery Omoda 5 dibekali mesin dengan kapasitas 1.500 cc TCI alias memakai teknologi turbo. Tenaga yang dikeluarkan pun lebih besar yakni 147 PS dan torsi 230 Nm.
Dalam area test drive di IIMS 2023, kami mencoba sekaligus 2 mobil SUV baru ini dalam waktu yang berdekatan. Keduanya sama-sama menggunakan transmisi CVT dan penggerak roda depan.
Wuling Alvez menjadi mobil pertama yang kami coba. Sebelum mulai melaju, kami atur posisi duduk terlebih dahulu. Meski masih mekanis namun pengaturan sandaran dan tinggi masih bisa mendapatkan visibilitas yang ideal.
Baca juga : Wuling Alvez Resmi Meluncur, Fiturnya Bikin Pesaing Minder
Ketika ingin mengatur posisi setir, Wuling Alvez tak memiliki pengaturan telescopic. Sehingga hanya bisa diatur ke atas dan bawah. Akibatnya untuk kami dengan postur tinggi badan 173 cm, perlu memundurkan jok yang berakibat memakan ruang kaki penumpang belakang pengemudi.
Area dan waktu yang terbatas di IIMS 2023 membuat kami tidak bisa merasakan lebih lama. Tapi dari percobaan singkat, saat pedal gas diinjak secara mendadak alias kick down terasa kurang responsif. Mobil baru melaju kencang ketika jarum petunjuk putaran mesin sudah menyentuh angka 3.000an rpm.
Baca juga : First Drive Wuling Alvez 2023, Compact SUV yang Bersahabat Buat Pemula?
Ketika melintasi obstacle yang membuat mobil bergoyang, bantingan suspensi terasa agak kaku. Terlebih bangku pengemudi yang kami rasakan tidak terlalu empuk. Sedangkan setirnya terasa terlalu ringan ketika bermanuver, yang membuatnya jadi terasa kurang presisi dengan pergerakan roda.
Selesai mencoba Wuling Alvez, kami langsung beralih ke tenda seberang yakni Chery Omoda 5. Fakta menariknya, SUV terbaru Chery ini punya basis yang sama dengan Tiggo 7 Pro yang sudah lebih dulu dijual di Indonesia.
Meski begitu dimensi keduanya berbeda, Chery Omoda 5 punya bodi lebih compact. Terbukti ketika kami mencoba bermanuver, minim terasa body roll di SUV ini. Setirnya pun terasa lebih nurut ketika berbelok.
Baca juga : Wuling Alvez vs Chery Omoda 5, Perang SUV Murah dengan Fitur Wah
Tidak seperti mobil dengan transmisi CVT umumnya lemah di putaran bawah, Chery Omoda 5 punya akselerasi yang lebih baik dari Alvez walau sama-sama belum turbo. Saat di kick down respon mesin masih cukup baik dan terasa menyenangkan.
Tetapi saat melakukan pengereman, kami merasa injakan pedal cukup dalam untuk mengurangi kecepatan mobil. Seolah rem yang terpasang di roda depan kurang menggigit cakram sehingga butuh injakan lebih dalam.
Dari tes singkat yang kami lakukan di area test drive IIMS 2023, harus diakui Chery Omoda 5 lebih fun to drive dibandingkan Wuling Alvez. Jok semi-bucket, setir yang sudah telescopic, serta pengaturan jok elektrik membuatnya mendapat posisi mengemudi yang terbaik.
Begitu juga ketika diajak berakselerasi dan bermanuver nyaris lupa kalau ini adalah mobil dari pabrikan Cina. Mesin turbo punya peran cukup penting karena membuat CVT tidak terasa terlalu lemah pada putaran mesin rendah.
Tetapi harga Chery Omoda 5 lebih mahal Rp 103 juta dari Wuling Alvez dengan tipe yang sama alias tertinggi. Jadi bila budget Anda terbatas dan pemakaian harian lebih sering di dalam kota, Wuling Alvez bisa jadi pilihan yang lebih cocok. Itulah kesimpulan kami dalam pertarungan Wuling Alvez vs Chery Omoda 5.
Baca juga : 3 Hal Menarik Chery Omoda 5, Modal Kuat Lawan Honda HR-V
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.465 km
2,5 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten