Suzuki XL7 hybrid akhirnya resmi masuk Indonesia, ini berarti selang lebih dari setahun dari kembarannya yang lebih dulu rilis di India.
Walau pakai nama XL6, namun sejatinya mobil tersebut adalah kembaran Suzuki XL7 di Negeri Bollywood itu.
Tapi ternyata bukan cuma nama yang beda, spesifikasi teknis kedua mobil ini juga cukup banyak.
Baca juga: Resmi Meluncur, Harga New Suzuki XL7 Hybrid Tembus Rp300 Jutaan
Memang, antara Suzuki XL7 hybrid yang baru saja diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pakai teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).
Namun dari mesin yang terpasang, transmisi yang dipakai, serta beberapa fitur tambahan lainnya ada perbedaan.
Mari kita ulas lebih dalam.
Baca juga: Suzuki XL7 2022 Mendebut di India, Fiturnya Bikin Keok Rush - Terios
Ya, sama seperti Ertiga Smart Hybrid, XL7 hybrid versi Indonesia ternyata juga masih pakai mesin 1.5-liter 4 silinder berkodekan K15B.
Mesin ini menghasilkan daya puncak 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi maksimal 138 Nm pada 4.400 rpm.
Output itu disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual (MT) 5-speed dengan opsi gearbox otomatis (AT) 4-percepatan.
Sementara versi India XL7 memakai engine berkodekan K15C 4 silinder 1.5-liter dengan teknologi DualJet.
Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 103 PS di 6.000 rpm dan torsi puncaknya 137 Nm pada 4.400 rpm dengan pilihan transmisi manual 5 percepaan atau otomatis 6-speed yang sudah dilengkapi paddle shift.
Meski begitu, kedua mobil ini sudah dibekali teknologi SHVS yang mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion battery berdaya 10Ah.
Teknologi ISG difungsikan untuk menciptakan pemakaian bahan bakar yang lebih irit.
ISG akan membuat mesin konvensional mati sesaat ketika mobil berhenti di kemacetan atau lampu merah yang juga merupakan dari fitur Idling Stop.
Ketika berhenti dalam kondisi mesin mati, sistem kelistrikan lainnya akan tetap berkerja berkat pasokan daya listrik dari baterai yang diletakkan di bawah jok penumpang depan.
Baca juga: 3 Hal Menarik Suzuki XL7 Hybrid 2023, Low SUV Tercanggih di Kelasnya?
Pada XL7 hybrid buat pasar Indonesia, LSUV 7 penumpang ini mendapatkan beberapa fitur baru, seperti Autolight with Guide Me Light dan Smart E-Miror yang kini menganut teknologi touchcreen.
Spion pintar ini memiliki memori penyimpanan sebesar 16 GB yang bisa di-upgrade hingga 64 GB dengan kemampuan merekam aktivitas mobil baik pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung.
Kemudian ada juga headunit 8 inci dengan kemampuan smartphone connection, serta Gear Shift Indicator yang tertampil pada layar MID (Multi Information Display), dan juga kedapatan fitur Hill Hold Control.
Adapun untuk XL7 Hybrid di India pakai monitor 7 inci dengan fitur SmartPlay Pro, lalu ada Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Parking Camera 360 derajat.
Ada pula pengaturan setir teleskopik, ambient light di bagian kolong dashboard, New Door Lamps, jok baris kedua ada armrest, Auto AC, Cooled Cupholders, dan jok baris pertama ada ventilasi udara.
Fitur lainnya yang sudah tersedia yakni Electronic Stability Program (ESP), Hill Hold Assist, dan Suzuki Connect yang memungkinkan memantau kondisi mobil melalui aplikasi pada ponsel.
Tuh kan... Walau saudara kembar tapi ternyata speknya beda jauh!
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
14.366 km
1,5 tahun
Jakarta
2021 Daihatsu TERIOS R 1.5
10.438 km
2,5 tahun
Java East
2022 Toyota RAIZE GR SPORT 1.0
4.970 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2022 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
9.027 km
1,5 tahun
Banten
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
4.575 km
0,5 tahun
Jakarta